Tenang Saat Bayi Memasuki Fase Oral

Saat Arsel lahir, tentunya saya menginginkan standar pengasuhan yang setidaknya sama dengan abangnya, Rafasya. Semua saya usahakan sama atau lebih baik. Pengasuhannya, cara menggendong, pemilihan baju, kebersihannya, dan yang lainnya, tentunya dengan mengikuti perkembangan zaman.

Memang perlengkapan bayi zaman sekarang juga sudah canggih dan high-tech dengan hadirnya teknologi-teknologi baru di produk-produk bayi. Untuk menjaga kebersihan, saya baru tahu ternyata sekarang ada alat yang bisa mensterilkan hampir semua barang, mulai dari botol-botol, mainan, alat makan serta semua perlengkapan bayi. Alat itu bernama uPang. Bentuknya kotak seperti lemari kecil dengan pintu berwarna. 

Mengapa saya jatuh hati dengan uPang? Sekarang Arsel sudah berusia 6 bulan, yang artinya sudah mulai bisa belajar makan. Sejak usia 4 bulan, biasanya bayi akan mulai fase oral, artinya mulai sering memasukkan tangan ke mulut. Begitu juga dengan Arsel. Ia hobi sekali memasukkan tidak hanya jempol, tetapi bahkan kelima jarinya ditambah jempol kakinya ke dalam mulut. Selain itu, karena sudah mulai tengkurap dan merayap, Arsel cukup sering saya dapati sedang memasukkan berbagai mainan dan barang yang ditemukannya ke dalam mulut. Bahkan mainan yang ia dapatkan di lantai atau yang sudah jatuh, ia masukkan ke dalam mulut. Selain itu, karena mau tumbuh gigi, Arsel juga senang sekali mengigit-gigit teether-nya. Nah kebiasaan Arsel yang menggigit dan menjilat berbagai barang selama di fase oral ini sering membuat saya bingung.

Pada satu sisi, yang menjadi perhatian saya adalah kesehatan: karena pernah membaca artikel tentang adanya banyak kuman dan jamur yang ditemukan di dalam teether. Saya juga khawatir akan kemungkinan bakteri dan virus menempel pada barang-barang yang sudah jatuh ke lantai, lalu masuk mulut Arsel. Bagaimana kalau ia jatuh sakit karena ada kuman yang masuk melalui mulut? Rasanya setiap melihat ia menggigit atau menjilat, saya ingin melarangnya.

Akan tetapi, di sisi lain, saya juga pernah membaca pentingnya fase oral untuk si kecil. Fase oral adalah salah satu waktu pertama si kecil mengenal lingkungan sekitarnya dengan indranya, sehingga mendukung perkembangan otak dan kecerdasan si kecil. Fase oral juga mempengaruhi kematangan otot di daerah rongga mulut. Jika otot telah terbentuk matang, anak akan terbantu dalam mengembangkan kemampuan makan dan berbicara.

Untung sekarang ada uPang yang dapat menjadi solusi. Dengan uPang, saya bisa memberikan teether dan mainan yang sudah disterilkan agar lebih bersih untuk Arsel. Ia bisa menikmati fase oral sambil terus dijaga kesehatannya.

Saya cukup memasukkan alat makan atau teether yang perlu disterilkan ke dalam uPang, lalu nyalakan. Kita bisa memilih 3 tombol yang ada. Ada tombol Automatic, Sterilization, dan Ventilation. Tombol Automatic berfungsi untuk mengeringkan dan mensterilkan; tombol Sterilization berfungsi untuk mensterilkan saja; dan tombol Ventilation berfungsi untuk mengeluarkan udara di dalam uPang.

Biasanya saya mensterilkan mainan dan teether Arsel saat ia tertidur. Jadi begitu Arsel sudah pulas, semua teether, rattlers, mainan plastik dan perlengkapan MPASI Arsel yang biasa kontak dengan mulutnya, langsung saya kumpulkan, saya cuci dengan air matang dan sabun. Setelah itu, semua barang dimasukkan ke uPang dan saya hanya perlu menekan satu tombol Automatic. uPang secara otomatis akan bekerja untuk mengeringkan dan sterilisasi semua barang tersebut. Jadi sangat gampang digunakan dan user-friendly.

Bahkan uPang ini bisa untuk mensterilkan handphone dan remote tv lho. Untuk barang-barang yang tidak perlu dicuci, langsung masuk uPang dan tekan tombol Sterillization. uPang menggunakan sinar ultraviolet untuk mensterilkan.

Menurut saya penggunaan Upang ini sangat praktis. Selain bisa digunakan untuk mengeringkan juga bisa mensterilkan. Jadi semua peralatan makan dan teether bahkan mainan Arsel bisa masuk dan insyaAllah steril. Tinggal masukkan, pencet tombol yang diinginkan, tunggu sampai lampu yang ada di dalam uPang mati, dan selesai! Yang paling seru, saat sedang tidak digunakan uPang ini bisa untuk bercermin. Arsel senang sekali melihat bayangan dirinya di uPang.

Sambil menunggu proses mensterilkan selesai, saya bisa mengerjakan hal yang lain. Wattnya juga kecil, hanya 25 - 30 watt. Jadi tidak membuat tagihan listrik membengkak. Upang ini hadir dalam 5 pilihan warna: hijau, biru, pink, oranye, dan kuning. uPang langsung menjadi barang favorit di rumah karena apa saja bisa disterilkan dengan uPang.

 

6 Comments

  1. avatar
    dieta hadi April 19, 2017 7:42 pm

    upang bagus ya, review nya juga mengatakan upang bagus, berguna banget ya si upang ini, tfs ya

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Gabriella Felicia April 19, 2017 9:52 am

    Setiap kali ada review uPang rasanya pengen punya satu di rumah deh... keren banget, dan sekarang ada warna-warna lain juga.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel April 17, 2017 8:42 pm

    Canggih banget yaa uPang ini. Masuk wish list deh pastinya untuk mama2 yg punya bayi.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita April 16, 2017 7:52 am

    udah baca beberapa review uPang dan semua bagus-bagus. highly recommended ya... fase oral memang sangat penting dan thanks to uPang jadi ngga ribet lagi untuk mensterilkan mainan dan teether.

    ihhh arsel gemesin yaaa... semoga fase oralnya berjalan lancar yaaa.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw April 15, 2017 10:30 am

    gemezzz liat foto Arsel :). Btw, iya yah kalo semua bisa disteril pake upang rasanya jadi makin tenang deh...

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.