Ungkapan Sayang si Kecil

arinta

Saya termasuk orang yang cukup ekspresif, di kala senang dan bahagia saya akan tertawa, saat marah atau sedih saya akan cemberut atau bahkan menangis. Saya juga sering mengungkapkannya secara verbal, saya sangat mudah mengungkapkan rasa sayang dan cinta saya kepada anak dan suami.

Dari sejak Ina kecil, saya sangat terbiasa memeluknya kapan pun saya mau, dan selalu sambil saya bisikan, “Ibu sayang Ina, selalu dan selamanya.” Atau ketika saya pulang kantor, saya selalu bilang, “Ibu seharian di kantor selalu ingat Ina, kangen Ina… Saat menyanyi bersama pun, lirik lagu sering saya ganti, misal satu satu Ibu sayang Ina, dua-dua Bapak sayang Ina, tiga-tiga semua sayang Ina…

Ternyata hal kecil ini cukup berpengaruh terhadap perkembangan emosi Ina. Pada usianya yang baru menjelang 2 tahun, ia sudah pandai mengeluarkan ekspresi sayangnya terhadap saya, adiknya, dan bapaknya.

Misalnya ketika pada suatu hari Farza adiknya, terpaksa dititipkan di daycare, sementara Ina di rumah bersama embahnya. Saat Farza dan saya pulang dari daycare, saat itu Farza sedang dalam keadaan tidur, Ina langsung berseru, “Yah, adik kog tidur, aku kan kangen!”

Kemudian, saat adiknya tak kunjung bangun juga, Ina bolak-balik ke kamar, dan berkata, “Aku mau lihat adik, aku mau tunggui adik ya, Bu.” Dan kemudian, ia minta izin saya untuk memeluk adiknya, “Bu, aku mau peluk adik, pelan-pelan kok, adeik tidak bangun.” Lalu Ina memeluk adiknya dan berkata, “Aku sayang banget adik.” Sungguh saya terharu. Walau tentu saja, Ina tetap anak yang normal, ia sangat menunjukan kecemburuan terhadap adiknya.

Di lain waktu, di malam hari, saat mau tidur, Ina minum susu sambil saya keloni, tiba-tiba ia lepas dotnya, dan bangun, sambil duduk, ia berkata, “Ibu, aku kangen ibu, sayang sekali sama ibu, sambil memeluk saya.

Atau saat Bapaknya pulang dari tugas, Ina sering berseru, “Itu Bapak Ina,” dan dilanjutkan dengan menggelendot manja sambil berkata, “Ina sayang Bapak.”

Sungguh saya tidak pernah menyangka, anak seusia itu sudah bisa begitu ekspresif mengungkapkan rasa sayangnya. Sangat penting untuk kita sebagai orangtua, agar selalu memberikan contoh baik untuk anak-anak kita.

6 Comments

  1. novel
    novel June 3, 2013 at 9:46 am

    Wahh Ina pinter banget… gemes deh liat fotonya berdua sama adiknya

    Aku juga kepengen supaya Ben (3m1w) bisa ekspresif juga nantinya. Makanya dari sejak di dalam perut, aku biasa bilang ‘mama sayang Ben’ atau semacamnya. Moga2 kelak besar bisa seperti kakak Ina yg ekspresif..

  2. mami_Bertrav
    mami_Bertrav June 3, 2013 at 10:12 am

    hwaaa..keluarga bahagia :)..lucu bgt ngebayanginnya >_<..semoga betrav nanti jg gt, aku jg selalu berusaha nunjukin kl mamanya sayang sm bertrav..
    g sabar nungguin dpt ciuman dr anak sendiri..hihihi..

    pada dasarnya anak merupakan copy dari orgtuanya..semoga kita selalu bisa mnjadi orgtua yg trbaik utk anak2 kita ;)

  3. cindy
    cindy vania June 4, 2013 at 12:01 am

    Ina pinter banget,sayang banget sama adek yaa? :)
    anak2 juga suka gue bilangin kalo gue sayang sama mereka,dan anak kedua paling suka bilang sayang sama kakaknya (kakaknya pemalu banget).

    oot dikit,itu foto bawah di solo square kah? ;)

  4. ZataLigouw
    Zata Ligouw June 5, 2013 at 7:10 am

    arinta..gw juga gitu sama anak2..alhasil, sama kaya Ina juga, anak2 jd penyayang banget..

  5. arinta
    arinta hapsari June 13, 2013 at 9:40 am

    halo mama semua, terima kasih komennya :)
    Alhamdulillah ina memang ekspresif, dan kita sebagai orang tua memang harus mengajarkan segala kebaikan untuk anak-anak kita :)
    @ mama cindi vania: iyaaaaaa itu di solo square, waktu bulan april lalu liburan di rumah eyang putri

  6. Windu Fitriyanti
    Windu Fitriyanti March 9, 2014 at 7:28 am

    Ijin Share yaa momies yang cantik …

    Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak di bawah naungan Yayasan Tri Mitra Sejati menerima pendaftaran peserta didik baru
    Tempat Kami :

    Penitipan Anak/Daycare Sekar Ananda di Jl. Kentang n0 8a Depok-utara, beji Kota Depok

    KB/TK Sekar Ananda Jl. Kembang no 58 RT 005/13 Kecamatan Beji, Kota Depok

    kami siap menjadi patner ayah-bunda dalam pengasuhan dan pendidikan Ananda tercinta dengan segenap hati dan tanggung jawab harga terjangkau hubungi : 081210638520, 081380154167,085695566586 (Bunda Windu Fitriyanti)atau di http://www.sekarananda.com, daycarekbtksekarananda.wordpress.com, daycarekbtksekarananda.blogspot.com/‎

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.