1

Topic: Penyebab Slow Growth

Mommies,

Sharing dong kalau ada baby-nya yg ngalamin slow growth, apa penyebabnya, solusinya dan hasilnya gimana...
Oia, mods, bingung mau taro topik yg mana, pls advise ya..

Mau cerita, El skarang udah 8 bulan dan kalo diliat secara fisik sih anaknya bertumbuh dengan normal, baik dan aktif.. Hanya BBnya aja yg pertambahannya agak lambat, per sabtu kemarin 6.8 kg (ini meningkat 350 gr dari 2 minggu sebelumnya -- setelah dikasih makan berat 2-3x).
El sampai skarang masih ASIX dan pas kontrol ke dsa-nya (dr Wati), disuruh tes urine lagi (yg hasilnya bagus, ga ada tanda ISK) dan tes darah (hiks, ini kasian banget el disuntik setelah bilirubin) yg hasilnya ternyata zat besinya jauh di bawah normal dan indikasinya ke arah anemia.
Mengingat BB El pas lahir yg 2.39 kg, dokternya bilang bahwa El termasuk anak yg IntraUrine Growth Restriction , karena dari hamil pertumbuhannya lambat sehingga skarang pun agak lambat, cuman thank God El anaknya gapapa, cuman harus waspada aja karena ya slow growth-nya itu (BBnya selalu di bawah persentil 10) dan ternyata kekurangan zat besi, makanya El akhirnya dikasih vitamin penambah zat besi..
Jadi, skarang lagi fokus penggemukan BBnya dan terus pumping buat ASIP karna kalo sampe akhir bulan ini BBnya ga sampe persentil 10, mungkin akan dikasih sufor, which is pilhan paling terakhir...

So, ada yg mengalami hal yang sama? Kindly advise yaa,
Makasihh :)

Reborn since El was born
@inicrey

2

Topic: Penyebab Slow Growth

Crey, I feel u ...
si Asa dari dalem kandungan udah nyaris dikuret karena sempet dikira gak numbuh (8weeks Asa blum numbuh jantung) . Lahir 2900g 50cm. pas 6 bulan dy cm 6 kg. tambah sufor di usia 8 bulan, dan ternyata gak cocok, muntah2. setahun BB 7,4kg.

sekarang 16 bulan, hampir 9kg .... :)
cara yang aku pakai,
1. masukin olive oil di susunya, kr2 1 sdt (bukan di makanan krn Asa g suka makanannya berminyak, sop pun bumbunya gak kutumis)
2. cemilan semaunya. biasanya roti (dioles butter sukanya), puding, kismis, biskuit, honeystar.
3. sesi makan buah 1 kali/hari
4. menu makan siang+malam biasanya sama, yang sarapan beda.
5. 2 hari sekali biasanya dibikinin oatmeal+susu+keju+kismis+olive oil. oatmealnya biasanya cm 2 sdm aja. ini ngefek bgt bikin pupupnya lancar (Asa jd laper n mw makan klo udah pupup)
6. pijet tiap malem. biar bobonya pules

karna El belum setahun, jadi disesuaikan aja ya makanan-makanannya
met mencoba n gudlak ya ...

less ego, more heart

3

Topic: Penyebab Slow Growth

crey, anakku juga termasuk yang berat badannya irit. Sempat di bawah persentil 10 juga. cari2 info buat menaikkan berat badan anak. Ternyata yang paling cocok, makannya sedikit-sedikit tapi sering dan yang dimakan kalorinya tinggi. Kalo aku makanannya ditambahin unsulted butter, buahnya dibuat milkshake, buah yang dipilih : pisang, alpukat, mangga.

Masih ASI ya...? aku pernah baca tips untuk boosting Berat badan bayi yang masih ASIX. Caranya diperbanyak ngasih hindmilk ke bayi. Hindmilk itu bagian dari ASI yang banyak mengandung lemak. Kalau ASI diperah terus didiamkan, dimasukkan kulkas akan terpisah lapisannya. Nah, lapisan atasnya (hindmilk) yang diberikan ke bayi.

Memang kalo BB anak naiknya irit, kita jadi khawatir banget ya...aku juga ngerasain itu. Mudah2an El-nya sehat2 aja dan tumbuh dengan baik

4

Topic: Penyebab Slow Growth

crey,
dante juga mungil koq..
Ini jg yg bikin gw ambil keputusan resign.
Masalahnya dante gak mau asip dan nolak sufor. Jadi memang sangat2 tergantung sama asi gw.
Gw pun baru mau mulai ngebenerin makanannya dante, selama ini gw tinggal sama art mana tau dikasih makannya bener ato engga.

Kalo menurut dsa gw, selama itu homemade food, ga masalah kita mau kasih anak makan apa. Kan kita sendiri yg tau takaran dan komposisi makanannya apa. Anak jg mengalami masa jenuh kalo dikasi makan makanan yg rasanya hampir selalu tawar (kukus2an).

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Penyebab Slow Growth

crey imo ya, gak perlu sih berpatokan ama BB. tapi liat aktivitas anak aja. apa si anak beraktivitas dengan normal, bisa melakukan hal2 yang seharusnya tanpa ada gangguan, etc. yang penting sehat. nanti pasti akan di catch up kok, dan seperti kata eka yang penting dikasih makanan2 homemade yang penuh gizi, jadi kebutuhan gizinya terpenuhi. kalo ternyata kekurangan zat besi, berarti perlu ditambahan makanan yang mengandung zat besi tinggi, karena sebenernya emang di saat anak berumur 6bln, kandungan zat besi dari asi aja udah ga cukup, jadi emang perlu tambahan dari makanan. dan ini ada di daging2an, ayam, even kalo perlu coba kasih lamb, tuna, atau dulu gue sering kasih naia hati ayam, kismis, oats, atau dried apricots/prune gitu.

just to share a story, naia juga bukan anak yang gendut & chubby. termasuk kecil walopun BB nya sih masih termasuk average, hanya penampilan dia aja yang terlihat kurus (apaboleh buat, bapaknya kurus!). tapi begitu mulai makan dan diatas 1thn yang makannya udah macem2, dll, naia kayak picks up gitu loh. BB dia sampe sekarang termasuk average, tapi kalo gue liat badannya udah gak cungkring kayak dulu, padahal makannya banyaaaakkk!! tapi aktivitasnya dia juga banyak, ga bisa diem. jadi selama dia beraktivitas normal, pertumbuhan normal dan kemampuan dia untuk pick up new skills juga bagus.. gue ga terlalu kuatir sih, malah udah ga terlalu hapal BB nya berapa, dah ga pernah nimbang. seringnya malah ngukur tinggi krn kalo ini jelas banget keliatan, celana yang biasanya 7/8, kok jadi selutut? heheh..

jadi saran gue sih, coba aja El dikasih makanan2 yang rich in iron dulu ya, i'm sure he'll catch up.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Penyebab Slow Growth

sLesTa menurut gue, BB tetap jadi salah satu parameter penting yg musti kita perhatikan. contoh di El aja, ternyata ada kekurangan zat besi. klo crey n dsa-nya ga gitu merhatiin BBnya el, mungkin aja kadar zat besinya ga diperiksa, padahal zat besi itu penting buat tubuh.
yg penting objektif, artinya ga asal 'keliatan kurus' doang, tapi ada acuannya spt growth chart WHO/CDC dan kita bs tau posisinya di persentil brp, normal pa ngga.

tapi gue setuju klo BB bisa bangeet dikejar!
arifah juga mungil (udah liat sendiri kan, crey?), dan BBnya juga sempet ada di persentil bawah. ditambah acara GTM agak panjang pula pas usia 7 bulan-an.

sejalan dg eka dan sLesTa, variasiin aja makannya el, yg rich iron gitu crey.. suplemen mungkin sementara ini tetep diminum sambil nunggu perkembangan kadar zat besinya.

semangat ya crey! :)

7

Topic: Penyebab Slow Growth

sepakat soal tumbuh kembang anak gak cuma berpatokan sama BB ..

cuma masalahnya nih, anak dgn BB rendah cenderung dicurigai sakit macem2. Asa sempet diduga kena ISPA dan punya masalah reabsorpsi sama DSA-nya dan mau diresepin enzim macem2. belum lagi wacana soal tes ini itu.
buatku, naikin BB hukumnya jadi wajib. karna gak tega juga kn anak kecil BB-nya rendah, sruh minum dan tes mcm2 padahal gak sakit apa2.

dan naikin BB buatku sama sekali gak identik dengan berusaha bikin anak jadi montok. kan bukan gendutnya yang dicari, tapi pengen dia sedekat mungkin dengan kurva ideal.

less ego, more heart

8

Topic: Penyebab Slow Growth

crey Coba dikasih makanan yang tinggi zat besi aja dulu, jadi dibanyakin makan hati, daging sapi, bayam... Trus untuk ngejar BBnya coba sering2 dikasih susu, keju. Dicampur2 aja di dalam makanannya. Biasanya gue suka bikin oat+susu atau roti+susu+butter (kayak bread pudding gitu) untuk sarapannya Nara, enak kok jadi kayaknya El bakal suka. Bisa juga bread puddingnya dikasih keju, rasanya malah tambah enak. Mudah2an cepet naik ya kadar zat besi dan BBnya :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

9

Topic: Penyebab Slow Growth

Sidta,

Thank you :)
Asa sempet lambat ya, padahal BB lahirnya termasuk normal ya..
Good to hear he's catching up now...
Oia, olive oilnya yg virgin ya? Ada rekomen merek?
Kalo dicampur sama asip, boleh ga?
Kismiisss, thanks udah ingetin, mo kenalin ini ah ke El :)
Mmh, kalo gw pijetnya 2-3 hari sekali, bagusnya setiap malem ya?


Ophi,
Tfs ya..
Iya pas kontrol 3 minggu lalu dan cek darah baru deh asupan kalorinya ditambah.. Beras merah, daging merah, bayam, brokoli itu dah menu utama banget dan kalo buah alpukat sama pisang, apel dan dicampur yoghurt.. Oia, semua makanan gw tambahin extra cheese hihihi biar boost up dan pas nimbang kmrn naik 350 gr makanya seneng :) Cuman skarang jd kuatir karna tetep keliatan kurus dan parno kalo El GTM, soalnya giginya dah mau erupsi..
Soal ASI, iya udah diusahain juga sih dikasih yg hindmilk dg cara dipump dulu baru nenenin...

Eka,
Dante dah brp bln dan BBnya brp, ka?
Jadi selama lo ngantor, dante minumnya gimana?
Huhuh, soal resign kepikiran juga sih, cuman ya will see usaha gw sampe akhir bulan ini (soalnya hrs kontrol lg)...
Kalo El sih selama ini dijaga ama sodara jauh laki gw dan mbok yg pulang hari dan menurut gw sih mereka dah cukup ok ngejaga El, walo dsa gw sempet meragukan juga sih, cuman yaa bisa dibilang gw percaya lah ma mereka...
El soalnya anaknya lancar pupi juga, sehari bisa 2-3 kali, hikss gimana ga gemes coba? Sirik deh kalo baca bayi2 lain jarang pupi (baca: ga sembelit, tp yg diserap semua nutrisinya) huhuhu...
Selama ini, gw yg masak sendiri, ka makanannya El, jadi orang rumah hanya ngangetin doang..
Nah soal makanan, gara2 gw dah tau makanan mana yg kaya akan zat besi jadinya itu semua yg gw kasih tiap hari selama seminggu ini hihihi, salah ya? Anak bakal jenuh ya? Mulai besok deh dikasih variasi baru...
Thanks a lot ya, ka...

Slesta,
Mmh, gw rada ga setuju, shin.. untuk kasus2 tertentu, seperti bayi prematur, bayi IUGR (seperti kasus El), BB harus jadi patokan juga selain kita observasi kondisi fisiknya.. Setuju ama mira, dengan ada patokan kan kita jadi tenang dan terarahkan kalo ternyata anaknya kekurangan zat besi. Cerita juga, awalnya gw juga ga merhatiin, yg penting gw liat El aktif dan bbrp milestones juga justru lebih dulu dari anak normal, misalnya El dah bisa berdiri (sambil pegangan tentunya) pas 7 bulan, cuman ya akhirnya jd bertanya2 kok El pertambahan BBnya minim, padahal minum 500 ml dan dah makan juga, walau ya itu pupinya jg lancar huhuhu..
Mungkin kalo kaya Naia, gw juga ga akan terlalu kuatir karna at least dia di average...
Iya Shin, udah dikasih makanan yg rich in iron, gw juga optimis akan nambah lagi, thank you yaa :)
Ada masanya kali ya anak akan banyak makannya, kayanya pernah baca cerita lo yang Naia walo abis makan pas malem liat kalian makan, ikutan makan juga dan minum UHT makin kuat juga..., menanti El akan seperti itu hihihi :)

Mira,
Iya mir, gw sependapat juga sama lo, untuk kasus tertentu BB harus ada acuannya...
Arifah pakabar skrg? Sempet ya dimasukin persentil bawah?
Udah brp BBnya?
Sempet sih kecewa sama dsa, soalnya waktu El awal MPASi (which is yg byk gasol, sayur dan buah), gw nunjukin menu yg gw susun buat El dan dia setuju malah dipuji, eh kemarin, malah dibilang kok dikasihnya itu *huuh* heheh...
Iya nih tertantang gw, karna akhir bulan katanya kalo ga sampe di persentil bawah (7an kg), El mau dikasih sufor atau dikonsul ke dr gizi (yg menurut dia sayang dan kasian anaknya karena pasti diinfus), makanya semoga ngga ya... Gw ga anti sufor sih (gw produk sufor soalnya, eheheh), cuman niat gw bisa ngasih ASI sampe El self weaned dan sayang, sedih dan parno kalo kok perjuangan gw ngasih ASI selama ini akhirnya berakhir huhuhu, tp ya gpp juga sih, mellow nih jdnya hahaha.. Yg penting yg terbaik buat El aja.. Thank you, mir :)

Reborn since El was born
@inicrey

10

Topic: Penyebab Slow Growth

Crey, mungkin El itu mirip aku masih kecil. Aku dulu kata mamaku kecil gak berkembang, makanya sekarang juga kecil, padahal kakakku dan adikku tinggi2. Aku juga sering pup, malah hampir tiap makan pup, sehari bisa 2-3 kali. Kayaknya El, mungkin ada masalah dengan penyerapan nutrisi seperti aku. Mamaku selalu bilang, capek2 masak, keluarnya gampang bener.. hiks.. Aku juga ada anemia, waktu masih di jakarta, paling disuruh dokter makan daging, hati, dsb. Tapi waktu ke luar, sebelum hamil, aku dicek darah, ternyata vitamin B12-ku juga rendah, jadi ternyata selama ini aku ada pernicious anemia. Aku beberapa kali dapat vit B12 injection lalu disambung dgn vit B12 supplement. Tapi akar masalah kekurang B12 ini belum diketahui, ada kemungkinan gastroenteritis (stomach flu, btw, bayi juga bisa kena gastroenteritis, mungkin el bisa di-cek) atau celiac disease. Btw, viamin B12 itu penting untuk mematangkan sel darah merah, makanya kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia.

11

Topic: Penyebab Slow Growth

crey,anak saya jg susah bgt naik bbnya. skrng 1thn terakhir nimbang waktu 11bln 9kg. dr umur 6 bulan keatas naiknya tiap bulan paling 200-400gr. saya selalu ditenangin dsanya kl bayi asi memang susah naik bbnya. saya sih tenang aja krn ngeliat dr perkembangannya sehat2 aja,jarang sakit,aktif n lincah. makan jg bnyk tp pupnya jg sering hehe. sama kyk el,anakku jg bisa 2x pup sehari tp dikit2. ga pernah kepikiran kl ternyata dibalik bb yg susah naik bnyk yg perlu diperhatikan sprti gejala anemia or isk itu. semangat ya crey,smoga el sehat2 aja n cepet naik bbnya :)

12

Topic: Penyebab Slow Growth

crey,,aku juga lg (rada) kepikiran karena bb Va' naik sedikit sekali 3 bulan ini (Va' sekarang 8 bulan, bb sekitar 7,6-7,8)
Dan setelah aku plot di grow chart mmg dibawah anak seumurnya :(
Nah kalau naia-nya slesta kan setidaknya mmg ada gen tinggi dan kurus,Va' sama sekali engga ada gen itu,jadi aku mmg lagi kepikiran bgt..
Hemmm belum bs bantu tapi aku akan pantengin thread ini terus
(oya waktu kurang 2-3mgg dari due date dsog nya sempet bilang Va' masih kekecilan,jadi aku catch up bb nya 2 minggu itu...dan -syukurlah- akhirnya lahir normal 3kg,49cm)

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

13

Topic: Penyebab Slow Growth

Hi Crey dan mamas yg punya problem yang sama, I feel U..been there 1,5 tahun yang lalu (sekarang Ilyasaku sudah 2 tahun). Alhamdulillah bisa melewatinya...

Pingin sedikit sharing pengalamanku naikin BB ilyasa, sampai aku bela-belain resign dari kerjaaan buat ngasih ASI lebih banyak ke dia. Sebenarnya utamanya bukan karena terlalu berhasrat untuk bikin dia montok *setuju dengan pendapat Sidta*, tapi lebih ke mengikuti feeling seorang ibu (yang walaupun aku bukan dokter, tapi aku yang melahirkan dan mengurus dia) yang merasa anakku sehat2 saja, cuma merasa penyebabnya adalah asupan ASInya kurang. Gara2 BB pernah susah naik, anakku pernah didiagnosis penyakit macam-macam, dari TBC sampai thalassemia. Penyakit yang terakhir ini malah sempat bikin aku depresi. Maaf bukan bermaksud menyudutkan dokter, tapi hanya ingin berbagi kalau diagnosis yang berlebihan sungguh bisa membuat orang tua anak stress, padahal kan kalau mamanya stess ASI juga berkurang yah :(.

Anakku lahir dengan BB 2,5 kg, mepet banget yah. Mungkin karena waktu hamil BBku juga cuma naik 8 kg, padahal sudah makan segala macam. Waktu hamil aku memang sering capek karena masih ngantor, dan memang aku dan suami juga punya gen kurus. Aku malah lahir prematur 7 bulan dengan BB kurang dari 2 kg.

Alhamdulillah waktu awal melahirkan ASIku termasuk yang banyak, bahkan sampai nyembur2, ilyasa sampai sering kesedak-sedak kalau minum. Bulan pertama, kutimbang BBnya naik menjadi sekitar 4,3 kg. Sampai akhirnya ketika aku mau balik kerja lagi (aku minta tambahan unpaid leave dari kantor) di umurnya yang ke-4 bulan, BBnya sekitar 7 kg.

Masalah BB ilyasa dimulai ketika aku mulai ngantor lagi. ASIp yang kutinggalkan sering tidak dihabiskan oleh BSku. Kalau kuperhatikan karena kalau ilyasa menangis (which is seringnya karena lapar/haus), malah cuma digendong2 aja sampai tidur lagi. Kalau kutegur iya-iya saja tapi tetep aja ASIPku ga pernah habis. Padahal aku ninggalinnya juga ga banyak2, cuma 5 botol @ 120 ml. Dan benar saja, waktu umur 5 bulan, BB ilyasa ga naik samsek. Sedihnya. Aku menghibur diri dengan berpikir mungkin karena dia mulai aktif banyak gerak. Bulan ke-6 waktu ditimbang BBnya naik sih, tapi juga cuma sekitar 300 gram.

Bulan ke-7, tiba-tiba BSku resign mendadak, aku minta dikasih perpanjangan waktu 1 minggu untuk mencari BS baru dia ogah2an. Alhamdulillah akhirnya dapat BS yang baru. BS yang baru ini masih umur 18 tahun, baru lulus SMU. Harapanku kalau BSnya masih muda dan belum pernah punya anak, lebih gampang dikasih tahu. Dan alhamdulillah si mbak emang gampang dikasih tahu dan telaten kalau kasih makan anakku. Oya di bulan ini aku juga mulai mencoba memberi tambahan sufor untuk ilyasa sekitar 3 minggu, tapi berakhir dengan muntah2 dan akhirnya kustop. (mamas, bukan berarti aku anti sufor ya, soalnya memang anakku ga bisa minum sufor. Aku sendiri berterima kasih banyak pada sufor karena dulu cuma minum ASI 40 hari dan selebihnya minum sufor *karena ibu sakit thypus dan setelah itu ASInya ga keluar lagi*).

Akhirnya atas saran seorang teman kami konsultasi BB ilyasa ke dsa di bilangan Jaksel, prof MS. Beliau kebetulan juga seorang ahli darah, hematology. Waktu masuk ke ruang prakteknya kaget juga, karena banyak sufor dipajang di ruang kerjanya. Ah, cuek bebeklah selama Beliau ga merekomendasikan sufor merk tertentu ke anakku. Sehabis memeriksa ilyasa, prof MS menyuruh kami untuk melakukan tes mantoux dengan alasan karena di sekitar belakang telinga ilyasa terdapat benjolan2 kecil yang mengindikasikan adanya infeksi tuberkolusis. Ga cukup dengan tes mantoux, tapi harus dilengkapi dengan rontgen dan cek darah. Sempat menelpon ibu untuk bertanya2, pendapat ibu biasanya benjolan2 kecil di leher memang biasa pada bayi. Kelak baru terbukti kalau pendapat ibuku yang benar. Akhirnya kami mencari second opinion di dr A di Hospital Cinere. Ternyata dr A ini pro ASI sekali. Aku malah sempat dimarahi karena memberi sufor ke ilyasa padahal ASIku tergolong masih lumayan banyak. Tapi dr A ini mendukung pendapat prof S untuk memberikan tes mantoux ke Ilyasa. Ya sudah akhirnya kamipun nurut. Alhamdulillah hasil tes mantoux negatif, rontgen dan hasil tes darahnya oke. Tapi ilyasa tetap harus minum pyravit untuk terapi selama 6 bulan ke depan :(.

Akhirnya bulan ke-8 kami kembali lagi ke prof MS untuk memberitahukan hasil tes mantoux ilyasa. Dan sungguh kaget ketika kemudian prof S ini mencurigai ilyasa membawa gen thalassemia, suatu penyakit keturunan yang belum ada obatnya. Ga ngerti diagnosisnya dari mana, padahal waktu itu Hb ilyasa baik2 saja, dan dari keluarga kami berdua tidak ada riwayat anemia atau transfusi darah karena Hb rendah. Sejak itu tiap bulan ilyasa harus minum asam folat dn sangobion drop selain pyravit. Ga tega rasanya anak sekecil itu sudah harus minum macam2 obat dan vitamin. Aku malah sampai menangis di taksi dalam perjalanan pulang ke rumah. Yang ada dalam pikiranku, dosa apa aku sampai anakku dicurigai menderita thalassemia.

Bulan ke-10, BB ilyasa cuma sekitar 8 kg. Aku memutuskan resign dari kantor untuk mengurus dia dan memberi ASI lebih banyak ke dia. Sebenarnya ilyasa termasuk anak yang makannya banyak, tapi yang dikeluarkan (pupnya) juga banyak. Aku pikir mungkin karena penyerapan di ususnya belum terlalu sempurna. Waktu itu aku memang fokusku lebih banyak ke ASIku karena menurutku makanan ilyasa sudah cukup gizinya. MPASinya selalu aku bikin sendiri, pasti ada sayur hijau dan daging di dalamnya. Aku juga banyak makan yang bergizi agar ASIku berkualitas. Minum doping andalanku (air rebusan kacang hijau agar ASIku banyak). Aku pernah share tentang khasiat minum air rebusan kacang hijau di thread ini dan ini.

Alhamdulillah, 2 bulan setelah aku resign, BB anakku naik 2 kg, Jadi di umurnya yang setahun, BBnya 10 kg. Rasanya tak sia2 aku resign dari kantor.

Banyak hikmah yang kupetik, ternyata memang mengurus anak sendiri itu tidak mudah, tapi dari sini aku bisa banyak dapat ilmu jika kelak dipercaya lagi untuk mengasuh anak. Jangan juga terlalu banyak berharap pada BS, karena kita bisa membayar dia untuk mengasuh anak kita, tapi kita tidak bisa membayar dia untuk menyayangi anak kita. Kalau anak didiagnosis penyakit yang macam2, usahakan cari second atau kalau perlu third opinion, kasian kalau anak dibawah setahun sampai harus minum macam2 obat dan vitamin, padahal sebenarnya nggak perlu. Di kasus anakku, karena tes mantouxnya negatif, beberapa dokter yang kutemui setelahnya malah menyarankan untuk menghentikan minum pyravit. Untuk thalassemia, akhirnya karena penasaran dan ga tega kalau ilyasa harus kembali di ambil darahnya, di ulang tahun ilyasa yang pertama aku dan suami memutuskan untuk menjalani tes darah bagi pembawa gen thalassemia. Dan alhamdulillah kami dinyatakan tidak membawa gen ini.

Memang anak itu anugerah, amanah, tapi juga cobaan.

Maaf kalau jadi curhat terlalu panjang, tapi akhirnya lega juga bisa berbagi, mudah2an berguna bagi mamas yang lain

14

Topic: Penyebab Slow Growth

crey wrote:
Sidta,
Oia, olive oilnya yg virgin ya? Ada rekomen merek?
Kalo dicampur sama asip, boleh ga?


Bukan Sidta tapi mau ikutan jawab :)
Aku pernah pake ektra virgin olive oil yang merk Bertoli, buatan USA. Harganya sekitar 40 ribuan. Sebenarnya pernah juga beli merk X yang prod indonesia, tapi baunya kok rada apek jadi ga jadi ah.
Kalau aku kucampur di nasinya anakku.

15

Topic: Penyebab Slow Growth

Gue juga sedang mengalami masalah yang sama, karena BB dan TB Albert sangat kurang dibandingkan anak seusianya. Dalam 2 bulan ini gue harus bisa menaikkan BB dan TB Albert, menempuh cara2 seperti yang sudah disebutkan Sidta di atas... Tenggat waktu hampir habis, sudah hampir 2 bulan, dan sepertinya BB dan TB Albert tetap segitu2 saja.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

16

Topic: Penyebab Slow Growth

Crey, seperti yang dibilang Indri, harusnya olive oil dicampur di makanan, tapi klo gitu Asa-nya jadi g mw makan. ya udah di susu aja. browsing2 kan ada juga tuh minuman susu+minyak untuk anak BB rendah. namanya modisco. jadi aku pede aja aman. cm klo ASIP g tw ya gimana.
Asa pakenya Bertolli yang extra light. dia g mw yang extra virgin, bau sih ya ...

Indri waa sama banget deh. muntah juga ya dikasi sufor ...
Asa juga sempet keluar benjolan gt di leher, tapi ternyata abis batpil sembuh ngilang sendiri. sedih ya mesti tes macem2 ... alhamdulillah sekarang Ilyasa sehat aja ya ...

gabriella, albert aktif bgt mungkin ya ... ini Asa juga pelan-pelan kok, naiknya. aku jg gak mengharapkan yang langsung 1kg/bulan gt sih. magic bgt soalnya klo bs gitu ya ...
yang jelas sekarang gendong Asa tuh pegel. padahal dulu aku bisa jalan jauh gendong dia di depan dan gendong ransel di belakang tanpa ngos-ngosan.

soal BS, mungkin iya bener ini juga salah satu alasan kenapa BB Asa naiknya minim bgt. pas ASIX, Asa tuh minumnya dikit banget. sehari 500ml aja udah bagus bgt. klo ditelp mbaknya bilang ASIP-nya cukup, gak usah nurunin yg di freezer lagi bla2. aku g yakin jg beneran cukup apa dicukup2in.
trus pas dy udah makan, iya sih makannya banyak. tapi muntahnya juga banyak. pas adek iparku dateng, or bulikku lagi main siang2an gt, mereka akhirnya crita klo si mbak nyuapinnya buru2. jadi Asa keselek2.
sekarang pengasuhnya Asa udah ganti, lebih telaten ngasih makannya ...

doh panjang ya .. :D

less ego, more heart

17

Topic: Penyebab Slow Growth

crey
nambahin aja sih, keira jg beratnya dibawah normal kok. kl masalah suplemen zat besi gue juga sempet ngasih ke keira tp gak lama. mungkin tanya ama dokternya aja kapan bisa berenti suplemennya dan diganti dr makanan iron rich. krn menurut DSA aku anemia itu bikin anak jd susah makan, dan susah makan bisa bikin anemia (lingkaran setan bgt ya, hehe).

oya, pernah denger gatau dmn CMIIW suplemen zat besi harus diberikan agak hati2 krn rawan bikin keracunan. ada yg bisa kasih pencerahan gak ttg ini?

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

18

Topic: Penyebab Slow Growth

crey, nggak bisa ngasih tips selain yang udah disebut mamas di atas (perbanyak makanan yang mengandung zat besi). tapi cuman mau nyemangatin aja...=) semoga El selalu sehat ya, despite masalah berat badannya. yang penting nggak terlambat taunya dan bisa cepet" diatasi masalahnya...

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

19

Topic: Penyebab Slow Growth

crey, mira maksudnya gini, BB itu untuk bayi di bawah 1thn emang sebagai panduan, tapi bukan satu2nya dan bukan karena BB anak itu rendah lalu dia kenapa2, soalnya seringnya kan ibu2 gitu. anaknya kurus (bb rendah) trus dibilang ga sehat, kurang makan, kurang susu, dll. nah, tapi emang kalo ternyata secara constant terus dibawah percentile, tentunya mesti ditelusuri kenapa. selain ketauan unsur anemia seperti yang terjadi pada baby El, bisa juga kan karena misalnya digestive systemnya yang gak bagus, atau apalah yang emang jadinya mesti cek. tapi untungnya kalo ketauan di anak masih di bawah 1thn, belom tentu jadi patokan juga buat ntar2nya. karena ntar2 akan ada masanya si anak catch up.

mudah2an baby El begitu yaaa.. sabar ya mama crey.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

20

Topic: Penyebab Slow Growth

Sidta,
Iya wajar kali ya kalo anak BBLR tuh diduga macem2, soalnya kan kategorinya udah di bawah rata2.. Apalagi dengan teknologi skarang, well at least kita bisa investigate dan cari tahu apa penyebabnya kan biar ga gitu kuatir..
Setuju banget, naikin BB ga berusaha bikin anak jadi montok, lagian montok belum tentu juga anaknya sehat kan?
Soal olive oil, well noted, yg extra light ya? Segera akan nyari dan gugling juga yang Modisco ?

Otty,
Iya ty, 2 minggu ini udah dikasih menu2 itu dan saking pengen naikkin Bbnya alhasil menunya sama terus kikikkikik, untung Elnya mau2 aja ? baru pagi ini aja yang pagi gw bikinin havermout plus extra cheese hohoho… Mmh, bread pudding blum pernah nyoba, pake roti gandum kan ya? Trus ada rekomen butternya? Yg unsalted kan?

Indie,
Tfs ya, mom ? Iya menurut gw El sehat, hanya insting gw ada something yg nyebabin BBnya susah naik dan itu yg harus dicari tau… So far sih, kemarin disuruh tes urine dan darah, dan yag ketauan kekurangan zat besi itu, will see perkembangannya sampe akhir bulan, semoga sih bagus *optimis* dan menanti dsa-nya juga ngasih petunjuk apa perlu cek stomach flu, dsb…
Just curious, kalo dirimu mirip sama kondisi El skarang, pas udah gedean, emang tetep kurus ato gimana, ndie?

Indah setiawan,
Iya, ndah, mungkin karena El berat lahirnya rendah, jdnya lebih waspada aja sih walopun anaknya lincah dan aktif.. Kan mendingan mencegah daripada mengobati kan ya.. Soalnya parno juga sih, kan katanya ada masanya Bb anak susah naik ato malah stagnan krn anaknya aktif dll, nah kalo skrg aja BBnya kurang, pas nanti gimana?
Thanks ya, btw, pas lahir dulu anaknya berapa BBnya? Iya kalo kata dokter laktasi, bayi ASI emang cenderung “atletis” badannya hehehe, tp ada beberapa mama di TUM yg anak ASI tp gembil2 loh anaknya *siriks* hihihi...

Pinkmomma,
Ih sama, El juga 8 bulan ? tp BBnya beda 1 kg dari Va ? Tapi Va, normal lioncah dan aktif kan? Semoga gapapa ya, apalagi kan lahir cukup bulan dan BBnya normal...

Indriani Budi Utami,
Tfs ya, mom ? Glad to hear Ilyasa skarang udah bisa catch up.. Dirimu hebat apalagi sampai resign (salut!) dan fokus ngurus Ilyasa ? Soal resign ini masih bimbang sih walo udah kepikiran, will see perkembangannya dulu deh...
Duh, kasian ya Ilyasa waktu kecil udah tes macem2... tapi syukur ngga ada yang positif dan Ilyasa tumbuh sehat ? Mmh, setuju kalo dsa punya hipotesa dan diagnosa, yang penting kita juga cari info sebanyak mungkin.. Pas kemarin disuruh tes urine dan tes darah ya menurutku itu wajar juga karena pengen tau kan what’s wrong dengan El, curiganya ISK atau anemia, dan terbukti kekurangan zat besi itu.. Sedih juga ya denger kalo ada dokter yg curiga penyakit tanpa memberikan penjelasan jelas diagnosanya apa, itu justru bisa bikin orang tua bisa stress dan drop.. So far sih aku belum nyari second opinion, karna percaya banget ama dsa El apalagi dia RUM dan pro ASI, makanya mau dilihat dulu pemberian makanan El sampai akhir bulan ini gimana, kalo emang masih di bawah persentil 10 itu, pilihan terakhirnya ngasih sufor atau konsul ke ahli gizi. Dan ga dikasih obat macem2, hanya vitamin penambah zat besi, namanya Ferriz.
Iya setuju, mengasuh anak sendiri tidak mudah tapi nikmat ya kalo liat anaknya senyum dengan full eye-contact ke kita *meleleh seketika dan langsung ilang cape, stress dan pikiran negatif lainnya* :D Soal makanan, aku siapin sendiri juga jadi biar orang rumah tinggal ngangetin doang.. Tapi kalo diperhatiin semenjak mulai makan berat 3x sehari ini, El minum ASIPnya jadi lebih dikit, 400-500 ml.. Apa karna udah kekenyangan kali ya?
Soal virgin oil, well noted, Bertolli ya ? Thanks ya, ndri ?

Gabriella,
Albert berapa skarang BB dan TB-nya, la? Tapi ga ada indikasi apa2 kan? Apa karena Albert aktif banget ya dan dia ga nolak makanannya kan? Smangat ya, mama ella ? Kalo diliat2 beberapa kali ketemu pas kopdar Albert kan anak yg sehat dan aktif ?

Charissarhanie,
Oya, rhan? Waktu lahir brp BBnya dan skrg maksudnya masih dibwah rata2 (semoga ngga ya..)? Skarang El masih dikasih suplemen zat besi itu dan thank God sih anaknya ga susah makan ya... Share dong, rhan, keira dikasih apa aja... Tengkyuuu ?
Wah, ada yg tau soal info suplemen zat besi yg rawan keracunan? Mo gugling dan nanti nanya dsa ah..

Superpippo,
Aww, tengkyuu , tid *hugs* Iya, yg penting ga terlambat taunya... Semoga akhir bulan bisa naik ke kurva persentil 10 ?

Reborn since El was born
@inicrey

21

Topic: Penyebab Slow Growth

Crey : i feel u...
Megumi jg semenjak aku masuk kerja cuma naik 500g tyap bulan, padahal wkt masih cuti naiknya 900-800g tyap bulan. Mana pupnya mpe kmaren masih 4-5x/hari (sempet di kasih obat puyer ma dokter, pup jd 2x/hr, eh obat abis balik lg ke 4-5x/hari), n sempet sebulan ijo pupnya (hr ini udh kuning, smoga back to normal). Cek d growth chart yg d who cuma masuk persentil 15 saja. Maaf jd curcol

G bisa kasih masukan apa2x, cuma mw nyemangatin aja. Smoga kondisi El cepet baik, normal n sehat terus y. Smoga bisa terus kasih ASI y
Ganbatte :)

22

Topic: Penyebab Slow Growth

iya Va' udah 3-4 bulan ini naik cuma sekitar 100-200gram,waktu itu dsa nya sampai pernah nyuruh timbang ulang :(
Mudah-mudahan si gpp,tapi ga mau jg kalau bulan depan ke dsa lagi trus cuma naik segiti2 lagi akhirnya di advice macem2 :( (kadang ga diturutin advice dokter kita jg takut kesalahan kan)

Oya masalah pup,hemmm Va' modelan anak yg pup 1x sehari,tapi akhir2 ini memang pup nya jadi 2-4x sehari... Terakhir kemarin pup nya malah warnanya aneh (entah karena aku nyuci clodi nya udah malem jadi ngantuk atau gimana,tapi kok warnanya seakan2 biru-keabuabuan gitu? -bukan ijo tapi biru,mudah-mudahan ini aku salah liat karena ngantuk) kalau tadi pagi jadi ijo,tp bukan ijo seger.
Mudah-mudahan si ga kenapa2.Aku sempet kepikiran apa karena siang aku kasih mangga,terus perutnya engga cocok,tapi mangga kan kuning bukan biru ya..

Yahhh untuk sementara hanya berdoa semoga Va',El.dan lainnya tetep sehat ya...(juga bb nya cepet naik-aku jg kepikiran bukan biar anaknya keliatan gemuk n lucu)

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

23

Topic: Penyebab Slow Growth

crey el BB lahirnya sama kaya cacha, 2,4kg (beda tipis banget ya, hehe), lahir cukup bulan, tapi dsog dan dsa ga tau juga sebabnya kenapa, dicurigai karena akunya kecapekan. mulai agak seret nambah BBnya pas mo deket ke 6bln. waktu itu mikirnya nanti kalo udah makan bisa nambah lebih bagus lah, eh, tapi ternyata cacha bukan yang doyan makan banget :(, jdlah di umur 1tahun BBnya cuma 7,2kg. sebelum setahun sempat ditest ISK dan test darah, hasilnya normal, jadi dsanya bilang ini karena intake kalorinya kurang. nah, ga terlalu doyan makan tadi terjadi sampe cacha usia 2tahun, ga GTM aja udah bersyukur banget, hehe. jadi kalo El semangat makannya itu udah bagus banget, berarti pasti bisa ngejar BB lebih gampang (dibanding kalo GTM-an kayak cacha :P). lepas 2 tahun alhamdulillah cacha dah jarang/hampir ga pernah GTM, nah, barulah efek2 nambah makanan mulai kelihatan, waluapun dikit2 ya, ga drastis. tetep semangat yaaa, udah berhasil naikin BBnya kan :).
eiya, karena otameal disebut2, aku pernah denger, untuk baby/todller yang sedang berusaha dinaikin BBnya, jangan sering2 dikasih oatmeal, karena seratnya tinggi, bikin anak ngerasa kenyang lebih lama, CMIIW ya, aku cari2 linknya blum nemu

bunda cacha dan hafidz

24

Topic: Penyebab Slow Growth

ade, iya sih katanya oatmeal bikin kenyang lebih lama. tapi yang terjadi di Asa, justru klo abis makan oatmeal dia pupupnya jadi lancar. abis pup trus laper dan minta makan. klo sampe 2 hari gak pup, makan oatmeal .. abis bobo siang gt trus langsung pupup. bagus banget pula tekstur pupupnya, kuning lembek g ada ampas ...
pernah aku lama gak kasih dia oatmeal. sampe 2 mingguan gak salah. Asa-nya malah jadi GTM ...
tapi emang sih aku kasihnya gak tiap hari. jeda 2 hari biasanya ....

less ego, more heart

25

Topic: Penyebab Slow Growth

Sidta wah, berarti ga berlaku ke semua ya. kalo ga bikin anaknya males makan, malah tambah semangat ya no problem :)

bunda cacha dan hafidz