Wisata Taman di Bandung: Taman Lansia

donakamal

Akhir pekan kami biasanya adalah waktunya wisata keluarga, waktunya jalan-jalan bersama Gendra. Tidak perlu jauh-jauh dan senangnya lagi, tidak perlu ke mal karena sekarang di Bandung sudah ada banyak taman yang bisa dijadikan tempat wisata keluarga. Terima kasih kepada Walikota Bandung, Pak Ridwan Kamil, sekarang kami tidak perlu ke mal (yang ujung-ujungnya menguras dompet) atau jauh-jauh ke Lembang untuk bisa refreshing.

Dari sekian banyak taman yang ada di Bandung, Taman Lansia adalah taman favorit kami bertiga. Namanya memang Taman Lansia, tetapi untuk berkunjung ke sana tidak harus menjadi lansia kok. Taman Lansia terletak di sebelah Gedung Sate, tidak perlu susah-susah mencari lokasinya. Cukup datangi Gedung Sate, dan persis di sebelahnya ada Taman Lansia.

Taman Lansia ini termasuk lebih luas dibandingkan dengan taman-taman lainnya. Pohonnya besar-besar dan rindang. Sungai kecil dan rerumputan membuat suasana taman ini semakin teduh dan menenangkan, asyik untuk tempat leyeh-leyeh bersama keluarga. Suasananya mirip-mirip Kebun Raya Bogor. Karena teduh, di Taman Lansia masih bisa dijumpai kupu-kupu dan burung yang hinggap di pepohonan. Kadang kalau beruntung, kita juga bisa ketemu dengan tupai yang mungkin rumahnya di atas pepohonan besar di taman ini.

Gendra senang sekali setiap diajak main di Taman Lansia. Biasanya ia akan mengeksplorasi taman, duduk-duduk dan melompati akar-akar pohon tua, mengejar kupu-kupu, main tanah, atau sekedar berlarian di area taman sementara saya dan ayahnya Gendra duduk-duduk di rumput. Selain itu, di Taman Lansia juga ada kolam retensi yang diisi ikan. Kolam yang baru diresmikan Pak Ridwan Kamil pada 31 Desember lalu ini membuat Taman Lansia tampil semakin indah. Gendra jadi punya kesukaan baru kalau main di taman ini, yaitu melihat ikan.

Lokasi Taman Lansia ini menurut saya juga sangat strategis. Jika sudah bosan bermain di Taman Lansia, bisa pindah ke tempat-tempat wisata di sekitarnya. Selain ada Gedung Sate dan Lapangan Gasibu, di seberang taman ini juga ada Museum Geologi. Di Museum Geologi, Gendra senang lihat replika fosil dinosaurus besar yang dipajang di hall depan museum. Alternatif lainnya bisa juga ke Taman Kandaga Puspa yang terletak di sisi selatan Taman Lansia, atau ke Taman Cibeunying dan Pet Park yang terletak di sisi selatan dari Taman Kandaga Puspa.

Kolam retensi (foto: akun twitter Diskominfo Bandung)

Jika sudah capek main dan perut sudah mulai lapar, tinggal buka bekal makan siang dan berpiknik di taman. Namun kalau mama-papa tidak mau repot membawa bekal, tidak perlu khawatir karena di sekitar Taman Lansia ini ada beberapa pedagang kaki lima yang menjual makanan dan minuman. Bisa juga ke beberapa resto yang banyak terdapat di area sekitar taman-taman ini.

Menyenangkan sekali bukan, sekarang menghabiskan akhir pekan tidak harus ke mal lagi?

7 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw January 27, 2015 at 7:00 am

    ih keren banget ada taman lansia!, ada sungai kecilnya pula.., bagus banget..

    makasih artikelnya mama donakamal…

  2. Yuni Ratnasari
    Yuni Ratnasari January 27, 2015 at 8:41 am

    Wah makin kepengen berkunjung ke Bandung mantap yah

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit January 27, 2015 at 9:03 am

    *toss* kita sama-sama suka maen di taman. Maen di outdoor area yang sejuk dan adem memang selalu menyenangkan yaa.. mengejar capung, kupu-kupu atau bola-bola sabun di taman itu selalu seru :) Semoga makin banyak taman yang teduh dan sejuk di Indonesia :)

  4. ninit
    ninit yunita January 27, 2015 at 9:03 am

    bandung makin juara deh setelah pak ridwan kamil jadi walikota. indeks kebahagiaan warga pasti meningkat… saya juga liatnya seneng :)
    iri deh liat foto gendra main2 di taman lansia :) menyenangkan banget yaaa bisa main di taman tanpa harus ke mall.

    have fun gendra! :)

  5. cindy
    cindy vania January 28, 2015 at 4:31 pm

    Bandung keren bangeeett! banyak taman yang bisa dipake piknik sama anak-anak :)

    Gendra happy banget yaa main ditaman :)

  6. gabriella
    Gabriella Felicia January 29, 2015 at 10:32 am

    Bandung asyik banget ya… banyak taman! Semoga ini juga ditiru oleh kota-kota lain ya, sehingga jadi makin banyak kota yang ramah anak!

  7. eka
    Eka Wulandari Gobel January 30, 2015 at 12:57 am

    dulu, sebelum taman lansia punya kolam, saya udah suka main2 di taman ini. dulu smu di deket taman kandaga puspa, jadi kalau pelajaran olahraga lari, biasanya di dalam taman lansia atau taman kandaga puspa. dulu aja tamannya udah bagus, apalagi sekarang yaa setelah didandani sama team pak ridwan kamil pastiii makin keren.
    seneng deh, bandung sekarang makin juara :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.