Tinggi dan Berat Badan Anak

dr. eva devita
Eva Devita Harmoniati, dr. Pendidikan: Dokter Spesialis Anak di Universitas Indonesia. Dokter Anak di RSAB Harapan Kita dan RSIA YPK, Menteng.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Dokter Eva,
Anak saya berusia 5 tahun dengan tinggi badan 105 cm dan berat
badan 17 kg. Berat badan anak saya susah sekali naik. Apakah
pertumbuhan anak saya dalam kategori normal atau kurang, Dok? Karena dibandingkan teman-teman sekelasnya dia paling kecil. Apa yang harus dilakukan?

Terima kasih, Dok.

Lia Kumalasari

Mama Lia…
Anak laki-laki atau perempuan, usia 5 tahun dengan berat badan 17 kg dan tinggi badan 105 cm, bila diplot dalam kurva pertumbuhan maka terlihat tinggi badan dan berat badannya ada di persentil 25. Ini berarti untuk anak usia 5 tahun termasuk kelompok anak yang kecil untuk usianya tapi masih dalam batas normal. Tapi kalau kita lihat tinggi badannya 105 cm, maka berat badan idealnya memang 17 kg, jadi status gizinya baik.

Banyak faktor yang membuat anak terlihat kecil dibanding anak-anak lain seusianya, diantaranya faktor gizi dan genetik. Pada anak ibu, kalau dilihat dari tinggi badan dan berat badannya, status gizinya baik. Jadi mungkin ada pengaruh faktor genetik disini. Kalau orangtuanya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu gemuk, anak akan mengikuti seperti itu juga.

Berat badan sulit naik perlu dievaluasi lebih lanjut, apakah sering sakit? Apakah makannya adekuat? Apakah aktivitasnya berlebihan? Karena banyak faktor yang mempengaruhi berat badan anak sulit naik. Kalau memang dia sering sakit biasanya nafsu makan akan kurang dan akibatnya berat badan sulit naik.

Anak-anak dengan aktivitas yang berlebih (sangat aktif) dan tidak sebanding dengan jumlah makanan yang dikonsumsinya juga bisa menyebabkan berat badan anak sulit naik. Pada anak-anak yang berat badannya sulit naik juga perlu dievaluasi adakah penyakit kronis yang dia derita seperti TBC dll.

Mudah-mudahan pertanyaannya terjawab yaa, Mama Lia.

3 Comments

  1. ipeh
    Musdalifa Anas January 16, 2013 at 9:28 am

    Sama dengan anak saya, umurnya 4 tahun beratnya 13kg dan tingginya 100cm. Dia paling kecil di kelasnya, tapi dari genetik saya dan suami badannya juga kecil sih jadi gak terlalu khawatir. Karena makannya juga gak susah, cuma kata dokternya minum susunya perlu ditambah kuantitasnya (karena sehari cuma sekitar 250-300ml).

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel January 17, 2013 at 12:28 am

    sama seperti enzo dante, makannya sih banyak, karena laper kali ya, mereka kan memang gak bisa diem. tinggi badannya sih nambah, tapi berat badan nambahnya dikit2. kata dokter, selain genetik juga karena karakter anaknya yg super aktif. saran dokter perhatikan asupan gizi, tetap beraktivitas terutama di pagi hari di luar ruangan (agar terpenuhi asupan oksigen dan terpapar sinar matahari pagi) dan istirahat cukup. sampe sekarang yg agak PR itu tidur siang, karena mereka sudah mulai bisa beralasan bir gak disuruh tidur siang, maunya main terus :D

    TFS dokter, penjelasannya, jadi gak terlalu khawatir.

  3. pipit ibu vito n ziza
    pipit ibu vito n ziza October 8, 2013 at 2:48 pm

    sama seperti vito bunda, nov ini 4 thn berat cuma 13 kg, naik 13 kg juga baru baru ini semenjak disauh dirumah (sebelumnya tpa n paud) ya selain genetik..anaknya juga aktif..Pernah konsultasi ke ahli gizi katanya anak saya tidak ada masalah> alhamdulillah asi ex lanjut 2thn, pengalaman dari temen@ yg lain si memanfg baby asi berat badannya gk seberat bayi sufor..yg penting sehat ya bun

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.