1

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

mau nanya ni mamas..
bener ga sih mengkonsumsi penguat rahim itu bikin bayi nantinya kumisan..?
maaf ya klo OOT

2

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

verhakay :) mungkin, kalau bayinya cowo, setelah 15th akan kumisan. hihihihi #asal.
enggak, bu.. dulu aku hamil anak pertama dikasih penguat rahim (duphaston) selama trimester 1. lahir alhamdulillaah sehat sempurna ga pake kumis, anaknya cewe :D

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

3

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

verhakay Masa' sih bikin kumisan? Apa hubungannya obat penguat sm kumis? *bingung*.

Kalo saranku.. kehamilan itu kan emang penuh mitos yah, inilahh itulahh, nahh jangan semuanya didengerin, moms. Sugestinya yang positif aja yah, kalo penasaran, tanya aja langsung sm dokter km. Jangan terlalu dengerin mitos2 yang aneh2, nanti pusing sendiri lho. Tanya aja langsung sm ahlinya :)

? Working Mommy I Architect I @yantri_abshar ?
Really fall in love with my little one (?????)
www.lifeofyantri.wordpress.com

4

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

mummyhilya, Ms_Anti.. iya, bingung jg makanya nanya.. hehehe..

kmrn jg juga baru denger dr teman yang dulu minta penguat rahim ke dokternya karna mau pergi liburan naik pesawat, tapi dokternya ga mau ngasi yang diminum, kata dokternya nanti anaknya kumisan gitu..

5

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

hi..hi...ada2 aja ya..

krn suami saya WNA dan awal2 kehamilan wkt msh di LN anak masih dikit jadi terbiasa ngk dengar ini itu spt pantangan/pamalinya bumil, kebetulan suami health practicioner juga. Sekarang dah balik tinggal di Indo dan sekarang lagi hamil anak ke 5, udah ngk ngaruh dengar2 cerita spt itu :-) hamilnya alhamdulillah jadi mudah aja, kecuali pas morning sickness 3 bln pertama. sampe nyidam pun bs saya bedaain pengennya baby or mommy, he..he..

Deasi Srihandi

A Homeschool Mom, A Sister Wife n’ Freelancer of Everything a Woman can Possibly Do!

6

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

Verhakay, numpang ngakak ya.. Hihihihi. Lucu amat tu dokternya :D

Ini hamil udah 38w masi perlu minum suplemen ga si? Dari awal diresepin osfit DHA, sama beberapa bulan minum penambah darah soalnya HB rendah. Kalo udah usia segini kan perkembangan baby udah mateng bukan sik?

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

7

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

verhakay
aku 3 bulan pertama dikasih duphaston, browsing2 sih itu isinya hormon sintetis, efek sampingnya (katanya) rambut si baby rada banyak...kalo aku sih no problemo..toh aku sendiri berkumis tipis kok..byk yg bilang seksi malah :P

ningnung
aku dari pas hamil 17 minggu dikasih DHA juga, sekarang hamil 23 minggu..memilih untuk diminum, soalnya prinsip aku sih suplemen/vitamin itu kan bukan obat. Kecuali kalo makannya bagus, mungkin berani kali ya ga diminum suplemennya...tapi berhubung aku makannya gragaz..wkwkwkw..mending diminum :P
lagian sayang juga udah dibeli ga diminum..ntar diprotes suami, udah dibeli kok dipajang doang :D *peace*

@winigunn

8

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

hihihi..gw ngakak lg nih ngebayangin anak bayi kumisan.. :)


gw dulu jg dikasih supplemen asam folat dan kalsium. Tp dsog bilang sih itu ga perlu dikonsumsi setiap hari. Yg perlu adalah makan dgn menu bergizi seimbang setiap hari.


Krn saat itu gw bumil yg bekerja di kantor, dgn keterbatasan wkt, mengonsumsi suplemen ini tentunya akan membantu memudahkan gw menyelesaikan pekerjaan. Jd dgn sekali teguk, zat gizi yg gw perluin udah tercukupi. Dan bumil itu kan biasanya males makan yg enek2 kyk telur dan ikan, jdnya mengonsumsi suplemen ini membantu menguatkan stamina bumil.


Dsog gw bilang sih lbh baik lsg mengonsumsi bahan alami, spt sayur,buah,kacang2an,biji2an, ikan,telur,daging,tahu tempe itu krn makin pendek rantai produksi maka makin baik, makin mudah diserap tubuh dan janin, dan baik utk sistem pencernaan.


Sedangkan zat2 yg berlebihan akan dikeluarkan melalui faeces dan lendir2 dr v4gin4. Jd kalo bumil pupnya keras, kemungkinan krn terlalu byk zat besi yg dikonsumsi, atau kekurangan konsumsi sayur dan buah.


Jd imo, utk kondisi tertentu suplemen itu memang perlu tp tidak utk dijadikan konsumsi utama setiap hari.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

9

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

moms.. mau nanya lg..
bener ga ya.. mengkonsumsi penguat rahim bs bikin plasenta lengket?
selain suplemen dr dokter, ada yg pake suplemen herbal ga?

10

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

@verhakay suplemen herbal itu seperti sari kurma bukan? kalo iya, aku minum itu juga, tp emang dari sebelum hamil juga udah minum, jd kebiasaan aja :)

11

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

iya.. seperti sari kurma, atau habbat dll gitu..

12

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

Hi Moms,

Sharing jg ya, saya skrg kehamilan 14W, kehamilan pertama, Alhamdulillah ga mual2 muntah, masih aktif kuliah dan nyetir kuningan-depok bbrp hr seminggu. Dari awal tau hamil saya mulai byk konsumsi buah dan salmon omega yg EPA dan DHA nya tinggi, itu saran dari ayah saya katanya bagus utk perkembangan otak janin dan kecerdasannya (dan juga mata, gigi, dan byk lg), terus disuru byk mkn seafood (terutama kerang, salmon) biar cerdas juga katanya (tapi kira2 juga sih, terlalu banyak seafood juga ga bagus apalagi yg byk mengandung merkuri ya). Kemudian jg tes lab darah TORCH lalu mulai kontrol dan konsultasi dokter pas usia janin 5W, wkt itu dikasih suplemen Folamil Genio. Kemudian check up ke-2 dikasih kalsium, terakhir check up ke-3 br minggu lalu saya minta suplemen asam folat lagi, krn sadar diri akan makanan sehari2 saya.. :p Saya dikasi Esfolat sm dokternya. Jadi skrg saya kombinasi 3 suplemen, minyak ikan Salmon Omgea-3, kalsium, dan Esfolat.
Nah saya mau tanya nih sm semua, sbnrnya kombinasi suplemen2 ini baik ga sih? Ga masalah kan klo dikonsumsi berbarengan? Saya sih konsumsi nya terpisah, ada yg pagi, sore, dan malam mau tidur. Sarannya ya Moms..

Thank you, semoga sehat terus semua :)

13

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

cuma dikasih zat besi&kalsium sama obgyn, pas minta suplemen malah dimarahin "Ibu makan aja yang bener! Ikan laut, sayuran, daging itu lebih baik dari suplemen pabrikan" Ya udah deh nurut aja...mana suami ngeliat ikan aja bisa muntah-muntah, jadinya kalo makan seafood sama temen-temen deh

14

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

mom slesta, minyak ikan itu diminum karna kandungan omega 3, epa, dha nya deh kayanya. cuma emang milihnya yang harus hati2 karna takut ada yang mengandung merkuri, jadi milihnya merk2 luar negeri yang udah jamin produknya ga mengandung merkuri -hasil kesimpulan saya setelah browsing karna saya juga tertarik mengkonsumsi minyak ikan, soalnya buku dr oz tentang kehamilan itu menekankan pentingnya dha berkali2 di berbagai halaman bukunya. :-D

15

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

aku dulu awalnya dikasih tahu sama bidan di kantor untuk konsumsi folamil genio. setelah habis 1 botol (30 kapsul), kebetulan ganti dokter dan dikasih Ferofort + Osfit DHA. Ferofort ini juga mengandung asam folat 1 mg ditambah dengan zat besi. soalnya pas cek lab, Hb ku <12 jadi dikasih tambahan suplemen zat besi (ferofort), disuruh makan daging merah dan sayuran hijau. Aku cuma konsumsi 2 kapsul ini aja, folamilnya udah di stop.

16

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

oh iya... osfit DHA itu ada kandungan tuna fish oil nya juga

17

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

Hi moms,

Sejak kehamilan trimester kedua sih aku cuma dikasih kalsium & elovess sama dsog ku. Tapi akhir trimester 2 mulai minum minyak ikan untuk ibu hamil rekomendasi dr kakak di S'pore namanya Neurogain. Sebelumnya aku juga tanya ke dsog ku boleh atau tidak mengkonsumsi neurogain tsb. Tapi krn di jkt gak ada yg jual jd belinya masih nitip sama kakak ku :)

18

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

indrie, wah kalo hasil googling kayanya neurogain bagus juga tuh buat dikonsumsi...

19

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

Lily ~ Iya kalo baca2 katanya memang bagus cuma sayang yaa disini knapa gak ada. Harganya sih mungkin sekitar 125rb isi 30 vegicaps. Ada gak sih merek lain yg dijual di jkt dengan kandungan yang sama?

20

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

indrie
di kota aku ada jual itu Neurogain, di toko yg jual makanan2 impor. kakak ku dl makan itu jg. harganya disini 130rb.

kalo aku sih pake produk Blackmores yg "Pregnancy and Breast-Feeding Gold".

mengandung DHA, jdi dr 3 bulan, aku ga minum DHA dr dokter, cm ini aja, kata dokter ku cukup banyak vitamin nya.. cm ditambahin kalsium aja sama dokter.

enaknya Blackmores ini dia ada vanila flavour, sbnrnya gak terasa sih vanila nya, cuma ga bau aja. kalo tmn saya minum DHA yg diresepin dokter suka mual krn agau bau amis (ikan) katanya.

boleh dicoba ini moms, ini bs d minum smpai nanti habis melahirkan dan menyusui.

21

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

sugar lokasi dimana? kira2 tokonya ada websitenya ngga yah? trus neurogain/ blackmores nya soft gel atau pil? hehe... sori nanya kebanyakan...

22

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

lily fcmdw
saya lokasi nya di medan mom. toko nya ga ada website nya. kalo blackmores nya soft gel. tapi di medan g ada jual :( hanya ada di Singapore sama Australia.

kalo yg neurogain nya saya kurang tau pasti nya apakah soft gel atau pil. saya PM ke mom ya kotaknya yg saya lihat :)

23

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

waktu trimester pertama cuma di kasih supplemen asam folat, anti mual (ga aku tebus he3x) sama calcium (aku prefer calcium lain, bukan yg di resepin)

nah wkt kmaren kontrol (udh masuk trimester kedua) aku di resepin 4 macem (banyak bgt y). Berhubung males antri n udh malem jd ga beli di apotek tempat aku praktek, beli di apotek lain besokannya. Tp apotekernya kesulitan baca tulisan dokternya :p

katanya yg kebaca cuma obipluz, ama prolacta DHA. yg 2 lagi ga jelas, tp yg aku inget dokternya bilang yg terakhir itu vit byar babynya ga cacat. nah apa emang perlu vit ampe 4 jenis gtu y?coz yg aku liat si prolacta itu DHA, obipluz itu multi vitamin (ada dha juga, asam folat, calcium dll) ko jd double2x gtu y? ada yg pernah ngalamin kah?

24

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

Dear All,
mau tanya dong. Aku kemarin check perdana ke dokter dengan usia kehamilan 6 minggu. Dikasih Folavit (asam folat) dan obat yang katanya untuk penguat kandungan, namanya Duphaston.
Berdasarkan hasil browsing sana-sini, Duphaston itu isinya hormon progesteron sintetik, dan umumnya dipakai sebagai treatment untuk siklus menstruasi yang tidak teratur. Kadang dipakai juga sebagai Hormone Replacement Treatment untuk transgender (nahlho?)
Ada web yang bilang obat ini sebaiknya jangan diminum saat hamil ( http://www.inhousepharmacy.biz/p-814-duphaston-10mg-10s-by-abbott.aspx ), tapi ada juga yang bilang tidak ada efek samping kalau diminum saat hamil ( http://www.netdoctor.co.uk/womens-health/medicines/duphaston.html )

Akyu jadi bingung iki hahaha
Lihat di thread TUM yang tentang spotting/miscarriage sepertinya banyak yang dikasih Duphaston setelah ada flek atau ada sejarah miscarriage. Tapi sampai sekarang alhamdulillah aku belum ada indikasi flek, dan karena ini kehamilan pertama jadi belum pernah miscarriage juga

Boleh share dong kalau ada yang punya pengalaman minum Duphaston padahal nggak ada flek/sejarah miscarriage ya
terima kasih :)

25

Topic: Suplemen & Nutrisi untuk Ibu Hamil

rabbitmom kalau boleh tau, kenapa mesti dikasih duphaston itu? apa ada masalah dengan kehamilannya makanya dikasih obat penguat kandungan?

soalnya kalo di LN, jaraaang sekali ibu hamil dikasih obat penguat kandungan. saya malah tau ada obat kayak gini dari teman2 yang hamil di indonesia.

jadi mungkin kalau tidak ada masalah dengan kandungannya, tidak dikonsumsi juga gapapa.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta