Tristan’s Smurfy Party

Ningning

Tanggal 3 September 2013 lalu Tristan genap berusia 4 tahun. Tristan pun sangat senang saat saya beritahukan bahwa sebentar lagi ia berulang tahun dan akan dirayakan bersama dengan teman-teman sekolah, tetangga, dan sepupu-sepupunya. Ya, ini pertama kalinya Tristan merayakan ulang tahunnya. Saya dan suami pun mulai sibuk merancang konsep acaranya. Saat itu, Tristan sedang suka sekali dengan Smurfs. Maka kami pun memilih Smurfs sebagai tema pesta ulang tahun tersebut. Pestanya kami adakan di rumah. Sebenarnya konsep ulang tahun Tristan sama seperti ulang tahun anak-anak pada umumnya: potong kue, goodie bag, menyanyi bersama, dan games. Yang agak membedakan hanya nuansa Smurfnya saja. Berikut beberapa smurfy items yang melengkapi pesta ulang tahun Tristan:

1. Smurfy Cake

Blueberry Cheesecake adalah rasa kue favorit Tristan. Sebenarnya kami memesan kue dengan hiasan fondant yang dibentuk tokoh-tokoh Smurfs. Namun, karena harganya lumayan mahal dan kami tidak terlalu menyukai fondant, akhirnya kami menghias kue dengan foto-foto seperti yang saya baca di sini. Sebelum digunting sebaiknya foto-foto tersebut dilapisi selotip bening agar minyak dari kue tidak langsung mengenai kertas foto yang akan ditusukkan ke kue. Untuk background kuenya saya mencetak wallpaper ‘Smurf Village’ agar lebih meriah. Biaya untuk bisa dipangkas karena print foto-foto Smurf bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk kuenya sendiri, semuanya bisa habis dikonsumsi tidak ada yang terbuang. Usai pesta, foto-foto Smurfs yang digunakan sebagai hiasan kue masih bisa disimpan untuk mainan ataupun sekadar hiasan kamar. Untuk bagian atas kue, tadinya saya ingin meletakkan 1 boneka Smurf, tetapi karena hiasan stroberi, ceri hijau, dan cokelat sudah cukup memenuhi bagian atas kue, saya hanya meramaikannya dengan menusukan beberapa foto Smurf saja. Hasilnya mungkin jauh dari sempurna tapi kami, terutama Tristan, sangat puas melihatnya.

2. Smurfy Backdrop

Awalnya kami tidak berencana membuat backdrop, sampai suatu hari ketika pulang memesan kue, kami melewati sebuah tempat pembuatan backdrop. Iseng-iseng kami tanya, ternyata biaya pencetakan backdrop tidak semahal yang kami kira yaitu hanya Rp15.000,00 per meter dengan membawa desain sendiri. Sementara, jika ingin didesainkan selain biaya cetak, akan dikenakan biaya desainnya yang dihitung per jam yaitu Rp35.000,00/jam. Lagi-lagi, supaya lebih murah kami putuskan mendesain sendiri dan minta dicetakkan untuk ukuran 1 x 2 meter. Jadi cukup membayar Rp30.000,00 saja. Sama seperti kue ulang tahunnya, untuk gambar backdropnya mungkin kurang sempurna, tapi kami sangat puas dengan hasilnya.

3. Smurfy Birthday Hat

Jauh-jauh hari saya sudah membayangkan akan membuat topi ulang tahun spesial untuk Tristan tentunya dengan beberapa frugal ideas. Saya membeli sebuah kertas karton berwarna cerah dan membuat topi sesuai ukuran kepala Tristan lalu menghiasinya dengan beberapa bahan yang sudah tersedia di rumah yaitu kertas origami (seperti anak-anak seusianya, Tristan sedang senang menggunting, melipat, dan menempel jadi kami selalu sedia kertas origami di rumah) dan rumbai-rumbai bekas hiasan parcel. Sebelum ditempel ke topi, kertas origaminya kami bentuk dulu dengan menggunakan nori puncher. Untuk kesan Smurfynya, lagi-lagi saya tempelkan foto Smurf namun dengan ukuran yang sedikit lebih besar.

Untuk goodie bagnya, selain berisi makanan dan minuman, saya masukan juga gelas bertuliskan nama Tristan untuk kenang-kenangan. Sebenarnya di gelasnya ini ingin ditambah gambar Smurf juga, namun karena keterbatasan waktu akhirnya kami gunakan gambar yang sudah ada templatenya di toko souvenir tempat kami memesan gelas tersebut. Kami pilih biru untuk warna gelas dan bahan tile pembungkusnya agar senada dengan nuansa Smurf.

Semoga ini bisa menambah ide untuk urban mama yang ingin mengadakan pesta ulang tahun untuk buah hati tercinta ya!

10 Comments

  1. ninit
    ninit yunita October 19, 2013 at 5:33 am

    wiii seru banget sih tema ultahnya tristan :)
    plus frugal ideas yang diterapkan di ultah ini, keren banget! suka deeeh sama smurfy birthday hat-nya. bagus banget hasilnya.

    selamat ulangtahun yaaa tristan… semoga sehat selalu dan tambah pintar. amiiin.

  2. siska.knoch
    Siska Knoch October 19, 2013 at 6:15 am

    Happy birthday Tristan! ^^
    mamanya tristan kreatif deh, tristannya juga happy banget dengan hasilnya :)

  3. fransiscaa
    fransiscaa October 19, 2013 at 8:30 am

    wow kreatif banget mamanya Tristan, Selamat ulang tahun ya Tristan semoga jadi anak pinter yang sayang sama keluarganya :)

  4. yuniastuti
    yuniasih dwi astuti October 19, 2013 at 11:11 am

    Emaakkk Ning…kok Mala sama Al ga diundang yaaa…hiks…
    Happy birthday mas tristan…semoga jadi anak sholeh.tambah pinter,tambah disayang mama papa,semoga emaknya cepetan balik jakarta yaaaa…amiiinnn…

  5. ZataLigouw
    Zata Ligouw October 19, 2013 at 2:59 pm

    Happy birthday Tristan!! semoga makin pinter, ganteng, dll, dll, yg baik2 ya sayangg..

  6. diana mamachica
    diana mamachica October 20, 2013 at 5:32 am

    kreatif sekali idenya….happy birthday tristan^^

  7. Ningning
    Ningning October 21, 2013 at 9:08 am

    @ teh ninit: hehe.. Makasih teh. Aku juga seneng ngeliat topinya. Puasss rasanya.

    @ mba siska: Makasih mba :) Gara2 suka liat TUM jadi lebih bs berkreasi. Banyak contekan soalnya. hihi..

    @ mba fransiscaa: Makasih doanya mba.. Hihi.. ide kreatifnya dr creative moms di TUM kok mba.. Aku cuma nyontek and modif2 dikit (halah! kaya otomotif aja modif2 segala) :P

  8. Ningning
    Ningning October 21, 2013 at 9:20 am

    @ mak Mele: Hiaaa.. penginnya si ngundang Duo Mal-Al tp kasian nanti.. Rumah Mala di ujung barat, rumah tristan di pelosok timur. Hehe.. Kapan-kapan ya kita bikin party khusus alumni daycare Tunas Bangsa.
    @ Mba Zata: Alhamdulillah.. AMiin.. Makasih doanya mba.. :)
    @ Mba Diana: Makasih mba.. Thumbs up buat semua creative moms di TUM pokoknya deh!

  9. novi rio
    novi rio December 3, 2013 at 11:37 am

    mbaaa ninit bgm caranya masukin foto anak si dsaat hari ultah anak ku 15 sept 2013 kmrn..samaan nih tema part nya Smurft…

    ak udh coba tp knp gagal terus ya…minta bantuin tahapan proses upload foto anak birthday nya donk mbak…makasiii banyak yaaa *klo gk keberatan…

  10. novi rio
    novi rio December 3, 2013 at 11:39 am

    eh maksud ku ceritain tahapan2 nya bisa bikin thread ini…ak sdh liat cara nya yg di FAQ maaaaf bgt ya all mamas ak kok gagal terus…sediih deh…(gak ngerti nih mklum ak baru joint hehehe )

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.