1

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

Naila pinter banget... :)
padahal tanpa tuntutan ayah n bunda nya ya...

kemarin aku daftarin Kido ( 2thn 8bulan) sekolah.
di sana dijelasin, anak diajarkan dengan kasih sayang.
Dalam waktu 72 minggu(kira2 6 bulan, sejak umur 3 thn) anak bisa baca kata2 sederhana seperti mama,papa,dsb.
agak kaget juga... tp aku penasaran dengan metode yang dia ajarkan...

kebetulan ada try out nya..
di hari pertama aku ikutan masuk kelas, karena Kido masih tarik2 ibunya ikutan masuk kelas.. (meskipun setelah ketemu bu gurunya, ibunya dicuekin..hehehehe..)
pas masuk, ibu guru ajak salam kemudian 'tos' tangan..
sambil masuk kelas, guru2 ajak anak berdoa...
kemudian, masing2 anak disodorin kertas gambar polos, anak2 diminta mewarnai..
Kido yang masi adaptasi, diem aja...
bu guru memancing buat mewarnai, lama2 kido ikutan ambil pensil warnanya ikut mewarnai..
sambil mewarnai, bu guru ajak ngobrol... namanya siapa, bajunya gambar apa, blablabla..
karena anakku orangnya suka tanya ini itu, dia tanya ma bu guru, 'bu itu apa..'(yang ditunjuk angka yang ditempel di tembok, pdhl Kido udah bisa baca angka sendiri)
bu gurunya bilang, 'itu angka satu, kido... ada lagunya loh...' trus bu gurunya nyanyi, 'satu seperti lidi... dua seperti bebek.. dst'
demikian jg anak lain..
sambil mewarnai, diajak ngobrol, nyanyi...
perlahan, aku keluar kelas, karna kido dah asik bgt ma aktifitas di sana..

setelah sekolah nya selesai, kita pulang.
di rumah aku liat tasnya..
ada kertas gambar yang tadi di warnai oleh kido..
rapih.. keliatan kalau mayoritas bu gurunya yang mewarnai.. hehehehe..
di balik kertas itu ada gambar tangan, kayanya itu tangan kido..
trus ada gambar kuku di masing2 jarinya, di masing2 kukunya ada hurufnya 'A'

sepertinya dia mengenalkan huruf dengan cara seperti itu...

setelah 3 kali ikutan try out yg gratis itu, ternyata Kido tertarik sekali...
sampe2 diajak pulang ga mau..
esok harinya minta sekolah lagi... padahal kan sekolahnya ga tiap hari...

menurut moms di sini, sekolah seperti itu gimana ya...
mengajarkan anak membaca dengan cara seperti itu..

2

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

mama kido, iya alhamdulillah aku ga "terjebak" menuntut Naila untuk cepet bisa baca. memang kita mensupport dan membimbing sih, tapi sebatas kemauan dia. misalnya pas dia udah bisa baca kombinasi konsonan dan vokal (N-A), kita kenalin dgn kosonan-vokal-konsonan (N-A-N). ternyata dia suka diem2 utak atik huruf2 yg dia temuin di buku misalnya.. kalo ada yg dia ga tau, ntar nanya lagi... gituuu terus sampe tiba2 dia cukup lancar baca tanpa kita nyadar :).

tentang sekolahnya Kido, menurut aku sih selama anaknya emang seneng, tertarik, dan cara memperkenalkannya juga dengan bermain sih gapapa. tapi kayaknya lebih baik ga tiap hari sih... dulu Naila pas seumur itu, ikutan playgroup cuma 3 kali seminggu @ 2 jam. kalo pas dia ga mau sekolah ya gapapa, kita OK2 aja..

waktu Naila TK B, kadang suka dikasih PR meniru/menyalin huruf. tapi tetep ga diwajibkan. jadi kalo ga dikerjain ya gapapa. tapi kalo si anak udah nyelesein PRnya, dikasih PR baru. ngerjainnya kapan2 juga gapapa :D.

Naila walaupun udah bisa baca, waktu itu bikin PRnya ogah2an banget. kadang seminggu cuma ngerjain sekali. sementara ada temennya yang semangat banget, tiap hari ngerjain :D. kita sih gapapa, ga maksa dia ngerjain, krn emang belum waktunya juga dia mau/sanggup ngerjain PR secara teratur.

semoga Kido tetep have fun ya di sekolah..

my daughter is not a code, but raising her is an infinite loop of learning

3

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

wohhoo baru tau nih, thanks so much urban papa

kyknya gw salah satu korban yg memaksakan anak untuk bisa calistung diusia dini, bener2 lingkungan sangat mempengaruhi ya,terus terang gak nyaman banget sm obrolan ortu yg bilang anaknya udah bisa ini itu, jd merasa ktinggalan banget, sepertinya memang memaksakan kehendak ke anak cm untuk membayar dosa ortunya :(

ditambah lagi memang pas masuk sd-nya pake tes begituan ya mau gak mau deh di prepare dari pas mereka di playgroup dan TK, alhamdulillah calistungnya udah lancar tp kemampuan motorik halusnya ..hadeeeuuh, bahkan sempet di tes di kampusku klo kemampuan gambar si mas setara dengan anak umur 4th, pdhal pd saat itu udh 6th. alih2 pd menghibur "gpp mgk gedenya bisa spt picasso" errr picasso or pikachu ;p

ehb kemaren soal ips-nya ada 15 lembar! takjub luar biasa. wajar aja pas kelar anak gw keringetan, duuh dia yg ujian gw yg berasa naek jetcoster

bagaimanapun gatot kaca lebih ok dibanding superman! dengan kemampuan yg sama, kostumnya lebih berpayet dan memakai make up

4

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

Ikut sharing yaaa.. (mudah2an gak OOT, kalo udah ngomong suka jadi kemana2 soalnya.. hehe..) Kalo OOT mohon dirujukkan ke thread yang sesuai yaaa.. :)

Aira (sekarang 9th) gak pernah aku ajarin baca di rumah. Di TK-nya memang pada akhir semester 2 ada persiapan membaca, ini juga lebih karena tuntutan dari kebanyakan tes masuk SD, tapi cara belajar di TK juga dipaksa, sesuai dengan pace masing-masing anak. Banyak ibu-ibu yang kemudian juga masukin anak-nya ke tmpt les membaca. (les kok baca?? :p) gue gak ngerasa hal ini perlu, ditambah setelah itu gue kuliah early childhood education, dan dalam perkembangan anak dijelaskan kalau tiap anak punya yang namanya 'masa peka', yaitu masa dimana dia dari dirinya sendiri sudah menunjukkan tanda-tanda siap untuk melakukan sesuatu. memang bukan berarti ortu harus duduk anteng2 nunggu si masa peka ini muncul sendiri, stimulasi tetep perlu. Begitu juga dengan membaca dan calistung.

Nah yang jadi masalah kan kurikulum TK dan SD di Indonesia yang gak singkron ini, banyak dosen PAUD dan pembicara kl gue ikut workshop ttg PAUD yang mengeluhkan hal ini. Akhirnya, untuk sementara ini mungkin jalan tengahnya adalah 'cara'-nya. Kebanyakan SD menuntut anak-anak sdh bisa membaca (calistung rasanya gak begitu dituntut ya? hanya membilang saja), akhirnya TK yg tersudut dan perlu mengajarkan anak membaca. Jadi mungkin yg bisa diperhatikan, adalah bagaimana cara-nya anak diajar membaca. Paksaan dan drill jelas gak sesuai.

Sekarang ini, Alhamdulillah Aira suka sekali buku, termasuk rapid reader. Dia bisa baca Harry Potter & the Goblet of Fire (english) dalam 3 hari. Padahal dulu termasuk yang paling akhir bisa baca di kelas. Mungkin karena waktu belajar baca dia enjoy & gak kepaksa. Karena gue liat anak-anak yg 'dipaksa' les baca, justru gak seneng baca sekarang.

:)

5

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

urban papa thanks banget dah dibuka threadnya..pas banget sama kondisi sekarang..

anak gue 5th 5bln sekarang sdh di tk b, seandainya dia lulus nanti akan 5th 11 bln di bulan juli..sudah cari tau ke bbrp orang tua murid soal penerimaan siswa sd, bahwa sd rsbi di area kami itu usia minimalnya 6th 2 bln, dan sd yang lain minimal 6th..kurang sehari aja katanya gak masuk seleksi, apalagi kurang 2 minggu seperti anak gue. mau gak mau pilihannya adalah sd swasta. ada beberapa sekolah yg menerima murid dengan usia minimum 5th 8 bln, dan disertai dengan tes iq 6 bulan terakhir.

nah sd swasta ini umumnya lumayan tinggi lah kurikulumnya, sehingga banyak orang tua murid yg berlomba2 masukin anaknya les calistung..dan gue termasuk yg ikut2an kena jebakan batman ini..hehehe...sebenarnya sih metodenya menyenangkan ya, dalam waktu kurleb 3 bulan anak gue perkembangan membacanya cukup pesat..cuman akhirnya berhenti akhir desember kemarin. mgkn anaknya kecapean, karena biasanya hbs pulang sekolah terus gw boyong ke tempat les itu..lagian mgkn memang blm masa peka-nya juga, jadi kadang mau kadang ngambek..dan gw jg gak mau terjebak maksa2 dia harus belajar, ngerjain pr dr tempat les dsb...jadi waktu anaknya bilang gak mau les lagi, ya sutra lah..

balik ke penerimaan sd, setelah diskusi dengan suami, sepertinya sih kami pada akhirnya akan menunda masuk sd-nya setahun lagi dengan pertimbangan demi kematangan emosi, jadi masa pekanya sudah bisa terbentuk sendiri, bisa ada keinginan belajar dari anak gue tanpa paksaaan dan lebih siap berkompetisi di sekolah nantinya..
mudah2an pas waktunya dia masuk sd bisa dapet sd negeri yg bagus, lumayan ngirit kan jadinya..hehehe...

6

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

Wah bagus banget tuh! gw termasuk yg gk mau memaksakan anak bisa calistung terlalu dini...kalo anaknya tertarik ya ayuk (itupun dlm bentuk main2 dan perkenalan)..tp klo blm menunjukan keterarikan ya nanti2 aja pas SD.

Kebetulan Reyu sekarang (20bln) sudah "sekolah" , sekolahnya itu ada sampai TK, dan gw berencana tetap akan terus sekolahin dia sampai TK disitu, salah satu pertimbangannya adalah krn sekolah itu gak mengajarkan CALISTUNG... semua kegiatan dgn angka dan huruf hanya sekedar main2 dan perkenalan, kalo kemudian si anak bisa baca sebelum sd ya berarti krn anak itu memang lebih 'advance' aja..tp sama sekali gak dipaksakan. Begitu jg dlm memilih SD, sampe skrg yg gw tau ada beberapa SD d Jak-sel dan Selatan Jakarta yg tdk menerapkan tes masuk utk murid2nya..paling cuma wawancara dgn ortu...nah sekolah2 itu yg akan gw tuju bwt Reyu nantinya.

Dulu jaman gw masuk SD (jgn tanya kapan :p )...gw jg blm bisa baca, dan walaupun sebagian temen2 gw udah bs baca, menurut nyokap cuma dlm 2 mgg gw udah bisa mengejar kemampuan mereka2 yg udah bisa baca. Gw dulu sekolah di Perguruan Cikini, jakpus..jaman itu setau gw jg gk ada tes calistung (makanya gw bs msk hehehe)..tp gak tau yah sekarang.

Seneng bgt nih kalo emang udah jelas2 ada penyataan larangan tes masuk SD :)

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

7

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

muttimitha...salut loh punya keputusan untuk menunda masuk SD, biar siap secara mental dan emosional. Karena yang selama ini kelihatan justru sebaliknya. Di sekitar gue kok kayaknya jadi kebanggaan tersendiri bisa masuk SD padahal umurnya belum 6 tahun. Kasian lah umur 5 tahun belum waktunya belajar, mereka masih ingin main.Lama-lama anak umur 5 tahun itu akan terbebani dengan kewajiban bersekolah yang pada akhirnya bukan menimbulkan prestasi.

Jika anak-anak sudah masuk SD sebelum umur 6 tahun mungkn awal-awal masuk tidak akan kelihatan kekurangannya. Karena tahun pertama sampai ketiga baru diajarkan hal-hal yang abstrak seperti calistung dan itu tidak akan menimbulkan kesulitan. Tetapi ketika tahun keempat mulai diajakan hal yang bersifat abstrak seperti menghitung luas, volum, FPB (faktor persekutuan besar) jika IPA sudah masuk ke sistem tubuh manusia. Hal abstrak tersebut dicapai pada usia 10 tahun, dan tidak bisa dipaksakan karena memang itu perkembangan otaknya.

My World is My Family

8

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

izoel...aaahhh. jadi gr...hehehe...pengambilan keputusan ini juga butuh waktu lama dan pertimbangan sana sini..

begitu anak gw naik tk b gw udah mulai heboh soal penerimaan siswa sd ini, karena gw merasa pelajaran di tk yg lebih cenderung bermain trus pas di sd ternyata lebih bertarget, kok kayaknya gak selaras ya..belum lagi persyaratan usia masuk, trus tes masuk yang mengharuskan anak sudah bisa calistung. sempet kaget waktu sedang kumpul dg para ibu2 tk yang membawa soal ulangan anaknya yg kelas 1..soalnya 1 lembar bolak balik aja, dan lebih banyak tulisan dari pada gambar! akhirnya panik dan ikut2an memasukkan anak ke les baca tulis..tapi ke sininya karena anaknya gak mau, akhirnya berhenti.

nah pertimbangan untuk menundanya itu juga berkat masukan dari orang2 lain yg berpengalaman memasukkan anak mereka meski usianya belum matang. kelas 1 & 2 belum keliatan ada masalah, tapi begitu kelas 3 & 4 menurut mereka terasa banget. malah ada yg anaknya sempet strike, dan si ibu saking stressnya sampe sering pingsan dlm menghadapi anaknya..
gw juga diskusi sm nyokap yg notabene adalah guru kelas 1. menurut beliau bisa saja dicoba masuk kelas 1, tapi akan lebih baik lagi kalau anaknya masuk di usia matang..gw sendiri melihat anak gw masih belum begitu mengerti konsep2 matematika, terutama pengurangan..plus pelajaran sd sekarang kok kayaknya canggih2 bener ya, beda sama zaman kita yg kayaknya santai2 aja..daripada nanti anak gw keteteran dan malah jadi gak enjoy sekolah, jadi ya tunda aja deh..

untuk masuk sd ini gw gak mau ikut2an ah sama ibu2 lain yang kepedean masukin anaknya walau umurnya pas lulus nanti baru 5th 8 bln, karena gw merasa itu tak lebih dari gengsi orang tua semata..kasian lho anaknya, udah dijejali dengan les matematika, les bahasa inggris dan les membaca tulis..pas anaknya bilang bosen, ibunya cuma bilang karena temen sekolah di tempat lesnya kurang...*tepok jidat*

ini sih hanya pendapat gw, tiap orang tua punya kebijakannya sendiri terhadap pendidikan anak mereka, dan tiap anak pun memiliki kemampuan yang berbeda meski di usia yang sama..

oopsss..kok jadi panjang..hehehe...

9

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

Mbak Izoel.... aku takut diriku begitu huhuhu. Mamak-mamak penuh ketakutan karena di sekeliling ku banyak yang bilang anaknya bisa baca-tulis umur muda, dan meski aku sudah tauuu banget tiap anak punya 'masa peka' sendiri, kok aku masih deg-degan yaaaa...apalagi denger anak si ini udah bisa baca, gw deg-degan, ini sambil terus nyari-nyari info sekolah yang nggak mengharuskan anaknya bisa baca tulis pas masuk SD. Soalnya ngaruh ke pemilihan TK-nya kan ya...

10

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

Sondang,
I feel u! Hahaha..
Gw tinggal di lingkungan yg anak2nya pd udah pinter2 di usia muda, dan ibu2 yg ngajak2in gw untuk nyekolahin anak2 biar pinter baca dsb.
Tp gw dan suami udah sepakat u/ menunda sampe umurnya pas. Sampe enzo umur 3-4thn kyknya main2 sambil belajar aja, ikut2 gw gaul dan ketawa ketiwi hihihi..
Gw dan suami dulu sblm masuk sekolah udah bisa baca, malah gw dulu bacaannya majalah kartini dong, bacaan ibu gw. Tapi yang lembaran utl anaknya itu, yg lembaran komik n mewarnai. Perkalian jg udah hafal di luar kepala, dan dites segala sama bokap gw. Gw jg diikutin les ini itu, Dan itu malesin banget, pengennya bolos aja dan beli es krim. Hihihi..

Gw sih pengennya anak2nya yg punya rasa 'suka', jd bukan krn disuruh2. Tp ya sebenernya untuk belajar disiplin bagus juga sih acara les2an ini, cuma kayaknya sekali2 aja, gak tiap hari. Bikin anak bete (ehehe..gw wkt dulu bete, maksutnya)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

11

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

wah iya, salut bgt sama mitha, mba izoel & eka yg ga terpancing oleh lingkungan yg "menuntut" anak kita udah bisa ini itu dalam usia muda.

setuju banget bhw kematangan emosi anak jg penting untuk memasukkan anak ke sekolah. contohnya nih, waktu Naila masih TK B, dia males bgt ngerjain PR. ya emang ga dituntut hrs ngerjain, sesuka anak aja. tapi keliatan bahwa dia ga suka :D. sementara pas SD, di mana umurnya udah 6 tahun lebih dikit, bikin PR ga ada masalah. buat gw ini salah satu ciri bahwa dia udah siap sekolah, yaitu siap belajar teratur beberapa jam di sekolah dan sekitar 1 jam di rumah.

kadang gw suka kelewat sinis juga sih sama ortu2 yg pengen anaknya cepet masuk SD. sorry ya kalo ada yg kesinggung. gw sering mempertanyakan, apa sih tujuannya maksain anak cepet2 masuk SD? pengen membuktikan anaknya pinter? atau semata2 biar cepet lulus kuliah dan cepet kerja, sehingga cepet 'ga nyusahin' ortunya kah? :)

sondang, masukin ke Taruna Bakti aja, hihihihi...

my daughter is not a code, but raising her is an infinite loop of learning

12

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

hahaha, itu termasuk di dalam jalur-jalur yang akan kusambangin hihi...(menyesuaikan sama arah rumah).
ada stand Magnum-nya lagi yeh hihi
Tapi apa di Tarbak masuk SD gak wajib baca, Yan?
Tarbak bukannya ketat juga ya, terkenal prestasi pendidikannya kan ya?

13

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

sondang, eka, muttimitha....aku juga sempat dalam pusaran yang kayaknya bangga kalo anak belum masuk TK tapi udah bisa baca tulis, dan udah mau masuk SD. Panik itu pasti. Jadi waktu itu Ammar (anak pertama sekarang 7 tahun kelas 1 SD) masuk PG, nah ketika mau masuk TK A di sekolah yg sama kemampuannya jauuuh ketinggalan sama yang lain. Gurunya menganjurkan untuk tetap di PG. Duh perasaanku campur aduk dong, serasa nggak naek kelas aja (padahal masih PG). Naah dari hal tersebut aku banyak tanya sama temen yg psikolog, pendidik di sekolah lain, temen kantor yang punya pengalam yang sama, blog walking. Dan kesimpulannya...hei anak yang sekolah, bukan ortunya. Ini adalah mistake I've made ...eh yg ini salah tred ya...

Setelah mengambil keputusan untuk tetap mengulang PG di sekolah yang sama, ternyata aku banyaak menemui pengalaman yang kurang baik di sekelilingku untuk memaksakan kemampuan anak yang seharusnya belum dia kuasai di umurnya. Thank god...aku mengambil keputusan yg tepat buat anakku.

Anak temenku berumur kurang dari 6 tahun ketika masuk SD. Tiga tahun pertama di SD berjalan lancaar, sampai tahun keempat baru dia mengalami kesulitan dan berontak. Ya, karena perkembangan otak umur segitu nggak bisa dipaksa untuk menerima pelajaran kelas empat. Memang harus sesuai umur. Akhirnya setelah konsultasi sana-sini akhirnya temenku itu memindahkan anaknya ke sekolah lain dan di turunin ke kelas yang lebih rendah (kelas 3). Sampai sekarang dia kelas 2 SMP alhamdulillah berjalan baik dan malah berprestasi.

My World is My Family

14

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

harus banyak belajar nih. Thanks Muthimitha, sarikuns, sondang dan eka untuk opinionnya

geekymom, seneng deh si kecil ada kemauan sendiri untuk belajar..eh btw beda gak sih rasa tanggung anak cewek sm cowok, kbetulan di rumah dua2nya cowok dan kelakuannya luarr biasa bikin emaknya jantungan

eka, hahaha kek gw nii puyeng dikelilingin emak2 yg show off kemampuan anaknya hadeeh..

puan dinar, cant agree more, paksaan ke anak memang gak pas in anyway. gw sendiri sebenarnya pro scaffold method cuma suka kurang sabaran aja nunggu anak ngejawab soal yg gw berikan :P

bagaimanapun gatot kaca lebih ok dibanding superman! dengan kemampuan yg sama, kostumnya lebih berpayet dan memakai make up

15

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

izoel..tfs yaaa..makin memantapkan hati buat pending anak gw..

emang ada benernya, karena anak yg belum cukup umur meski dianggap mampu/unggul melalui tes iq dan masuk sekolah unggulan, dia hanya akan jadi anak yang berkemampuan rata2..malah sayang kalo gak bisa berprestasi..lagian gw pikir juga kemampuan mereka untuk bersosialisasi dan menyelesaikan masalah dengan teman sebayanya pasti berkembang sesuai umur kan..jadi insya Allah kalo masuknya di usia matang, dia bisa jadi anak yang kompetitif, fair, dan bisa membela dirinya sendiri..korban bullying kan umumnya kalo gak berbadan kecil, atau umurnya kecil..

btw, aku masih belum tau dengan keputusan pending ini, apakah anakku akan mengulang lagi tk b-nya atau tidak mengulang, tapi ikut les2 di luar? ada yang menyarankan les mata pelajaran buat persiapan sd dengan frekuensi seminggu 2x..tapi di lain sisi aku juga ingin mengikutkan dia les tari tradisional/musik/vokal tergantung nanti anaknya lebih mau yang mana..hehehe...ngerepotin anak gak sih kalo gitu? any suggestion mamas?

16

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

muttimitha, batesan umur tuh dipatoknya per tanggal berapa sih biasanya?

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

17

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

ella batesan umur dipatok pada hari pertama tahun ajaran yang bersangkutan. Tiap tahun ajaran biasanya akan berbeda tanggalnya, tp pada umumnya di minggu ke 2 bulan Juli. Contohnya untuk tahun ajaran 2011/2012 usia minimum dipatok per tanggal 11 Juli 2011..cmiiw yaa..

18

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

gabriella...kalo yang tahun 2010 per tanggal 12 Juli 2010. Sistem online daftarnya. Jadi kalaupun umurnya kurang dari satu hari tetap ditolak, dan semua orang bisa akses.

My World is My Family

19

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

Thanks mitha... sudah terbayang nantinya gue akan mengalami dilema ini... karena anak gue lahir tanggal 21 Juli...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

20

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

ella yoi banget la..anak gw yg ke dua, oktober malah..jadi sepertinya kalo mau hamiil lagi kudu itung2an usia tahun ajaran sekolah..biar pas :)

21

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

muttimitha...IMHO tetap mengulang TK B aja kalo memang umurnya belum cukup tapi di sekolah yang lebih susah misalnya TKIT atau TK yang terkenal disiplin. Jadi anaknya tidak bosan dan tetap percaya diri. Nggak bosenlah karena adanya pergantian pelajaran. Yang penting komunikasilah, saya yakin anak bisa diajak komunikasi, dan mudah menyerap, asalkan kita sabar dan selalu mendampingi bila dia kebingungan.

My World is My Family

22

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

izoel thanks buat masukannya. gw pernah diskusi sih sama nyokap soal ini..beliau jg menyarankan untuk pindah sekolah, tapi bukan cari yang lebih disiplin atau lebih susah, lebih ke masalah percaya diri anak. somehow dia mungkin akan malu kalau jadi seangkatan dengan adik kelasnya yang tk a..(kalo masih PG sperti anakmu kan mungkin masih blm begitu ngeh yaa..) tapi emang sekolahnya yang sekarang tidak terlalu disiplin. soal masuk sekolah misalnya, anaknya mau telat datengnya juga gapapa..makanya perjuangan banget deh bangunin anak gw pagi2..*loh..jd curhat*

anak gw sendiri sih bilang gini, "kakak gak mau sd dulu ya, kakak maunya les aja dulu.." tapi ya nanti dilihat lagi kelebihan dan kekurangan dari tiap pilihan, jadi bisa memilihkan yang sesuai dengan kondisi anaknya..

23

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

sondang, temennya Naila sih ada yang blom bisa baca pas masuk SD kelas 1 kemaren itu. kalo ulangan, soal2nya dibacain guru :D.

cytazz, nah iya mungkin emang beda ya anak cewe ama cowo... lagian Naila juga baru mulai kooperatif sejak mulai sekolah (TK). mungkin emang belum masanya aja kali?

my daughter is not a code, but raising her is an infinite loop of learning

24

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

Urban Papa, makasih infonya, jadi makin meyakinkan kalo memang calistung itu bukan tes standar untuk masuk SD.

Secara aku sendiri cari sekolah TK yang memang gak ada PR dan calistungnya, hehehe

Sekarang siy Devan (3.3thn) masih PG, so far di sekolahnya belum diajarkan calistung, cm aku mesti tetap ngawasin karena TK A dan B nya masih belum tau neh :)

Aku sendiri tertarik dengan sekolah yang menerapkan kurikulum dengan metode Multiple Intellegence (MI) seperti yang pernah dijabarkan oleh Pak Munif Chatib dalam bukunya yang berjudul "Sekolah Manusia", tetapi memang saat ini di JKT sendiri dan khususnya daerah dekat rumahku belum ada sekolah yang menerapkan metode itu, ada satu sekolah di area cibubur yang konon menerapkan metode itu, tetapi aku masih belum survey lebih jauh untuk detailnya :)

Anyhooo, susah juga kadang untuk bersikap cuek, karena lingkungan sekitar banyak yang anak2nya masih muda tetapi sudah cas cis cus bilingual, plus sudah bisa baca, hehehe...semoga bisa tahan iman and pendirian neh untuk tetap berprinsip seperti skr, hehehe

Happy Mama wif a handsome boy ever ;p

25

Topic: Pendidikan di Taman Kanak-kanak, Calistung, dan Penerimaan Siswa SD

wah, info bagus ni urban papa
aku aja baru tahu kalo ada surat edaran *pengakuan dosa*
sharing dikit dan supaya lebih jelas aja nih ya mamas...
pengalaman aku ngajar kls I dan III (sekolah swasta) yang dipake kurikulum nasional adalah tematik, maksudnya anak-anak memang di ajarkan materi yang seperti disebutkan PKn (nama barunya PPKN), IPS, Bindo, Math, Science, dll
namun, idealnya, pihak sekolah dan para pendidiknya menerapkan yg namanya tematik itu dalam keseharian pembelajaran
maksudnya, anak-anak sangat tidak dipaksakan belajar dengan pola jaman kita sekolah dulu (duduk diam, buka buku, catat penjelasan di papan tulis dll)
kurang lebih ni ya, tematik itu menyelaraskan antara seluruh bidang pembelajran tadi menjadi satu kesatuan sehingga anak bisa belajar beberapa mata pelajaran dalam satu waktu. diselaraskan dengan tema yang biasanya sih per 3-4 minggu ganti tema.
contohnya ni, lagi tema 'diri sendiri' (umumnya awal masuk tema ini yang dipakai)
sang guru harus meracik skenario pembelajaran dengan menggabungkan materi2 yang berhubungan dengan diri sendiri, yaitu
Science: mengenal diri sendiri melalui bagian tubuh
English: vocab for part of body
Math: Counting 1-10 using fingers
Agama: God creates our body
Art: coloring picture of little girl or boy, dll.
jadilah dalam sehari misalnya awalnya nyanyi2 'head, shoulder, knees and toes' trus sambil ngenalin anggota tubuh sambil ngitung dan jelasin ciptaan sapa tubuh kita, dan seterusnya...
Trus, ada satu lagi ni mamas, klo d kurikulum SD itu ada yang namanya PAIKEM GEMBROT (Pembelajaran Aktif Inofativ KrEatif Menyenangkan GeMbira dan BeRbobOT)
Jadiiii.... biar gak OOT, saya jelasin demikian hanya memperjelas bahwa emang tidak boleh ada pemaksaan ke anak, sehingga kurikulum di SD pun sebenarnya sudah di atur supaya anak yg dr TK mampu beradaptasi,
dan supaya tidak ada kekhawatiran bahwa kurikulum SD jaman sekarang nyeremin gitu hehehe :D
sekarang kembali pada kita selaku orang tua supaya jeli memilih sekolah yang benar2 mendekati idealnya pembelajaran yang disarankan diknas dan nyaman untuk siswa
aku suka sedih karna di sekolah tempat aku ngajar juga blm bisa ideal terutama ttg penerimaan siswa tanpa tes
tapi setuju, karna sudah mengalami dan melihat langsung untuk anak yang usianya belum seharusnya SD, dia belum siap secara psikis belajar seperti layaknya teman yang usianya di atas, walau gak kejadian di semua anak ya.
maaf kepanjangan dan jadi kayak lagi kuliah gini penjelasannya hehehe...

I am a wife, a mother and a teacher...
Teach and learn how to love and care each other...