Tips Gerakan Pilates untuk Dilakukan di Rumah

Tahun 2017 ini salah satu resolusi saya adalah untuk lebih serius menjaga kesehatan, caranya antara lain dengan makin rajin berolahraga. Namun sayangnya, sebagai seorang mama dari tiga anak yang juga punya kesibukan lain selain urusan keluarga, rasanya sering kali saya tidak sempat untuk datang ke gym, sanggar senam, ataupun pusat kebugaran lainnya.

Kebetulan sepupu saya, Cici Yufimo adalah seorang guru senam, dan setelah mengobrol dengannya, saya bisa kembali termotivasi untuk aktif bergerak dan berolahraga di mana pun saya berada. Menurut Cici, sebaiknya secara berkala tetap datang ke pusat kebugaran untuk mendapat pelatihan langsung dari guru senam atau instruktur olahraga, tetapi saat memang tidak sempat datang ke pusat kebugaran, tak ada salahnya berolahraga di rumah, asal dilakukan dengan benar dan tepat.

Cici menjabarkan bahwa pilates dapat dilakukan oleh semua orang baik pria mau pun wanita, tua atau pun muda. Namun yang perlu diperhatikan adalah apabila memiliki masalah tertentu seperti kelainan di tulang belakang, ada cedera, atau sedang hamil, perlu melakukan latihan dengan pendampingan tenaga ahli.

Saya lalu meminta beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk urban mama yang ingin berlatih di rumah. Menurut Cici, kita boleh-boleh saja latihan di rumah, asal jangan melakukan gerakan-gerakan yang terlalu ekstrem. Sebaiknya sebelum berlatih jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan setelahnya. Demi hasil yang maksimal, lakukan gerakan pilates ini di pusat kebugaran mau pun di rumah secara rutin. Coba dengan jumlah hitungan yang semakin meningkat setiap harinya agar terlihat peningkatan manfaatnya.

Nah, sekarang simak, yuk, panduan mudah pilates di rumah dari Cici Yufimo:

1. Saat berada di dapur sambil menunggui masakan di kompor, sandarkan dua tangan di meja dapur lalu lakukan squat seperti gambar di bawah ini. Jangan lupa kencangkan perut dan punggung tetap tegak.

2. Sambil menonton televisi atau menemani anak bermain di ruang tamu, lakukan gerakan-gerakan ini di sofa. Jangan lupa untuk selalu menahan perut dan meluruskan punggung.

 

3. Coba praktikkan gerakan-gerakan di bawah ini saat berada di teras dan halaman rumah.

Selamat berolahraga, urban mama!

6 Comments

  1. avatar
    Eka Gobel February 10, 2017 11:41 am

    Makasih taa tipsnya. Sambil nonton tv nih bisa dipraktekin ☺

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    thea rizkia February 9, 2017 10:35 am

    waah bermanfaat banget nih. makasih yaaa. cocok buat aku yang baru punya bayi.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Musdalifa Anas February 8, 2017 8:47 am

    zata dan mba cici, terima kasih ya contoh gerakannya. Simple ya gerakannya dan mudah diikutin. Tinggal moodnya aja nih buat rajin olahraga harus dinyalain terus, biar bisa sefit zata.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    zata ligouw February 8, 2017 5:41 am

    sama-samaa Dieta, Cindy :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    dieta hadi February 7, 2017 12:02 pm

    wahhh tips nya oke juga nih, ga perlu ribet tapi kena gitu. Thanks ya sharingnya zata dan cici

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.