1

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

Lightning_Bug
mungkin sebelum diajarkan memakai odol, ajarkan dulu cara berkumur. Agar aman, gunakan air masak. Tunjukkan mama ketika berkumur. Biasanya anak-anak suka karena suaranya lucu, dan mereka menganggapnya seperti main air. Kalau sudah pinter berkumurnya, baru ajarkan memakai odol :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

2

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

Lightning_Bug anak #3 ku juga gigi atas depan berkerak putih2 gitu :( padahal sudah mulai rajin sikat gigi pakai pasta gigi juga dari 18bln.

setuju sama mbak wiwit pertama ajarin aja dulu kumur pakai air yang mateng,jadi kalau ketelen ngga apa2 :) caranya dicontohin aja sambil disembur2 gitu,nanti lama2 pinter deh nyembur2 baju mamanya :p
setelah lancar,bisa mulai dikenalin pasta gigi,keciiil aja jangan banyak2.

Mudah2an berhasil ya ma..

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

3

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

moms, ada yg anaknya pake sikat gigi elektrik ga? khususnya 2 tahun ...

tertarik nih lihat sikat gigi oral b yg elektrik, gambar pooh pula *maniac pooh*

Stallion's mommy

4

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

piouslady aku belum pernah nyoba sikat Gigi elektrik buat anak2,tapi dulu aku pernh pake. Rasanya kayak kurang bersih gitu sih,soalnya kecil kan ujungnya.
Tapi mungkin beda deh kalo yg anak2

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

5

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

Moms... Anakku 17mo kalo sikat gigi suka geli sendiri sama bulu sikatnya. Jadi cuma wacana doang ditempel di gigi abis itu udah. Sebelumnya dia suka gosok-gosok giginya pake teether yang kayak pisang itu loh bentuknya.
Kalo sikat gigi yang dimasukin ke jari kita itu sbenernya untuk umur brp ya? Aku pengen coba pake itu. Mohon infonya. Thanks :)

6

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

sikat gigi yang dimasukin jari itu sebenrnya utk bersihin lidah moms setahun sy... jd kalo anaknya udah tumbuh gigi banyakan mgkn sktr usia 1 tahun lebih udah ga cocok lg pake itu..
mungkin sebelum diajarkan memakai odol, ajarkan dulu cara berkumur. Agar aman, gunakan air masak. Kalau sudah pinter berkumurnya, baru ajarkan memakai odol. awal2nya mereka bakalan isap2 tu si kat gigi krn ngerasain ododlnya yg manis, tp lama2 mereka akan terbiasa sendiri kok moms

7

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

Luke 27bulan, diajarin berkumur tru ngelepeh dia ketawa. Ngerti sih harus dilepeh, tapi wkt dipraktekin malah ditelen dulu airnya baru di lepeh hahahaha...gimana dong? biasanya usia berapa ya bisa lulus berkumur dan melepeh?

8

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

naaahhh iyaaaa
*tetiba nyamber*
aku dah ajarin abhe berkumur kumur gituuuu...
tapi dia cuma ketawa2 aja dan waktu suruh nyoba kumur, malah ditelan...
suka diliatin juga kalo ayahato ibu lagi sikat gigi, dan dia mau nyoba2
tapi so far kalo dia coba sendiri, masih banyak digigitnya daripada digosok2...
jadi masih ibu yang sikatin giginya...
tapi masih pas mandi aja siiiy...padahal setelah makan dan sebelum tidur juga  harusnya dibiasain sikat gigi yaaakkk ....
hihihiiiii...males juga nih ibu abhe...

have been through a long way to motherhood, n find the most emotional life-enhancing journey a woman can make

9

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

Kalo JIbril 23M, dah mau sikat gigi tapi kl sikat gigi sendiri ya main-main jadinya, kalo mau bersih harus kita yang sikatin. Dia juga udah bisa kumurkumur sendiri, kadnag suka iseng disembur-sembur hehe. Waktu belum bisa kumur aku kasih air matang untuk kumur, jadi ketika tertelan masih aman lah, sambil terus dajarin bagaimana berkumur dan akhirnya bisa deh kumur-kumur.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

10

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

Dieta,
Hahaha sama banget kayak Gio (24bulan) seneng bgt sikat gigi sendiri dan jadinya main2. Trus di gigit2. Lucu siihh... cuma kadang jd kelamaan aja krn rebutan sikat gigi :D

11

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

Dulu waktu ngajarin anak-anak berkumur sih aku sama kayak mba dieta, pake air matang. Trus trik supaya anaknya mau lepeh air langsung sebelum ditelan itu caranya main sembur-semburan air. Yaa baalan basah banget sih habis sikat gigi, tapi ga masalah :D

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

12

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

hoaa, bulan lalu dek adam (20m) ke dokter gigi anak buat ceki2 giginya... Aku curhat ttg gimana tipsnya anak sikat gigi biar ga "perang"... Dokter ini menyarankan yang pegang kendali sikat adalah ortu, jangan memasrahkan sikat gigi ke anak yang belum bisa.. karena endingnya tidak akan bersih. tapi kalau uda kelar sikat gigi, boleh deh main2...

ini tips2nya :
1. Posisi paling mudah mengakses gigi anak adalah dengan memposisikan anak tidur di depan kita dengan kepalanya berada di perut kita. Tahan kepala anak, buka bibir bagian atas, sikat gigi atas secara keseluruhan. Lakukan juga untuk gigi bawah
2. Jika sudah ada geraham, sikat hingga belakang. Jika belum tumbuh, biasakan menyikat hingga belakang, bisa pakai sikat atau kasa. Caranya dengan menggunakan kasa yang dicelup air hangat. Gosok lidah dan gigi hingga belakang. Hal ini akan mempermudah orang tua (atau anak jika sudah bisa sendiri) untuk tidak lupa menyikat gigi geraham ketika sudah tumbuh 

lalu kalau masih berontak atau belum mau maka harus dicari caranya, seperti :
1. Kenalkan waktu sikat gigi, buat sebagai jadwal rutin. Katakan pada anak ‘’Ayuk sebelum masuk kamar kita sikat gigi dulu‘’. Aanak kecil masih mudah dibentuk kebiasaannya..... jadi ortu harus konsisten
2. Beri contoh menyikat gigi dengan semangat di depan anak. 
3. Putarkan video tentang sikat gigi
4. Pakai sikat gigi dengan bulu lembut

Manjur buat anakku sih.... sepulang dr dokter gigi, langsung praktek. Aku mencontohkan sikat gigi di kamar mandi, suami sama anak di depan pintu ngelihat, lalu suami nyikatin gigi anak sambil tiduran (sekarang sih dipangku sudah ga berontak). Jadi dek Adam skg udah hapal, sebelum masuk kamar, sikat gigi dl. butuh 3hari penyesuaian, dan no drama ! :)

13

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

hwaaa
mama mommyadam makasih banget sharing nyaa
mau aku praktekan dirumah sama Keanu (15m) dan ayahnya, giginya baru 4 si, tapi sekarang2 kukenalin dulu, awal2 kusikatin, sekarang pengen pegang sendiri, tapi ya gitu ga bersih cuman di gigit2 doang hahahah

14

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

Thanks mommyadam sharing nya :)

Saya juga akhirnya baru mempan setelah diputerin video serunya sikat gigi atau saya ikutan sikat gigi juga :)

woroluvpink.wordpress.com

15

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

mommyadam,
wah thanks for sharing ya ma! :)

Kayaknya kita sebagai ortu harus semakin rajin saat anak mulai tumbuh gigi kali yaa.. Biar anak ngerti kalau sikat gigi itu wajib.

Soalnya berdasarkan pengalaman dan dapet cerita dari sodara + tetangga, kalau baru mulai ajarin sikat gigi pas gigi dah banyak/ anak udah gede, jadinya susah dan anak pasti berontaknya banget2.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

16

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

mommyadam, thanks yaaa sharingnya.

iya kalo anak sudah terbiasa dan suka sikat gigi nanti dia sendiri yang mengingatkan koq aku blom sikat gigi jd enak dan dia udah tau rutinitasnya.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

17

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

Tfs mom ocha mommyadam ...
pinter sikat gigi ya damdam... bisa diprediksi senyumnya bakal memikat banyak gadis di masa depan...xixixixixiiiiii....

kalo baby abhe siy memang udah biasa "sikat gigi" sjk nb ...
dari pake jari ibu dibungkus kassa steril dan celup air mateng hangat untuk bersihkan lidah dan gusi...
terus bertahap pake finger tooth brus setelah ada gigi yang nongol
terus pake sikat gigi pigeon step 1, step 2, step 3...ngikutin manualnya...
sampe skr 20mo, masih pake air mateng hangat aja...belum pake pasta gigi
tapi ngga pernah drama2 kalo mau sikat gigi...adalaaaaah sesekali ngerengek...apalagi kalo pas tumgi/erupsi...sakit kali yaaa...
tapi ngga pernah yang ngga mau sikat gigi samsek..
dan masih ibu yang sikatin...tp setelahnya sering minta sikat giginya trus "sikat gigi sendiri"

so far, yg paling pw kalo setengah peluk pake tangan kiri ibu, stengah tiduran ke pundak kiri ibu, trus tangan kanan ibu gosok gigi abhe .....

have been through a long way to motherhood, n find the most emotional life-enhancing journey a woman can make

18

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

iyes sama2................ semua sarannya itu plek omongan dokter gigi pas periksa :D

memang bagusnya biasa sedini mungkin ya mbak tika ibuabhe
jadi kebiasaan memang lebih ditekankan ketimbang teknik, teknik bisa menyusul :)
semoga gigi anak (dan emaknya juga) sehat terus! :)

19

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

mau ikutan share juga..
Menurut dokter gigi, sampai anak usia 6/7 tahun apa ya, anak harus disikatin giginya oleh Ortu.. Tentunya anak boleh tetap menyikat giginya sendiri, tapi setelah itu tetap harus dicek oleh ortu tingkat kebersihannya biar paripurna hehehehe,,,
Kalau anak-anakku memang sejak bayi sudah dibiasakan dibersihkan giginya tiap hari..awalnya pakai kasa+air hangat. Pernah cobain sikat gigi silikon jari itu, tapi justru berasa gak bersih..lbh bersih pakai kasa/handuk kecil.
Mulai umur 1 thn diajarin cara sikat gigi, dia lihat kita melakukan di hadapannya. trus sikat gigi bareng2 hadap-hadapan..
Kalo udh selesai sesi by si anak, baru disikat lagi oleh ortu.

20

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

otie,
#kid1 hampir 8 tahun masih suka aku cek dan sikatin lagi kalau habis sikat gigi.
Anaknya sih masih mau, jadi ya akan di terusin sampe anaknya risih. hahaha...

ahh setuju, sikat jari itu kok ga berasa apa-apa yaa? aku malah suka ngeri kalo copot di dalem.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

21

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

duh, sama nih
klo anakku nggak bisa diajakin kumur2 gitu. 
gimana cara ngajarinnya ya?
byw, anakku umur 2,5 tahun

22

Topic: Tips: Mengajari Anak Sikat Gigi

laila, ditunjukin aja cara kumur-kumurnya, umur 2,5 tahun udah bisa ngikutin dan ngerti, kasih air matang dulu aja buat dia belajar, nanti lama-lama dia akan bisa sendiri, nah kl dah bisa gpp pake air keran. Rutin setiap hari dicoba sih biar cepet ngertinya.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/