1

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

ayu_dilla
lagian pas hamil itu payudara n puting lebih membesar bukan sih?
karena hormonnya juga bantu pd berasa lebih penuh.
saya yang sebelah kiri dulu putingnya lebih kecil, tapi lumayan muncul seiring usia kehamilan, nanti dibantu ditarik2 dikit n dipelintir aja.
kata dokter oke2 aja tuh :)

i am full time a mother! ;)
blog // twit // insta

2

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

mau sharing juga ah..
gw dulu waktu hamil lupa mau treatment nipple, dan nipple gw termasuk inverted nipple kanan dan kiri.. akhirnya setelah lahiran PD gw dimassage sama bidan dan pake alat yg kayak dibikin sama UrbanPapa dan ASI gw baru keluar setelah hari keempat, jadi selama tiga hari anak gw ga nyusu. Tiap kali anak gw minta nyusu selalu gw tempelin langsung, tapi makin lama makin nangis karna dia susah nyari nipplenya, jadinya tiap hari itu perjuangan banget, tiap PD kenceng langsung dipompa. kalo anak gw haus mimiknya pake sendok, dan lebih heboh lagi kalo malem karna suami, mama *kebetulan dateng* dan mertua ikutan bangun, suami bantuin mompa, gw merah PD yg satunya, mama dan mertua yg nyusuin anak gw.
sampe seminggu kemudian, gw nyerah karna kecapekan, tiap anak gw abis nyusu, gw tetep mompa ASI buat persediaan kalo dia bangun lagi. Akhirnya gw iseng2 nyoba nyusuin langsung dan berhasil untuk PD yg kiri. Karna gw lebih suka nyusuin langsung, jadi kalo mau nyusuin pake PD kiri, PD yg kanan gw perah.. Nah 2 minggu kemudian gw iseng coba nyusuin langsung pake PD kanan, dan berhasil meski pake lecet2..
Alhamdulillah sampe skr, anak gw makin pinter kalo nyusu langsung.. yang penting si ibu tetep positif dan percaya diri kalo ASI pasti keluar, dan yang paling penting dukungan suami dan keluarga. :)

3

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

Alhamdulillah nemu thread ini. Minggu ini aku pregs jalan 34 minggu. Lagi nimbang2 untuk ke klinik laktasi.
Anak pertama, "gagal" nyusuin langsung ke PD aku. Tapi ga gagal asix & lanjut ke 2 tahun.
Masalahnya ya si inverted nipples itu. Pas hamil, sama obgyn cuma dicek aja. Lalu aku ngga sampe kepikir si nipples ini bakalan jd kendala.
36 jam abis caesar, asi mulai keluar. Karena masih ga bs latch on, jadi dipompa dulu. Pulang ke rumah, belajar posisi nyusu, disemangati sama tante2 yg udah pengalaman nyusuin, tp malah jd stres, khawatir karena Raikhal nangis mulu, katanya bayinya jg kesel karena ga dapet2.
Akhirnya jadi keterusan mompa. Full mompa. Dan si nipples ini ga berubah bentuk jg. ASIX 6 bln, full ke 1 tahun, lanjut smp sekitar 2 tahunan. 

Untuk adiknya kali ini, hal yg paling aku pengen cuma bs nyusuin lgs. Sekarang blm ada treatment apa2, pas mandi jg blm "ditarik2". Makanya seneng bgt nemu thread ini. Makin mantep utk minggu ini sekalian kontrol sekalian ke klinik laktasinya. Aku pgn bgt bs nyusuin lgs, mskpn mgkn nanti nipples-nya ga mancung2. Kalau mama lain yg inverted bisa, aku jg harusnya bisa. 

Udah liat gambar nips-erector yg di halaman awal (thanks for the pic, urban papa), mau lgs bikin yg kaya gitu. Sama mulai rajin massage sekalian ditarik2. Karena sekarang kalo "dipencet", udah mulai keluar cairan putih semburatnya.
Thanks ya, mama(s) untuk sharingnya. 
Due date Novemver ini, smg si inverted ini ngga jd kendala utk nyusui lgs.

Lina

4

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

kalo pake nipple former yang dari medela gimana?

i am full time a mother! ;)
blog // twit // insta

5

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

akupetta: saya sempat pake Mbak. maksudnya nipple former dari silicone transparan yg sekaligus nipple erector itu kan? (kalo ga salah harganya sekitar 150rb-an). cukup efektif kok. karna dulu Almira ga bisa langsung 'latch on', udah gitu putingku yg kanan lebih kecil dr yg kiri dan kadang2 inverted. tapi kalo dilapis si Medela ini jadi keluar. ASI pun ikut keluar

6

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

Dear mamas,
kalau cara memijat payudara selama hamil udah pernah dibahas belum ya?
pengen tahu nih
thank you

A Daughter, An Engineer, A Wife, A Mother

7

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

Mau share jg moms, aku dulu jg Inverted Niple.. Dua2nya kanan kiri :(. Waktu azzam baru lahir krn sdh niat mw menyusui, akhirnya menggunakan segala cara agar bs keluar niple-ny. Salah satunya sengaja beli alat pompa niple merk chic* yg sakiittnyaa luar biasa ketika dipake :').
Tiap niple-ny muncul setiap abis pompa, lsg nyusuin atw pompa ASI-nya. Hiks.. Sakit bgt deh, tp yaa tetep dijln-in krn kn udh niat mw nyusuin ASI :D
Alhamdulillah.. Azzam menyusui s.d 1 ½ thn :D
Smoga manfaat ya moms..

I'm a Full Time Mom in love with Deddy Radiansyah & Azzam, loved Bags, Shoes, Batik, loved stitching and sewing...(^_^)

8

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

uminyakiera terimakasih infonya..emang agak telat si, hehehe..

Mo sharing pengalaman. Jadi waktu konsul ke konselor laktasi, katanya nipple-ku bukan kategori inverted, tapi flat. Konsul ini setelah latch on baik dan aku cuma nyusuin di 1 PD. Awal-awal menyusui emang sakit banget dan penuh perjuangan. Aku sampai beli nipple erector merk P*geon, nipple shield merk yang sama, nipple former&nipple shield merk M*dela. Tapi semua ga kepake. Akhirnya aku terus susuin sambil perbaiki latch-on (baca2 buku & lihat2 gambar dari inet). lama-lama nipple-nya muncul sendiri dan latch on makin bagus. sayangnya, dulu yang digencarin cuma PD kiri aja, jadi yang nipplenya muncul cuma PD kiri dan sampe skarang nyusuin cuma di 1 PD. yang kanan nipplenya udah agak muncul karena aku pompa rutin.
Jadi...tetep semangat menyusui apapun bentuk nipplenya. Asal punya kemauan kuat dan rajin :-)

ichalovecat
mungkin bisa bikin tret khusus pijat PD selama hamil?? aku belum ngubek2 lagi ni..hehehe..mohon dibantu mamods ^^

it's just...dinhie
http://dinhie.wordpress.com

9

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

altairs ummi wrote:
sodaraku baru aja habis lahiran anak kedua. senengnya punya new baby.., karena ngeliat aku yang sampe sekarang (anakku 16 bulan) masih ASI, dia juga kepengen ngasih full ASI paling ga 6 bulan ekslusif. Masalahnya putingnya datar.. anak pertamanya beenr2 ga menyentuh ASI karena masalah tersebut :(

mom, kasih saran dong buat yg putingnya datar gimana caranya teteap kasih ASI, dan caranya tetap menyenangkan buat ibu dan bayi :)
thx mom sharenya..



Liebe Altairs Ummi, dari yang pernah saya ketahui, bagaimanapun bentuk puting yang seorang ibu miliki, ia akan dapat menyusui bayinya bila mengetahui dan mau mempelajari teknik menyusui yang tepat. Bentuk puting datar sebenarnya bukan kendala yang membuat seorang ibu tidak dapat menyusui bayinya krn bayi sebenarnya bukan menyusui dari puting tapi dari areola (bagian lingkaran hitam pada payudara) dimana pabrik ASI berada di sekitarnya.

agak OOT dikit nih, kalau dahulu kan memang ada anjuran untuk menarik2 puting saat kehamilan, khususnya pada tri semester terakhir agar putingnya bisa muncul ke permukaan, tapi dr penelitian2 breastfeeding terbaru ditemukan bahwa aktivitas menarik2 puting ini malah dapat memicu kontraksi sehingga malah menjadi risiko buat kehamilan, krnnya lebih baik malah dihindari.

kembali ke puting datar saat bayi sudah lahir, memang saat awal menyusui, ibu berputing datar akan punya kesulitan, karenanya peran konsultan laktasi di sini amat diperlukan agar dapat mengajarkan teknik posisi menyusui dan pelekatan yang tepat. penggunaan nipple shead juga harus dihindari karena malah akan menyakiti puting ibu dan membuat newborn ndak belajar cara melekat (latch-on) yang benar pada payudara. ibu juga harus mencoba2 posisi mendekap bayi yang paling nyaman buatnya semisal posisi cross-cadle etc. trus juga puting sebaiknya dirangsang sebelum menyusui semisal dengan menarik puting keluar, mempompa payudara dengan tangan atau memakai tabung suntik. juga harus dipastikan posisi pelekatan harus benar dimana dagu bayi menempel pada payudara ibu, areola mayoritas harus masuk ke mulut bayi, bibir bayi tidak terlipat ke dalam, dan mulut bayi terbuka lebar.

bila ibu belum menemukan posis yang pas, kalau saya anjurkan untuk segera menemui konselor laktasi supaya dapat meminta advice nya.

semoga sedikit membantu ya :).

10

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

Temenku jg putingnya datar, tp berhasil menyusui ke-3 anak2nya. Menurutnya cross cradle hold paling nyaman buat yg berputing datar. Saran2 dari Inayati udah lengkap bangeettt :-)

11

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

Inayati wrote:
Liebe Altairs Ummi, d

penggunaan nipple shead juga harus dihindari karena malah akan menyakiti puting ibu dan membuat newborn ndak belajar cara melekat (latch-on) yang benar pada payudara. ibu juga harus mencoba2 posisi mendekap bayi yang paling nyaman buatnya semisal posisi cross-cadle etc. trus juga puting sebaiknya dirangsang sebelum menyusui semisal dengan menarik puting keluar, mempompa payudara dengan tangan atau memakai tabung suntik. juga harus dipastikan posisi pelekatan harus benar dimana dagu bayi menempel pada payudara ibu, areola mayoritas harus masuk ke mulut bayi, bibir bayi tidak terlipat ke dalam, dan mulut bayi terbuka lebar.


waah, ternyta nipple shead ga dianjurkan ya?waduuh baru tau nih..

btw sodaraku lahirannya seccar mom..,mungkin kurang nyaman kalo posisi duduk terus?posisi lying masih bs dipake ga ya?

alcyone wrote:
Temenku jg putingnya datar, tp berhasil menyusui ke-3 anak2nya. Menurutnya cross cradle hold paling nyaman buat yg berputing datar. Saran2 dari Inayati udah lengkap bangeettt :-)

wuiih..,mantabss..., ::) mudah2an lebih semangat nih sodaraku klo puting datar banyak yg berhasil :) thx mom

12

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

Mom setahuku klo dibantu pake breastpump lama lama putingnya bs keluar.

13

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

aku termasuk yang puting datar.. marsha dikasih dot... akhirnya bingung puting dan eping sampe lulus asix dan masih lanjut terus...

mungkin iya selama hamil aku kurang rangsang putingku utk keluar ya.. soalnya selama hamil itu PD kesenggol dikit ajah bawaannya bisa emosi ajah gitu.. terlupakanlah utk merawat PD

faeyza Mae aku tiap hari pake BP sehari antara 5-8x term pumping.. pada saat pumping emang bisa keluar.. tapi setelahnya kembali semula hiks hiks hiks

14

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

Liebe Altairs Ummi, yang saya pernah tahu, untuk kasus puting susu datar dimana ibu baru saja menjalani caesarian. sebenarnya kita bisa menggunakan posisi menyusui apa saja, asalkan nyaman buat ibu dan bayinya

namun memang, utk kasus puting susu datar, ibu lebih banyak dituntut kesabarannya dan berjuang tanpa putus asa untuk proses belajar menyusui buat si kecil plus lingkungan yang mendukung suksesnya menyusui (e.g. suami dan keluarga besar). dengan keyakinan dan usaha yang optimal, saya yakin, saudaranya Altairs Ummi pasti bisa sukses menyusui pula :).

15

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

untuk puting datar memang perlu sedikit waktu lebih dibanding puting menonjol supaya bayi dapat menyusu
tapi yang penting dicoba terus dengan sabar, kan bayi dan mamanya lagi sama-sama belajar

ayo semangat mama..

I'm feeling the most enormous heart bursting love for my daughter, Olivia

16

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

sharing aja....saya inverted nipple pada PD kanan dan flat nipple pada PD kiri. sebenernya udah tau dari awal bahwa ini akan jadi kendala menyusui, tapi karena waktu hamil agak nggak mengurus diri jadi terabaikan deh. walhasil saat percobaan menyusui gagal total, nggak bisa latching nizam-nya. saya juga nggak punya BP yang bagus waktu itu, cuman bawa BP bola karet dengan ASI yang belum keluar hari pertama kedua. akibatnya nizam terpaksa kena sufor sampe usianya sebulan baru bisa disapih dari sufor.
alhamdulillah sampe sekarang udah 4 bulan full asi, dengan metode e-ping. saya nggak pernah nyobain nyusuin nizam langsung lagi, karena selalu gagal pada bulan pertama dan rasanya sedih banget kalo gagal menyusui itu. daripada stres dan toh saya WM juga, jadilah nizam disusuin ASI lewat botol sampe sekarang. menurut saya it's oke lah. toh sama2 dikasih asi apapun sarananya.

tapi ini untuk pengalaman aja, mudah2an nanti anak kedua bisa menyusui langsung....

use drugs rationally for your babies and children
learn about common diseases in children
parents are best pediatricians for their children
t: @ni_nugroho

17

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

Saya juga puting datar plus asi seret, gak bisa dipompa... Anak dgn sukses bingung puting. Tapi sejak dia mik sufornya disendokin dia mau nyusu lagi, dan skarng satu puting saya sudah keluar...

The greatest gift from God....my Randi

18

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

Wuaaaaaah lega n seneng nemu thread ini.....
aquw lg hamil 25w dan g pede sama ukuran nippleku dan ditakutin sama perasaan gabisa nyusuin ntar.........
tapi baca thread ini :"got the poin" no matter the size is.....asal yakin dan PD semua Insya Allah bisa lancar, amien........

btw, nipple puller merk p**eon itu apakah sama dengan nipple erector yah?

19

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

mba Putri rizqiandini wkt aku hamil jg gitu,,takut ga bsa nyusuin,tp ma bidan aku disuruh ditarik2 klo mandi ato ma bpknya :P tp mang dasarnya aku mah maleess,mikirnya tar juga bakalan gede,,eh ga twnya pas ngelahirin jd ga bsa IMD,cuma nyentuh aja..
Nah pas dah gitu ma kakaqu disaranin pake nipple shieldnya Pigeon,itu ngebantu bgd bwt nyusui,lama2 nippleku jd agak panjang,pas dah mw sebulan pake aku nyoba2 ga pake bantuan nipple shieldnya..alhamdulillah prosessnya ga mpe seminggu,my baby Sasqi langsung mw nyusu terusss mpe skrng :) ASIX

Love my chubbygirL Alisha Sasqi :)
http://riryhusni.wordpress.com/
https://www.facebook.com/riryhusni
twitter: @riry_husni

20

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

riry_husni wrote:
mba Putri rizqiandini wkt aku hamil jg gitu,,takut ga bsa nyusuin,tp ma bidan aku disuruh ditarik2 klo mandi ato ma bpknya :P tp mang dasarnya aku mah maleess,mikirnya tar juga bakalan gede,,eh ga twnya pas ngelahirin jd ga bsa IMD,cuma nyentuh aja..
Nah pas dah gitu ma kakaqu disaranin pake nipple shieldnya Pigeon,itu ngebantu bgd bwt nyusui,lama2 nippleku jd agak panjang,pas dah mw sebulan pake aku nyoba2 ga pake bantuan nipple shieldnya..alhamdulillah prosessnya ga mpe seminggu,my baby Sasqi langsung mw nyusu terusss mpe skrng :) ASIX


Dear mba Riry,
Makasiy yah, jd menginspirasi dan menyemangatiku deh....
Nanti putri coba caranya, pokoknya tekadku harus bisa kasih Asi hingga 2 tahun,smoga keturutan, amien....

21

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

mau share juga ah moms, hehe. telat gapapa yah..

punyaku dulu juga rata, dan aku berputing kecil. apalagi kalo BH dilepas, kaya tertekan dinding BH gitu dia masuk. sama nenek, bulik, budhe, tetangga dibilangin suruh ditarik2 n dibersihin ntar kalo ga rajin gitu sakit waktu nyusuinnya.. waktu kontrol di RS, bu bidan juga ngecheck apa udah menonjol apa belum. pas dilihat belum, masih rata tapi waktu ditarik (sakiiitt...) udah keluar ASInya. suruh dipijet n tarik pake minyak kelapa/baby oil.
tapi habis ikut kelas menyusuinya AIMI, dibilangin menyusu itu pada payudara, bukan pada puting. dan kalo lihat gambar latch on yg bener yg diisep2 bukan putingnya tapi areolanya sama lidah bayi mijet2 gitu, akhirnya Q berasa ke'pede'an. pasti bisa. Q termasuk yg males narik2 puting. sakit banget siiiih...ga di awal kehamilan, ga waktu hamil tua pun ga rutin. cuma dibersihin aja yg rajin tapi ga mau ta tarik2.
eh, bener juga ilmunya AIMI. setelah sering nyusuin puting menonjol dengan sendirinya. padahal Trudy tuh pelekatannya jauh dari sempurna lho - yg bikin takut besok kalo udah mau tumbuh gigi. areolanya yg masuk cuma dikit. habis dia kalo nenen ga mau mangap siih. mau ngenyot aja 'lenjeh', bibirnya rada2 ngatup kaya manohara *OOT deh* dan malah mringis.
gimana ya caranya biar mau mangap?

yah, tapi itu pengalamanQ dgn puting rata alias mendlep. :)

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

22

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

rajin2 massage payudara.
dibantu pumping juga supaya putingnya keluar.
dan yang terakhirm rajin2 menyusui yaaa..

Putri Widyastuti - A happy mom and a fortunate wife
Yuk, ke Lapak Perawatan Pasca Melahirkan Mom N Care di Mamas's Mall !
FREE 2 Gurita TALI SEPATU. BOOK NOW ya, Moms!!
www.momncare.com | @momncare | Call 021-90304090 | WA 083821020300 | BBM 5AC40B3E

23

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

Hai smuaaa.. Ikutan sharing juga yaa..

Saya juga putingnya rata. Waktu hamil ga boleh di-massage PDnya ato ditarik-tarik putingnya karena merangsang kontraksi, soalnya saya sempet dirawat karena prematur kontraksi. Pas lahiran kemaren sempet frustasi bayinya ga mau nyusu karena putingnya flat. Sama susternya dikasih alat buat narik puting itu, tapi sakiiiit banget mana ga bertahan lama. Jadi udah ditarik, pas disusuin ke bayi malah flat lagi. Jadinya si bayi sama sekali ga mau nyusu. Ngamuk terus deh. Akhirnya pas hari ketiga, memutuskan beli nipple shield. Di babyshop rumah sakit cuma ada merk p*geon, awalnya masih ga mau tapi lama2 alhamdulillah mau juga dia. Sakit juga ya ternyata pake nipple shield klo pas bayinya nyusu, kaya pake yg penarik puting itu, dan agak merepotkan kalo anak bayinya udah ngamuk pengen nyusu. Katanya sih lama-lama juga putingnya keluar. Mudah2an cepet keluar deh biar ga ketergantungan alat, ini baru tiga hari juga sih makenya.. :D

overthinking wife&mom. nick-a-maniac. donald duck lover. lazy blogger. ordinary day-dreamer. social-networking-sites freak.

There is no right or wrong, just the consquences of your actions.

24

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

Hi Mom Vhie,

Bantu dikit ya, bayi bisa menyusu dengan keadaan puting ibu seperti apapun, selama pelekatan dan posisi menyusuinya baik. Nipple shield tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan bingung puting. Lebih baik mom vhie ke klinik laktasi terdekat atau menemui konselor laktasi untuk dibantu posisi pelekatannya :)

25

Topic: Menyusui dengan Puting Datar/Inverted Nipple

Hi vhie.. Setuju sama mia.
Lebih baik ketemu konselor laktasi biar bisa segera dibantu latch-on yg benar.
Aku dulu juga inverted, sempat di-bully juga ama suster yang bantu ngerawat -____- tapi seiring dengan semakin seringnya dihisap bayi, ga pernah masuk2 lg tuh nipplenya.