Wisata Lengkap di Gembira Loka

Setelah sekian tahun lamanya tidak mengunjungi Gembira Loka, akhirnya minggu lalu saya dan keluarga berkesempatan mengunjungi kebun binatang yang berlokasi di Yogyakarta ini. Telah banyak yang berubah dariĀ  kebun binatang tua tersebut. Tadinya, hewan menjadi objek utama, tetapi kini Gembira Loka Zoo menjadi paket wisata lengkap dengan hadirnya wahana-wahana rekreasi baru. Perubahan tersebut membuat Gembira Loka menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi, khususnya oleh anak-anak.

[caption id="attachment_105665" align="aligncenter" width="300" caption="Inilah replika kambing dari serpihan kayu"][/caption]

Kami datang sekitar pukul dua siang. Walaupun banyak rombongan anak sekolah, untunglah suasana tidak begitu ramai. Mungkin karena hari itu hari Rabu. Suami tampak cukup percaya diri mengambil uang Rp20.000,- dari dompet untuk membayar tiket masuk, mengingat sebulan sebelumnya kami hanya membayar Rp4.500,-/orang untuk masuk Taman Margasatwa Ragunan. Ternyata, di sini per orang dikenakan biaya Rp20.000,-.

Masuk ke dalam area Gembira Loka, kami disuguhi berbagai replika hewan dari tanaman dan serpihan kayu yang direkatkan. Kreatif sekali! Kami pun sempat melintasi area ATV (All Terrain Vehicle) walau tidak sempat mencobanya.

[caption id="attachment_105666" align="aligncenter" width="620" caption="Tangga menuju jembatan. Sebelah kanan jalur stroller"][/caption]

Untuk dapat menemui berbagai satwa, kami harus menuruni tangga bertepikan hutan lalu melintasi jembatan yang membelah Sungai Gajah Wong. Mama membawa stroller? Jangan kuatir, terdapat jalur khusus stroller dan kursi roda di sebelah jalur tangga. Sangat ramah bayi dan balita.

Sesampainya di seberang sungai, tampak pemandangan speedboat yang berkeliling danau buatan serta Perahu Katamaran, yaitu perahu berkanopi yang berpenumpang banyak. Barulah di ujung danau kami menemui kandang hewan seperti gajah, simpanse, hingga gorila. Aksa sempat memekik kegirangan begitu melihat gajah. Beruntung kami sempat melihat semua hewan alias tidak ada yang sedang bersembunyi di kandang. Bahkan, kami melihat gajah yang sedang dimandikan juga lho! Apabila kita ingin memberi makan hewan, datang saja pada jadwal yang ditentukan, dengan cara mengeceknya di sini.

[caption id="attachment_105668" align="aligncenter" width="620" caption="Kandang Orang Utan"][/caption]

Salah satu wahana baru yang membuat saya terkagum-kagum adalah Bird Park. Koleksi burungnya cantik-cantik sekali! Saya bukan penggemar burung, tetapi saya mengakui Bird Park ini sangat menarik dengan berbagai jenis kandang dari yang berupa jeruji hingga etalase. Walaupun lokasinya outdoor, kita serasa berada di dalam museum. Oh ya, disini ada penguin juga lho!

[caption id="attachment_105669" align="aligncenter" width="620" caption="Bird Park"][/caption]

[caption id="attachment_105670" align="aligncenter" width="300" caption="Ayah dan Aksa melihat burung"][/caption]

Mengingat lokasi Gembira Loka yang lumayan luas, kami pun selalu menggunakan peta untuk menentukan destinasi berikutnya. Peta yang diberikan gratis di pintu masuk ini benar-benar membantu. Lumayan juga untuk menghemat tenaga saya dan suami yang bergantian menggendong Aksa ketika ia lelah berjalan. Sebenarnya ada juga Taring (Transportasi Keliling) berupa kereta yang berhenti di beberapa halte, tetapi karena sudah pukul empat sore, jadi Taring sudah berhenti beroperasi. Sepeda juga disewakan gratis!

[caption id="attachment_105667" align="aligncenter" width="620" caption="Lelah berjalan? Bisa naik Tarling (Transportasi Keliling) kok!"][/caption]

Secara keseluruhan, kunjungan kali ini sangat mengesankan. Selain puas bisa melihat anak saya menikmati kunjungan ke sini, saya juga senang dengan areanya yang bersih, rimbun tetapi tidak gelap, patroli petugas bersepeda yang rutin, koleksi binatang yang lengkap (untuk unta dan gajah bisa juga ditunggangi), termasuk wahana permainan-permainan baru seperti banana boat, skuter air, dan bumper boat walaupun saya tidak sempat mencobanya.

Bagi yang ingin menunaikan sholat, musholanya juga bersih dan lapang dengan tempat wudhu tertutup sehingga bagi yang berjilbab tidak usah khawatir. Lapar? Banyak kantin yang tersebar di beberapa titik sehingga kita tidak perlu jauh-jauh ke food court. Kebetulan, food courtnya juga sedang dalam tahap pembangunan. Jika ingin membeli suvenir pun bisa mendatangi beberapa kios yang cukup rapi dikelolanya.

Bagi para Urban Mama yang berencana berlibur ke Yogya, make sure this zoo is on your list!

11 Comments

  1. avatar
    adhisti rahadi April 20, 2015 5:30 pm

    @pritapritsky: Bener Mbak, dijamin Salsa suka deh :)
    @EnjiMagetsari: makasi mama Enji, iya nih makin bagus, saya ikut seneng juga hehe
    @AiniHanafiah: betul Mama Aini, wajib kunjung pokoknya ;)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini April 13, 2015 5:04 pm

    Wah keren ada jalur strollernya! iya lho, lihat foto2nya kirain bukan zoo di Indonesia, hihi. Tambah lagi deh list wajib-kunjung kalau kapan2 ke Yogya. Tfs yaa Adhisti :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Enji Magetsari April 13, 2015 4:17 pm

    memori waktu kecil, selalu diajak kesini sama eyang kalo pas mengunjungi beliau di jokja..

    senengnya sekarang makin keren dan bersih, thanks for sharing Mom Adhisti :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Prita Nur April 13, 2015 9:08 am

    Dari kemarin kepikiran pengen bawa Salsa kesini. Ternyata menyenangkan ya, Adhisti.. Boleh deh next acara jalan-jalan ke Gembira Loka biar ngga mall to mall.. TFS..

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    adhisti rahadi April 7, 2015 8:22 am

    @mutiah: Memang kalo ga libur bener2 puas mbak, ga harus berdesakan :)
    @all: wajib kunjung pokoknya mamas.. sekarang banyak objek wisata yang bebenah, jadi lebih nyaman dikunjungi :)

    1. avatar

      As .