Tedak Siti Niscala

fany nindyoastomo

Dua bulan yang lalu tepatnya tanggal 24 April 2011, saya dan suami mengadakan Tedak Siti (Turun Tanah) untuk anak laki-laki kami, Niscala Narasrestha Nindyoastomo. Tadinya saya dan suami hanya ingin mengadakan selamatan saja dengan kumpul-kumpul  keluarga tapi nenek saya yang kebetulan perias manten dan adat jowonya masih kental banget, meminta saya mengadakan acara Tedak Siti. Katanya toh nanti keluarga juga pada kumpul.

Persiapan acaranya mulai dari yang kecil sampai hal-hal yang besar saya siapkan sendiri karena kebetulan suami saya sedang berada di luar kota. Untuk urusan peralatan tedak siti, saya serahkan kepada nenek saya apalagi karena beliau punya perlengkapan perang untuk tedak siti yang lengkap. Mulai dari sangkar ayam, bubur warna-warni, tangga tebu, bokor emas, sampai tumpengnya juga.

Tiba di hari H, keluarga sudah mulai datang tapi justru suami belum datang, kebetulan dia dapet flight pagi dan perjalanan dari airport ke rumah agak macet, jadilah saya deg-degan!

Akhirnya suami datang tepat pukul 9 dan acarapun dimulai. Acara ini dipandu oleh nenek saya sendiri, tentunya. :)

Acara dibuka dengan doa bersama lalu sungkem dengan orang tua, dilanjutkan dengan menginjakkan kaki Niscala ke tanah, lalu menuntun Niscala berjalan di atas bubur warna-warni (merah, putih, oranye, kuning, hijau, biru, dan ungu). Warna ketan itu sendiri memiliki arti masing-masing.

Setelah bubur warna-warni selesai, Niscala dituntun untuk menaiki tangga yang terbuat dari tebu arjuna sampai atas dan didudukan, lalu turun kembali dan melewati bubur warna-warni yang tadi.


Setelah itu mencuci kaki Niscala dengan air yang telah disiapkan.

Niscala lalu dimasukkan ke sangkar ayam, di dalam sangkar ayam sendiri sudah disiapkan barang-barang (Al Qur’an, emas, rupiah, dollar, pensil, pesawat, dan buku), dan yang dipilih niscala pensil, pensil, dan pesawat. Acara terakhir adalah acara potong tumpeng, dan diberikan kepada orangtua saya dan suami.

Selesailah pelaksanaan tedak siti dilanjutkan dengan acara bebas. Ngobrol, makan-makan, intinya kumpul bersama keluarga yang sudah datang.

Saya dan suami senang sekali mengadakan tradisi turun tanah ini, kami bahagia sekali mengabadikan setiap moment bersama Niscala.

10 Comments

  1. eka
    Eka Wulandari Gobel July 10, 2011 at 12:25 pm

    wah, seru ya..
    Btw, warna warni bubur itu apa ya artinya?

    Niscala kayaknya ntar jadi penulis atau pelukis dan jalan2 keliling dunia! Soalnya yg diambil pensil, pensil & pesawat! Hihihi.. *cenayang*

    1. fany nindyoastomo
      oktarifanycitra ayuningtyas July 10, 2011 at 11:36 pm

      hai bunda eka, masing2 bubur itu maknanya beda2

      Putih : kesucian
      Merah Muda : kelembutan hati
      Merah : keberanian
      Hijau : kehidupan
      Kuning : bersinar
      Ungu : keluhuran budi
      Hitam : keabadian

      hahaha mulai deh jadi paranormal….hehhehe
      makasih yah bun doanya,semoga nanti bisa keliling dunia.,,hehehe

  2. ninit
    ninit yunita July 10, 2011 at 1:35 pm

    seru banget deh acara tedak sinten-nya niscala :) apalagi acara foto2nya… lucuuu! memorable!

  3. meara
    meara July 10, 2011 at 6:50 pm

    foto yg terakhir lucu banget!

    1. fany nindyoastomo
      oktarifanycitra ayuningtyas July 10, 2011 at 11:37 pm

      iyah itu photobooth,, kalo mau bikin kasih tau aku aja yaahhhhh

  4. fany nindyoastomo
    oktarifanycitra ayuningtyas July 10, 2011 at 11:39 pm

    hihihi makasii bunda,,,alhamdulillah acaranya nisca berlangsung lancar,, dan ga hujan, padahal sebelumnya udah mendung bgt…jadi khawatir,,tp alhamdulillah lancar semuaa…hehhe

  5. bisri
    Achmad Bisri July 11, 2011 at 8:52 am

    Foto terakhir kok bisa keren gitu ya :) , kreatipppp

  6. siska.knoch
    Siska Knoch July 12, 2011 at 11:54 am

    seru ih dan lucu banget photoboothnyahh! :)

  7. bubusultan
    Mutiara July 12, 2011 at 12:34 pm

    photoboothnya keren bgttt…

  8. bundanya_aimee
    bundanya_aimee July 14, 2011 at 6:04 pm

    wah seneng deh liyat keluarga muda yg masih semangat melestarikan budaya jawa..keren acaranya bunda *two thumbs up* :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.