1

Topic: Bandung

mrs doyi anggi23 enaknya kalo booking dulu tuh ya selain ada beberapa privilege, ya itu tadi bisa diupgrade kamarnya walaupun cuma 1 malem..
pengalaman waktu 2011 melahirkan si kakak nih, waktu booking kan minta kelas 1, pas melahirkan ternyata penuh dong..jadilah diupgrade ke UTama, malem berikutnya pindah ke kelas 1 *ngenes* jauh banget fasilitasnya sama kelas utama :p *manja*

etapi harus dicek juga di kwitansinya, suami minta rincian biaya setiap hari pas diliat tagihan kamar hari pertama malah tarif kamar utama, padahal kan bukan kita yang minta di utama.. akhirnya direvisi deh..

ya sekian ibu-ibu semoga membantu :p

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

2

Topic: Bandung

anggi23 wrote:
mrs doyi
tp kayakna jarang2 bisa kejadian kelas penuh :D

hmmm....kata siapa mba...aku lahiran pesen kelas 3, karena penuh, harusnya dipindah ke las 2, eh berhubung kelas 2 penuh juga, dapet kelas 1...lumayan dengan harga kelas 3.

I'll never catch myself at any time without reflection :cool:

3

Topic: Bandung

Dearest Bundaa semuaa.. saya newbie nih dalam maternity thingss, maklum baru nikah Januari 2013, dan Februari 2013 udh hamidun ajaa, Alhamdulillah :) HPL insyaAllah Oktober..

saya sudah baca almost all tentang maternity hospital di tread ini, termasuk tarif persalinan, spog yg pro normal atau instan sectio, pro asix dan IMD..

Mau tanya sedikit lg siapa tau di antara Bunda ada yang sudah pengalaman:
1. Persalinan di Melinda untuk tahun 2013 pro asix dan IMD ga ya? atau masih sponsor sufor dan *dapet kabar dari forum2 juga* baby diberikan sufor tanpa sepengetahuan Bunda nya, betul ga sih??

2. Tarif melahirkan di Melinda yang ada di website apa udah masuk persalinan oleh spog atau bidan? *eh di Melinda ada bidan ga ya?* hehee.. :p

3. Bunda ada yang punya info ga kenapa tarif melahirkan normal dan sectio di Melinda jauuuuhhh bangeet bedanya?

So far saya periksa di Herpas dgn dr. Yena M. Yuzar, oke jg dokternya, baik, ramaahh, tp suka cepet2 ya meriksanya, jd ga nyaman klo pengen nanya2.. Dan setelah bandingkan tarif persalinan, Melinda nampak lbh "murah" dibanding Hermina, dan tergiur jg pengen tanya2 kesana *kedua rs tsb kebetulan dekeet bgt dr rumah di Pasteur*...

Cuma kalo baca2 forum ttg Melinda jd parno jg, apalagi suamii, heuu.. malah dia bela2in kerja lbh rajin drpd bebi nanti dkasih sufor atau diminta sectio..

Maaph yaa banyak tanya, hehee..

Any Bunda could help to answer my curiousity??
Thanks bangeett Bubundaa :)

4

Topic: Bandung

bundaliffa, tantee
duh enaknya bs apgred kelas
kirain kejadian langka loh
:D

5

Topic: Bandung

irmasophiea

Sebenernya kalo masalah proasix dan IMD sih gimana komitmen kita sama dokternya. Saya di melinda agustus taun lalu dan berhasil IMD dan asix juga. Bahkan sama sekali ga ditawarin sufor sedikit pun. Ingetin aja dr anak dan suster2nya.
Bidan pasti ada sih kalo rsia mah,tp ga tau tuh di Melinda bidannya bisa pegang pasien sendiri ato cuma sebagai asisten dokter aja hehe *maaf ga menjawab pertanyaan*

Kayanya ampir di tiap rumah sakit harga sesar emang sekitaran 2x lipet normal deh. (Ky melinda,limijati) . Sehubungan sama persiapan operasinya (terutama tambahan biaya untuk ruang operasi, dan biaya dokter aneatesi tentunya,klo normal kan ngga, dan alat2 yg digunain) , sampe dengan post lahirannya ( obat2an terutama,klo normal kan obat minum,klo sc kebanyakan obat via infus) dan yg utama resikonya yg lebih besar klo sc.

6

Topic: Bandung

hai bunnn,,
masih bingung neh, ada yg tau ngga klo dr di herpas yg pro normal n pro asix n IMD itu dr siapa..

7

Topic: Bandung

nurina vi di Herpasnya sendiri udah pro asix&IMD kok bun.. jadi Nakes nya juga udah siap untuk mendukung ASIX dan IMD

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

8

Topic: Bandung

bundaliffa wrote:
nurina vi di Herpasnya sendiri udah pro asix&IMD kok bun.. jadi Nakes nya juga udah siap untuk mendukung ASIX dan IMD



kalo untuk dokternya yang recommended dokter sapa bun ?
maklum baru mau anak pertama jadi masih blank neh bun ngga ngerti apa2...

9

Topic: Bandung

irmasophiea

aku bantuin jawab ya...sebagai bahan pertimbangan.
kebetulan november 2012 kemaren SC di melinda.

Aku jg awalnya agak kuatir dengan melinda karena banyak baca di forum yg kurang enak. tp berhubung dosg ku (dr wid) melayani lahiran di melinda dan hermina pasteur, pilihanya cuma 2 itu. dan melinda yg paling enak jalurnya dari rumah.

so, aku SC karena gawat janin. jadi datang ke rs jam 3 sore dengan tujuan untuk reservasi kamar (rencana induksi untuk lahiran normal sesuai petunjuk dokter), eh malah masuk OR jam 5 sore untuk SC. karena pas dicek, denyut jantung bayi udah ngga teratur seiring dgn kontraksi yg timbul. jam 5.30 lahir deh anakku.

karena kategorinya tindakan emergency, aku dibius total. dan setelah lahiran dikasih liat foto IMD bayiku, atas persetujuan papi-nya anakku dikasih sufor ketika baru lahir (setelah imd dan ini memang kami sepakati diawal). Susternya bilang kok bahwa dia sudah minta persetujuan suami, krn aku belum sadar. Selama 3 hari di RS, bayi pisah kamar, diberi sufor dan setelahnya belajar menyusu dengan ibu. sehari 3x bayi dibawa masuk kamar ibu. kalo mau room-in jg bisa, minta aja sama bidannya. Nanti mereka akan sediakan popok dll untuk di kamar ibu.

Proses menyusui ini lumayan berat karena di melinda tidak ada bidan yang bantu (1st time mother kayak aku, bingung nyusuin kek gimana hihihi), ini yg kurang di melinda. tp skrg mereka sudah punya bag konsultasi laktasi (never tried jg sih, karena sudah lewat masa2 belajar menyusui)

ketika pulang, dikasih bekal sufor yg selama ini diberikan di rs. setelah 2 mgg dan asiku lancar, sufor ini sama sekali tidak dikonsumsi lg.
ini sih pilihan masing2 ibu ya...kalo ngga mau dikasih sufor sama sekali, bicarakan dengan dsog dan bidan di ruang bayi sebelum melahirkan, dan dsa mgkn.aku jg kurang jelas, karena waktu itu aku+suami sepakat bahwa kita ngga keberatan.

soal tarif, untuk melinda....never trust the price they put in the website or flyer hehehe....bisa membengkaaakk jauuh....berdsrkan pengalaman pribadi dan referensi teman2 untuk SC di VIP kurlebnya selalu 30% lebih mahal dari harga tertera di website, untuk lahiran normal jg sama. btw, melinda ngga punya kamar 2 bedroom dan 3 bedroom dalam jumlah banyak. so biasanya ya di VIP (curang ya...tp ya mereka memang konsepnya gitu sih, so by design jg) kalo SC mungkin karena painkiller-nya ya yg bikin jadi lebih mahal bgt drpd normal. gak tau pasti jg
tapi tarif ini sudah all-in ya. biaya dsog, dsa, ruang bayi, bidan,dll. setau aku semua proses lahiran di melinda didampingi dosg.

10

Topic: Bandung

wohoo.. Mom diahtantri

Trims banyaak buat infonyaa, memang price di web itu seringnya kurang menggambarkan kenyataan di tempat, hehe..

buat IMD dan ASIX sama2 first mother jg ini, sampai saat ini masih pede ASI bakal lancar (aamiin..)walaupun tetep ada kekhawatiran gakan keluar.. let's be positive :)

Sekarang udah menuju bulan ke-7 masa kemahamilan, sudah mulai menikmati si bebi yg uyek2an..

Dan finally dengan Bismillah, bulan lalu sudah booked ruangan di Herpas (mempertimbangkan dsog yang memang disana juga tinggal ngesot dr rumah)..

11

Topic: Bandung

irmasophiea

siip. good luck ya.
kalo di herpas mgkn suster2nya lebih helpful bantuin caranya latch on yg bener...semoga lancar ya semuanya.

12

Topic: Bandung

irma... lita bantu jawab ya setaunya aku ya


1. ngasi sufor biasanya seijin orang tua..kalo udah bisa dipompa asinya,,bilang aja mau coba mompa dulu

2. tarif bersalin udah include biaya dokter kandungan sama dokter anak,perawat,tapi siap2 aja 25-30 % dr harga tertera di list,,biaya alkes dan tambahan kaya induksi gitu belom masuk

3. tarif beda karna kalo SC ada dokter anastesi, biaya sewa ruang operasi, pemulihan, dan alkes nya jauh lebih banyak,,juga kl sc lebih lama bisa 5 hari di RS,,jd lebih banyak biayanya...

kalau aku pribadi better ke limijati/herpas di banding melinda :) *opini pribadi loh ini*

semoga bisa membantu ma

13

Topic: Bandung

Haihai....udh lama ga buka forum ini...bnyk juga ya yg mau lahiran,,,aku juga insyaallah akhir atw awal oktober lahiran niihhh...yg pny pengalaman lahiran di RS Emma share dooonng kebetulan aku pilih disana sm dr anita..kl diliat dr harga juga jauh lebih murah drpd limijati dan herpas... Kmaren ini sempet ngobrol sm bidan nya disana pro asi,d dan bs room in juga...tp kl ada yg pny pengalaman share yaa buat referensi.... Tq

14

Topic: Bandung

Lahiran anak kedua nih sebelumnya ( anak pertama) di herpas tapi Agustus kmrn melahirkan jadinya di melinda, tadinya mau di herpas.. Tapi setelah dipikir2 dan dihitung biaya totalnya kayaknya jatuhnya lebih mahal di hermina, dengan fasilitas yang (mungkin) lebih nyaman di melinda..
Setelah liat tarif pasien dr wid di herpas, jatuhnya lebih mahal dari tarif umum pasien di herpas, akhirnya memutuskan di melinda aja.. Karena selain biaya yg tertera di pri celist kan ada tambahan sekitar 10-20% kalo pake asuransi kena tambahan 7% dari total biaya, di melinda flat 100rb..
Itu dari segi biaya ya :-)

Kemarin waktu lahiran di melinda, rooming in dan bisa asi eks. Karena pas reservasi kamar udah minta duluan, terus setelah operasi bilang lagi sama suster kalo jita mau rooming in.. Pas bayi di kamar, kalo ada apa2 panggil suster nanti dia bisa bantu kok, yang jutek sih ada, untungnya 1 orang aja hehe lainnya baik2 kok, sampe ditemenin pas lagi nyusuin.. Aku sc juga jadi belajar menyusui nya agak repot ya pas awal2, dibantuin kok padahal gak minta bantu.. Gak dibekelin sufor juga pas pulang, biarpun bayi sempet difototerapi 2 hari, tapi aku ga minta pake dot, tapi pake gelas sloki/ cupfeeder ( bawa sendiri) dan iseng nanya malenya ke suster yang ganti shift, kalo bayi aku pake pipet aja jgn pake dot dikasih asip nya, susternya langsung jawab, kan pale gelas ya bu? Ga pake dot mintanya.. Lega deh..

Kalo perhitungan biaya nya, habisnya juga sesuaibperhitungan kok, dihitungnya jangan dari minimal price, tapidari max price lalu tambah 20% alhamdulillah kemaren ga tekor hii.. Kalodibilang mahal ya relatif sih, tapi sesuai sama fasilitas dan pelayanannya kok..

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

15

Topic: Bandung

bundaliffa wrote:
mrs doyi di Herpas udah SOP nya begitu kok, nanti formnya (pas booking) dicap ASI EKS, dan pasti rooming in semua kelas (kalo ibu dan bayi sehat) , IMD juga kok, dulu pas sc juga IMD tapi cuma 5 menitan sih... karena menggigil hehe


asslm bundaliffa,salam kenal ^__^, rencana mo lahiran di herpas des ini, jadi klo di herpas di semua kelasnya udh pasti rooming in ya ..... horeee...(maklum bunda soalnya saya lgi cari2 infonya..)

16

Topic: Bandung

waalaikumsalam ritaesti iya semua kelas rooming in kok :) lancar2 yaa melahirkannya

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

17

Topic: Bandung

Skarang galenia jadi lumyan mihiil yah..
Krn dipegang sm dr widyastuti kayanya..
Biaya konsul aja 225rb
Buat persalinan infonya antara 7jt smp8.5jt kamar aja..
Biaya dokter n obat skitar 1jt lagi
Dan ada catatan 36jam doang boleh pake kamarnya..
Lewat bayar lagi x_____x

Tapi yah berhubung takut bgt lahiran di rs tampaknya udh pilihan paling pas gentle natural birth di galenia...

18

Topic: Bandung

haii moms mau nanya, aku biasanya di dr tono limijati, skrng usia hamil 24w. kapan sih waktunya buat booking untuk lahiran? dari sekarang ato nunggu dkt2 lahiran? pengennya sih di melinda tp dokternya adanya di limijati

19

Topic: Bandung

Baru tau kalo pasien dr wid di herpas lebih mahal dari tarif umum. Pantes aja kmrn pas lahiran kok berasa mahal bgt, sama dgn harga tmn yg melahirkan di jakarta pdhl doski pake ila. :(
Next kalo punya anak lagi kayanya bakal lahiran di limijati aja deh. Dan baru aja browsing2 ternyata harga vaksin di limijati termasuk paling murah kalo dibandingin sama hermina arcamanik&santosa.

Wah, konsul dr wid di galenia 225? Di kf biasanya 180an.. apa sekarang udah naik juga?

20

Topic: Bandung

Dr wid ga jelas klo di galenia..
Pernah 225 trus 2minggu ke dpnnya 275
Lgsg komplen lah..
Kata pihak galenia tarif ditentukan sm dokternya..
Yah buat balik modal beli usg 4d kali yaa..

Iya emang klo dr wid baik di herpas ato melinda lebih mahal dari dokter lain..
Komersil bgt deh :p

Akhirnya balik lagi sama dr yena di limijati nih :D

21

Topic: Bandung

Saya juga gak jadi lahiran sama dr wid di herpas sama dr wid soalnya lebih mahal dari melinda, jatohnya juga lebih mahal dibanding melinda.. Kalo di melinda tarif waktu melahirkan ya sesuai sama yg diperkirakan. Kalo waktu minta pricelist ke hermina malah dikasih 2 kertas, yang 1 tarif melahirkan sama dr wid 1 lagi tarif melahirkan sama dr lain..
Akhirnya melipir aja ke melinda sesuai saran dr wid karena lebih murah dari herpas dengan fasilitas dan pelayanan yg lebih nyaman

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

22

Topic: Bandung

Apa ada yg punya update terbaru tentang lahiran caesar di rs santosa? apa dya masih bisa pake askes/bpjs ga ya? ato ada yg punya pengalaman lahiran di paviliun parahyangan nya rshs? mohon info nya.. thanks.

Mom for 2 adorable boys. A happy wife. A loyal civil servant.

23

Topic: Bandung

Bpjs ngurusnya skrg perdomisili
Jadi ke dr keluarga / puskesmas terdaftar dulu..
Trus minta rujukan ke rs sesuai cluster..
Pilihannya bisa advent, santosa, rsia emma, sariningsih, muhammadiyah, al islam..
Nah..
Nanti konsul dulu deh ke spog di rs pilihan..
Baru nanti bisa melahirkan..
Tapi klo mau dadakan bisa lgsg masuk ugd di rumkit2 yg kerjasama itu.
Infonya sih klo ambil kelas sesuai hak ga kena biaya lagi..

Oh iya rshs ga bisa yah skrg..
Krn hanya jadi rujukan utk kasus khusus
Tapi mungkin untuk darurat bisa kali (masa ditolak)

Moga2 lengkap.

Birth plan saya lari ke advent dng dr selvie bila ada kondisi darurat n ga bisa home birth..

Sebagai penikmat askes (skrg bpjs) bagi2 info yaa :)

24

Topic: Bandung

Nambahin aah..
Baru tau loh yaa..
Poli kandungan di advent skrg nyaman deh..
Terpisah gtu..
Trus dr selvie juga baik..
Dan ga penuh..
Enak lah..
Klo biaya berhubung kmrin daftarnya pake bpjs jadi blom nanya2 juga..

Infonya sih imd wajib dan rooming in semua kelas..

Cuma klo sc suami blum bisa dampingin ke dalem.
Nanti klo ruang operasi yg baru sudah jadi baru dimungkinkan pendampingan kala operasi..

25

Topic: Bandung

wah skrg banyak juga ya rs yg bisa bpjs?! mau tanya2 ke advent sama santosa aja klo gitu.. makasi banyak yaa infonya bubii azriel

Mom for 2 adorable boys. A happy wife. A loyal civil servant.