1

Topic: Uang Jajan, perlukah?

aaa Lana lucu bgt peh. Bagus deh, jangan kayak tante zata yang doyan jajan dari kecil, hihihi..

btw, dulu waktu masih SD gw pernah dikasihnya nggak per hari tapi per minggu bahkan kadang per bulan. Efektif nggak ya nerapin hal yang sama ke anak2?

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

2

Topic: Uang Jajan, perlukah?

Enzo di sd nya banyak tukang jualan nih, di luar pagar sekolah. Sudah berkali2 dilarang sih, sama pihak sekolah..tapi ya gimana balik lagi balik lagi :)
Tapi untungnya anaknya ga terlalu suka kalo jajanan makanan2 ga jelas gitu. Di dalam sekolah ada kantin yg jualan makanan minuman, jadi kalo lapar ya belinya di situ. Krn kantinnya dikelola pihak sekolah. Dan dianjurkan bawa bekal juga dari rumah, jadi memang ga perlu jajan makanan minuman lagi di sekolah. Ada juga hari2 tertentu disuruh bekal snacks yang nantinya dimakan bersama bareng teman2, atau disuruh bekal buah2an yang nantinya di kelas dibikin sate buah dan dimakan rame2.

Tapi sekarang tetap aku kasih uang bekal, ngga tiap hari sih, paling seminggu 1 atau 2x. Rp. 5000. Biar dia ngerasain pegang uang aja. Kadang dibeliin mainan (di abang2 tukang mainan), dan sisanya ditabung krn katanya pengin ketemu optimus prime di amerika :D
Tapi uang 5000
Seringnya dibeliin susu ultra di kantin.


Waktu TK ga ada kantin/tukang jualan sama sekali di sekolahnya. Jadiya emang ga terlalu suka jajan. Paling mereka pesan aja mama besok aku pengin bekal A, atau bekal B. Sesekali guru2 bikin sop ayam atau sayuran/ jus di sekolah, jadi makan bersama.

Kadang enzo minta uang 5000 untuk ditabung semua. Berikut celengannya kalo udah penuh dibeliin mainan melulu, nerf atau robot/ lego. Jadi kapan ke amerikanya yaaa hahaha

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Uang Jajan, perlukah?

Zata,
Aku baru dikasih uang jajan per 2 minggu itu setelah kuliah. Dari TK sampe SMA selalu dikasihnya per hari. Rasanya bagus deh kasih anak uang jajan jeda waktunya meningkat gitu. Awalnya per hari, lalu per minggu, lalu per 2minggu, lalu perbulan. Sekalian bisa untuk ngajarin anak memanage uangnya. Tapi disesuaikan sama kematangan usianya kali ya ta?

teh Eka,
*toss* di TK kira & Kara juga ga ada yang jualan jajan. Kalo sekolah suka dibawain bekal dari rumah. Bekalnya kadang jajanan, susu, buah, sesuai request si bocah. Tapi di SD deket rumah ini banyak yang jual jajan diluar sekolah. Ini masih dalam rangka mendidik dan mendoktrin Kira dan Kara tentang mana makanan sehat dan mana yang gak sehat. kadang kalo pulang sekolah suka dilewatin depan SD gitu. Pernah juga dibelikan buku yang isi ceritanya tentang hati-hati jangan jajan sembarangan. Harapannya sih nanti ketika SD, kalo sudah pegang uang jajan sendiri, dia tahu mana yang boleh di beli, dan mana yang gak boleh dibeli. Paling ngeri itu kalo baca berita jajanan anak-anak yang dicampur narkoba. Duuuhhh.. rasanya pengen kekepin anak terus deh.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Uang Jajan, perlukah?

untungnya depan sekolah Lana gak ada tukang jualan, karena agak jauh memang sekolahnya dalam komplek perumahan, mau gak mau jajan di kantin. Sekarang anaknya paling suka jajan es mambo atau es teh manis buatan gurunya.

5

Topic: Uang Jajan, perlukah?

so far udah kelas 4, alde belum pernah gw kasih uang jajan :D
masih bekal dari rumah sih. so far ngga masalah.
paling di rumah emang makan dan camilannya lumayan gila2an :D pengen minta dibikinin ini itu. untungnya yang gampang2 aja sih... sekarang dia lagi suka banget dibikinin pizza happy call.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Uang Jajan, perlukah?

Gw sempet kepikiran mau kasih Al uang jajan mingguan, tapi dia gak mau. Katanya mau bekal dari mama aja. Memang sih banyak tukang jualan jajanan macam2 di sekolahnya. Gw nawarin kalo pas mama jemput dan kamu mau cobain makanan yg dijual, bilang aja. Tapi itu juga jarang sih. Paling keteteran nyiapin camilannya aja di rumah.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

7

Topic: Uang Jajan, perlukah?

ella,
ya ampun albert good boy banget sih... makanan mama udah enak banget la... jadi albert ngga tertarik buat jajan. :)
hahaha iya ya PRnya harus rajin bikin camilan di rumah. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

8

Topic: Uang Jajan, perlukah?

Aku sendiri termasuk yang jarang ngasih uang jajan. Karena emang anak-anak kan selalu bawa bekal ke sekolah. Kadaaang,kalo mamanya ngga punya bahan apa2,wilson suka minta uang jajan buat beli makanan yang di kantin sekolah. biasanya dikasih sesuai harga yang mau dibeli,maks 2000 dong :D

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

9

Topic: Uang Jajan, perlukah?

Ninit, wah alde ga pernah jajan ya? Alde pernah minta gak teh uang jajan? Agak PR gak sih krn teman-temannya di sekolah kan umumnya jajan, jadi anak jadi ikutan jajan?

Oiya, jadi ingat di kantin sekolah lana itu namanya warung kejujuran, segala macam makanan, minuman, peralatan sekolah disimpan dengan rapi dan sudah ada harganya masing-masing. Di warung itu gak ada yg jaga, ada satu box isinya uang. Anak-anak belanja di kantin tersebut, ambil dan nyimpan uang sendiri di box yg sudah disiapkan, kalau ada kembalian, juga ambil sendiri.

10

Topic: Uang Jajan, perlukah?

Wah keren banget kantin disekolah lana.
Berarti memang perlu sih ya belajar tentang uang,biar bisa jajan sendiri :D

Berarti disekolah kalo jajan harus uang pas dong ya kak ipeh?

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

11

Topic: Uang Jajan, perlukah?

wahhh baca2 masukan urban mama lain di atas jadi kepikiran deh, berarti Caca dan Kenan masih kebanyakan yah dikasih uang jajannya ya.., pengen ngurangin sih tapi nanti mau mastiin dulu bahwa bekal yang mereka bawa cukup buat seharian di sekolah..

Mereka pake catering sih tapi katanya bosen sama rasa makanannya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

12

Topic: Uang Jajan, perlukah?

wahhh baca2 masukan urban mama lain di atas jadi kepikiran deh, berarti Caca dan Kenan masih kebanyakan yah dikasih uang jajannya ya.., pengen ngurangin sih tapi nanti mau mastiin dulu bahwa bekal yang mereka bawa cukup buat seharian di sekolah..

Mereka pake catering sih tapi katanya bosen sama rasa makanannya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

13

Topic: Uang Jajan, perlukah?

mika juga ga dikasih uang jajan haha. padahal di sekolahnya tukang jajanan banyak ya secara sekolah negeri kan, tapo ga aku kasih uang jajan. ya kalo mau jajan harua tunggu aki dulu tapi ya tetep dipilih jajannya apa, dan ini jarang. karena sekolah juga cepet ya sekitar 2,5 jam jadi ga perlu jajan, awalnya dibekelin tapi dimakannya pas pulang sekolah juga karena ya ga sempet makannya haha. jadi ya sekarang kl mau sekolah sarapan, paling bawain botol minum aja. nah pulang sekolah langsung makan deh

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

14

Topic: Uang Jajan, perlukah?

Hafidz kelas 2 skrg. baru mulai dikasih jajan. krn temen2nya banyak yg jajan. ya gw gamau aja dia jd merasa emak gw kenapa ya gak kayak emak2 lainnya yg baik hati ngasih jajan hahahaha.

awalnya lucu bgt deh. jd kayaknya pas istirahat dia suka ikut2an temennya pergi ke kantin. liat2 jajanan.
nah dia kan gak makan macem2 ya, cemilan pun terbatas krn banyak ini itu gak suka. selesei survey, pas pulang gw jemput dia bilang: bun, di sekolah ada kantin loh. bubun mau liat gak kantin nya? ada yang jual ayam krispy (filet); laaaah tiap hari jg kamu bekelnya ayam filet naaaak. dijawab: yg di kantin lebih enak bun (yaaaa micin nya lebih setrong ya nak? hahahaha).

ok krn gw gak bawa uang, gw janjiin jumat boleh jajan. dgn syarat dia caritau dl harga nya brp. sekalian ngelatih keberanian dia. hasil survey harganya 40ribu. weleh... sonoh survey lg yg bener. masa jajanan kantin puluhan ribu. cari tau lg deh dia. ternyata harga nya 4000. eh... jumat ternyata pas pulang sekolah filetnya udah soldout ahahahaha

yaudah gw tawarin yg lain. dia bilang mau beli nabati (wafer yg padahal d rumah jg ada stok nya). ambil lah dia satu nabati. gw suruh tanya harga... dan dia bingung nanya ke siapa krn gada yg pake seragam macam di mini market hihihi. gw tunjukin kemana dia hrs nanya (gw posisi nya berdiri agak jauh). setelah tau harga nya 2000 br gw kasih uang. sambil tanya jawab uang dan kembalian, kl jawabannya bener uangnya gw kasih (aaaah jahat ya si bubun iniiii hahaha). daaan dia kembali bigung harus bayar ke mana... krn gada mesin kasir wakakakaka.

yasudah setelah kejadian itu kita bikin perjanjian, hari apa boleh jajan. berapa nominalnya. boleh dibeliin apa aja? dan apa yg bikin kesepakatan kita batal dan membuat uang jajan gak dikasih.

kl gw+suami lebih suka kl jajan itu makanan/minuman. kl mainan abang2... murah sih... tp gak jelas n rusaknya jg cepet.

jadi kesepakatannya jajan 2000 rupiah. 5000 kl gw gak bawain bekal istirahat pertama (istirahat kedua makan siang selalu bawa). jajan di hari rabu & jumat.

setelah jalan bbrp bulan, ngejalaninnya dengan fleksibel. kadang gw gak kasih, kadang kasih. kadang dia nagih, kadang engga. kadang minta di rapel hahahaha. tp biasanya rapelan masuk ke celengan. kadang jg uang jajan nya di masukin kotak amal di kelas.

sampai saat ini jajanannya masih terkendali. ayam crispy, jamur crispy, nabati, pasta coklat (macam coki2 tp merk nya richees jg jd ok lah gpp), mainan pokeball, pedang lightsaber dari balon. udah itu aja gak pernah yg aneh2. ibu2 lain banyak yg ngeluh jajanan kantin mulai gak terjaga qc nya. krn ada yg jual mie instan. tp gw sih gak khawatir. krn ya itu dia... hafidz picky eater. yg aneh2 gakan dia lirik deh pokoknya.

skrg dia lg semangat ber amal & nabung celengan.
kemarin Kalam adiknya baru gw bukain tabungan di bank. krn Kalam gak pernah jajan jd uangnya banyak.
nah hafidz jg pengen punya buku tabungan n atm. gw bilang setoran awal 250 ribu rupiah. jd giat nabungnya krn setelah dihitung di celengannya baru ada 80ribuan ahahahaha.

begitulah kira2 ceritanya... maap panjang ya hihihi

Bussy life...happy life...

15

Topic: Uang Jajan, perlukah?

dewi,
aih asik ah menyimak cerita dewi yang panjang ttg hafidz :) 

kalo gw masih sama sih. sampe sekarang anak-anak belum dikasih uang jajan. tapi, tiap weekend dikasih 10rb. nah itu terserah uangnya mau ditabung, di"invest", buat amal, atau buat jajan di mini market. jadi mereka nanti milih mau diapain uangnya. so far so good. 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

16

Topic: Uang Jajan, perlukah?

dewi, seru banget ceritanya hihi, tapi memang masalah uang jajan ini kaykanya orangtua yg harus konsisten dengan aturan yg dibuat ya, jadi anak bisa belajar sedikit demi sedikit. 

Kalo gw emang masih belum kasih uang jajan untuk dia pegang sendiri, kalo mau jajan ya bareng sama gw, jadi tetep melalui persetujuan gw dulu jajanan apa yang bisa dia beli haha. 

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/