The Urban Mama's Events

TUM Luncheon June 2014: Pentingnya Keselarasan Komunikasi

Tanggal & Waktu
Sabtu, 14 Juni 2014
10.00 - 13.00 WIB

Tempat
Madame Ching Restaurant
Jl. Surabaya 24 - Menteng, Jakarta Pusat

Harga Tiket Masuk
Rp. 50.000,-


Pernahkah ketika kita membaca tulisan: “I Love you” lalu mendadak menjadi romantis atau bahkan jadi ingin bilang “I love you” juga kepada orang-orang tersayang? Atau, saat kita membaca tulisan: “Kamu jelek!”. Mendadak di dalam diri bergejolak rasa amarah dan ingin membela diri?

Hal itu disebabkan karena kata-kata adalah energi. Kekuatan kata-kata mampu membuat seseorang menjadi bahagia, menjadi sedih atau menjadi marah sekalipun. Energi dalam kata-kata mampu menggerakkan manusia dan segala sesuatu secara produktif atau kontraproduktif.

Itulah pentingnya pemilihan kata-kata saat berkomunikasi dengan orang lain.

Pemilihan kata-kata yang tidak tepat akan menyebabkan terjadinya komunkasi tidak selaras. Seperti misalnya, Seorang ibu mengeluh karena ia sulit untuk berbicara dengan anaknya tanpa harus bersitegang. Ketika diusut apa penyebabnya ternyata ia sering mengatakan : “Kamu selalu bikin susah orang tua!” saat si anak berulah. Kalimat itulah yang tertanam pada benak anak dalam jangka waktu yang panjang. Bahwa dirinya hanyalah penyebab kesulitan orang tua. Sehingga sering kali terjadi komunikasi tidak selaras antara mereka berdua.

Komunikasi tidak selaras bisa saja terjadi dengan siapa saja bahkan saat kita berkomunikasi dengan orang yang baru kita kenal sekalipun. Lalu, bagaimana caranya agar komunikasi bisa selaras? Komunikasi selaras yaitu adanya keselarasan antara komunikasi verbal dan non-verbal. Komunikasi selaras akan lebih mudah terwujud bila dalam diri kita sudah selaras. Komunikasi selaras terwujud bila pikiran dan perasaan sudah selaras.

Sebuah riset tentang komunikasi menunjukkan bahwa 70 persen keberhasilan komunikasi adalah komunikasi non verbal. Non verbal terkait dengan energi yang mampu menyampaikan sesuatu hal dengan jelas, dengan emosi yang positif, dan dengan cinta tanpa syarat.
Dalam workshop Soul of Speaking, komunikasi non verbal dibahas secara lebih dalam dan detail. Bagaimana cara kita mempraktekkan komunikasi yang disebut dengan komunikasi selaras ini dalam kehidupan sehari-hari baik dalam relasi personal dengan orang-orang terdekat kita (suami/pasangan, anak, orangtua, saudara) maupun relasi profesional kita (dunia kerja di luar rumah)?

Mengapa berkomunikasi seperti ini kerap tidak mudah dilakukan? Apa penyebabnya? Lalu bagaimana solusinya? Workshop singkat ini akan membahas tentang komunikasi yang selaras untuk mewujudkan hidup yang bahagia dan sukses untuk para mama di Komunitas Urban Mama.

Seperti kata Anthony Robbins, cara kita berkomunikasi dengan diri sendiri dan orang lain sangat menentukan kualitas hidup kita.