Taman Hiburan Rakyat Sriwedari – Solo

Shinta_daniel

Tanggal 17 Agustus lalu saya dan keluarga pulang kampung ke Solo. Salah satu agendanya adalah mengajak Baron main ke Taman Hiburan Rakyat Sriwedari.

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari sudah ada sejak jaman dulu. Lokasinya di Jl. Slamet Riyadi, satu area dengan stadion Sriwedari dan cagar budaya Sriwedari. Walaupun sering ke Solo tetapi waktu kecil saya sama sekali belum pernah main ke THR Sriwedari. Saya pikir THR Sriwedari ini sudah punah. Kemudian sepupu saya mengabari kalau THR Sriwedari ini masih ada, anak-anaknya senang sekali main disana, selain itu murah meriah. Akhirnya penasaran juga mau coba ke sana.

Harga tiket di Sriwedari untuk tiket terusan Rp.60.000,-/orang dan tiket reguler Rp.10.000,-/orang, baik anak-anak maupun dewasa. Untuk tiket terusan boleh main sepuasnya, sementara untuk tiket reguler setiap permainan harus membeli tiket lagi sesuai permainannya mulai dari Rp. 3.000,- sampai dengan Rp. 10.000,-/orang per permainan. Ada juga tiket paket Rp. 30.000,-untuk tiga permainan dan Rp.50.000,- untuk 5  permainan. Menurut saya lebih baik membeli tiket terusan karena menghemat waktu dan biaya.

Kami tiba di THR Sriwedari di hari Minggu pukul lima sore. Sepi sekali, tambah malam juga tetap sepi, hanya ada beberapa pengunjung saja. Kemungkinan ini karena malam sebelumnya adalah malam tirakat (tradisi sebelum malam tujuhbelasan). Kata petugas, biasanya taman ini ramai di Sabtu malam dan di hari libur lebaran dan libur sekolah. Asyik, THR Sriwedari jadi serasa milik pribadi, bisa main sepuasnya tanpa harus antri.

Wahana permainannya cukup lengkap. Walaupun modelnya sudah jaman dulu kala, tapi cukup aman dan nyaman untuk dimainkan. Tempatnya rindang, banyak pohon, bersih serta rapi. Tidak perlu khawatir kelaparan karena tersedia juga tempat makanan dan minuman yang harganya sangat terjangkau.

Permainanya ada Sky Merry, Kiddy Rides, Ball Pool, Ghost House, Super Rally, Merry Go Round, Mini Water Park, Kiddy Boat, Mini Jet, Jungle Car, Power Boat, Mini Coaster, UFO, Boom Boom Car, Monorail, Mini Train, serta Mini Out Bond.

  

Wahana yang jadi favorit Baron adalah Super Rally, Mini Train dan Mini Coaster. Baron baru pertama kali naik mini roller coaster. Awalnya saya pikir Baron takut tetapi sekali coba malah langsung minta lagi dan lagi. Sekali main bisa sampai 3-4 kali (satu kali permainan = dua kali putaran). Selain itu Boom-Boom Car dan Monorail  juga nggak kalah serunya untuk anak laki-laki yang suka dengan alat transportasi.

Di THR Sriwedari juga ada panggung hiburan. Waktu kami kesana sedang ada parade band Gebyar Kemerdekaan. Sayangnya sepi pengunjung jadi suasananya kurang seru. Setelah mencoba berbagai permainan berulang kali, tidak terasa waktu sudah menunjukkan jam 8 malam, berarti kami sudah tiga jam ada di Sriwedari. Ternyata menyenangkan juga bermain di Taman Hiburan Rakyat Sriwedari ini. Baron senang sekali dan sampai di hotel terus-terusan mengajak pergi ke Sriwedari lagi.

Saya suka dan bangga sekali pemerintah daerah Surakarta dapat mempertahankan dan merawat Taman Hiburan Rakyat Sriwedari sebagai salah satu sarana rekreasi bagi warga Solo dengan harga yang cukup terjangkau. Mudah-mudahan Taman Hiburan seperti Sriwedari ini akan terus dilestarikan, tidak hanya di Solo tapi juga di daerah lain di Indonesia.

Bagi Urban Mama yang akan berlibur ke Solo, THR Sriwedari dapat dijadikan alternatif tempat wisata untuk anak-anak. Selamat berlibur!

8 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw September 9, 2014 at 7:51 am

    Aihh kebayang senengnya Baron saat jalan2 ke taman itu ya Shinnn..

  2. gabriella
    Gabriella Felicia September 9, 2014 at 10:54 am

    Seru banget! Tidak terlalu mahal tapi terlihat terawat dan bersih ya… Catet deh, kalau kapan2 mau ke Solo harus mampir ke sini.

  3. ipeh
    Musdalifa Anas September 9, 2014 at 3:15 pm

    tfs mama shinta, bersih banget ya wahana permainannya. Boleh nih mampir kalau liburan ke Solo.

  4. Kira Kara
    Bunda Wiwit September 10, 2014 at 6:22 am

    Waahh.. kalau pulang ke Ngawi pengen deh cobain kesini… Seru sekali sepertinya :) Murah Meriah pula. Kalau dari Ngawi lebih deket nih.

  5. cindy
    cindy vania September 10, 2014 at 8:46 am

    mbak shinta….TFS yaa,jadi ada bayangan sekarang sama Taman sriwedari ini,soalnya sering lirik2 kalo pas lagi CFD an,tapi belum pernah kesana sama sekali,hahaha..maluu..

    Kapan ke solo lagi? ;)

  6. Shinta_daniel
    Shinta Daniel September 12, 2014 at 3:25 pm

    @Zata, Ella, IPeh, Wiwit: ayo jalan2 ke Solo sekalian wisata kuliner :)

    @Cindy: Baru aja Kamis kemarin pulang dari Solo-Jogja hehehe, Minggu lalu uda minta no.telp Cindy ke Zata tapi berhubung jadual penuh dan di Solo cuma 2 hari jadi gak sempet contact Cindy. Kapan2 ketemuan ya kalau aku ke Solo lagi :)

  7. rainiw
    Aini Hanafiah September 12, 2014 at 4:47 pm

    aduh baca artikelnya ini nostalgic sekaliiii… jadi ingat waktu kecil pernah diajak kesini sama alm.eyang-kakung. Tfs yaa mbak Shinta :)

  8. eka
    Eka Wulandari Gobel September 18, 2014 at 4:26 pm

    seneng yaa main-main di sini. waktu kecil pernah diajak ke sini juga sama ibu bapak, ternyata masih ada ya sampe sekarang :)
    terawat yaa..seneng deh lihatnya.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.