Editors Corner

Rumah Pertama Anak

Seorang Ibu adalah segala-galanya yang pertama bagi anak.

Teman pertama.

Guru pertama.

Sekolah pertama.

Bahkan, rumah pertama.

Rumah pertama ini bukan rumah fisik dengan atap pintu dan jendela ya. Melainkan rahim dalam tubuh Ibu. Tubuh ibu adalah rumah pertama anak, tempat terhangat dan terkokoh yang Tuhan ciptakan untuk membawa kehidupan baru ke dunia.

Katanya, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Sama seperti rumah tempat sehari-hari kita tinggal, ‘rumah’ pertama anak ini tidak jauh berbeda. Harus dirawat, harus disayangi, bahkan sebelum ada bayi yang hadir di sana. Kenyataannya, tubuh perempuan tidak seperti sebuah rumah betulan yang kalau sudah dibuat seperti itu, ya bentuknya terus seperti itu saja. Dalam perjalanan hidup, tubuh perempuan pasti berubah. Kehamilan, saat menyambut kehadiran bayi dalam tubuh, sudah pasti banyak mengubah bentuk tubuh Ibu.

Setiap perempuan itu unik. Setiap Ibu punya pengalaman sendiri-sendiri dalam menghadapi perubahan tubuh saat hamil. Tak jarang perubahan tersebut terasa tidak enak seperti mual muntah hebat, kehilangan nafsu makan (atau malah sebaliknya), berat bertambah drastis, kulit meregang di sana-sini, atau malah lemas tak bertenaga. Belum lagi kondisi tubuh setelah melahirkan, yang seringkali membuat Ibu bertanya-tanya: Apa yang salah dengan tubuh saya? Saya harus bagaimana?

Be gentle with your ‘new’ body. Menyayangi tubuh ‘baru’ dimulai dengan menerima kondisi bahwa tubuh Ibu pasti berubah. Saat menyambut tumbuhnya kehidupan baru, tubuh Ibu diciptakan untuk berubah karena Ibu tidak lagi menghidupi diri sendiri, namun juga bayi yang sedang tumbuh dalam rahim. Semua harus diterima dengan sadar bahwa perubahan ini adalah bagian dari tumbuhnya diri seorang perempuan menjadi seorang Ibu, yang sedang disiapkan untuk menerima kehadiran si kecil. Bahkan nantinya setelah si kecil lahir, Ibu tetap butuh tubuh yang sehat dan terawat agar dapat mengasuh, menjaga, dan mendidik si kecil dengan sebaik-baiknya.

Bulan ini The Urban Mama akan membahas banyak tentang kehamilan, seperti mengatasi ngidam dan ketidaknyamanan tubuh ketika hamil, menjaga kesehatan dan merawat tubuh saat hamil maupun setelah melahirkan. Bagi Urban mama yang punya kisah atau tips seputar kehamilan, boleh berbagi tulisan kisahnya di sini. Event TUMLuncheon dan TUMNgopiCantik akan kembali hadir, jadi nantikan kehadirannya ya Urban mama.

5 Comments

  1. avatar
    LokahittaLover October 1, 2016 6:21 am

    Lumayan terhibur baca ini,artinya setelah punya 2 anak BB naik dan bentuk badan tidak seperti dlu wajar untuk Ibu.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Woro Indriyani September 30, 2016 8:07 pm

    Baca ini di kantor lagi pengen pulang peluk anak huhu Hamil itu hal yang paling luar biasa dalam hidup :) semua hal hal membahagiakan selama hamil sampai menimang Rey pertama kali

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Aini Hanafiah September 14, 2016 5:19 pm

    @rian setuju... life changing experience banget ya, menjadi seorang ibu :) @puspaseruni saya juga mellow kok nulisnya, hihi xD sama2, Puspa.. ternyata jadi ibu sehatnya bukan buat seorang diri, tapi buat keluarga juga :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    puspaseruni September 13, 2016 1:16 pm

    Tiba-tiba mellow baca paragraf awal "Seorang Ibu adalah segala-galanya yang pertama bagi anak. Teman pertama. Guru pertama. Sekolah pertama. Bahkan, rumah pertama." Huhuhu.. Terima kasih sudah diingatkan untuk tetap sehat, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga demi keluarga :')

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Rian Rosita Luthfi September 7, 2016 8:22 am

    Hamil itu pengalaman paling luar biasa, dari mulai testpack strip 2 sampai dengan tangisan pertama anak. Mual yang tak berkesudahan, tinggal di kontrakan yang panas, LDR dengan suami, keluyuran tiap malam mencari makan sahur saat bulan ramadhan, sampai hujan-hujanan naik motor pas mau kontrol ke dokter. All the works are paid off setelah dengar tangisan bayi, mengecup kulitnya yang hangat, menyusui, sampai mendidiknya supaya menjadi anak yang berdaya guna. Menjadi ibu itu priceless karna melaksanakan amanah yang dititipkan langsung oleh Tuhan pada kita. Saya bangga menjadi seorang IBU :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.