Editors Corner

Be Kind To Your Support System

Ketika menjadi ibu baru dan berhadapan dengan sesuatu yang belum pernah kita alami sebelumnya, siapa yang kita datangi? Suami, orangtua, kakak, adik, teman? Sebagai makhluk sosial kita tidak bisa menghadapinya sendirian, ada support system yang selalu kita butuhkan. Bagi saya, kehadiran mereka sangat penting. Teman curhat saat merasakan ternyata tidak mudah saat memulai menyusui anak pertama, membuat hati lega saat mereka mendengarkan dan membantu dengan berbagi pengalaman. Saat melihat teman-teman mulai berolahraga, hati senang saat kita yang "anak baru" disambut mereka memasuki lingkaran pertemanan sehat.

Masih ingat saat urban Mama yang bekerja di kantor panik karena harus pulang mendengar kabar si kecil sakit? Ada teman kantor satu departemen yang membantu kita menyelesaikan tugas-tugas dan menggantikan kita untuk hadir di sebuah meeting yang penting. Betapa kita bersyukur dikelilingi orang-orang yang baik hati yang begitu tulus meringankan pekerjaan kita.

Terkadang karena kesibukan dan lambat laun hal-hal tersebut menjadi sesuatu yang biasa, kita sedikit lupa bagaimana menghargai dan mensyukurinya. Bagaimanapun, saya percaya bahwa hal-hal tersebut adalah sesuatu yang harus dipelihara dan dijaga. Kencan berdua dengan suami misalnya, adalah sesuatu yang harus dilakukan. Berganti topi dari Mama dan Papa yang merupakan orangtua dari anak-anak menjadi suami dan istri, dua manusia yang saling jatuh cinta. Atau sudah lama tidak bertemu teman, tidak perlu ada alasan tertentu kan untuk mengatur waktu makan siang bersama? Hanya mengobrol santai tanpa agenda. Dan tentunya kalau memang ada, tidak harus menunggu ada hari raya untuk memberi bonus bagi orang-orang yang bekerja membantu kita di rumah.

Intinya, mereka adalah support system kita. Kehadirannya meringankan dan memudahkan hidup kita. Tentu terkadang ada hal-hal yang kurang berkenan di hati terjadi tapi saya yakin kita tidak akan menihilkan kebaikan-kebaikan yang sudah terjadi sebelumnya. Let's be kind to your support system.

8 Comments

  1. avatar
    Winda Veranika January 5, 2017 12:12 pm

    Thanks for remind me Teh Ninit :) si Oma, sisupport systemku di rumah. Yang selalu aku berantemin. :(( :(( :(( Janji,,, bakalan be nice ke si oma. resolusi 2017 :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    zata ligouw December 18, 2016 8:25 am

    udah baca artikel ini sebelumnya, trus pas baca lagi tadi pagi, tetep aja kena dan langsung tiba2 baik2in suami yang supportnya ruarrr biasa. Makasih ya teh udah ngingetin...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania December 15, 2016 11:44 am

    setuju banget sama artikel ini. bersyukur banget punya banyak support system, dan iya, ga usah nunggu hari raya buat kasih bonus ke orang yang suka bantuin kalo pas lagi repot. thanks udah mengingatkan ya teh :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    otie October 27, 2016 6:00 pm

    Waaah thanks for the reminding article teh! Ya mmg kesibukan seringkali membuat kita lupa bagaimana menghargai dan mensyukuri support system tsb

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Pryta Aditama October 27, 2016 11:08 am

    Setuju banget teh Niiitt.. Kadang kalau liat orang lain yang gak dapet support sebaik kita selama ini juga suka jadi reminder untuk bersyukur dengan support system yang ada.. Akuuu sama kaya mama Siska, urban mama jadi salah satu bagian penting dalam support system aku selama ini, terutama tahun-tahun pertama jadi ibu. Nggak kebayang rasanya kalau dulu nggak ketemu mama-mama kece di sini yang selalu kasih positive vibes saat sedang menggalau soal ini itu, hihii.. Thank you yaa The Urban Mama.. :D

    1. avatar

      As .



  6. avatar
    Honey Josep October 4, 2016 5:59 pm

    thank you for the reminder teh Ninit. Kalau ga ada support system pastinya aku ga akan bisa ngapa-ngapain deh! Pasti hidupku tuh cuma seputar rumah-kantor. Kalau ada support system, aku masih bisa ketemuan sama temen, ikutan acaranya TUM dan ngelakuin kegiatan lainnya yang aku suka. Beneran deh bersyukur banget sama support system yang ada sekarang :)

    1. avatar

      As .



  7. avatar
    Siska Knoch October 4, 2016 4:06 pm

    Setuju teh, support system utama (keluarga) dan support system kedua (teman dan lingkungan kerja/rumah) memang diperlukan, dan harus disyukuri untuk yang memilikinya, kalau komunikasinya lancar insyallah hubungannya juga lancar. Dan iya ga kebayang kalau sendirian huaaaa panik deh pastinya ga dan tau kemana harus minta tolong atau sekedar share. Makasih udah diingatkan lagi teh :) Oh btw support system keduaku waktu anak pertama adalah urban mama hihi alhamdulillha banget bisa ketemuan temen2 disini!

    1. avatar

      As .



  8. avatar
    hanana fajar October 4, 2016 9:09 am

    yes, we do really need support system:) Good reminder teh Nit, hal-hal seperti ini yang harus kita syukuri, dikeliling orang-orang yang selalu support kita kapanpun dan dimanapun..

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.