The 1st Haircut

amaliaputri

Mama dan ibu mertua saya percaya pada mitos apabila bayi rajin dicukur sampai gundul sewaktu bayi, rambutnya akan tumbuh lebat. Mama saya selalu mencukur rambut anak-anaknya setiap 3, 6, 9, dan 12 bulan. Kalau Ibu mertua saya lain hal, gundul rambut pertama adalah sewaktu hari selapan (35 hari) pertama. Begitu pula gundul selanjutnya, disesuaikan dengan hari selapan.

Akhtar belum kami gunduli sewaktu hari selapan pertama maupun saat dia berusia 3 bulan. Saya masih takut karena kepalanya empuk sekali. Tapi, lama kelamaan rambut Akhtar kok malah kelihatan menipis yah? Tumbuhnya pun lebih banyak di ujung dekat keningnya saja. Bahkan rambut Akhtar sering dibilang seperti rambut Ronaldo yang lagi tumbuh sama tante-tantenya!

Akhirnya, demi alasan estetika, Akhtar pun dicukur gundul sewaktu usianya 4 bulan.

Kami mempercayakan kepada Mama saya untuk menggundul rambut Akhtar pertama kali. Eyangnya Akhtar ini memang punya predikat sebagai “penggundul bayi’ dalam keluarga karena seringnya menggundul anak, sepupu, dan keponakan.

Sewaktu hari-H penggundulan. Saya dan ayahnya Akhtar malah jadi nervous. Bagaimana kalau Akhtar nanti rewel dan gelisah saat dicukur rambutnya? Bagaimana kalau sampai Akhtar terkena benda tajam saat dicukur? Dan saya semakin nervous karena besok hari imunisasi. Loh, apa hubungannya? Iya karena eyangnya Akhtar membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari untuk mencukur habis rambut bayi. Hal tersebut dikarenakan mood bayi yang berubah-ubah. Kalau rewel ya berhenti dulu walaupun belum rapi total. Jadi, bagaimana kalau Akhtar besok datang ke imunisasi dengan rambut yang kurang sesuai harapan? Oh, Noooo!

Dan kemudian dimulailah potong rambut pertama Akhtar.

Langkah Pertama, Akhtar saya gendong sambil disusui. Hal ini supaya dia tidak banyak gerak kesana kemari. Mama saya cerita, dulu saat beliau menggundul rambut anak-anaknya pun dengan posisi sambil menyusui, tangan satunya menggendong anak, tangan satunya memegang gunting. Hihihi, alangkah multitasking-nya bila dibayangkan.

Gunting yang digunakan adalah gunting kecil. Rambut yang panjang dipotong dulu sampai benar-benar pendek. Sehingga mudah dicukur.

Langkah kedua, menggunakan alat cukur elektrik. Alat cukur yang kami gunakan ini adalah alat cukur yang berusia puluhan tahun milik Papa saya. Sama dengan Mama, alat cukur ini juga bersejarah dalam memotong rambut para bayi.

Rambut-rambut sisa di kepala Akhtar kemudian dirapihkan dengan alat cukur tersebut. Lucunya, Akhtar malah tidak menangis ataupun terganggu konsentrasinya dengan suara menderu dari alat cukur. Dia malah lebih tertarik memandangi kamera ayahnya.

Prosesi pencukuran sempat terhenti karena Akhtar rewel. Ternyata karena Akhtar ngantuk dan mau tidur.

Saat Akhtar sudah mulai tertidur kami cukur lagi rambutnya. Eh, Akhtar jadi terbangun dan mengamuk! Mungkin karena suara alat cukur elektriknya dirasa mengganggu ya. Akhirnya kami biarkan dia tidur dan saat Akhtar sudah bangun dimulai lagi proses mencukurnya.

Inilah Akhtar setelah dicukur habis…

Mengilat banget ya ;)

Terlepas dari mitos ataupun bukan, potong rambut merupakan salah satu kegiatan seru bersama bayi. Lucu juga bayi pun bisa bergaya dengan berbagai model rambut.

Bagaimana pengalaman urban Mama lain dalam potong rambut pertama si kecil?

17 Comments

  1. ninit
    ninit yunita February 4, 2012 at 6:56 am

    hihi akhtar udah digundulin lucu bangeeet!
    sekarang rambutnya udah kayak apa yaaa? :) pasti tambah lucu deh.

    1. amaliaputri
      Amalia Putri February 4, 2012 at 3:49 pm

      Alhamdulillah teh,, sekarang rambutnya udah tumbuh tebal dan rata.. no more rambut sejumput diujung ala ronaldo! :D hihii

  2. neena_aime
    neena_aime February 4, 2012 at 9:17 am

    aih ekspresi akhtar pas digundulin imut bangett…
    pinter ya…..

    1. amaliaputri
      Amalia Putri February 4, 2012 at 3:51 pm

      Iyaaa,,, hehehee… ekspresinya kocak banget!

  3. baby_Q
    baby_Q February 4, 2012 at 2:26 pm

    Lucu bgt ekspresi baby akhtar,,jd inget ekspresi baby queensha waktu dicukur yaitu tanpa ekspresi dan begitu menikmati..dr awal dicukur sampai selesai tdk rewel atau pun menangis padahal suara mesin cukur lumayan berisik..

    1. amaliaputri
      Amalia Putri February 4, 2012 at 3:53 pm

      hihii.. iya awalnya dikira bakal nangis, mungkin suara mesin cukur seperti white noise yah buat mereka :)

  4. coffee_mix
    coffee_mix February 5, 2012 at 9:28 am

    Aihhhh ekspresinya mas akhtar lucu banget mel..mata sipitnyaaa itu loh hihihi

    1. amaliaputri
      Amalia Putri February 6, 2012 at 1:35 pm

      Icaa… :D iya ekspresinya ituu maksimal lucuuk-nyaa.. mwehehehee

  5. iyu
    yuliana karang February 6, 2012 at 10:56 am

    aaahhh Akhtar lucu banget anteng di gundulin, lucu banget pose nya :)
    sekarang pasti jadi tambah ganteng ya Mel :)
    trus apakah setiap angka itu Akhtar jadi digundulin lagi?

    baby L baru sekali aja digundulin pas 40harinya, prosesi tumbuhnya luama buanget. jadi ampe sekarang almost 10m belum digundul lagi. serasa kasian ce kog gundul hiks hiks T_T

    1. amaliaputri
      Amalia Putri February 6, 2012 at 3:31 pm

      Yuuu,, terimakasih ^_^
      artikel ini saat Akhtar 4 bulan, lalu cukur gundul ke-2 kalinya kemarin pas 7 bulan.. Rencananya nanti usia 10 bulan mau cukur gundul lagi :D
      Hehee,, kalau aku mumpung belum 1tahun,, istilahnya masih bayi..hihiii

      Btw, percaya gak percaya.. minyak telon sepertinya cukup berperan menumbuhkan rambut Akhtar… dulu juga tipiss banget dan didepannya botak, terus karena takut kedinginan dikasih minyak telon.. eh malah tumbuh tebal :D

  6. February 7, 2012 at 1:57 pm

    Akhtar pas abis di gundulin lucu bgt ekspresinya! Gemeees!!

    Jd inget dulu, pas cukur rambutnya Tata. Karena dia anknya gampang geli, jd bentar2 berhenti tuh nyukur rambutnya. Selang waktu cukur rambut yg prtama sm yg kedua smp 2 minggu! Ga ketemu wkt yg pas, adaaaa aja! Alhasil rambut nya jg lbh lebat yg depan, kyk ada kuncung nya gt! Hihihihi.. Smp skrg (9mo) rambutnya blm prnh dicukur lagi.

    1. amaliaputri
      Amalia Putri February 9, 2012 at 7:10 am

      Tata lucu banget sih…jadi penasaran gimana ekspresinya sewaktu dicukur :D

  7. diniwiriarsa
    diniwiriarsa February 8, 2012 at 1:08 pm

    waaah lucunya!!!! makin cakep deh.
    baru kemarin saya juga mencukur sendiri rambut bayi saya yang berusia 3 bulan. awalnya takut luka, tapi lama-lama mulai bisa meski rada nervous juga sih :) mencukur ternyata tidak semudah yang dibayangkan ya? kudu sabar dan nurutin kemauan bayi, kalo bayi rewel, proses mencukurpun kudu berhenti. karena masih pengalam pertama, hasil cukurannya jadinya ga bersih gitu. ada ga tips agar hasilnya jadi bersih? saya kemarin pake cukuran biasa yang dipake bapak2 gt

    1. amaliaputri
      Amalia Putri February 9, 2012 at 7:28 am

      Makasih dini :)
      Alat cukurnya Akhtar, cukur kumis/janggut listrik.. Bentuknya mini jadi enak nyelip-nyelip terutama di sekitar tengkuk dan telinganya itu kan susah banget..

  8. na_tina
    Tina Trihandayani February 10, 2012 at 3:48 pm

    iiiiihhh… Akhtar lucu banget sih.. gemesin liat tampangya di foto terakhir tampak pasrah cemberut gitu.. ;D

  9. Wendy
    Wendy Meirisca February 14, 2012 at 1:33 pm

    Akhtarrrr ngegemesin bangt kamu nak
    pas imunisasi nya pasti banyak yg gemes juga kan mbak..hehehe..^^

  10. bunda.akhtar
    bunda.akhtar June 19, 2012 at 6:50 pm

    Wuihh.. nama nya samaan Akhtar..
    Akhtar saya 2 bulan, sekarang jg lg gundul.. :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.