Yuk Kita Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia dari Sekarang

Beberapa hari yang lalu, The Urban Mama bekerjasama dengan Unilever mengadakan acara #TUMBloggersMeetUp #BrightFuture: Selamat Tinggal Dunia Lama, Dukung masa depan cerah anak Indonesia lewat dunia yang sehat dan gembira. Temanya menarik bukan? Apasih Dunia lama itu? Old world atau dunia lama merupakan dunia pesimis dimana anak mengalami sejumlah permasalahan.

Setiap tahun, ribuan anak meninggal dunia sebelum mereka mencapai usia lima tahun karena penyakit yang bisa dicegah, seperti diare. Belum lagi permasalahan gigi dan mulut yang dapat menghambat pencapaian di sekolah serta waktu bermain, permasalahan kesehatan karena sanitasi dan toilet yang kurang baik, gizi tidak seimbang, sampai kepada tidak dapat leluasa bermain untuk pengembangan diri mereka. Oleh karena itu, dunia lama ini harus segera kita tinggalkan. Bagaimana caranya?

Menurut Mbak Maria Dewantini Dwianto (Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia) atau biasa disapa dengan mbak Mia, urban mama sebagai konsumen memiliki peran penting untuk mencegah agar permasalahan-permasalahan tersebut tidak terjadi. Kalau konsumen mau dan sadar untuk ikut peduli terhadap lingkungan hidup di Jakarta, pastinya anak-anak terhindar dari masalah-masalah seperti itu. Gaya hidup dan pemilihan produk yang dipakai sehari-hari adalah dua hal yang sangat berpengaruh dalam membangun masa depan.

Konsumen dapat memilih dan menggunakan produk yang diproduksi secara bertanggung jawab dan memiliki misi sosial karena secara tidak langsung konsumen sudah ikut terlibat dalam tujuan yang mulia, sudah membantu mewujudkan dunia baru dimana semua anak-anak bisa hidup secara lebih sehat jiwa dan raga serta lebih gembira.

Sebenarnya menurut penelitian yang dilakukan Unilever, 54% konsumen justru berminat membeli produk yang berkelanjutan (ramah sosial dan ramah lingkungan). Selain manfaat, harga, dan kualitas, konsumen menginginkan produk yang membuat mereka merasa ikut terlibat dalam sebuah tujuan yang mulia. Dengan banyaknya jumlah konsumen yang memiliki kesadaran ini, berarti sebetulnya langkah menuju dunia baru yang lebih cerah sudah dimulai saat ini; dan dunia yang lama akan segera berubah. Oleh karena itu, melalui kampanye #brightFuture dengan tema “Selamat Tinggal Dunia Lama” diharapkan dapat menggugah semakin banyak orang lagi untuk memiliki kesadaran dan kepedulian yang sama. Unilever percaya melalui kampanye ini bisa berdampak pengaruh yang lebih baik untuk masa depan, khususnya anak-anak sebagai penentu masa depan Indonesia.

Untuk mengajak konsumen berpartisipasi secara langsung, Unilever menggandeng Blibli.com untuk mengedukasi konsumen melalui program kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di sekitar area bermain publik di 5 Kota (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar). Program yang dijalankan dengan Blibli.com ini tidak hanya mengajak peran aktif masyarakat dalam mewujudkan dunia yang lebih sehat dan gembira lewat ranah digital. Namun juga menggandeng komunitas dan pemerintah di sekitar taman bermain umum untuk memanfaatkan dan menjaga fasilitas yang sudah dibangun. Sayang kan jika fasilitasnya sudah tersedia tetapi tidak dimanfaatkan dan dirawat. Kampanye ini sekaligus mengedukasi masyarakat bagaimana belanja online dengan bijak, cermat, aman dan tetap menyenangkan.

 unilever_brightfuture

Kampanye brightFuture bersama Blibli.com berlangsung mulai 1 hingga 31 Desember 2016. Selama masa periode kampanye ini, setiap pembelian produk Unilever tertentu yaitu Lifebuoy, Pepsodent, Blue Band, Domestos, Vixal dan Rinso di Blibli.com, urban mama secara otomatis turut mendonasikan Rp. 1.000,- untuk program edukasi kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di arena taman bermain lho. Nantinya akan ada ruang baca terbuka yang akan dibangun. Di ruang terbuka tersebut anak-anak bisa bermain, bisa membaca buku dan kegiatan lainnya. 

 

Menurut psikolog Retno Dewanti Purba dari SAUH Psychological Services yang juga hadir saat itu, melalui bermain anak akan merasakan kegembiraan. Namun, kita perlu memperhatikan sejumlah fasilitas yang ada ditempat bermain, termasuk fasilitas sanitasi guna mendukung kegiatan bermain anak, apakah sudah layak atau belum. Ibu retno menambahkan bahwa lewat bermain di luar ruang, anak – anak akan bertemu dengan banyak teman, dan dia akan mampu mempelajari hal-hal baru (learn) kapan harus menggunakan keahlian tersebut, serta memuaskan apa yang menjadi kebutuhannya (need).

Tak lupa, urban mama bisa mengajarkan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada anak-anak seperti cuci tangan pakai sabun, sikat gigi pagi dan malam, mengetahui pentingnya nutrisi, ditambah dengan cara menjaga toilet agar tetap bersih sembari bermain di luar ruang. Dan terpenting ikut memelihara dan merawat fasilitas yang sudah ada serta bijak dalam berbelanja online.

unilever_brightfuture

 unilever_brightfuture

unilever_brightfuture

Urban mama, yuk mari kita ciptakan generasi masa depan yang lebih baik. Kita bisa turut serta dengan membeli produk-produk Unilever (Lifebuoy, Pepsodent, Blue Band, Domestos, Vixal dan Rinso) melalui di Blibli.com hingga 31 Desember 2016, dengan begitu urban mama sudah menjadi bagian dari campaign mulia ini, Bright Future untuk kehidupan yang lebih baik. Bukankah setiap tindakan, sekecil apapun, bila dilakukan bersama-sama secara konsisten, niscaya akan bisa membuat perubahan besar.

Related Tags : ,

5 Comments

  1. avatar
    Eka Gobel January 3, 2017 4:17 pm

    Bagus banget yaa kampanyenya unilever ini. Semoga makin banyak kampanye positif seperti ini.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Shinta Daniel December 29, 2016 9:28 am

    SALUT! Programnya juara banget. Semoga berhasil dan tujuan utamanya tercapai demi kesejahteraan anak2 Indonesia di masa depan....

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    May Sukmasari December 27, 2016 3:56 pm

    terima kasih mama Ipeh artikelnya, kampanyenya bagus banget, selalu suka kampanye yang mendukung bermain di luar apalagi penyediaan taman bermain anak, sekarang kan susah banget nemuin tempat bermain out door atau taman yang bersih dan layak buat anak-anak main, biar kalau weekend ada pilihan selain main di mall.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    ninit yunita December 27, 2016 9:53 am

    Salut dengan program unilever yang satu ini. Program kece seperti ini pasti saya dukung. Sebagai mama kita tentu ingin masa depan anak kita jauuuh lebih baik daripada kita.
    .
    Semoga makin banyak yang mendukung. Aamiin.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    zata ligouw December 27, 2016 9:29 am

    suka deh sama kampanye ini, tinggal beli produk2 tertentu sudah mendukung anak2 Indonesia untuk hidup lebih baik.., mudah2an kampanyenya sukses dan bisa terus menyebarkan virus kebaikan ya...

    1. avatar

      As .