Tanda Lahir

dr. eva devita
Eva Devita Harmoniati, dr. Pendidikan: Dokter Spesialis Anak di Universitas Indonesia. Dokter Anak di RSAB Harapan Kita dan RSIA YPK, Menteng.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Dokter Eva,
Bayi saya saat lahir memiliki tanda berupa tahi lalat besar (tompel) di pipinya. Bagaimana ya cara menghilangkan tanda lahir tersebut?

Terima kasih, Dok.

Pertanyaan dari Keenan.

Hi Mama Keenan,

Tanda lahir sebagian besar tidak berbahaya dan bersifat non kanker. Tanda lahir bisa berupa pewarnaan kulit hijau kebiruan, bintik merah (hemangioma), atau pewarnaan kulit coklat sampai kehitaman. Tanda lahir berupa bercak kehitaman terjadi karena penumpukan melanosit (sel penghasil pigmen melanin) di lokasi tertentu di permukaan kulit sehingga daerah tersebut berwarna coklat kehitaman. Bila sel melanosit yang menumpuk di lokasi tersebut banyak sehingga menimbul, terlihat sebagai nevus (tahi lalat). Walaupun nevus adalah sebuah tanda lahir tetap harus diperiksakan ke dokter untuk memastikan tidak ada tanda-tanda ke arah keganasan seperti gatal, merah, adanya perdarahan, atau perubahan dalam ukuran. Nevus ini bisa dihilangkan dengan operasi minor oleh dokter ahli kulit.

Semoga terjawab pertanyaannya ya, Ma.

1 Comment

  1. aliflam
    andriana January 31, 2012 at 7:33 am

    Dok, saya juga punya tanda lahir di betis hingga paha, bentuknya seperti flek warna hitam dan rata dengan kulit (tidak timbul), kalau orang jawa bilang “toh”.
    dan ternyata anak saya pun punya (padahal saya kira tidak menurun), usia 9bulan di kaki kanan, apakah bisa dihilangkan dok?
    Terimakasih.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.