1

Topic: Cacingan

Heyhoo..

Uda coba search kayanya belum dibahas yah.. Mamas/Papas, perlu ga sih minum obat cacing secara rutin untuk mencegah cacingan? Soalnya baca di http://www.mayoclinic.com/health/ascariasis/DS00688 di bagian preventionnya ga ada nyebutin obat cacing untuk mencegah cacingan, tapi inget beberapa bulan lalu ada bocah cacingan segitu parahnya jadi takut juga. Tapi mikir juga kalo misalnya lingkungan kita bersih harusnya gapapa sih ya? Hadeuh, bingung.. Heeeelp.. Thanks for sharing yaa.. :)

learning is a never ending process
@rhisuka

2

Topic: Cacingan

rhisuka,
alya ga cacingan kan? bocah yg lain maksudnya?
menarik jg nih threadnya biar tau tips2 agar anak ngga cacingan *menyimak sambil topang dagu* :)

Reborn since El was born
@inicrey

3

Topic: Cacingan

untungnya ngga sih crey. cuma tadi ngobrol2 sama ayahnya alya, perlu/ngganya pake si obat cacing. si bapake ngotot nanti mau ngasi, sedangkan gue juga ngotot mau ngga ngasi kalo ga ada indikasi dia cacingan. gue baca2 di milis sehat sih katanya perlu cek faeses dulu. gue butuh link terpercaya kalo makan obat cacing tanpa ada indikasi cacingan sebenernya ga perlu. huhuhu.. mau RUM nih.. :p

kalo di mayoclinic dibilang preventionnya begini..

The best defense against ascariasis is good hygiene and common sense. Follow these tips to avoid infection:

Practice good hygiene. Ascariasis is spread by ingesting parasite eggs from contaminated soil. Before handling food, always wash your hands with soap and water, and wash fresh fruits and vegetables thoroughly.
Use care when traveling. Ascariasis is the most common roundworm infection in the world, with higher infection rates in developing and warm-climate countries. When traveling, use only bottled water and avoid raw vegetables unless you can peel and wash them yourself. As a rule, eat only foods that are hot and cooked.


di kidshealth, tindakan preventionnya juga kurang lebih sama..

learning is a never ending process
@rhisuka

4

Topic: Cacingan

rhisuka - gue sih ga expert banget dalam soal cacingan... pernah cacingan sekali waktu kecil (hihihi). tapi kalo gue sih, ikutan seperti kata mayoclinic aja... dan ga bakal kasih obat cacing kalo blum cacingan.

tapi itu karena gue ga tau ttg prevention pake obat (emang ada??).

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Cacingan

Itu lho thal yang pake obat2 macem combantrin. Di kemasannya dianjurin buat minum 6 bulan sekali. Kalo di websitenya dibilang, kalo di rumah ada yg cacingan, yg lain (yg ga cacingan) dianjurkan minum combantrin juga (???).

Hihi, iya jaman dulu kayanya banyak orang cacingan ya? Kakak gue dulu suka gatel p****tnya kalo malem, cacingan kan itu? :p

learning is a never ending process
@rhisuka

6

Topic: Cacingan

rhisuka - oh, gue pernah tuh waktu kecil disuruh minum combantrin gara2 nginep di rumah sepupu bbrp hari, trus ternyata sepupunya cacingan. abis itu gue disuruh minum combantrin deh bbrp hari kedepan. hu hu hu... emang kayaknya dulu cacingan itu common ya?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

7

Topic: Cacingan

moms, waktu anakku mau imunisasi IPD di umurnya yang ke-2 tahun 2 bln kmrn, aku sempat konsultasi ke dokter apakah anakku perlu konsumsi obat cacing. Kata dokter sih kalau sudah diatas 2 tahun sebaiknya memang minum obat cacing 2x dalam setahun untuk tindakan pengobatan thdp cacingan krn cacingan kan kadang gejalanya tidak terdeteksi gitu. Dan aku lihat di kemasan c*mbatrin (obat yang diberikan dokter) memang dianjurkan untuk anak usia 2 tahun ke atas. Tapi akhirnya sd skrg blm juga kuminumkan krn lupa terus.

Dan aku pernah baca (tp lupa dari mana gitu sumbernya) kalau kemungkinan cacingan untuk bayi di bawah 2 tahun itu relatif kecil (apalagi untuk anak di bawah setahun) karena Tuhan telah menciptakan kondisi keasaman di perut bayi sedemikian rupa sehingga cacing susah hidup di perut bayi, subhanallah. Mungkin itu ada hubungannya dengan mengapa keringat bayi tuh asem banget baunya ya ? :).
Waktu umur 14-15 bulan anakku pernah diare, sempat cek feses dan kultur feses, tp memang dr hasilnya ga ada tuh telur cacing, padahal anak usia segitu kan lagi seneng2nya ngisep jari dan makan sembarang benda yang di lantai ya. CMIIW

8

Topic: Cacingan

indriani...tfs ya...rupanya setelah 2thn ya baru mulai minum combantrin itu...kmrn baru mikir2 pas ada iklannya gt kapan ya mulai minum obat cacing itu....

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

9

Topic: Cacingan

Anak ibu cacingan??? Tentu tidak...
Hehehe..jadi inget iklan obat cacing..

Dulu, karena enzo cungkring, gw sempet minta obat cacing sama dokternya. Haha.. Tapi gak dikasih..gak perlu katanya.
soalnya wkt itu enzo masih dikasih ASI.
Sering2 cuci tangan yg bersih pake sabun aja katanya. dan rajin potong kuku. Karena penyakit mudah menularnya ya lewat tangan.

Kalo ada tanda2 cacingan spt lemas dan lesu, baru deh hrs periksa faeces, darah dan urine ke lab.
Belum tentu karena cacing juga.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

10

Topic: Cacingan

kira2 tanda2 cacingan apa ya?

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

11

Topic: Cacingan

Dulu adek gue cacingan padahal harusnya rumah dan makanan terjaga kebersihannya, entah kenapa kok bisa ya (dan cuma dia doang). Tanda2nya sih kata nyokap dulu perut adek gue buncit sementara bagian badan lainnya tetep cungkring, makannya banyak tapi ya ga jadi daging. Tanda2 yang lainnya gue ga tau (ato ga inget) karena udah lama banget. Setelah diperiksa ke dokter ternyata cacingan... Baru deh minum obat cacing dan kita sekeluarga pada minum juga, tapi ga rutin sih dulu aja sekitar 2-3x setelah kejadian cacingan itu.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

12

Topic: Cacingan

saya sering baca2 kalo di negara tropis mayoritas penduduknya memang cacingan, jadinya Rere saya minumin obat cacing, toh cuma 6 bulan sekali :D baru sekali sih minumnya, tahun lalu.. nanti bentar lagi minum, jadi minumnya bulan ke-1 ama ke-7 biar gampang ngingetnya

baca2 ini jadi serem sendiri

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

13

Topic: Cacingan

Jangan Asal Minum Obat

Banyak yang menganggap, kalau sudah makan obat cacing yang banyak dijual di pasaran, maka semua cacing dalam perut akan mati. Dengan demikian, tubuh pun akan bebas dari cacing. “Pada kemasan obat anti cacing umumnya tertulis, untuk menghindari cacingan, diharuskan
minum obat itu sebanyak dua sampai tiga kali dalam setahun. Sebenarnya membuat aturan seperti itu tidak dibenarkan.
Minum obat cacing sifatnya hanya membuang cacing dari dalam tubuh, tapi tidak membuat tubuh kebal terhadap cacing,” ujar Adi lagi. Menurut Adi, meminum obat cacing bukanlah solusi untuk menghilangkan cacing. Cacing memang hilang, tapi hanya sementara waktu. Pada kesempatan lain ia akan berbiak lagi.

“Bila seseorang menderita cacingan, disarankan untuk melakukan pemeriksaan di laboratorium, setelah sebelumnya memeriksakan diri ke dokter umum atau puskesmas. Tinja pasien akan diperiksa, untuk mengetahui jenis cacing apa yang menyerang orang tersebut,” ujarnya lagi. Bila jenis cacing yang mengeram dalam perut sudah diketahui, dokter akan memberikan obat cacing yang tepat. Dosisnya pun akan disesuaikan dengan berat badan pasien. Dan yang lebih penting lagi, tubuh pasien akan kebal terhadap serangan jenis cacing tersebut. Adi menyarankan pemeriksaan laboratorium ini dilakukan enam bulan sekali. “Tapi pengobatan secara laboratoris itu harus pula diimbangi menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kalau tidak, cacing itu akan kembali menyerang,” kata Adi.


baru tau nih kalo ada obat yg bisa bikin kebal thd cacing..
mungkin ada mamas yg punya pengalaman?

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

14

Topic: Cacingan

aqeela, udah baca link yg dikasih.. tfs ya.. jadi tau ciri2 n sepertinya di indonesia memang masih merupakan hal yg umum ya.. tapi rada bingung nih, di artikelnya (aku copas kali ya..
Kapan orangtua membawa anak ke dokter? Di daerah tropis dan sub-tropis, apalagi di daerah yang sanitasinya buruk, hampir semua anak pasti cacingan. Di daerah miskin, angka cacingan pada anak bahkan dipastikan bisa 100 persen.
“Jadi, nggak perlu diperiksa, pasti cacingan. Oleh karena itu, setiap enam bulan sekali pada masa usia tumbuh, yaitu usia 0 sampai sekitar usia 15 tahun, anak diberi obat cacing.” Jangka waktu enam bulan ini untuk memotong siklus kehidupan cacing.

berarti mulai dari bayi dikasih obat cacing buat pencegahan ato nunggu 2 tahun?
*bingung..bingung..

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

15

Topic: Cacingan

aqeela Kalo gue baca sih justru ga ada obat yang bikin kebal terhadap cacing.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

16

Topic: Cacingan

citRa..td sempat browsing2, dan kebanyakan sih menerangkan bahwa obat cacing memang dianjurkan untuk anak 2 tahun ke atas, untuk anak dibawah 2 tahun kalau mau minum obat cacing harus dengan konsultasi ke dokter krn obat cacing termasuk obat keras. Ada beberapa sumber, antara lain ini dan ini.

17

Topic: Cacingan

hehe.. gw dulu pernah cacingan, dan Naila juga pas lagi TK A. padahal rasanya sih udah jaga kebersihan ya. untungnya ga sampe lemes2 dan anemia sih. ketauannya juga gara2 (sorry) cacingnya keluar sendiri.

soal minum obat cacing, sebenernya DSAnya Naila menganjurkan 2 kli setahun, terutama sejak dia umur 4 tahunan gitu deh. bukan untuk mencegah cacingan, tapi untuk membasmi cacing yang mungkin sudah ada dalam usus. ya kalo mau diperiksa feses dulu juga gapapa sih, lebih baik malah. tapi kan ribet ya :D.

gw mungkin mikirnya terlalu sederhana ya. tapi gw pikir, kalaupun obat cacing itu mubazir, toh cuma dimakan sesendok dalam waktu 6 bulan. efek sampingnya juga mungkin ga terlalu terasa :D.

maap kalo tidak membantu..

my daughter is not a code, but raising her is an infinite loop of learning

18

Topic: Cacingan

Hmm... setau aku juga yang namanya obat cacing terutama yang dijual bebas itu cukup aman, karena hanya sedikit sekali yang diabsorpsi tubuh. Mekanisme kerja obatnya biasanya melumpuhkan cacing pada saluran cerna, sehingga mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Jadi secara logika memang bukan membuat tubuh kebal terhadap cacing, tapi mengeluarkan cacing yang mungkin sudah ada di dalam tubuh. Aku sendiri ga tau deh kalo sekarang ada obat yang bisa membuat tubuh kebal terhadap cacing.

Untuk pencegahan sih umumnya disaranin untuk minum tiap 6 bulan sekali. Buat amannya sih, yang minum obat ini di atas umur 2 tahun. Tapi kalo masih merasa takut sama efek sampingnya, ga minum juga ga papa selama kita cukup menjaga kebersihan.

19

Topic: Cacingan

mamas, kalo kita2 ini perlu ga ya rutin minum obat cacing?

learning is a never ending process
@rhisuka

20

Topic: Cacingan

geekymom wrote:
hehe.. gw dulu pernah cacingan, dan Naila juga pas lagi TK A. padahal rasanya sih udah jaga kebersihan ya. untungnya ga sampe lemes2 dan anemia sih. ketauannya juga gara2 (sorry) cacingnya keluar sendiri.


geekymom dan moms lainnya..mungkin akhirnya minggu ini aku beneran jadi minumin c*mbatrin (yg sdh dikasih dokter sejak 2 bulan lalu) ke ilyasa ah, ga boleh lupa lagi. Ngga mau ah nanti nemuin cacing di pupnya (nauzubillah minzalik)..karena aku tuh paling takut sama hewan2 melata.

rhisuka..cacingan tidak mengenal usia lho :). Dulu waktu masih kuliah aku pernah nganter temenku ke dokter. Dia merasa cepet lemes gitu, and you know what, pak dokternya ngasih obat cacing ke temenku. Di sepanjang perjalanan pulang temenku ngomel2 :). Tapi akhirnya diminum juga hihihi

21

Topic: Cacingan

rhisuka, sebenernya suamiku suka nyuruh2 aku minum obat cacing. tapi aku yang maleeeeeeessss banget :D.
tapi mengingat aku sendiri pernah cacingan di usia dewasa, padahal rajin cuci tangan, ya mungkin ada baiknya sih minum. terutama yg suka makan di pinggir jalan kayak aku gini...

my daughter is not a code, but raising her is an infinite loop of learning

22

Topic: Cacingan

berarti resolusi tahun ini minum obat cacing ya mamas? :lol:

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

23

Topic: Cacingan

bwahahahaha... resolusi? punyaku masih sama kok sama tahun 2010, masih 1024 x 768.. wkwkwkwkwk..

iya nih kayaknya gw harus bertekad untuk lebih peduli sama kesehatan, bukan cuma peduli keriput. mari minum Combantrin! :)

my daughter is not a code, but raising her is an infinite loop of learning

24

Topic: Cacingan

Mamas mau sharing sedikit..pernah baca dr milis gitu..untuk obat cacing alami bs minum jus pepaya yg di blender beserta biji ny sekalian..tp mungkin rasa ny agak gak enak mungkin..cuma belum pernah dicoba juga.:-)

25

Topic: Cacingan

hai mamas, mau sharing juga nih tentang si cacing..
kalo kata bapakku sih rutin minum air kelapa hijau murni (tanpa es, atau tambahan gula dan air) bisa juga meminimalisir perkembangan cacing dalam tubuh. selain itu si air kelapa ini juga bagus buat orang yg punya kolesterol atau asam urat (halah jadi OOT) :D

nah, untuk my baby girl, aku kasih minum madu yg ada campuran curcuma dan nigela sativa alias jintan hitamnya, di kemasannya tertulis bisa buat mencegah cacingan, demam dll. kalo untuk demam, emang terbukti ampuh. kalo anakku anget dikasih minum itu biasanya langsung mendingan..

CMIIW

Full Time Mother Wannabe