1

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

moms,

semalem udah check up ke Dsog, katanya sih usia kandungan udah masuk 9 jadi udah bisa lahiran sewaktu2. Overall kondisi janin OK, berat 2.5 Kg, panjang 45 cm, detak jantung bagus, ketuban cukup, plasenta ngga nutupin jalan lahir dan kondisi baby sehat. Cuman Dsognya bilang ada tali pusat melingkar di leher T_T
Kata Dsog sih ngga apa - apa ntar terus dipantau, 2 mgu lagi disuruh balik.
Apa Moms sekalian ada yg bs kasih masukan yah, gimana biar tali pusatnya bisa ngga ngelingkar lg di leher?rada keder nihh... Trus, tanda2 seperti apa nih yg ada hubungannya sama tali pusat ini yg perlu diwaspadai??
Please share yah, Moms?

2

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

karaflowers, dibikin thread sendiri aja ya biar bs dibahas lebih dalam .. soalny agak 'keluar' dari thread yg td ...
ayo mamas, yg ngerti, boleh share ..
jadi penasaran juga, klo janin terlilit tali pusat ada tanda-tandanya juga y? trus penanganannya seperti apa ...
kebetulan Asa dulu g ngalami ini ...

less ego, more heart

3

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

Hmm...azzam jg terlilit tali pusat....gapapa sih,,setauku dr dsog-ku yg pro-persalinan pervaginam, bukan indikasi cesar,kecuali klo sudah waktunya melahirkan tp kemudian bukaan persalinan ga maju2 ato posisi kepala ga turun2., gawat janin...baru di SC...gitu....gak usah terlalu kuatir..banyak berdoa supaya bisa lahiran normal... :)

~Just simply enjoying my mom-of-Att@R-and-Azz@M moments~
Add me on facebook, follow me @fifinelaraissa

4

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

Ara n Faza juga terlilit tali pusat. Aku dulu dikasih kartu untuk memantau gerak janin di satu waktu tertentu. Setiap kontrol cek CTG (rekam denut jantung bayi).
Menurut hasul USG sih kata DSOG nya lilitannya terlihat ngga terlalu ketat di leher, jadi masih ada kemungkinan bisa lahir normal. Yang penting banyak berdoa dan terus rajin memantau gerak bayi. Kalau merasa gerak bayinya lebih jarang dari biasanya, langsung pergi ke dokter.
Berhubung di week 39 baby blm masuk ke jalan lahir dan hasil ctg denyut jantungnya makin melemah, akhirnya memutuskan untuk dicaesar ajah.
Katanya kalo baby yg di perut mamanya kelilit tali pusat, pantes pake apa ajah mba :p heheh

Mommy of Khiara, Faza n Farah
@mamaarza

5

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

kalo terlilit tali pusat, yg perlu diwaspadai kalo gerakan janin ngga seaktif biasanya. seharusnya sih bumil rutin memonitor gerak janin walopun ga kelilit tali pusat. jd in case something's wrong kita punya plg ga satu patokan lah. tp dulu sih aku ga nyatetin frekwensi gerak Nay dlm perut juga :P
keep positive ya karaflowers. banyak yg babynya kelilit tp tetep bisa lahiran normal koq. didoakeun supaya lancar yah :)

6

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

karaflowers janinku juga sekarang terlilit tali pusat.. awalnya dia sungsang, trus setelah rajin posisi nungging, sekarang dia berputar ke posisi normal (kepala di bawah) tapi jadi terlilit tali pusat.

Yang bisa kita lakukan cuma pantau gerakan janin. Normalnya setiap 2 jam janin itu bergerak. Jadi kalau gerakannya jadi kurang aktif / nggak bergerak segera periksa ke DSOG.

Semoga baik2 aja dan lancar lahirannya yaa!

oia, fyi: kata suami, dulu dia kelilit tali pusat 3 ikatan, tapi dia bisa dilahirkan secara normal, dan baik2 aja sampai sekarang, hehehe.. Jangan khawatir + tetep berdoa. Senasib nih kita ;)

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

7

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

karaflowers, Waktu aku dulu hamil Nendra jg terlilit tali pusat 2 ikatan, yg diketahui dr USG sejak sebulan sebelum persalinan. DSOG-ku sih sempat ngasih tahu ttg kemungkinan persalinan SC.. :(

Saking takutnya dioperasi caesar, tiap malam suami & aku berdoa supaya bisa melahirkan normal & bayiku sehat. Syukurlah bisa normal
delivery meskipun aku hrs melalui perjuangan 23 jam krn diinduksi gara2 pecah ketuban duluan.

Krn terlilit 2 ikatan tali pusat yg lumayan ketat di leher, waktu baru nongol muka Nendra membiru & gula darahnya sempat drop sehingga hrs diinfus utk menormalkan kembali, mungkin krn tercekik tali pusatnya.

Nah, saking kuatirnya aku sama keadaan bayiku, begitu selesai melahirkan aku langsung lari ke Ruang Bayi..hehehe.. :D padahal aku sdg teler berat krn kelelahan. Semua orang yg ngelihat sampe terheran2 dgn ekspresi miris & nyuruh aku hati2.. :p

Menjawab pertanyaan ttg gimana biar tali pusatnya bisa gak ngelingkar lg di leher, kok kayaknya tergantung gerakan janinnya utk berbalik ke posisi sebelumnya sehingga tali pusatnya lepas, tp khan susah ya, kita gak bisa ngatur2 gerak si janin apalagi kl posisi kepalanya udah terkunci di panggul. Satu2nya cara ya terus berdoa Mom supaya semua lancar.. :)

rosalia8hans.wordpress.com | @RosaliaHans
Rosalia Surya Budi
Architect, Interior Furnishings Designer, Free Thinker, Full Time Mom & Wife.. :)
(Non Scholae Sed Vitae Discimus)

8

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

Mom,,Arza juga terlilit tali pusar di leher. Baru ketahuan saat usia kandungan 9 bulan,,Akibat terlilit tali pusar tersebut arza g bisa masuk jalan lahir (kurang 1cm), saya udah berusaha semampu saya dari nungging, jaln kaki terus, ngepel dan nyapu sambil nunduk tapi posisinya tetep disitu (di bagian kiri pas diatas tulang vagina). Tapi saat itu gerakan arza masih lumayan walopun saya emang kerasa banget klo kepalanya dia ya disituuu aja. G pindah2.

Akhirnya saat kandungan 9bulan 1 minggu, saya ngerasa mules2. singkat cerita saya akhirnya g bisa normal delivery karena kepala bayi g bisa masuk jalan lahir akibat lehernya terlilit tali pusar plus kepalanya arza termasuk besar dan setelah Arza lahir baru ketahuan juga klo tali pusarnya pendek banget..

Btw,, adek saya dulu juga terlilit tali pusar dan bisa lahir normal...

Tetep positive thinking ya mom..
HTH

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

9

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

Mustafa juga kelilit tali pusar sejak 7 bulan. Waktu itu dokter masih ngasi harapan kemungkinan untuk normal, selama detak jantung bayi normal dan gerakannya normal.

Minggu ke 39, aku udah mules2 tapi bolak balik periksa belum ada pembukaan juga, akhirnya diputuskan untuk induksi ajah arena ketuban sudah mulai berkurang.

Diinduksi lebih dari 24 jam, pembukaan cuman mentok di angka 2. Karena induksi sudah tidak bisa dilanjutkan dan mikirin keselamatan kami berdua akhirnya nyerah deh di SC. pas diangkat baru ketahuan ternyata lilitan ga cuman dileher tapi di kaki juga...pfuhhhh...pantesan aja doski ga bisa turun hehehe. tau gt kan di SC aja dr kemaren, ga perlu diinduksi yang amit2 sakitnya itu :D

Tetap berdoa aja , persalinan normal atau SC yang penting ibu dan anak sehat :), dan bener kata Bunnia, pantau terus gerakan janin tiap jam nya. kalau merasa gerakannya jauh berkurang, cepet2 hubungi DSOG.

10

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

Wow, dibikinin thread sendiri. Kemarin sih sempet mo ngebikin thread sendiri cuman koq di thread sebelumnya udah duluan pada ngebahas tali pusat walopun ngga se-spesifik ini. thanks a bunch yah mb sidtha ^_^
iyah, Dsog kemarin sih tenang2 aja gitu, pas sy nanya sy kudu gimana dia cuman blg "ngga apa2 kok, nanti pas bersalin, sy dan suster2nya yg akan ambil tindakan" gitu...trus pas sy nanya penyebabnya apa, Dsognya malah ngajak bercanda gitu katanya dedeknya nakal maenan tali pusatnya gitu...ntar dia bisa aja ngebalik lg tuh tali pusat sampe ngga ngelilit lg..jd rada tenang gitu jadinya.

Hmm, jadi emang sepertinya ngga ada yg bisa kita lakuin yah?palingan cuman bisa mantau gerakannya gitu yah?sama berdoa pastinya.
Doain yah Moms semua? biar saya bisa lahiran normal, lancar dan selamat baby sm Mum-nya...
Amieen..amieenn...

11

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

Tenang baja mom..aku nglahirin normal ori jg dalam kondisi terlilit tali pusar kok..selama lilitannya itu gak mngganggu proses perkembangan janin, sptnya msh bisa normal..

Orion ganteng karena mamanya juga ganteng

12

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

mamanya orion,
iya mom, saya baca sih katanya tali pusar itu elastis, ga selalu membahayakan janin. ini lg rajin mantau gerakannya..doain yah mom,,,lancar ntar lahirannya.amienn..

13

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

Aduh ini gue banget, kmaren panik2 karena bayi gue kok aga males gerak biasanya heboh apalagi kalo abis minum/makan manis2.

Akhirnya dengan drama dan udah panik bgt ke dokterlah, ternyata di USG 2D, gerak2 kok cuman dia lagi males aja kali kata dokternya hehehe.

Dicek ternyata ada tali pusar melilit tapi ngga kenceng lilitannya, arus darah ke janin sangat lancar, dan detak jantungnya bagus sekali, udah gitu anak ini tumbuhnya cepeet, minggu ke-25 baru 783 gram sekarang udah 1205 gram di minggu ke-27 ;)

Kata dokter ngga usah terlalu kuatir, karena tali pusar ini ada jelly-nya dan ngga mengikat ketat, kecuali kalo terlalu kenceng ikatannya baru harus dioperasi.

Sama saran dokter rajin2 nungging biar bayinya muter...sekarang masih ada waktu 5 minggu lagi sampai minggu ke-32 untuk menentukan apakah c-sect atau normal *semoga normal, gue takut dioperasi soalnyaaa*

14

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

anak kakak gw kelilit tali pusat jg tapi bisa lahiran normal. tergantung keadaan kelilit nya kali ya mam. maap statement nya gak banyak bantu tapi ngasih semangat aja banyak contoh yg kelilit tali pusat tapi lahirannya normal.
btw katanya bayi yg lahirannya kelilit tali pusat jadinya anak yg cerdas. amiiiin.

Bussy life...happy life...

15

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

sama.. pas terakhir periksa (33 weeks) bayi gw juga kelilit tali pusat, tapi dokter bilang itu gpp selama gerak janin masih aktif, dan bayi di perut juga berusaha melepaskan tali pusat yg melilitnya itu.. dokter cuma nganjurin rajin senam hamil aja, bobo miring ke kiri, dsb..

16

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

Baby Arza sejak 7 bln divonis (halah lebay) terlilit tali pusat di leher..
DSOG ku udah berencana melakukan operasi utk kelahiran nanti..
dunia runtuh rasanya, pengen banget lahiran normal malah digiring ceasar..

14 feb ak masuk ruang bersalin... dikiranya ak mau lahiran karena udah keluar jelly kuning.. akhirnya final check ak di USG dan dilihat kalo tali pusatnya ngga melekat di leher tapi hanya melintas... maka pulanglah aku kerumah

tgl 16 feb, setelah 5 jam kontraksi dan bukaan lengkap akhirnya baby lahir NORMAL.... suami sebagai saksi mata mengatakan kalo pas bayi keluar dokter memutar posisi tubuh bayiku, right!! ternyata babyku terlilit tali pusat di leher...

dari bukaan lengkap ke lahiran selisih 1 jam, babyku nyangkut disana :(
walhasil pas lahir agak biru
http://farm4.static.flickr.com/3416/5712427765_d11ac7d54c_m.jpg

17

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

meizadhania wrote:
Baby Arza sejak 7 bln divonis (halah lebay) terlilit tali pusat di leher..
DSOG ku udah berencana melakukan operasi utk kelahiran nanti..
dunia runtuh rasanya, pengen banget lahiran normal malah digiring ceasar..

14 feb ak masuk ruang bersalin... dikiranya ak mau lahiran karena udah keluar jelly kuning.. akhirnya final check ak di USG dan dilihat kalo tali pusatnya ngga melekat di leher tapi hanya melintas... maka pulanglah aku kerumah

tgl 16 feb, setelah 5 jam kontraksi dan bukaan lengkap akhirnya baby lahir NORMAL.... suami sebagai saksi mata mengatakan kalo pas bayi keluar dokter memutar posisi tubuh bayiku, right!! ternyata babyku terlilit tali pusat di leher...



wahh jarang2 tuh skr ada dokter yg mau mutar posisi bayi.. :)

18

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

tialbaar awalnya dokterku maunya jg operasi, tp krn usg trakhir ga kliatan lg lilitan tali pusatnya dan detak jantung bagus dokterku santai aja.. pas kepala keluar ada tali pusat dan narik badannya langsung diputer

19

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

moms, ikutann yaa
pas week 28 aku c-up (tgl 3 mei) bayi aku smua kondisi sehat, cm memang kemaren posisinya sungsang & terlilit tali pusar 2x..katanya lumayan ketat..disuru dokter nungging2 gt & ajak ngom baby, spy mo muter..katanya efektiff..hehehe

secara ini anak pertama,aku worry banget, akhirnya aku memutuskan pg singapore utk c-up

pas c-up (tgl 11 mei) posisi bayi uda menghadap samping kanan , cm masih terliliitt...dia blg sama aku suruh ajak ngom ajaa..trs masih ada kemungkinan normal..walaupun terlilit, msi bisa normal cm hrus dipasang monitor utk lihat detak jantung..kalo dtak jantung bayi lemah hrus langsung caesar gt.. trs entah kenapa, aku g dibolehin dokter nungging..soalnya bayi aku lg terlilitt tali pusar..katanya takutnya dia kaget gerak2 malah terlilitt lebih kencang..jdi disuru ajak ngom aja & doaa

bsoknya cek dokter lainnya (12/5) dokternya blg posisi baby uda bener!! *yay* puji Tuhan..cm memang masih terlilitt...cm dokter ini malah lebih santai lg, dia blg g perlu ngapa2inn,, krn bayi msi 29-30 weeks kan, masi bisa muterr2 dan walaupun nanti smpe mau melahirkan masih terlilit, masih ada harapan normal kok,, liat kondisi ajaa :)

smogaa bisa normal *amen*

20

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

peachmargarita wrote:
Aduh ini gue banget, kmaren panik2 karena bayi gue kok aga males gerak biasanya heboh apalagi kalo abis minum/makan manis2.

Akhirnya dengan drama dan udah panik bgt ke dokterlah, ternyata di USG 2D, gerak2 kok cuman dia lagi males aja kali kata dokternya hehehe.

Dicek ternyata ada tali pusar melilit tapi ngga kenceng lilitannya, arus darah ke janin sangat lancar, dan detak jantungnya bagus sekali, udah gitu anak ini tumbuhnya cepeet, minggu ke-25 baru 783 gram sekarang udah 1205 gram di minggu ke-27 ;)


sama juga, barusan pulang dr dsog buat cek kondisi baby (21 weeks). Biasanya heboh gerak, kok dari semalam terasa gerakannya berkurang. Awalnya kupikir karena perutku semalam sempat kejatuhan kakaknya yg lagi heboh berdiri2 di mobil (si kakak masih 2.5 tahun).

Setelah dicek dokter dg USG kondisinya, laju aliran darah, dan detak jantung alhamdulillah normal. Ternyata ada 1 lilitan tali pusar di lehernya. Menurut dokter kalau ada lilitan 1-3 tali pusar masih wajar, mudah2an masih bisa lepas sendiri. Cuma memang harus lebih dipantau menjelang due date.

Mudah2an bisa melahirkan normal. tapi kalaupun harus caecar sih aku iklas2 aja, yang penting baby lahir sehat dan selamat. sekarang banyak2 saja berdoa semoga lilitan tali pusarnya bisa lepas.

21

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

aah santai aja- itu kata dsog saya dulu waktu ketahuan baby nya ada lillitan. itu di minggu 33, eeh minggu 35 lilitan kebuka, dan.. minggu 37 ada lagi.. hehehe. sebagai ibu2 kita 'wajib' untuk tidak santai dan kepikiran.. tapii kan gak ada gunanya juga kepikiran sesuatu yg di luar kontrol.:) akhirnya babyku lahir dg lilitan tali pusar, walaupon akhirnya sectio-bukan karena lilitan, tapi karena hal lain- dan sehat2 aja, kok. soo, no worries mama.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

22

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

Iya skrg gue nungging beberapakali sehari hahahahaha...dan tidur miring ke kiri ;)

Aga kuatir sih masih tapi yaudahlah dibawa ga kuatir aja, jgn terlalu kepikiran tp tetep waspada monitoring gerakan aja.

23

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

Baru ngebaca thread ini lagi nih..hehe..ternyata pada akhirnya sy c-sectio juga..karena lilitan itu tadi. padahal udah diinduksi segala, bener2 udah diusahain normal. tapi ternyata ngga bisa juga :(
yasudahlah mungkin emg udah takdirnya si Princess Rorry lahir cesar..hehehe..Alhamdulillah dia sehat dan yess aktif bgttt *pantesan ampe kelilit gitu..hihi*

btw, kira2 ada yg tahu ga ya gmn caranya biar baby ga kelilit tali pusat?jadi parno ntar kalo hamil lagi.. hukz!

24

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

karaflowers wrote:

btw, kira2 ada yg tahu ga ya gmn caranya biar baby ga kelilit tali pusat?jadi parno ntar kalo hamil lagi.. hukz!


karaflowers
bayi terlillit tali pusat ini adalah hal yang diluar kontrol kita, jadi satu-satunya cara untuk mencegahnya ya banyak2 berdoa. CMIIW

positifnya adalah:
* artinya janin gerakannya aktif (tuh buktinya sampe kelilit)
* mitosnya, kalo bayi lahir terlilit tali pusat, ntar jadi anak yang cakep dan pantes pake pakaian apa aja. seperti kata mamaarza
mamaarza wrote:

Katanya kalo baby yg di perut mamanya kelilit tali pusat, pantes pake apa ajah mba :p heheh


btw, ada yang pernah denger mitos ini ngga..
"ibu hamil jangan suka ngalungin handuk di leher, biar bayinya ga kelilit tali pusat"
pertama aku juga ga percaya. trus dijelasin gini.. bayi kan bisa merasakan apa yang ibunya rasakan. pas ibunya ngalungin handuk ke leher, mungkin dia pengen juga main-mainin tali pusat ngalungin ke lehernya. hmm.. menurutku make sense

sekali lagiii, ini cuma mitos ya. boleh percaya atau tidak
yang penting, smoga ibu dan bayi sehat-sehat ya :)

25

Topic: Janin Terlilit Tali Pusat

elfandrani hah ada mitos begitu yak...mmh dulu kayla kelilit tali pusat n kelilitnya parah bgt, sampe dia g bs lg turun panggul...tp rasanya aku g pernah ngalungin handuk, soalnya handukku aku taruh dikamar mandi n g dipindah2in....yah namanya jg mitos ya buuuuk....

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang