Tas dari Jins Bekas

yosijaaisal

Tas ini merupakan daur ulang dari celana jins. Terinspirasi dari sebuah kelas craft. Saya menggunakan celana jeans Zahra yang sudah lumayan lusuh dan kependekan jika dipakai. Karena Zahra sangat menyukai celana ini dan ia masih sering memaksa memakainya, walaupun sudah tidak enak dipandang mata. Maka saya merayu Zahra agar mengizinkan celana ini  saya ubah menjadi sebuah barang yang cantik dan bermanfaaat. Penampilannya keren kok. Ini dia hasilnya:

Bahan:

  • Celana jeans bekas (anak perempuan), karena biasanya ada bordir atau motif cantik yang bisa kita manfaatkan untuk mempercantik hasil daur ulang.
  • Benang dengan warna senada.

Alat :

  • Jarum jahit tangan yang agak besar.
  • Gunting.
  • Meteran.

Cara Membuat:

  • Ambil satu bagian belakang celana, bentuk persegi panjang dengan ukuran sekitar 15 x 45 cm.
  • Lipat dua sama panjang, dan jahit sisi kanan dan kiri dalam sehingga membentuk kantong.
  • Lipat bagian atas dan dijahit agar potongan kain tidak berada di luar, agar tidak lepas.
  • Ditengah bibir tas bagian dalam , turun 2 cm, bisa diberi kancing.
  • Buat tali dari satu bagian depan celana. Caranya, potong bahan selebar sekitar 1,5 cm dan memanjang sepanjang dua kali panjang celana (Bisa diambil melingkar dari atas ke bawah). Buat potongan ini sebanyak tiga buah.
  • Jalin potongan tersebut menjadi seperti rambut yang dikepang.
  • Ikat bagian awal dan ujungnya dengan kencang.
  • Dari bibir tas pinggir kanan dan kiri, turun kira-kira 2 cm, jahitkan dengan kuat tali tas yang berbentuk kepang. Lalu jahitkan juga ke sisi satunya.
  • Tempelkan bordir logo jeans atau motif lain untuk mempercantik.

Tas cantik siap menemani si kecil.

Satu buah celana bisa menghasilakan dua buah tas mungil yang keren. Tas yang satu lagi bisa saya kasih ke keponakan.
Selamat mencoba!

 

13 Comments

  1. cindy
    cindy vania July 6, 2013 at 12:30 am

    wah! pas banget ada artikel ini,soalnya gue dari siang gugel cara bikin tas dari jeans juga.
    Cara buatnya lumayan gampang ya ternyata..
    Thanks ya Yosi :)

  2. xtreadmill
    xtreadmill July 6, 2013 at 8:03 am

    Sangat menginspirasi,,,,,

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit July 6, 2013 at 12:11 pm

    waaa.. sepertinya seru mengisi weekend di bulan puasa mendatang. Kebetulan ada jeans belel juga.. TFS! :)

  4. ninit
    ninit yunita July 6, 2013 at 3:06 pm

    wihhh kreatif bangeeet dan udah jadinya kereeen!
    me likey!

  5. ZataLigouw
    Zata Ligouw July 7, 2013 at 5:01 pm

    kreatif banget deh Yosi. Gw seneng sama idenya, mengubah barang kesayangan anak agar tetap dapat dipakai..(kalo dibuang atau dikasih orang pasti dia ngga setuju, kan heheh..). Zahra..tasnya keren..tante suka lhoo..

  6. mirmayf
    mirmayf July 8, 2013 at 4:42 pm

    kereeeeennn.. suka sama hasil akhirnya. jadi pengen nyoba hehehe..

  7. Bunda MedinaMecca
    Bunda MedinaMecca July 11, 2013 at 10:24 am

    Kreatif banget mama yosi..absolutely kereen..^^b

  8. ekma nobi
    ekma nobi July 13, 2013 at 6:40 am

    Waaah kece euy.. Nyoba dulu pakai jeans emaknya deh.. :)

  9. lisa namuri
    Lisa Namuri July 14, 2013 at 7:54 am

    Kereeen… Patut dicoba nihh!!!

  10. yosijaaisal
    yosi suzitra July 14, 2013 at 9:49 am

    Buat mama Cyndi vania, iya ini gampang sekali. Sudah dicobain belum, ayo share disini hasilnya.Terimakasih

  11. yosijaaisal
    yosi suzitra July 14, 2013 at 9:54 am

    Buat mama xtreadmill, terimakasih. Buat Mama Lisa Namuri, ayo docoba mam. Buat Emak Ekma nobi,hasilnya tas buat emaknya juga bisa,lho, tapi saya juga belum pernah bikin, hehe.Bunda Medina Mecca, terimakasih.

  12. yosijaaisal
    yosi suzitra July 14, 2013 at 9:58 am

    Buat mama Myrmayf, asik lho jika dikerjakan bareng si kecil, ayo dicobain. Mama Zata Ligouw, terimakasih tante.Mama Ninit Yunita, terimakasih. Bunda wiwit, bikinnya mudah dan cepat kok, ajak si kecil ya. Terimakasih kembali.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.