1

Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

cerita dulu dikit yaa.. Nay (20m) udah kira2 2 bulan ini preschool. kalo di kelas sukanya hilir-mudik sibuk sendiri dan (hampir) gamau duduk diem. aku pikir sih namanya baru mulai sekolah ya gapapa lah masih mau2nya sendiri. tapi suka aku perhatiin kalo pas kegiatan yg harus duduk --gunting, tempel, crafting, painting, dll-- kadang2 dia suka bengong gitu. tangannya sih coret2 atau ngoles2 kuas. tapi matanya ngga ngeliat kertasnya, kaya bengong ngga fokus. aku takut aja keterusan dan nantinya dia jd susah konsentrasi..
pls share dong moms & dads,kalo ada yg punya tips2 utk melatih fokus/konsentrasi anak, terutama toddler. tia yaa :)

2

Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

riri kayaknya anak umur 20m emang begitu deh. anak umur segitu emang masih punya short attention span. justru karena udah dimasukin sekolah, dia akan terlatih untuk fokus karena sering dikasih kegiatan dan task oleh gurunya.. walopun masih dibantuin. itu akan ngebantu dia untuk jadi lebih fokus kok.

kalo di rumah, bisa diajarin pake flash card misalnya. tapi ga bakal lama emang spannya. jadi kalo bisa duduk manis 10 menit aja udah more than enough.. lama2 dilatih untuk lebih lama. mengerjakan craft bareng2 ato sesuatu yang dia interest banget, bakal bantu juga. karena biasanya kalo si anak itu interested banget dengan task yang dia kerjain, dia bakal bisa duduk manis lama.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

setuju sama Slesta. anak usia 2-4 tahun memang masih belum bisa fokus.

Darren (3,5) juga begitu. Sempet beberapa waktu lalu di preschool, keliatan bengong. Tapi pas ditanya sama gurunya, dia bisa jawab dan gurunya sampe amazed :p

Biasanya kan orangtua dapet silabus untuk pelajaran harian anak di pre school.

Supaya Darren tetep bisa ikutin di kelas, saya ajarin dia di rumah untuk topik besok.

Pernah kejadian, topik besoknya supermarket. Saya ajakin Darren main art and craft . Papanya gambar trolley dan guntung- gunting kataloq swalayan.

Terus kita minta Darren tempel guntingan kataloq itu ke gambar trolly :) Dia seneng banget dan bisa cerita ke gurunya kalau dia senang diajak ke swalayan dan beli banyak barang :D

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

4

Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

Honey Josep wrote:
setuju sama Slesta. anak usia 2-4 tahun memang masih belum bisa fokus.

sepupu yang skrg anaknya 5 thn juga pernah bilang gini ke kami waktu aku dan suami ngeluh ke dia ttg ilyasa (waktu itu 20 bulann yang masih suka makan sambil jalan2 meskipun sejak awal MPASI sd usia 1.5 thn kuajari (hampir dipaksakan sih) makan sambil duduk di strollernya).

Tapi bener juga sih. Walaupun skrg ilyasa br 2 thn 7 bln (jd belum bisa membandingkan perubahan tingkat konsentrasinya ketika usianya 4 thn), kalau dibandingkan jaman dia umur 20 bulan seperti Nay-nya Riri, sudah kelihatan juga kok perkembangan tingkat fokus dan konsentrasinya (walaupun juga belum bisa terlalu lama durasinya). Dulu umur segitu selain makan sambil jalan2, juga jaraaang banget bisa duduk diam, jalan dan lari2 terus kesana-kemari. Kalau kubacain buku cerita untuk menambah perbendaraan katanya, bukunya direbut terus dia buka-buka sendiri. Kadang bingung juga kalau baca ttg thread membacakan buku cerita untuk baby/anak di TUM, serasa ini anakku kok beda ya, kok ga bisa2 ya konsentrasi sebentaaar saja.

Tapi setelah masuk 22 bulan dan kosakatanya mulai bertambah, kuamati hobby jalan2 dan lari2 kian kemarinya mulai berkurang. Skrg makan dan minum susu sdh bisa duduk tenang dari awal sd selesai (kira2 15-30 m3nit). Kalau kubacain buku cerita juga (15-20 menitan) sdh mau duduk manis mendengarkan, dan sdh bisa menunjuk dan menyebutkan namanya ini apa jika kutanya. Memang benar sepertinya kalau fokus&konsentrasi anak akan bertambah juga sesuai umurnya.

Kmrn aku dapat teman baru seorang terapis wicara di klinik anak berkebutuhan khusus, dapat tips untuk mengajari konsentrasi anak sbb:
[list=*]
  • kalau mengajak bayi/anak bicara jangan hanya byk bicara, tapi yang tidak kalah penting adalah berusaha untuk sering mengajak dia kontak mata krn kontak mata penting dlm usaha melatih fokus dan konsentrasi anak. Kata-kata "sayang, lihat mata mama yuk" dsb yang bersifat mengajak anak berkontak mata perlu diajarkan sejak dini. Nanti semakin anak besar (kira2 1-2 tahun) mulai bisa ditambahkan kata-kaya bahwa kontak mata itu adalah juga bagian dari sopan santun.[/*]
  • Selain itu bisa juga dengan cara anak diajak menyanyi bersama dg kita sambil tepuk tangan, sambil sesekali diingatkan "sambil lihat mata mama dong nyanyinya"[/*]
  • Dengan diajak main bersama dg media permainan2 berupa puzzle atau sortir box dll yang bisa melatih konsentrasi & fokus anak. Dimulai dari yang paling sederhana disesuaikan dg umur anak[/*]
    .

  • 5

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    sLesTa, Honey, indriani,
    thanks yah sharingnya.. :)

    abis, kalo merhatiin temen2 sekelasnya Nay, mereka masih bisa fokus untuk menyelesaikan 1 task. kalo Nay, kadang2 baru setengah jalan udah ter-distract, tapi kadang2 bisa juga crafting dll sampe selesai.
    walopun katanya ngga boleh ngebanding2in sama anak lain, tapi tetep aja rada ngeganjel, hehee..
    etapi, kalo baca buku di rumah dia masih bisa tahan duduk manis 3 menitan sih.. abis itu minta ganti buku atau mainan lain. kalo di kelas aja yg aga susah fokusnya.

    6

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    riri,
    Normal koq. Anak2 di bawah usia sekolah (<7 thn) memang konsentrasinya blm bisa selama yg kita harapkan :)
    kalo zaman Pak Harto dulu anak SD kelas 1 itu lama belajar di sekolah paling cuma 2 jam aja kan ya. Masuk jam 7 pagi, pulang jam 9 atau jam 9.30. Lalu kelas 2 SD agak lama durasinya, sampai kelas 6 SD yg akhirnya masuk jam 7 pulang jam 12 siang dengan ada jeda wkt istirahat 1 atau 2 kali.
    IMO, sistem pendidikan zaman orba udah ideal banget. Sesuai dengan kemampuan dan perkembangan usia anak.

    Saat gw praktik ngajar di beberapa Play Group di Bandung dulu, memang di kurikulumnya itu 1 sesi maksimal 10 menit. Jadi memang cepeeeet banget, sesi gym hanya 5-7 menit, lalu sesi berhitung, nyanyi2, nunjukin gambar, tepuk tangan, 7 menit juga. Langsung pindah kelas ke kelas makan, 5-7 menitan pula. Kelas crafting, nempel2in gambar/meronce dll paling 7 menitan...tau2 udah waktunya pulang & tidur pagi deh :)

    Di rumah jg gt, enzo-dante setelah mandi & sarapan gw bawa jalan2 muter2in kompleks, nyampe rumah minta buah/snack, minum, trus ngantuk minta dibacain buku cerita, trus bobo. Tar bangun tidur main lego/puzzle, makan siang, nemenin gw angkat jemuran, trus tidur siang. Bangun sore minta snack, mandi sore, jalan2 sore gw ajak nonton volley/basket di lapangan kompleks, nyampe rumah nonton ipin upin, makan malem, bacain cerita/doa/nyanyi, tidur. Udah sih gt doang :)

    Mainan jg ga punya banyak. Paling bola2 kecil & besar, kalo papanya udah pulang dr kantor, maen2 bola bentar tendang2 ato lempar tangkap, main pancingan ikan (yg pake magnet itu), maen lego (nonton papanya bikin2 bentuk robot/pesawat pake lego), lipet2 kertas (papanya yg bikin pesawat/perahu/kodok dll; enzo dante ikut2an aja, dante biasanya ngerusak doang malah). Ato nonton pocoyo, barney yg cuma 15 menitan, gw memang ngebolehin anak2 nonton tp hanya utk biar mrk anteng ga lari2 ato pukul2an, 15 menit utk gw cuci piring ato ngangkat jemuran hihihi...

    Yg penting pas kita bicara mereka noleh ke arah kita, dan bagus2 kalo bisa ngikutin instruksi kita. Kadang gw suka minta tolong dante (21bln) utk ngambilin henpon di bufet di kamar, ato ambil tupperware di atas meja makan, ambil remote tv, ngembaliin dvd ke tempatnya, dan nurut2 aja. Minta di sun saat dante minta nyusu, dan minta dia bilang i love u juga ngelatih konsentrasi koq ri. Trus pagi2 saat papa mau ngantor, anak2 diajak utk sun tangan papa, sun papa & bilang i love u, hati2 papa, dan kiss bye. Memang sederhana dan ga lama, tapi hal2 kecil gt lumayan ngebantu utk fokus juga.

    bisa konsentrasi beberapa menit utk anak2 udah bagus bgt koq ri, yg penting dilatih terus dan konsisten tiap hari dilakuin.

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    7

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    Riri akhirnya Nay sekolah di manaa? Halah oot :p

    gue sutuju kalo ngelatih fokus dengan ngajakin nyanyi atau nari2 gt dulu baru naik ke tahap bacain cerita.

    Coba deh Ri, kalo lagi di rumah nyanyi2 sambil peragain lagunya, misal lagu kring2 ada sepeda, pas bagian sepeda kita pura2 mengayuh, pas bagian sepatu kaki kita menghentak, pokonya gitu deh. Biasanya anak bakal tertarik, baru deh coba fokus ke buku. Pas bacain kita juga musti yang semangat gitu, misal "woooow bebeknya berenang ya kak?" yaa kira2 gitu deh mungkin bisa tanya bu guru eka yang lebih ahli :) (baru tau kalo eka pernah jadi guru PG, kereen! ;) )

    Trus yang ngajarin fokus itu siapa juga ngaruh, yang pasti kalo orangnya udah dikenal anak, akan lebih mudah. Jadi karena mungkin Nay belum deket juga sama guru barunya.

    Tapi balik lg Ri, itu normal kok, jd gak usah dipaksain juga. Hehe,

    Vania : Nata & Arsa's mom
    http://vaniasatriadi.com @drVania

    8

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    eh van,
    Bukan guru looh.. Praktik ngajar doang. memang ada mata kuliah yg ngeharusin kita observasi kegiatan belajar mengajar gitu, yg fokusnya ke pengembangan kemampuan berbahasa seperti mendengar,berbicara,menulis, & membaca :)

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    9

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    eka,
    di rumah memang udah rutin baca buku dan main bareng.. kalo dimintain tolong ambil atau taruh ini-itu juga mau.
    yowes, sepertinya akan diterusin aja sambil observasi lg.. thanks ya bu Eka :)

    vania,
    hi Van.. oh ya, mungkin juga krn baru kenal sama gurunya ya. soalnya kalo baca buku, gambar2 ato main di rumah dia bisa tahan lumayan lama..
    Nay lg coba Rumah Main Cikal yg di fX. Nata jadinya gimana?

    10

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    wah update terakhir thread ini udah lama bangettt. Mau colek eka ah buat cerita lagi ;p lagi perlu juga buat si balita di rumah soalnya.

    belum lama ini juga ada artikel dari Nyanya soal kegiatan yang bisa bantu anak lebih fokus..

    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/

    11

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    *menyimak thread ini*

    Mulai bingung nih gimana caranya melatih konsentrasi anak pertama yg gampang banget keganggu dan problem solvingnya dia masih kurang terasah..

    Love my kids

    twitter & IG : @ndiievania
    blog : https://ndiievania.wordpress.com/

    12

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    cobain sensory play deh, itu melatih fokus dan konsentrasi juga :)

    ... a counselor, a role model and often a friend to her children
    Twitter & Instagram: @honeyjt

    www.honey-scrapbook.blogspot.com

    13

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    Honey mba hon,kalo sensory play yang oke buat anak-anak gede apa ya? atau sama aja kayak anak-anak yg lebih kecil gitu?

    Aku masih on-off untuk sensory play anak-anak. soalnya entah kenapa suka susah ngawasin mereka bertiga main,seharusnya gapapa ya padahal..


    *colek mommychika*

    Love my kids

    twitter & IG : @ndiievania
    blog : https://ndiievania.wordpress.com/

    14

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    Cindy,
    dulu kara pernah terapi fokus di sekolahnya dengan sobekin kertas koran. Sobek panjang tanpa terputus. Kalau perempuan biasanya alasan gurunya "kita bikin mie yaa.. yang panjang biar enak kalau dimasak."
    Kalau laki bilangnya bikin ekor layang-layang. biasanya kan anak laki suka bikin ekor layang-layang panjang kan yaa..
    Sobekin kertas koran tanpa terputus itu butuh konsentrasi dan kekuatan jari. Murah pula. Mungkin bisa dicoba.

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    15

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    Aku share beberapa terapinya Al dalam rangka melatih fokus dan konsentrasi ya, mungkin bisa jadi ide kegiatan mama2 di rumah:

    Biasanya gabungan antara fisik dan konsentrasi, kasih pertanyaan di titik A, jawabnya baru di titik B (jaraknya sekitar 3-5 meter, disesuaikan dgn umur anak, kalau jarak dekat udah bisa nanti makin jauh gitu). Soalnya bisa memory game, bisa tebak2an, cari gambar, dll. Jarak A-B dilakukan dengan kegiatan meniti balok, lompat-lompat, merayap, memanjat, dll. Jadi anak dipaksa tetap fokus dan konsen dengan apa yg harus dilakukan nanti di titik B, sambil mengerjakan tugas saat menjalani jarak A-B.

    Kebayang gak?

    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow

    16

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    gabriella, seneng banget denger cerita2nya Ella soal terapi dan kegiatan Al yang positif banget.. emang sih berat ya La, tapi pengaruhnya gimana? signifikan ngga La sama perubahan fokus dan tingkat konsentrasinya?

    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/

    17

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    ella,
    ah! iya la jadi kebayang sekarang. simple ya tapi tepat sasaran itu triknya. trus sekarang Al gimana la? ada peningkatan setelah terapi?

    semoga yaaa! :)

    ps, apalagi dong la terapinya? 

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita

    18

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    Terapinya ngaruh sih menurut gw, karena sekarang anaknya lebih tenang, gak cepat emosian. Terus kontrol tenaganya juga lebih baik. Ini setiap pagi juga ditambah dengan brain gym juga. Gerakannya simpel sih cuma kayak orang baris aja. Untuk fokusnya biasa ngerjain apa2 pake timer hihi. Jadi gw pasang timer di hp, kerjaan ini mesti selesai dlm 10 menit. Walaupun kesannya gimana gitu, mamacoach galak katanya...

    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow

    19

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    Ella, kayaknya si abang pun perlu diterapi gitu deh, dia tuh untuk hal2 tertentu ngerjainnya suka lamaaa tapi karena belok sana sini, gak fokus gitu. Kira2 ada gak terapi utk anak segede abang ya La? (kok, jadi konsultasi, hehehe...)

    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/

    20

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    Ella, tos lah ya kita la haha, punya anak yang hampir mirip istimewanya. Duh awal-awal gw tahu mika ini terlalu otak kanan, gw yang susah nerima awalnya karena kan ya gw waktu kecil ga kayak gitu haha, untungnya mika kayak suami yang akhirnya suami bisa lebih ngerti tentang mika dan jelasin ke gw. Ya sekarang sih gw sudah terbiasa ya sambil terus dilatih apa yang masih kurang. 
    Duh ngebayangin setiap hari pulang sekolah selalu terakhir karena belum selesai ngerjain tugasnya karena ga fokus kadang membuat gw bertanduk juga tapi makin lama ya makin biasa dan mencoba segala macam cara dan kata psikolog memang harus seimbang motorik kasar dan halusnya untuk lebih di asah. kalo motorik kasar nya mika sih ga usah ditanya lah ya pasti luar biasa, tinggal yg halusnya lebih di perbanyak lagi salahs atunya berenang, makanya mulai gw les  berenang nih biar dia bisa lebih fokus lagi, sebenernya sudah lumayan pas ikut wushu ya, dia udah bisa fokus lah tapi memang belum maksimal.

    Duh jadi panjang ya hehe *maaf curcol*


    Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

    http://dieta.web.id/

    21

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    Hello! How many times I am gonna procrastinate with my college tasks?! That is the question that I ask myself when it is time to write my essay or term papers. Only professional authors from this paper writing service can help with my problems in study and I have no stress about the deadlines. So, please, click on their https://samedayessay.com/dissertations-service website.

    22

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    Kalau bicara fokus dan konsentrasi, nih sekarang aku lagi masukan anaku ikut program virtual class twinkle stars di Jakarta. 
    Anakku yang umur 5 tahun kan rada rada susah tuh konsentrasi. Lagi zaman tatap muka aja susah..cuma heranya, di kelas viirtual ini kok dia lumayan aktif..dia senang banget sm guru ya..tiap hari bawain mainan untuk ditujukin..
    menurut aku metodenya juga cocok sih..mreka pakai pendekatan metode montessori secara online..jadi ada kegiatan demo, terus ada home learning kit yang dikirim ke rumah. Harga juga terjangkau..Tiap bulan ada konsultasi online dengan guru juga, jadi kita sebagai orangtua tahu gimana bisa kerjasama dengan pihak sekolahnya...kaya parenting class rutin secara individual lah.. Kita diajarin tips dan trick untuk ngajarin anak kita
    Siapa tahu ada yang mau tahu informasi lebih lanjut, bisa wa aja ke 0815-1344-9094 atau nih website ya www.twinklestarseec.com

    23

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    Yes mom..di Twinkle Stars aku ikutan yang program sekolah rumahnya..karena anakku 3 tahun dan masih susah yang online..lah ikut online, malah 20 menit pertama sibuk lari sana lari sini. Guruya sibuk membujuk anaku untuk ikutan..akhirnya aku mempertimbangkan lagi n aku ikutan program sekolah rumah mreka..disini ada tutor visit, gurunya datang ke rumah..aku ambil yang seminggu 3 x..durasinya 1.5 jam..tapi OK tuh..anaku jadi lebih fokus dan nyimak pelajaran dengan baik..Programnya kaya di sekolah tapi sifatya memang di rumah..Guruya bawa perlengkapan ngajar, terus ada nyanyi-nyanyi, gerak tubuh, ngerjain tugas..padat deh...

    Aku sih rekomended ya...cek aja di IG ya twinklestarsjkt

    24

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    The main thing is to take care of the future of the child. Soon they will begin to ask him many essays on subjects that are unlikely to be useful in his life. In such cases it is best to use the essay rewriting service. And in parallel to teach the child something really useful. He'll have time for that.

    25

    Topic: Melatih Fokus & Konsentrasi

    When I need help writing math homework, I look at this site https://domyhomeworkfor.me/matlab-homework-help. I like the fact that you can find an assistant here who can do any job. I love it.