1

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

Icha, sampe berapa lamanya kurang tau deh.. Mmm mungkin sampe baby nya keluar kali ya :) karena gw kan sering backpain parah ya, gw kira karena punggung masih "kaget" harus nopang baby yg tambah gede, jadi lama2 bakal ilang sendiri backpainnya. Eh kata temen itu ilangnya ya kalo baby nya udah lahir, hehehe

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

2

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

aku juga nih, 23 tahun, kurleb 3 bulan lalu melahirkan anak pertama,
sekarang sendi2 jari (bagian paling atas) nyeri.. kadang sampe susah klo mau gendong anak.
sama telapak kaki saki, esp kalo malem. udah mirip2 penyakit mamaku.
antara asam urat apa kurang kalsium ya?

i am full time a mother! ;)
blog // twit // insta

3

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

Ikutaaan.. Keluhan selama hamil BANYAK SEKALI hehe, sampe akhirnya harus cuti setaun dari sekolah, dan selama itu full bedrest ga ngapa-ngapain selain tidur saja hohoho.

Trimester awal, muntah ga karuan, berat badan turun sampe 4 kg, ga bisa masuk apa2 sampe bolak/i harus diinfus. Air putih pun dikeluarin:p

Masuk trimester kedua, sesak melanda. Ga enak banget rasanya, megap-megap ga bisa napas. Setelah dicek, ternyata ada kelainan hormonal di katup jantung. Dan jangan salah, muntah yang katanya cuma di trimester pertama tetap mengikuti di trimester ini. Sering ngeflek juga.

Masuk trimester ketiga, tensi melonjak sampe 160/110, seluruh badan bengkak, kepala pusingnya minta ampun, perdarahan mata (konjuntiva), sampe akhirnya aku ga bisa liat. Lengkap:p Jangan ditanya badan sakit semua. Sering pipis, sampe akhirnya harus diterminasi sebelum waktunya:D

Beneran deh, surga ada di telapak kaki ibu:D

4

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

Metameta, iya bener :) siapa bilang jadi ibu pekerjaan mudah
the most amazing job he he he

Ningnung, waduh ampe 3 bulan lagi donk, suami siap2 mijitin terus tiap hari (^_^)

A Daughter, An Engineer, A Wife, A Mother

5

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

metameta, yang di trimester 3 kok syeram ya :( tapi begitu lahiran udah back to normal lagi kan? itu karena masalah katup jantung juga ya?

icha, hehehehe bersabar ya mamaaa.. coba diajak ngobrol baby nya, mainnya yang pinter, biar bundanya ga pegel. It works on me loh, apalagi kalo yang ngomong bapaknya :)

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

6

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

ningnung,
kalo yg ajak omong bapaknya gerakan tambah heboh :D
memang harus sabar dan enjoy (*_^) thank you sista

A Daughter, An Engineer, A Wife, A Mother

7

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

ichalovecat bener, harus sabaaaaar banget:D

ningnung iyes, begitu melahirkan semua kembali normal:)

8

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

ichalovecat wrote:
Dear Mamas,
ada yang pernah mengalami rasa sakit di tulang rusuk bagian paling bawah sebelah kanan di atas perut pas
buat duduk pun sakit, cuma bisa enakan kalo dibaringkan
saya sudah sampai ke internist dan tidak ada masalah dengan organ dalam sekitar situ, tapi masih sering sakit. kalau pas parah buat ketawa aja sakit.
any information? thanks before



Halo siska, lama ga ngobrol ketemunya disini. Selamat atas kehamilannya :D

Mo share aja. Kebetulan baru kemarin banget aku nanya fisioterapist pribadi (alias suami) karena aku jg lg ada masalah sm otot punggung yang katanya namanya Low Back Pain (LBP).

Beda nya kl masalhku dsebabkan oleh kesalahan posisi tidur (tempat tidurnya terlalu empuk), dan baru aku sadari setelah hampir satu tahun. Dan hal ini menyebabkan terjadinya perubahan struktur otot, yg berakibat nyeri.

Trus aku bertanya, nah kalo kasusnya orang hamil, gimana? kan ada pembebanan menerus(selama usia kandungan).

Suami menjawab, nanti otot punggung akan menyesuaikan dengan sendirinya. Dan dalam proses penyesuaian itu mungkin akan menimbulkan rasa nyeri.

Penyembuhannya:

Nanti aku tanyakan lagi ke suami, barangkali nanti bisa membantu.

Pencegahannya:

Agar tidak timbul rasa nyeri waktu hamil, baiknya melakukan latihan otot punggung sebelum hamil. Bisa dengan nge-gym ato yg paling gampang ngegendong ransel di depan secara rutin. Jadi nanti ketika hamil, otot punggung sudah terbiasa dengan pembebanan tersebut.

Hari ini masak apa ya?

9

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

kl di-angetin (balsem/ botol air anget?) membantu gak mba ichalovecat? dulu sih gw sakitnya tulang pas bagian antara 2pd. pas hamil 8bulanan, yang emang lagi neken banget ke daerah itu. biasanya gw berdiri dl (kl dah kebanyakan duduk) nafas panjang sambil usep2 bagian yg sakit. kadang diangetin. lumayan membantu.

Bussy life...happy life...

10

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

neetha_oe
he he he, ketemu nang kene mbakyu (ups) :D
enak nih punya fisioterapist pribadi, udah gol belum nit? :D
mungkin karena kasur juga kali ya

dewiamel,
lumayan mamas, membantu kalo dikompres air hangat
sama digosok-gosok misua :D
pagi hari dah hilang, semakin siang terasa lagi, paling parah ya pas mau bobo, jadi musti diterapi suami *halah :D*

A Daughter, An Engineer, A Wife, A Mother

11

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

Moms...
Aq lg hamil anak kedua, krg lebih 19minggu-an. Sktr 2-3hr kemarin, aq ngerasa sakit di bag kepala belakang. trus klo mo rebahan di kasur, posisi kepala blm nyentuh kasur ato bantal, kepala uda cenut2 duluan. tp klo kepala nyentuh guling (gulingku lbh tinggi drpd bantal), ga smp brasa cenut2... trus klo pas solat jg gt,,,pas sujud, nyeri di ubun2 smp brasa ketarik ke muka. itu sakit banget. trus klo lg membungkukkan badan terlalu rendah, jg susah krn lgs nyeri di kepala. kecuali klo aq sdkt berjongkok, ini lmyn membantu,, ga nyeri2 banget. apa ini gejala anemia-kah?

Sebelum pny anak, aq jg sering alami kliyengan gt, apalagi klo bangkit dr jongkok ato dr posisi di bawah lgs berdiri,pasti kliyengan,berkunang2 gt. pas hamil anak pertama,, ga pnh kejadian gn sih..

apa makanan yg aq konsumsi krg nutrisi ya? jujur nh,,lg males2an minum suplemen/vitamin. klo anemia ada kaitannya dg tekanan darah ga,yah?

anyone can help me?

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

12

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

natallia..waktu hamil kmrn aku juga suka gt kok, terutama kalau lagi sholat. Kepala suka sakit-pusing, terutama setelah bangun dari ruku/sujud dan kemudian kembali ke posisi berdiri.

Kalau di aku dulu, aku juga kira karena anemia, tapi ternyata hanya karena darah rendah krn waktu periksa darah, Hbku ternyata masih dalam range normal.

Skrg setelah anakku umur 2 bulan, juga sering pusing-sakit kepala, terutama jika terlalu capek. Aku pernah ngukur pakai tensimeternya mertua di rumah, dan mmg lumayan rendah tensinya. Kalau sudah gini obat yang paling mujarab adalah tidur.

13

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

natallia Iya bener kata indriani, kalo udah kliyengan gini obatnya cuma istirahat (kalo gue sih gitu). Jadi kegiatannya seputar tidur, makan (yang bergizi) dan tidur lagi...

Sekitar 2 bulan yang lalu gue juga pernah ngalamin tekanan darah drop banget sampe 80/50, kebetulan di kantor lagi ada med check dan pas gue diukur tekanan darahnya, dokternya sampe bingung. Emang gue ada riwayat tekanan darah rendah tapi ga pernah serendah ini. Anehnya gue ga ngerasa kenapa2, wong masih nyetir ke kantor dan kerja... tapi emang kata temen2 gue keliatan pucat banget dan kepala terasa agak berat. Akhirnya gue makan siang dulu dan pulang, abis itu tiduuuurrr dan langsung berasa lebih segar.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

14

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

Ikutan ya moms... :D

Sekarang lagi hamil pertama nih (jadi belum bisa cerita keluhan setelah hamil, hihi) tapi mirip sama rata-rata para mommy di sini.

Trimester pertama: Antara idup dan mati, hahaha. Muaaaaal mulu, mau makan apapun rasanya salah - sampe diomelin suami gara-gara males makan. Ya abis kan baunya ga nahan... - dan gampang banget cape. Dulu hajar lah tidur jam 11-12 malem. Lha sekalinya hamil, tidur jam 10, bangunnya bisa siang dan masih kerasa cape. Rasanya ga karuan, sampe waktu itu aku nanya ke nyokap, "ma, kok bisa sih mama kuat punya anak empat? Aku hamil pertama aja ga karuan rasanya." Hahahaha :D

Trimester kedua: Sudah agak lebih enakan badan. Lebih cihuy sedikit lah, makanan udah mulai bisa masuk, mulai sering laper (jadi wanti-wanti ke diri sendiri, harus jaga berat badan, huhu) tapi ga enaknya... LEMOT BANGET. Jadi suka telat mikir dan gampang lupa! Kebetulan aku kerja sebagai dosen, dan aku suka ketuker-tuker muka dan nama mahasiswa di kelas. Buset dah. Terus kadang-kadang suka mendadak pikiran bengong aja gitu. Terus pinggang mulai kerasa pegel-pegel, kaki juga (jadi langganan ke pijat refleksi, huhu.)

Belum bisa cerita trimester ketiga nih, soalnya usia kandungan masih 5 bulan. Insya Allah lahiran pertengahan April tahun depan :) Doa restunya ya mommy sekalian :D

Oh iya, mau nanya nih... Seminggu ini bagian bawah rahim kadang kerasa sakit. Rasanya kaya ditusuk gitu, tapi ga sering sih. Cuma sesekali aja. Kalo aku bawa gerak/beraktifitas, sakitnya ga terlalu kerasa. Kerasa baru setelah beraktifitas. Aku mikirnya sih efek karena kecapean. Ada para mommy yang juga ngalamin ini ga ya? Suami udah ribut nyuruh aku ngontak dokter, tapi yaaa... Aku masih ngerasa belum perlu sih (selama sakitnya bukan di rahim.) Kalo ada yang juga pernah ngalamin, punten di-share ya mommy :) Terima kasih sekaliiiii :D

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

15

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

kappachan, gw toss dulu soal yang lemot itu. hahahahaha. emang kadang suka ngerasa lemot dan pelupa banget, sampe suami gw hafal saking seringnya gw ngeles kalo lagi lemot/pelupa gw bilang ini karena efek hamil.

kalo nyeri di bawah perut setau gw itu peregangan rahim, kan tambah gede rahimnya mulai tambah melar dan otot2nya meregang jadi suka cekit2 rasanya

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

16

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

Whaaa, tos sama ningnung :D Parah nih, lemotnya bener-bener sampe lupa. Sempet lupa matiin kompor (menyala terus selama 15 menit.) Hadududu, paniiik. Alhamdulillah ga ada apa-apa, dan takut-takut cerita ke suami, hahaha.

Trims pencerahan soal nyeri ya :D Alhamdulillah bukan apa-apa ya. Jadi lebih tenang rasanya, hihi.

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

17

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

lagi hamil 17 minggu...keluhan kynya bnyk deh mommies...tp yg paling kerasa ngilu dan nyeri di perut kiri kyk dicubit2 dan timbul tenggelam...apalagi klo bnyk aktivitas...smp pengen nangis krn khawatir knp2...tp blm cek dokter lagi sih,, jd cm menduga2 sendiri...scr sy hamil dg kista di kiri dan kanan yg lmyn besarnya..jd kt dokter musti berhati2 n ga boleh cape2...padahal kalo jalan udah kyk putri aja nih..pelaan bgt....tp yg membesarkan n membahagiakan hati adalah klo ingat klo kita sedang menantikan kehadiran si kecil bbrp bulan k dpn...

18

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

ningnung + kappachan - wah, kalo yang lemot itu, tersisa ampe setelah melahirkan nih, biarpun ga separah waktu lagi hamil. kayaknya ingetannya ada yang ikutan keluar ama anaknya deh...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

19

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

hihihihi kata temen2 gue di kantor, yg mayoritas bapak2, kalau udah lahiran otaknya berkurang satu ons. hihihi *oot*
sebenernya bukan lemot, kali yaa.. tapi konsentrasi lebih rendah :) karena yg dipikirin kan nambah tuh *alesan* dan semakin multitask, pasti resultnya makin gak oke.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

20

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

sekarang saya lagi hamil 24 minggu, aduh ini perut kenceng bgtttttt.. dah gitu panggul sebelah kiri sering pegel :)

tapi tetep semangat koq :D

twitter @NieAnita | Pejuang ASI

21

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

Kalo waktu hamil:
• mabok trimester pertama. Duduk aja kadang mau pingsan juga.
• benci sayur yang nyemek2.
• kaki bengkak
• keputihan
• rematik kambuh di jari2 kaki, jari2 dan pergelangan tangan
• ngantuk melulu

Setelah 6 bulan melahirkan:
• rematik di pergelangan tangan kanan masih, tambah parah malah.
• jari2 udah jauh lebih baik tapi ngga seenteng dulu
• di dalam perut kayaknya ada yg bergerak gitu kalo berubah posisi, mungkin otot2nya belum luwes ya? Diapain ya mams?
• jahitan di lubang daerah v masih sering nyeri, sampe sekarang masih takut2 kalo meu nyentuhnya.

Thalia
wahahaha.. iya tu, mungkin ada transfer kapasitas daya ingat dan konsentrasi ke anaknya,,

? You are my universe ?

22

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

thalia wrote:
ningnung + kappachan - wah, kalo yang lemot itu, tersisa ampe setelah melahirkan nih, biarpun ga separah waktu lagi hamil. kayaknya ingetannya ada yang ikutan keluar ama anaknya deh...


Duh ini gue banget deh, apalagi setelah lahiran anak kedua. sekarang yg parah adalah vocabulary english gue tiba2 berantakan banget, padahal beberapa seriiiiing banget dipake. selalunya gue udah tau mau ngomong apa, tapi pas udah nyampe lidah tiba2 memori di otak ngilang aja tiba2. lupa deh mau ngomong apa.

udah gitu pernah sekali lg ditelepon suami ke hp, lagi asik2 ngobrol tiba2 panik kalo hp hilang. sambil ngerogoh2 tas, buka2 laci cerita sama suami kl hp hilang, padahal lagi dipake nelepon tuh. itu pertama kalinya gue diketawain sama orang via telepon 10 menit ga berenti2.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

23

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

charissarhanie LOL, gue ngakak baca yang lo ilang HP, pas di twitter juga udah baca, tapi pas diceritain disini lebih jelas.. masih tetep ngakak! hihihi..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

24

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

charissarhanie wrote:
[quote=thalia]ningnung + kappachan - wah, kalo yang lemot itu, tersisa ampe setelah melahirkan nih, biarpun ga separah waktu lagi hamil. kayaknya ingetannya ada yang ikutan keluar ama anaknya deh...


Duh ini gue banget deh, apalagi setelah lahiran anak kedua. sekarang yg parah adalah vocabulary english gue tiba2 berantakan banget, padahal beberapa seriiiiing banget dipake. selalunya gue udah tau mau ngomong apa, tapi pas udah nyampe lidah tiba2 memori di otak ngilang aja tiba2. lupa deh mau ngomong apa.

udah gitu pernah sekali lg ditelepon suami ke hp, lagi asik2 ngobrol tiba2 panik kalo hp hilang. sambil ngerogoh2 tas, buka2 laci cerita sama suami kl hp hilang, padahal lagi dipake nelepon tuh. itu pertama kalinya gue diketawain sama orang via telepon 10 menit ga berenti2.[/quote]

hihihi.. ceritanya lucu mba...
akupun kayaknya jg jd lemot deh,, *eh apa dr dulu tp gak nyadar ya?? :D
sampe sebel klo lg diketawain suami, n suami jg ampe geleng2 klo lemotku lg kambuh... huh...

Selama hamil kemaren sih keluhannya paling cuma mual di awal sm kaki bengkak di bulan ke-5 hingga melahirkan. pas udah ngelahirin, keluhannya apa ya?? Karna aku SC, mgkin pas awal2 masi suka berasa nyeri dikiiittt di perut kali yaa,, tp terobati dgn melihat wajah lucu-imut-polos-cute nya diandra, hehehe *Narsis abis,, :P

25

Topic: Keluhan Selama Hamil dan Setelah Melahirkan

sLesTa wrote:
charissarhanie LOL, gue ngakak baca yang lo ilang HP, pas di twitter juga udah baca, tapi pas diceritain disini lebih jelas.. masih tetep ngakak! hihihi..


duh shin, pas itu kejadian tuh gue beneran panikkkk banget. soalnya pas lagi jalan dari nursing room balik ke kantor lagi. jadinya sambil lari2 karena pake takut diambil orang segala, wahahaha..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)