Tart Labu

adisanita

Beberapa waktu yang lalu saat liburan sekolah, sambil menemani anak-anak untuk mengisi liburan di rumah, kami bersama anak-anak berbaking ria dengan resep yang mudah dan sehat. Bahannya terbuat dari labu, jadi anak-anak yang tidak begitu suka sayur, bisa menjadi alternatif camilan sehat mereka.

Sementara ini, saya baru bisa membuat kue yang praktis saja. Kalau yang agak-agak ribet atau bahannya yang agak-agak susah didapat, sudah malas duluan. Belum lagi si krucil dua anak balita saya yang pasti akan ikut bersibuk ria membantu memecahkan telur, menimbang bahan kue, atau sekedar megang kocokan/mixer.

Kali ini saya mencoba membuat kue tart labu. Bisa dari labu siam atau labu parang. Karena saya dapat labu parang yang cukup besar dari Ayah saya yang dibawa dari Bengkulu, saya manfaatkan selain dibikin kolak, saya olah untuk campuran kue.

Bahan:

  • 125 gr margarin.
  • 130 gr gula pasir.
  • 4 butir telur.
  • 200 gr tepung terigu.
  • 1 buah labu siam/labu parang (gunakan seperempatnya saja), rebus, haluskan.
  • 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa.

Cara membuat:

  • Kocok margarin, gula pasir sampai lembut. Masukan telur satu persatu sambil dikocok terus.
  • Tambahkan tepung terigu dan labu sambil diaduk perlahan.
  • Tuangkan santan, aduk kembali lalu masukan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin.
  • Oven sampai matang selama 45 menit.

Saya tambahkan kismis diatasnya agar ada rasa yang beda dan gula pun saya kurangi karena saya juga ingin mengirim untuk ibu saya, beliau punya penyakit diabetes, jadi tidak boleh terlalu manis. Tapi kalau untuk kami, tidak perlu dikurangi takarannya karena menurut saya sudah cukup.

Selamat mencoba.

7 Comments

  1. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly October 8, 2011 at 11:07 am

    waaah mbayanginnya kayanya kuemya lembut di mulut yah..
    pengeeeen ^__<

  2. Asibunda
    Asibunda October 8, 2011 at 3:16 pm

    Ngebayangin yg udah jadinya nyam nyam nyam………

  3. adisanita
    adisanita October 9, 2011 at 1:41 pm

    iya, emang kuenya lembut jadinya, seperti tekstur kue lumpur, ayo dicoba, gampang bgt lho..

  4. sarika
    sarika October 11, 2011 at 10:06 am

    wah ibunya juga suka ini..hehe…btw kismisnya diganti meises enak ga ya mom?

    1. adisanita
      adisanita October 12, 2011 at 11:28 am

      mbak Sarika,
      jujur, saya belum nyoba pakai meises tuh, jadi ga ada salahnya dicoba, yg pasti sih, jadi melted meisesnya

  5. siska.knoch
    Siska Knoch October 13, 2011 at 11:51 am

    tampak simple deh. Harus ditandain dulu resepnya, mu nyoba kapan-kapan ahh..

    1. adisanita
      adisanita October 18, 2011 at 1:44 pm

      mbak Siska, betul simple kok, ga pake ribet…mbak yang di rumah aja, bisa bikin, karena kue ini ga pake acara takut bantet segala.. krn emang kuenya jenis kue bantet kok..hehe

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.