Zucchini Poppers

gabriella

Kebetulan saya punya beberapa buah zucchini di rumah dan bingung enaknya mau dimasak jadi apa ya. Biasanya Albert suka malas mencoba sayuran atau menolak makan sayur. Jadi saya coba-coba browsing dan mencari-cari resep menggunakan zucchini yang mudah dibuat dan kira-kira disukai anak-anak. Saya menemukan resep ini dan mencoba membuatnya dengan sedikit modifikasi, sesuai bahan-bahan yang tersedia di rumah. Ternyata enak, mudah, dan yang penting semua suka!

Bahan:

  • sekitar 200 g daging dada ayam
  • 1 buah zucchini yang berukuran cukup besar, diparut
  • 1 batang kecil daun bawang, iris tipis
  • 6 lembar daun basil segar
  •  1 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt lada

Cara membuatnya:

  1. Campurkan semua bahan jadi satu, lalu aduk rata.
  2. Panaskan minyak di wajan datar, lalu ambil satu sendok makan adonan dan taruh di wajan. Balik adonan jika sudah mulai berwarna cokelat. Tekan-tekan agar tidak terlalu tebal dan bagian dalamnya matang. Kalau kedua sisinya sudah cokelat, angkat dan sajikan.

Saat mencoba membuatnya lagi, saya tidak menggorengnya, tetapi mencoba memanggangnya di loyang muffin mini. Sebelumnya loyang muffin saya olesi dengan minyak. Taruh satu sendok makan adonan di setiap tempat dan panggang kira-kira selama 30 menit dengan suhu sekitar 180 derajat. Setelah itu angkat, diamkan sebentar dan bisa dihidangkan.

Saya lebih suka versi yang dipanggang daripada yang digoreng, karena bisa ditinggal dan tidak perlu ditunggui satu per satu. Hasilnya juga lebih kering, tidak terlalu berminyak.

Zucchini poppers ini bisa dimakan sebagai camilan dengan dicocol saus, tapi juga enak dijadikan lauk untuk bekal sekolah. Mungkin cocok juga untuk anak yang baru belajar makan, tinggal disesuaikan penggunaan garam dan ladanya. Bahan-bahan isinya juga bebas dimodifikasi sesuai ketersediaan bahan di rumah. Selamat mencoba!

6 Comments

  1. dhea
    Dhea Karina September 26, 2014 at 11:51 am

    waa hebat mamanya albert hebat demi yah anak mau makan sayur, emg suka susah yah kasih sayur buat anak…kitanya harus pinter2 berkreasi agar anak bisa makan sayur tanpa di lepeh lepeh….

    makasih yaaah udh di share resepnya…look very delicio dan gampang buatnya…aku save ah buat resepnya…

  2. cindy
    cindy vania September 27, 2014 at 8:12 am

    kayaknya enak… berarti pake resep ini digoreng juga bisa ya la?

  3. ninit
    ninit yunita September 29, 2014 at 9:25 am

    asiiik ada resepnya. udah pengen nanya pas elo share, la.

    tengkyuuu!

  4. hananafajar
    hanana fajar September 29, 2014 at 11:43 am

    ellaa jagooo2 ihhh masakannya…
    dicocol saus sambel enyaak bgt pastii iniii..

  5. gabriella
    Gabriella Felicia September 29, 2014 at 12:18 pm

    @cindy: lebih tepatnya sih dipanasin di atas wajan dengan sedikit minyak, bukan digoreng dengan banyak minyak gitu.

  6. thalia
    thalia kamarga October 2, 2014 at 11:10 pm

    ini enak bangeeeeeeeet! waktu bikin ini, dalam waktu bbrp menit, langsung lenyap semua dari piring. padahal aina ga suka banget ama zucchini. bikinnya gampang, rasanya enak banget pulak!

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.