Warisan Leluhur: Gendongan Jarik

Bety Kurnia

Saya hidup dengan tradisi Jawa yang sangat lekat dengan kain jarik. Acara lamaran, nikahan, bahkan melahiran, jarik selalu ikut menyertai. Ketika El lahir, jarik digunakan untuk alas tidur dan gendongan. Terkadang El juga dibedong dengan jarik jika kain bedong dari flanel habis/harus dicuci. Jarik juga saya pakai untuk mempercepat pemulihan pasca melahirkan dan mempermudah urusan kamar mandi. Tidak perlu menekuk-nekuk kaki seperti ketika memakai rok atau celana.

Saya penggemar fanatik jarik. Jarik adalah senjata andalan terakhir dan terampuh saya untuk membuat El tertidur. Kalau El susah fokus untuk makan, jarik juga bisa menggantikan fungsi high chair. Ketika jalan-jalan ke mall atau tempat keramaian, jarik adalah barang penting yang harus dibawa. Saya tidak peduli dengan omongan ataupun pikiran orang yang menganggap gendongan jarik itu kuno. Yang terpenting adalah El merasa aman dan nyaman.

Saya banyak mendapatkan hadiah gendongan dengan model yang beraneka. Mulai dari gendongan sling, ransel, gendongan jarik, dan gendongan depan. Tapi tak ada satupun yang bisa mengalahkan kecintaan saya pada jarik. Jarang sekali saya jumpai ibu-ibu muda menggendong anaknya ketika jalan di mall. Ibu-ibu lebih banyak memakai stroller. Stroller membuat ibu-ibu muda ini merasa nyaman membawa anaknya. Ini sangat berlawanan dengan ibu-ibu muda di luar negeri yang dengan bangganya menggendong anak. Rupanya kain gendongan sedang jadi tren di luar negeri. Sekelas artis saja mau menggendong anaknya kemana-mana…*jadi inget lagunya mbah surip-tak gendong kemana-mana*.

Bagaimana kalo nanti gendongan jarik dipatenkan di luar negeri? Pasti ibu-ibu sangat menyesal karena tidak mencintai gendongan jarik sebagai warisan luhur bangsa. Makanya mulailah dari sekarang untuk menggunakan gendongan jarik. Bagi yang tidak bisa, harus belajar. Memang, gendongan ini sangat sulit dikenakan bagi orang yang belum terbiasa. Saya sampai nangis-nangis belajar menggendong anak dengan kain ini.

 

69 Comments

  1. eka
    Eka Wulandari Gobel January 10, 2011 at 12:48 am

    Enzo & Dante seneng banget digendong pake kain jarik, dieman-eman katanya. Sampai sekarang, saya belum bisa menggunakan gendongan jarik ini, selalu merosot :) selalu salut sama mereka yg jago berjarik ria. Yuk, lestarikan budaya bangsa!

  2. Liz
    Liz January 10, 2011 at 3:47 am

    mantabbb

  3. indriani budi utami
    indriani budi utami January 10, 2011 at 4:26 am

    sebelum melahiran Saya beli 3 kain jarik untuk persiapan menggendong ilyasa, untung terpakai semuanya karena ternyata saya -tidak seperti kebanyakan ibu2- justru tidak piawai memakai alat2 gendongan2 yang modern.

  4. momlicious
    Junita January 10, 2011 at 4:41 am

    saya setuju dengan membudidayakan kain jarik. Tapi kenapa yah saya selalu khawatir lipetannya terlepas padahal ibu ibu lain bisa gendong dan lepas tangan. Bahkan ada yang di gendong di belakang sambil kerja. Hebat deh. Sekarang gendong anak pake tangan kosong aja soalnya udah gede gede. Tapi tangan jadi berotot, hi hi hi!

  5. suciww
    suci widya January 10, 2011 at 4:56 am

    Gendongan modern udah gw siapin.. Gendongan tradisional (jarik) juga udah siap 3 lembar hihihi.. Kaya’nya buat nge-gendong samping /sling enakan pake jarik yaa..mudah2an bisa canggih makenya.. Kita tunggu saja tanggal mainnya, secara baby-nya belum lahir juga :)

  6. lina_radityo
    yuslina wulandari January 10, 2011 at 5:50 am

    Mbak Bety..saya termasuk pengguna jarik lho..Saya dulu diberi 2 buah oleh nenek suami. Maklum keluarga suami sangat Jawa jadi gendong bayi ya pasti pake jarik. Malah saya baru tau kalo menggendong newborn ada cara tersendiri. Di awal-awal dulu susah banget pakenya. Ikatan gampang kendor atau kurang nyaman di bayi. Jadi saya beralih ke model sling kemudian ke wrap. Atas alasan ga trendi, saya ga pernah pake gendongan jarik untuk ke mal.
    Namun itu dulu..Sekarang kemana-mana pasti bawa kain jarik karena terbukti lebih cepat pakainya terutama kalo anak udah rewel pengen digendong. Selain itu Mare juga terlihat lebih nyaman dan bobok relatif lebih cepat dibanding gendongan lain. Kalo masalah style, kata teman-teman saya yang belum punya baby sih ‘you look so classic and stylist!’

  7. agis
    agis January 10, 2011 at 6:47 am

    wah, gw gak pernah bisa ngegendong pake jarik, merosot terus…awal-awalnya sih bisa, tapi kok makin lama makin merosot ya?

  8. trias.kelly
    trias kelly January 10, 2011 at 7:22 am

    Jarik jg yg bisa bikin naldi lelap kalo bobo siang. Tapi aq ga pernah berhasil make kain jarik, slalu mintain mbaknya ngiketin talinya. Soalnya kalo make sendiri slalu merosot. Kalo skrg sih gendongnya pake tangan, bener kata Junita bikin tangan berotot. Tapi itu pun ga lama2, krn naldi lagi demen lari2 sama naek turun eskalator *tepok jidat*

  9. SunShine
    Fitria Adriadi January 10, 2011 at 7:23 am

    yg bisa pake jarik cuma pengasuhnya anak gw (sekarang dah gak kerja di gw lagi), dan anak gw keliatan pe-we banget digendong pake jarik.
    gw gak pernah bisa gendong pake jarik…hikkss….ujung2nya sling lagi, sling lagi..akhir2 ini malah jadi ke wrap…ada tips&trik-nya ga sih gendong pake jarik? videonya gitu sekalian??

  10. citRa
    citRa January 10, 2011 at 7:24 am

    hebat!! Al jg klo lagi rada susah klo disuruh tidur, pas digendong pake kain jarik, langsung deh ‘keyep-keyep’.. sampai sekarang aku masih belum bisa gendong paki jarik sendiri, bahkan suamiku tercinta lebih fasih nggendongnya.. :D

  11. Medy
    medy January 10, 2011 at 7:40 am

    Ih motif dan warna jariknya mirip :) gw udah belajar bbrp kali ga bisa2 deh,kalo Betty sampai nangis..ini anakku yg sampai nangis..he..he..klamaan.. ;)

    Coba dong step by stepnya di post,*ngerayu* baru tau juga kalo ada posisi newborn. Kalo skrg sih gendong tangan aja kemana2. Paling pake gendongan hipseat kalo pergi dkt rumah.

    Hidup Jarik! :D

  12. ibu muda
    deedee January 10, 2011 at 7:55 am

    knp ya susah bgt pake jarik? baby e jg plg cpt tdr kl di gendong pake jarik sm tante dan opungnya,tp mama nya gagal mlulu pk jarik, slalu melorot,gampangan pk baby wrap. terpaksa kl di mall ga pk stroller ya di gendong, plg2 lsg panggil tukang pijet

  13. ester
    Ester Bunjamin January 10, 2011 at 8:11 am

    Gue msh pake si jarik ini, apalagi kalo udah lama dipake kainnya berasa adem. Jadi kalo ke mall ato jln2 jarik musti dibawa malahan stroller ato sling yg udah jarang dipake :)

  14. January 10, 2011 at 8:13 am

    ternyata emang kain jarik itu ampuh bgt buat nidurin anak ya :).
    dulu waktu safa br lahir ampe umur 6 bulan ga bisa pake jarik,pasti melorot mulu jdlah gendong tangan.tp ngliat kluarga suami (sampai pihak laki2) jago pake kain jarik bikin aku semangat buat make sampe2 pundak keseleo..hehe.. masa aku mamanya tp babyku bobo sama orang lain :p.
    akhirnya lama kelamaan bisa deh makanya gendongan modern pada ga kepake & saya lebih ga ngerti cara pakenya. skrg emang cr ampuh nidurin & nyuapin safa adalah digendong kain jarik :).
    sebenernya ga susah koq mom,malah kl udah biasa mah cepet bgt koq..hayo budayakan kain jarik :)

  15. cindy
    cindy vania January 10, 2011 at 8:28 am

    Fofo juga paling suka kalo digendong pake kain jarik dibanding SW. Aku punya 9 kain jarik.Ÿª♌g 3 motifnya bukan batik Τǎ¡ pooh,binatang sama beruang forever friend. Pake jarik itu enak,ringkes,adem. Suka juga ke mall pake jarik,Τǎ¡ kalo pundak lagi ga beres biasanya pake SW dulu.

    Cinta deh sama si jarik ini :*

  16. emakayska
    Margaret christina January 10, 2011 at 8:40 am

    Senangnya ketemu penggemar kain jarik.. Saya punya 10 lembar kain jarik yang udah mulai pudar warnanya setelah 23 bulan ini dipakeeee tiap hari buat nggendong ayska.

  17. siti
    siti January 10, 2011 at 8:45 am

    mm..klo soal jarik sih, terus terang aku gk bisa pake..melorot terus.
    jd kalo soal gendong hanif pake jarik itu ku serahkan pada ahlinya, ibuku, ibu mertua bahkan bapakku ahli pake jarik ini (lebih ahli dr ibu2 :P )suka di bilang kuno sih ama tetanggga…tp si hanif lebih nyaman pake jarik di banding yg lain

  18. babydwann
    Wike_Dwann January 10, 2011 at 8:50 am

    mba Bety liatnya enak bgt deh gendong pke kain jarik *mupeng sangaat*, tp aku ga prnh berhasil gendong pke jarik..hikshiks..pdhl Dwann cpt bobo klo di gendong pke jarik sm mba nya, aku udh sering bgt nyoba *krn iri liat mba nya sukses nidurin anakku* tp slalu gagal dan alhasil dwann malah jerit2 histeris…paniklah aku ujung2nya bobo in pke jurus t’akhir yg ampuh “sumpel puting” alias micubun baru bisa bobo deh *lapkeringet*..ga tau deh knp bisa jerit2 n berontak klo aku yg gendong, mgkn salah posisi, kekencengan/kekendoran, kacau deh…skr klo jln2 ke mall andalannya stroller, klo dwann udh bosen baru deh gendong aja dg tangan kosong alias ga pke alat bantu…itung2 fitnes gratis gedein otot *guubrraakkss*

  19. titiestiti
    titi esti January 10, 2011 at 8:50 am

    Mbak Bety, aku juga pemakai kain jarik… Tapi aku nggak bisa pake dg cara biasa. Jadi aku iket mati aja lalu kukalungkan bagai sling. Klo mau nidurin Faiz, tinggal dilebarkan, dia bobo dengan nyaman bagai dlm ayunan.
    Tapi, klo aku pergi naik motor berdua Faiz, aku pake gendongan ransel kmd dilapis gendongan jarik untuk menahan angin.Multifungsi buat alas duduk atau selimutan Faiz klo ketiduran di tempat tujuan. Hidup Jarik !!

  20. BunDit
    BunDit January 10, 2011 at 9:06 am

    Wah..ngiri deh sama ibu2 yang jago menggendong anak memakai jarik. Saya bisa sih tapi gak fasih, harus dibantu. Saya dulu belajarnya dari ART saya. Dita kalau lagi rewel ditimang2 dalam dekapan jarik oleh ART, langsung deh terdiam dan tertidur dengan nyaman :-). Kadang saya ngiri deh sama ART, karena Dita saya gendong pakai jarik kayaknya berasa kurang nyaman :D

    Jika diberi amanah anak kedua, harus jago gendong pakai jarik nih. Tfs mom Bety :-)

  21. Nia bundanya Ara
    Nia bundanya Ara January 10, 2011 at 9:12 am

    aku juga pake jarik, suka banget ma jarik yang udah berkali2 cuci jadi lebih halus dan leuleus (kata sunda nya mah) jadi adem… :)
    jadi inget pas ara 7 hari mau imunisai aku pake kain jarik dari ninnya ara, padahal aku belum bisa gedong pake jarik. tapi keukeuh pengen gendong pake jarik akhirnya tuh kain cuma dijadiin selimut hehehehe abis merosot mulu…
    hidup jarik….jarik emang mantap dah….(duh jadi kangen ara…)

  22. uminyakiera
    Era January 10, 2011 at 9:30 am

    Saya punya cukup banyak koleksi kain jarik hasil peninggalan Mamah. Sangat2 berguna, buat alas tidur, selimut, en terutama buat ngegendong Kiera. Jarik tuh emang adem banget, sesuai dengan iklim di sini yang tropis. En juga, kuat banget tentu. Tapi sebagai gendongan, begitu nemu sling, jarik rada2 ditinggalkan, walau masih sering dipake buat yang laen sih.
    Salut Buat Mom Betty yang lebih milih gendongan ini, emang kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan kebudayaan bangsa sendiri.

  23. cyndewi
    cynthia dewi January 10, 2011 at 9:31 am

    ikutaaann..mbak Betty, sy juga punya gendongan jarik 3 biji. udah pasti dipake kalo di rumah. eh ke mol n kondangan juga pernah sih. dulu belajar sama si mbak, sampe sekarang lumayan lah bisa boboin anak walo cuma modal uwel-uwel di belakang pundak :p

  24. bundazaky
    sindi bundazaky January 10, 2011 at 9:43 am

    Wah..selalu salut sama yang bisa pake jarik. Aku dulu punya banyak banget kain jarik dari kadoan. Tapi berhubung ga bisa makenya, akhirnya nganggur deh di rumah. Bagian yg paling suit dari memakai jarik menurutku pas lagi ngiketin ke belakang, wew..bisa sampe keringetan deh ngiketnya :p tapi klo ada yg bantuin ngiket sih sebenernya enak juga gendong pake jarik.

  25. Indah Prabandono
    Indah Prabandono January 10, 2011 at 9:45 am

    hehe, dulu pas abis lahiran juga dihadiahin jarik sama bude nya suami. gak bisa makenya, jadi kalo make slalu minta dipakein. lama-lama lumejen terbiasa. jarik emang adem en bener banged jadi senjata handal kalo mo boboin anak ga pake lama. kalo anaknya udah rada gedean emang bisa digendong belakang. motif batiknya itu lho…sekseeh en ngindonesia bgt!:)

  26. crey
    Chrisye Wenas January 10, 2011 at 9:45 am

    setuju, kalo kain jarik ini dipatenkan sb sling dari sini, sebelum diduluin ama Malaysia :p
    salut buat ibu2 yg bisa pake sling/jarik, hikss gw bener2 ga bisa, melorot terus dan ya akhirnya gendong biasa aja…

    Btw, salam ya Bet buat El dari El :p

  27. Ceniza Hakim
    Ceniza January 10, 2011 at 9:54 am

    Wah kereen! Aku pengen banget make jarik, udah beli tapi gak bisaaan makenya! (semua yang model sling emang entah kenapa gak nyaman, hehe). Tapi dukung banget untuk membudayakan berjarik dan menggendong..!

  28. sondang
    Sondang January 10, 2011 at 9:58 am

    Iyaaa, coba diusulin buat dipatenin :)
    jarik emang nyaman banget buat gendong anak, dan dengan menyesaaaaaal pangkat sejuta, bahkan sampe ke anak ke-2 pun aku gak bisa mahir memakainya :( *masih ngarep pas di anak ke-3 deh*
    suka sirik banget ngeliat yang bisa mantep memakainya. Aku bisa kalo DIPAKEIN. Jadi kalo di mall, aku minta tolong yg jaga anakku buat masangin dan seperti mbak titi, ngiket mati sampe pol. Baru deh jalan sepanjang mal.

  29. MamaAlula
    Rina Aulia January 10, 2011 at 9:58 am

    sama dengan yang lain… mlorot mlulu makenya…
    bolak-balik training masih gagal mlulu. mo dililit sekali bahkan sampe 2-3 kali lilitan di pundak, tetep brasa mloroot…. Akhirnya cucoknya sama gendongan yang ring sling dan jarik cuma kepake sama eyangnya lula dan pengasuhnya :D
    suka ngiri klo lula nemplok sama mbaknya pake jarik :(
    untungnya ada ergo… *melenceng dari topik* :D
    iiih… jarik ungunya…cakeeeppp…..

  30. Truly Syarif
    Truly Syarif January 10, 2011 at 10:16 am

    aku pun seneng nggendong pake jarik ada seni tersendiri hehehe…ngangenin:) kadang usia Kei dah gede pun klo lagi kangen dia suka minta “endong ketang bu..” (gendong selendang)atau kebalikan aku atau mamaku suka ngiming2i si jarik “endong ketang yuuukkk…”

  31. eryka
    Eryka January 10, 2011 at 10:18 am

    Wah kayla mah anak jarik banget dari lahir,karena kolik jd emang sering digendong karena dia nyaman bgitu, jd ga betah ama stroller,carseat ato high chair, dan gw ga bisa nih pake jarik *belajar ampe stress ndiri*, jadilah kalo lagi mo gendong pake jarik minta dipakein, yahh namanya juga usaha ga bisa pake sendiri ya minta tolong dipakein,yg penting anak senang emaknye jg senang, oh iya pamor sw juga tetep nomer 2 setelah jarik, dipake kalo lg ga ada mbaknya aja, kalo ada mbaknya tetep jarik,kalo ga digendong mbaknya ya ada yg bantuin gw buat makein jariknya :)

  32. imelnyamira
    Mira Handayani January 10, 2011 at 11:36 am

    hmmm coba ada ya wrap yang bahannya dari kain jarik, pasti enak tuh, kombinasi yang mantappp…

  33. Bety Kurnia
    Bety January 10, 2011 at 12:07 pm

    awalnya, saya iri ngliat pengasuh bisa nidurin dan nenangin El dengan bermodal gendongan jarik. Masa’ ibunya sendiri kalah ahli dengan pengasuh. Itu yang bikin saya semangat belajar gendong.
    @indah : okey, salam balik dari El untuk El.

  34. izoel
    izoel January 10, 2011 at 12:09 pm

    waduh…tosss..dulu…
    Aq juga penggemar jarik sangat. Dari anak pertama belajar pake jarik mati-matian, belajar dari ART, mertua, ibuku, liatin orang yg sedang gendong pake jarik…akhirnya dari anak pertama sampe yang ketiga selalu pake jarik…hidup jarik.

  35. Adhiati
    Ati January 10, 2011 at 12:10 pm

    Hidup Gendongan Jarik!!! Aku pun masih pakai…murah meriah dan nyaman bangeeet anaknya. :D

  36. sisti
    sisti January 10, 2011 at 12:35 pm

    aku juga suka pake jarik, tapi yang sering aku pake bukan jarik yang khusus buat gendong ( yang kaya di foto bety ) tapi jarik kain yang biasa dipake buat pake kebaya, emang lebih pendek sih, tapi lebih lebar, soalnya kalo lagi gendong aria suka dilipet tengah memanjang dulu. ( lebih mantep aja soalnya jadi lebih tebel ). emang susah buat ngiketin jarik kaya yang umum dipake waktu gendong, tapi kalo aku suka bikin iketannya di depan ( di bawah bahu sedikit) jadi gampang pengoperasiannya.

    udah gitu jarik multi fungsi, bisa jadi alas tidur, selimut, sampe kalo gendong lupa ga bawa topi bisa buat nutupin kepala anak :D. dan yang paling penting bahannya panas dan gampang kering

  37. restya
    Neneng Restiana January 10, 2011 at 1:53 pm

    Eh samaan kita..gw kemana2 jg pake jarik,awalnya sih blm bisa msh dibantuin,skrg udah mendingan,my baby#2 udah dibawa pake jarik dr umur 1bulan..punya anak 2 jdnya punya jarik 4..dan ga cuma kain buat gendong aja,punya kain lainnya yg dipake buat alas tidur jg buat bedong..foto anak-ku yg dibedong pake jarik pernah di-upload di gallery kids in batik ;) oia ga cuma aku yg pake jarik..suami ku jg bisa lho! *bangga* :P
    Hidup Jarik.. *ga sanggup beli sleepy wrap*
    salam buat El..

  38. dinda permata
    dinda permata sumantri January 10, 2011 at 2:56 pm

    setuju jarik memang kain ajaibb… aku punya beberapa, tapi paling nyaman n enak dipake warisan dari mama. Kain peningset papa buat mama. Jarik batik tulis yang kainnya adeemmm………. jarik wasiat ini waktu anak masih <6bulan andalan banget. Skg masih tersipan rapih di lemari n siap digunakan untuk adik2nya kelak ;))

    Babywearing lain macam wrap, carrier memang juga enak, semua tergantung situasi dan keadaan kita mau pake yang mana. Syukur2 punya anak yang ga milih2 mau digendong pake apa ^^

  39. ninit
    ninit yunita January 10, 2011 at 3:11 pm

    aiihhh bety, jagoan banget deh pake jarik! hebattt. suka kagum sama ibu2 yg suka berjarik karena buat saya makenya susah.

    btw ibu2 afrika juga sama kerennya loh kalo pake ‘jarik’ gini. biasa gendong anaknya dipunggung dari kecil. mantep deh.

  40. anthie arvianto
    ~Anthie Arvianto~ January 10, 2011 at 4:00 pm

    hihi,, aku punya 1 lusin kain jarik yang di kasih Uyut nya olel pas Olel lahir (mana Uyut nya Olel bela-belain dari purbalingga naik bis sendirian umur 80 tahun pgn ketemu cicit nya dan ngasi si kain jarik ini).. aku emang ga bisa make si kain jarik,, tapi di rumah ini jadi andalan banget.

    Oia, jad iget, beberapa bulan yang lalu mama ku ke Budapest dan lagi ada festival disana, dan ternyata ya Kain jarik dari Indonesia menjadai gendongan ternyaman di antara semua gendongan yang bermerek itu,, keren banget yah

  41. siska.knoch
    Siska Knoch January 10, 2011 at 4:02 pm

    Idem sama eka, gue juga kalo pake Jarik merosot melulu padahal kayaknya spotnya udah dapet banget di pundak. Salut sama yg pada jagoan pake jarik buat gendong anaknya :)

  42. cittacitta
    citta January 10, 2011 at 4:20 pm

    aku pun pake jarik gak bisa,merosot terus,klo pribadi suka sling krn gak bikin sakit leher,heheh apa aku yg salah pake jarik yah,,2 thumbs up buat mama yg bisa pake jarik :)

  43. chocofloat
    chocofloat January 10, 2011 at 4:52 pm

    Sayangnya saya gag bisa ngegendong pake alat apapun..
    jd klo gendong pake tangan aja..
    tapi Oryno hampir tiap siang tidur dibuaian jarik emak, yg ngasuh dy..
    kemanapun pergi emak bawa Oryno pake jarik ini,,
    punya 3 dirumah..
    makanya mau beli ergo baby masih mikir, apa saya bisa makenya atau jangan2 Oryno lebih nyaman di jariknya
    Hidup Jariiiiik!!!

  44. metariza
    Meta January 10, 2011 at 5:47 pm

    Gw suka deh liat orang gendong anak pake jarik tapi gw ngga bisa bisa pake jarik :( padahal punya jarik 5biji (dapet kado)…walhasil mbak gw yang seneng bisa gonta ganti jarik buat gendong Nara (dulu waktu Nara masih batita)

  45. Nicka
    Nikanikanikanik January 10, 2011 at 8:43 pm

    sama dgn para mama yg udah komen diatas,aku jg termasuk yg sama skali gak pisa pake jarik..bukan gamau tp bener2 gabisa..mungkin dari jaman dulu aku gak suka maen gendong2an boneka (*hehe,..ada hubungannya gak ya)..tp sebenernya aku salut liat org yg gendong pake jarik..malah kk ipar aku dapet kado segambreng gendongan gak kepake..ujung2nya dia pake jarik..nanny nya kk ipar aku yg satunya malah gak bisa sama sekali pake gendongan keluaran toko,selalu pake jarik..malah suka di oper2 k belakang gt..jadi mirip oshin hehehehe…tp yg aku suka..krn persediaan kain jarik kk ipar aku banyak, dia suka maching2in dgn baju,n believe it or not..ternyata jatuhnya gaya juga..hehehehehe..

  46. ardianingms
    ardian mommynya hagan January 10, 2011 at 8:58 pm

    jaman sy dulu punya ART (sekarang udah pindah kota dan masih belum ada ART) juga ga bisa pake jarik samsek.pake acara wajib mlorot2 plus jeritan si baby.keadaanlah yg me’maksa’ku untuk berjarik-ria.awal2 stress sendiri dan capek ngebenerin ikatan,pake acara pundak pegel2 dan ditempelin koyo cabe (hahahaa…untung dah masa lalu) ternyata kuncinya cuma butuh waktu aja agar terbiasa.sekarang udah ga ada masalah lagi.sampai sekarang punya kurleb selusin gendongan jarik batik dari kado lahiran.tapi yg kepake kalo pergi2 kain lurik warisan nenek yg biasa untuk gendong2 jamu di pasar.malah lucu coz motifnya ga pasaran :)
    like this article d^_^b

  47. friends4ever
    Eva Liliany January 10, 2011 at 10:19 pm

    duh ngiri sama yang bisa pake gendongan jarik, sekarang MJ dirumah kalo ART pegang jarik lgsg aja pengen gendong karena dah tahu kalo digendong mau diajak jjp atau jjs. Aku sendiri ga bisa pake jarik kayanya malah lebih jago hubie dech. tapi untungnya meski ga pake jarik, cuma berbekal tangan aja dan siku yang kuat ^^ MJ juga betah digendong ama aku, meski sedang digendong dengan jarik ama ART dirumah, tapi tetap mau digendong ama mommynya kalo diajak ^^
    Amien dech, tapi tetep pengen banget bisa gendong pake jarik :(

  48. hastinhidayat
    hastin prima renjani January 10, 2011 at 11:20 pm

    dpt kado 3 jarik dr sodara, tp smpe babyQ umur 52hari ini blm bs make sndr, msh hrs dbantu ibu. hiks

  49. Qk
    Rizka Rahmalia January 11, 2011 at 8:21 am

    Salute memang sama mamas yg bisa pke jarik dengan canggih, punya jarik 5 dr mama mertua tapi ga berhasil make dengan nyaman utk Azel…
    tapi jarik ttp jadi andelan utk neneknya kemana pun pergi dan drumah…
    tapi tetep pengen blajar pake jarik:)

    Hidup jariik…

  50. rheananda
    Nanda Suprihatno January 11, 2011 at 2:52 pm

    Wah, trnyata msh bnyk mama yg mengandalkan si kain jarik ini yaa.. Toss.. Aku jg.. :) anak2ku lbh nyaman digendong pk jarik.. Dr mulai anakku yg pertama (skrg sdh hmpr 6th) smp yg kedua (2m 11d), pake gendongan lain mlh nangis2.. Kl pake jarik lgsg pewe + tidur.. Mmg awalnya susah.. Merosot terus..Tp lama2 bisa jg.. Hehe.

  51. emak
    Risna Marjiyanto January 12, 2011 at 10:28 am

    Setuju, dengan digendong memudahkan ibu untuk beraktifitas, gendongan apapun bentuknya sih,yang bentuk ransel ok,bentuk sling ok, sampai jarik pun ok. Yang penting ibu dan bayi nyaman, ibu senang bayi pun senang. Katanya… bayi yang digendong lebih jarang rewel & perkembangan bahasanya pun lebih bagus lho. Ayo biasakan gendong bayi…

  52. Ika_Ps
    Ika Ps January 13, 2011 at 7:22 am

    wah, emak gw pasti senang baca ni artikel karena sejak cucunya lahir dah beli jarik selusin! hehehe… ayo cinta produk dan warisan indonesia mamas

  53. mamanya orion
    Fajar Indah Permatasari Tanip January 14, 2011 at 9:51 am

    salut sama yummy mommy yg bisa gendong pake jarik..gw sbenernya bisa tapi kayaknya kurang pakem klo pake sendiri..kalo dipakein nyokap baru deh enak. Tapi krn skrg ori dah agak gedean, dia dah gak mau lagi gendong jarik. Maunya digendong duduk…

  54. Sweet Batik
    Sweet Batik January 14, 2011 at 10:01 am

    Aku suka jarik, tapi sayangnya harus dibantu memakainya. Terus juga kadang suka merosot & gak bisa tahan lama makainya, soalnya sakit dibagian pundaknya. Kalau cuma sebentar aja pakainya & ada yang bantuin makaiin, ya aku pakai jarik. Kalau untuk jalan2 yang lama, biasanya pakai Ergo carrier. Gendongan menurutku lebih praktis ketimbang pakai stroller dan tentunya benefitsnya lebih baik & banyak ketimbang memakai stroller.

    Setuju bahwa Jarik perlu dipatenkan sebelum diambil negara lain. Kalau yang kayak gini menghubungi siapa ya?

    Dina

  55. rekapuspa
    rekapuspa January 14, 2011 at 7:15 pm

    Aq juga pakai jarik, walau awalnya Naj selalu meronta-ronta kalau pakai ini. Alhamdulillah bisa juga karena Terpaksa dan berjuang untuk bisa karena dah kecapean gendong Naj pakai tangan, ditaro stroller Naj tetep susah bobo. Naj sudah kebiasaan bobo di jarik kalau sama oma nya, nyaman sekali dia.

    Kalau jalan-jalan ke mall pun jarik tetep dibawa ya selain buat gendong juga bisa buat selimut Naj di stroller. Dan suami ku pun lebih senang pakai jarik dibanding carier, juga sebagai selimutnya dia kalau meriang :D

  56. Lani Moms Bilqis
    Erlani Ratna Nurmala January 15, 2011 at 4:44 pm

    hebat mbak….salut deh, jarik emg warisan leluhur qt…
    aq jg akhirnya bs pake jarig krn suka iri liat mamaku yg dgn eratnya ngegendong putriku mpe bs tidur nyenyak bgt dgendongan jarik…dan ternyata ngegendong pake jarik itu gampang bgt, srut srut jd deh, dan putriku terlihat nyaman+aman dgendong pake jarik, kepalanya suka nyungsep d dadaku, suara jantungku bikin dia tenang kyknya, hehe….

  57. dewiamel
    dewiamel January 18, 2011 at 3:33 pm

    saya juga sukaaaaa gendongan kain (aisan kalo kata orang sunda)

    jadi ingat pertama kali pakai tanpa dibantu mamam. rumah sepi, cuma ada papapku, hafidz nangis kejer, ampe keringetan nguntel2 kainnya dan bahu langsung sakit. tapi hafidz tenang kalau di ais.

    hadiah lahiran gendongan2 kain modern kebanyakan saya jadikan kado lagi, karna memang ngerasa lebih enak pake kain. repotnya sekarang hafidz sudah 13 kilo & 82cm, lumayan susah menggendong kepompong (masuk semua badannya, kayak pic rachel weitz) kerasa sekali beban di bahu kanan.

  58. elforeni
    MeLa naiBaHo January 21, 2011 at 2:17 pm

    hiyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    dari kmrn2 dah ngintip tulisan ini mo komennnnn koq sok gak ada waktu

    aq juga akhirnya suka jarik walau dari awal mau sok gak mau pakai dan mempersiapkan sling, baby wrap n gendongan monyet a.k.a depan
    dan ternyata aq sama sekali gak bisa pakai gendongan itu kecuali jarik, gak nyaman euy
    penyesalan pun datang terlambat,1 kain jarik sudah jadi korban q potong jadi baby wrap

    so….saatnya merampas warisan kain panjang mama n mertua yang gak kepake hehehehe termasuk kain panjang seragam dharmawanita mama xixixixixixi

    yang penting pake kain panjang alias jarik

    dengan pedenya pula saat ini aq bisa menggendong favian dari samping, depan bahkan belakang..YiPi

  59. ibunyafay
    laila ubais January 21, 2011 at 6:59 pm

    jarik is the best setuju..dulu juga awalnya aku pake sling…tapi ternyata pake sling utk newborn kurang oke..akhirnya aku beli deh jarik bermacam2…awalnya gak juga bisa…stres jg..apalagi ngeliat mertua dengan gampangnya make jarik..

    tp sekarang sampai setahun juga aku tetep jarikan..soalnya nyaman dan anakku betah..dari dulu deh..dibedong jg kadang pake jarik..dan aku jg lebih pinter ngebedong pake jarik..dan selalu sukses anakku tidur pules sampe pagi gak pake nangis waktu baru lahir..mgkn krn hangat banget ya..

    tp sekarang kain jarik banyak yg pendek dan kurang nyaman..jadi agak2 susah…mesti nitip ke sodara yg ada di jawa segala..tp akhirnya sukses sih nemu satu jarik yg mantap..aku udah beli jg segala macem gendondang tp favorit tetep jarik..setuju banget tuh klo ada videonya biar moms semua bisa pake..sebenernya gampang bgt kok :)

  60. Bety Kurnia
    Bety January 24, 2011 at 11:32 am

    ha..ha..ha..bisa aja. Awalnya, babyku nangis kalo aku yang gendong pake jarik. Jadi ibu dan anaknya sama2 nangis ketika belajar gendong. Lebih parah kan…:)) Makanya aku belajar terus menerus, sampai akhirnya bisa.

  61. ummuasiyah
    ummuasiyah January 27, 2011 at 11:55 pm

    ternyata masih ada ya ibu2 muda mw pake jarik,aq kira cuma kami2 yg di desa yg masih pakai jarik hehe.
    anakq koleksi jariknya sampai banyak, yg pertama dapet jarik dr sodara sampai 12 biji, krn kebanyakan akhirnya qt kasihkan tetangga yg habis lahiran.
    idem sama mb bety, anakq jg pakai jarik buat bedong, buat alas ompol jg, udah biasa gt sih dirumah. jd kl aq punya baby pasti deh jemuran jariknya banyak.
    aq dah biasa ngendong pakae jarik dr masih kecil (momong anak tetangga)so waktu anakq lahir dah piawai pake jarik.
    enak, simpel, cuman krn aq pakai krudung besar kdng kl g hati2 bisa mlorot tuh bundelannya.anakq pun punya jarik favorit, kl lg rewel suka milih2 mw gendong jarik yg mana.
    aq jg pake gengdongan modern kl pas pergi2 dg sepeda motor, atau kyk sekarang saat anakq dah gede.tp bukan alasan lbh gaya tp…. kl pakai jarik n jalan jauh pundaknya sakit..
    senang bs gabung di forum ini. baru aja sempat untuk gabung.

  62. Travinan
    Travina March 30, 2011 at 1:43 pm

    baca komen semuanya lucu lucu deh…

    semalem bebe Audrey (6M) rewel banget, tumben benerrrr…disusuin udah ga mau, nangis nangis terus pas aku gendong.

    akhirnya digendong ibuku pake kain jarik, ga sampai 5 menit, udah tidur pulasssss. kain jarik kereeeeeen!

    pilihan yang pas buat nge mall daripada ribet sama stroller hahaha..

  63. masayah
    masayah April 11, 2011 at 7:39 pm

    teringat akan kisah tempe yang kita sepelekan terus di patenkan oleh bangsa lain hehehehehehe

  64. r4ni
    r4ni June 6, 2011 at 3:35 pm

    tak coba ah :D

  65. umy.hafy
    umy.hafy June 29, 2011 at 7:57 am

    agak susah sih pke genodangan jaruk, mgkin krn belum biasa…
    sekarang malah jadi seneng,krn lebih gmpang bongkar pasangnya..*emg barang?

  66. July 12, 2011 at 3:31 pm

    jadi ingeet, dulu wktu msh hamil 5bulan aq udh hunting jarik,,,ampe skr Yira 1th7bln punya 4 kain jarik gendong (buat ganti2 n motifnya beda22, wkwkwkk) n msh suka tuh klo digendong jarik, kami juga punya kain gendong lurik2 special hunting di bring…yg ini jg termasuk andalan, malah banyak yg pengen n mesen klo qt ke bring lagi kelak… ada jg yg ngira ini kain ulos yg dijadiin kain gendong….hehehee

  67. lina78
    Lina Basuki November 1, 2012 at 4:17 pm

    salam jarik mania..hehehehe….aku ada 4 lembar jarik…yg dua baru dan dua udah lama pisaaann…yg dua kudu dicucui berulang biar gak licin..dan Aira nyaman banget kalo dah digendong pake jarik…tp kalo digendong bapaknya ya pake gendongan yg instan itu…tp kalo giliran emaknya (aku) atau neneknya..pasti minta digendong pake jarik :D…emang jadi barang yg wajib dibawa kalo kita pergi2…

  68. agnes_mamanya afiqah
    agnes_mamanya afiqah February 25, 2013 at 10:52 am

    setelah mencoba berbagai macam gendongan,,so far jarik is the best lahh..ga ribet, nyaman buat baby dan mamanya..
    klo lg ngambek fiqah maunya tidur digendong bungkus pake jarik :D

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.