1

Topic: Ngajarin Sholat

Dear moms and dads

Nanya dong, ada tips khusus ngajarin mendirikan sholat? di tahun ke berapa kita sebaiknya mulai mengajarkan ini?

sejauh ini gue mengajarkan mengerjakan sholat, belum sampe mendirikannya. dan baru maghrib dan Isya aja.

Ada tips gak?
thanks yaaa.

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

2

Topic: Ngajarin Sholat

sama nih Dhit. dari dulu sampe sekarang cuma ngajak aja pas Maghrib dan Isya. kadang mau, kadang ngga. gerakannya sih udah bisa.. bacaannya ya baru Al Fatihah dan surat pendek 3 itupun karena kitanya kerasin bacaan. sekarang lagi ngerasin bacaan ruku. yang kedengeran cuma 'subhana'-nya doang hehehe

maksudnya belajar mendirikan sholat itu adalah sholat dengan kemauan sendiri gitu?

And thelilsolder is back. Fire!

3

Topic: Ngajarin Sholat

aq penting menyimak thread ini deh :)

just sharing, Naura skrg umur 17 bln, dr 14 bln dia uda bisa menirukan orang sholat khususnya waktu sujud sambil bilang "Awohuakbal" (read: Allohhuakbar), itu karena Naura selalu liat kalo kita sholat, tp sering juga gangguin dengan tiba-tiba duduk di depanku waktu sholat, naik di punggungku waktu sujud, mainan sajadah etc :)

Tp kl ntr agak besar, aq jg bakal mikir juga gimana cara ngajarin dia sholat, kalo rencanaku siy:
1. Membiasakan anak sedini mungkin melihat kita sholat
2. Melibatkan anak sesering mungkin untuk sholat berjamaah, meski cm berjamaah keluarga di rumah, yg penting rutin dan konsisten
3. Ajarkan bacaan sholat secara bertahap mulai dari yg pendek spt Al Fatihah
4. Beri anak penghargaan jika anak sudah sholat, spt pujian, pelukan etc
5. Kl ada kesalahan dalam sholat (gerakan/bacaan) jgn ditegur dengan keras, benarkan dengan lembut dan tegas
6. Tunjukkan rasa gembira di setiap selesai sholat

penasaran sama tips-tips lainnya niy :)

~ Living The Life And Loving It ~

4

Topic: Ngajarin Sholat

sekedar saran, klo patokan usia seharusnya udah sedini mungkin, klo ikut aturan agama usia anak 10 thn kan dah tergolong wajib tuh untuk diajarkan, jadi sebelum menju umur segitu ada baiknya anak2 dibiasakan mandiri mendirikan sholat.
menurut aku sih kuncinya satu, TELADAN baik dari orang tuanya atau orang sekitar yang saban hari berinteraksi dengan dia,
plus tambahan reward (buat poster absensi sholat 5 waktu yg ntar dapat hadiah klo perminggunya full)
mungkin awalnya karna hadiah, tp Insya Alloh lama2 jd terbiasa.
plus poster2 gerakan sholat atau kata2 hadist yang mengajak mendirikan sholat.
ini sih bukan pengalamanku sm anak, krn msh baby, tp pnglaman ngajar di sekolah islam, moga membantu...

I am a wife, a mother and a teacher...
Teach and learn how to love and care each other...

5

Topic: Ngajarin Sholat

wah iya nih, musti mantengin thread ini..
Thanks adhit buat buka threadnya..
Thanks moms, tipsnya.. Berguna pastinya :)

kalo gw di rmh setiap orang punya sajadah sendiri, enzo jg dikasih sajadah khusus, jd dia ngerasa special. Pake peci dan Plus dipakein sarung, yg bagian atasnya digulung2 itu, biar gayanya spt papa. Soalnya umur2 2.5thn itu kayanya lagi masa2nya mengagumi papa, deh ;)

Dan sajadah utk enzo itu sajadah dewasa, bukan yg lucu2 gitu. Soalnya dia (karena sangat mengagumi papanya) selalu pengen pake sajadah papa dan akhirnya papa yg pake sajadah enzo. sepertinya enzo merasa lebih keren kalo pake barang2 punya papa-nya.
tiap mau shalat, enzo diajak..sajadahnya disiapin. Bilang untuk ikutin gerakan papa/mama dan suruh tenang, kalo pegel suruh duduk/baringan aja.

Tiap magrib, ikut shalat bjamaah di masjid dkt rumah. Ktemu sama anak2 dan bapak2 yg lain, semuanya disalamin. Di situ dia belajar, kalo shalat itu gerakannya semua seragam, dan semua gak ada yg jalan2 ato ngobrol..sama dengan shalat di rumah.

Tapi ya baru sampe situ, sih..
Di tv, kalo adzan magrib ada yg adegan gerakan2 shalatnya, lengkap.
Kalo ga salah, tpi deh..sekarang mnc tv.
Kalo nonton acara adzan magrib yg itu, enzo-dante suka ngikutin gerakan shalatnya.

Paling yg mereka hafal itu allahuakbar (takbir), dan sujud.

Kadang, suka pretend play lagi shalat..
Doanya: iyya kanabudu waiyyakanabudu..sama doa sblm makan :)
trus komat kamit gitu bismilah bismilah..
Ya baru gitu aja sih..

Mungkin tar kalo gw udah resmi jd ftm dan ngeluangin banyak waktu buat mrk, ngajarinnya bisa lebih 'betul', soalnya sekarang ya masih dlm tahap shalat magrib dan isya.
Tapi, buat bikin mrk ngeh untuk shalat itu adalah suara adzan.
Gw selalu berusaha utk shalat begitu denger adzan. Jd mrk udah tau kl adzan itu panggilan utk shalat.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

6

Topic: Ngajarin Sholat

Hi Dhit, sharing juga... Selama ini sih gue masih dalam tahap mengajak sholat, kalo Icha sendiri yang berniat sholat sih belom.

Icha (3Y) dah mulai dari 1.5Y diajarin sholat. Rutinnya kita jamaah sih emang Maghrib dan Isya, secara Subuh Icha belom bangun, dan siang ayah ibunya kerja...

Pertama2 sih dia cuma ngeliat aja, dan penekanan gue+suami ke dia cuma gak boleh gangguin kalo kita sholat. Trus udah mulai dibeliin mukena + sajadah juga, beliinnya yang lucu2, biar semangat makenya.

Lama2 Icha mulai niruin kita sholat, kaya takbir, ruku, sujud, dan yang lebih surprisednya lagi, ternyata dia hafal Al Fatihah cuma dari dengerin kita sholat aja. Dari situ kita sering ajak Icha sholat. Kadang2 mau, kadang2 enggak, gak pernah dipaksa, tapi selalu kita ingetin, kalo sholat itu wajib.

Selama sholat kadang dia masih main2, garuk2, tapi udah lumayan tertib lah. Dan selesai sholat, kita selalu doa bersama. Biasanya pertama2 selalu hamdalah karna Icha makin pinter sholatnya, biar dianya semangat juga. Dan terakhir, Icha selalu ditanya, mau minta apa sama Allah. Walaupun jawabannya mostly, "Icha mau coklat" ya gapapa.

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

7

Topic: Ngajarin Sholat

Hai Dina, mungkin itu persiapan untuk Arza bagi gue ya (1y2m).

@lilsoldier iya aimnya mendirikan sholat. Melalui forum ini gue mencari tahu metode yang sudah berjalan dan yang sudah efektif.

to all: apa yang Ika bilang bener bahwa orang tuanya mesti jadi teladan. itu kerasa di Alde sekarang. Jadi kalo kita ceritanya:

1. Sejak ulang tahun keempat, Alde kita ajak sholat Isya dulu. selalu jamaah. Karena aimnya untuk mendirikan sholat, maka sholat kita masukkan ke dalam rutinitas tidur. ie: Pakemnya, pipis, sikat gigi, wudhu, sholat, baca buku, bobo. Metode rutinitas ini lumayan berjalan karena dia bisa mengexpect ini tiap malam dan jadi gak berontak. In my absence (gue pernah sakit dan tidur cepet), istri gue yang jadi imam. Kalo dia nginep di akinya di bandung, gue titipkan pada akinya agar diajak sholat isya jadinya disiplin itu tidak hilang.

2. selama ini gue rada cuek sama bacaan tapi satu malam gue notice dia mulai ikutan baca dikit-dikit, jadinya gue ngebacain sangat lambat agar dia bisa denger dengan jelas.

3. beberapa hari yang lalu mulai kick off masukin sholat maghrib. Rutinitasnya: maen, wudhu, sholat maghrib, belajar. sejauh ini dia gak berontak dan mau. yang penting adalah keberhasilan memasukkan ini ke dalam rutinitas karena rutinitas = disiplin,

4. Ide doanya bagus juga tuh Dina. Gue akan coba terapkan.

terima kasih atas input-inputnya sejauh ini. yang lain mohon dong dishare juga. terima kasih yaaaa.

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

8

Topic: Ngajarin Sholat

AHAA! thread wajib follow ni. Ak dulu kecil d desa d halaman rumah ada masjid jadi otomatis dr kecil biasa sholat. na ni giliran skrg hidup jauh dr masjid agak susah jg biasain anak shalat. pas d rumah eyangny d desa sih tiap waktu ikut shalat bahkan shalat tengah malam pas ramadhan kadang ngotot ikut. tp pas balik lg k sby biasainnya susah. ni emang harus ortunya yg aktif n telaten ngajak.
kalo soal ngaji, baca iqro dah tiap hari dilakuin. tapi sholat biasany ak cari amannya sj. pas wkt shalat kakakny tak suruh maen sm adekny, kalo g gt adeknya bs gangguin shalatku, ya naik2 ke punggung ato apalah gitu. dulu sih pernah ngajak sholat gt d rumah tp ujung2ny gak sampe selesai dah gerah ato keburu pengen maen lg g tahan lamanya (padahal kalo d desa g gt deh, banyak temannya kali ya)
sementara ini soal agamanya aku lbh ngajarin mengenal Alloh n "membawa" Alloh dlm hidup kt dulu. maunya sih nunggu d skulnya diajarin bacaan sholat dulu jd gampang tar prakteknya dmana aj kapan aja. dia kan d TK islam.
tapi kalo dpikir lg ga bisa gt deh, ni HARUS dr rumah. oke aku akan start lg from now, mumpung ada teman urban mamas n papas yg punya misi sama, so jadi tambah semangat :)

Liha Ahliana, Ibu Pembelajar
exploring parenting world is an amazing thing

9

Topic: Ngajarin Sholat

thanks Dhit buat buka thread ini..
skg sih kareem baru mau 11bulan, jadi baru sebatas ngeliatin ibunya shalat, duduk didepan ibunya sambil main.. itu aja

kareem skg ini sih seneng banget denger adzan, begitu suara adzan dilaptop bunyi, dia langsung teriak "allahu akbar"
pengen ngikutin saran eka, begitu adzan langsung shalat, tapi masalahnya laptop gak selamanya hidup :D
ya gini deh nasib tinggal dinegara gak ber-adzan :D

being a mom for Kareem makes me find out the answer why "surga itu ada ditelapak kaki ibu" (Blog: http://www.negeridongeng.com/)

10

Topic: Ngajarin Sholat

*peluk sefa*

huhuhu.. di sana kalo magrib gak ada adzan ya di tv?
pasti kangen banget ya sama indonesia :)

*jadi curcol*

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

11

Topic: Ngajarin Sholat

eka: asik dipeluk *anget* thanks ya ka

gak ada ka, jangankan adzan di tv, masjid aja gak boleh adzan pake pengeras suara... jadi ya gitu, adzan kita dengernya dari laptop :)

being a mom for Kareem makes me find out the answer why "surga itu ada ditelapak kaki ibu" (Blog: http://www.negeridongeng.com/)

12

Topic: Ngajarin Sholat

dibiasakan ikut sholat berjamaah saja sejak tk. awalnya gak usah dipaksa harus ikutin geraknya. malah istri saya, bayi blm setahun ikut sholat. ya tiduran aja di sampingnya. wkwkwk. kan yg penting biasa ikut aja dulu. nanti lama-kelamaan sudah terbiasa. mulai dan selalu ngasih pengertian bahwa Allah selalu melihat. bikin dia takut dan patuh terhadap Allah, jangan kita. wkwkwk. Insya Allah jadi pejuang Agama Allah :D

Freelance Photographer | 3D Architecture Impressionist

13

Topic: Ngajarin Sholat

Are you seeking help with college paper writing? Trust me, I've been there, and it can be tough. But don't worry, there's help out there. There are many resources available to assist you in crafting a top-notch paper that will earn you the grade you deserve. Don’t be afraid to place an order on BestCustomWriting. The good thing about this company is that it tackles all the most popular paper types. You shouldn’t be afraid of such multi-faceted companies working with all papers and subjects. This service proved to me that it’s worth trusting.