1

Topic: Benjolan di Payudara

Mommy mau sharing n minta masukan jg yaaaa...

Awal agustus pas bangun tidur pagi payudaraku sakit n terasa berat (sprti ketika ASI penuh di PD) , awalnya aku kompres pke air anget, tp g ada perubahan,akhirnya aku periksa ke dokter umum tgl 6 agustus,hasil pemeriksaan g ditemukan benjolan,dokter ksi resep 2mcm obat, aku minum 4 hari sakitnya agk berkurang, tp dibagian ketiak berasa ky ada kelenjar, n beda dgn payudara kanan, aku pke obt tradisional...skrg sakitnya udh g ada tp dibagian ats Nipple jd keras + sdkit nyeri, jd udh hampir 2bln g berani tidur tengkurep krna sakit...

Adakah yg pernah mengalami ? Aku jd takut nih

2

Topic: Benjolan di Payudara

jessica_cika
whoaaa jes... lama banget ga nengok thread ini trus jadi kelewat deh :( duhhh maafkan.
gimana kelanjutannya dari yang terakhir ini jes? semoga baik-baik yaaa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

3

Topic: Benjolan di Payudara

jessica_cika
masih menyusui atau sudah tidak menyusui? waktu periksa di dokter, di periksa manual atau pakai mammograph? Kalau memang terasa sakit, pasti ada sesuatu yaa.. Kalau memang ada benjolan, coba langsung ke bagian onkologi ya.. Jadi tahu benjolannya berbahaya atau tidak. Saya dulu benjolan yang tidak terasa sakit saja harus segera diambil. Apalagi yang terasa sakit, pasti sangat mengganggu ya... semoga sudah ketemu masalahnya.

Buat mama-mama yang merasa ada sesuatu yang beda di payudaranya, sebaiknya segera diperiksakan ya.. Meskipun tidak terasa sakit. Stay healthy ya mama!

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Benjolan di Payudara

Assalamualaikum,

Dear all moms,

Pertama, mau tanya apakah ada referensi Dokter Onkolagi perempuan di Jakarta/Luar Jakarta. Selama ini saya selalu ke Dokter Dhian Pangesti, dari di RSPAD dan RS PIK. saya butuh referensi dokter perempuan lainnya.... :(

Kedua, kenapa saya sudah ke Dokter Dhian pengen cari dokter lain? padahal Dokter Dhian udah paling bagus dan mau ketemu beliau harus booking 1-2 bulan....
Alasan nya adalah pertama saya punya FAM sekitar 12 tahun lalu dan dari awal sampai bulan maret 2016 saya rajin sekali ke Dokter Dhian minimal 1x setahun & 1-2x USG/tahun bahkan ABVS. Buat jaga2 dan selalu memonitor yang masih ada dan tumbuh lagi setelah dilakukan 1x Operasi. Awalnya hanya di sebelah kanan, sekitar 4 -5 thn yang lalu ada di sebelah kiri. Menurut dokter hanya perlu di jaga, hidup sehat dan minum obat (sudah dilakukan), dan kadang hanya di suntik dan diambil cairannya dan dilakukan lab. (suka deg2an kalo nunggu hasilnya) Engga usah cerita lagi kalo dari latar belkang keluarga...cuman bisa ucap bismillah.

saya memutuskan untuk mencari dokter lain, karena ini sudah waktu nya. Tujuannya adalah pengen menghilangkan semua nya, dan saya sudah di tahap putus asa dan kelelahan untuk mencemaskan. Keinginan untuk sembuh total...karena hampir 12 tahun saya tau masih ada yang di dalam sana yang tadi nya hanya 3 (kanan) sekarang bertambah teman menjadi ada 7 untung nya semua nya bersahabat.

oiya, saya sudah melebihi 30th dan sudah 5 tahun menikah (belum punya anak) dan sudah divorce.......smileee

thanks moms...

5

Topic: Benjolan di Payudara

nule wrote:
Dear mamas,
Aku mau share pengalaman ibuku. Sblmnya makasih byk yaa buat mba vony yg udh mulai topik ini dn udh sharing sama aku :)
Jd jumat lalu ibu saya dioperasi karena ada benjolan di payudara kiri bagian bawah. Awalnya knp bs ketauan karena beliau ngerasa tangan kirinya pegel selama 3 hari berturut2 ga ilang2. Awalnya dikira krn kecapean gendong cucu. Trs beliau iseng sadari dlm posisi duduk, ga ketemu yg mencurigakan. Masih penasaran, beliau sadari lg sambil tiduran. Nah pas tiduran ini kerasa ada benjolan di payudara kiri bagian bawah. Ibu konsul ke dr. Drajat dn sejak pertemuan pertama dokter lgsg menyarankan utk segera diangkat benjolannya. Karakteristik benjolan di payudara ibu, diameter 2-3 cm, tepi tidak rata, tidak bergerak jika disentuh (sdh menempel ke payudara), tdk terasa sakit. Hasil USG menunjukkan bahwa tumor/benjolan tsb sdh membentuk dinding, jaringan yg hidup krn ada pembuluh darah yg menyuplai pertumbuhannya, dn terdapat kristal kalsium di dalamnya. Hal2 yg membedakan antara tumor jinak dn ganas. Maka dokter lgsg menjadwalkan operasi pengangkatan tumor tsb. Alhmdlh kelenjar getah bening msh bersih dn kmrn operasi ibu berjalan lancar. Skrg msh dlm tahap pemulihan di rumah. Rencana pengobatan pasca operasi adlh radiasi. Semoga pengobatannya ckp sampe radiasi saja. Aku ga tega kalo ibu hrs kemoterapi. Huhu..


Mom, skrg kondisi ibunya gmn? Saya sedang menyusui dan menemukan benjolan mirip dengan karakteristik ibunya, mau ke dokter tp takut banget. Baby baru berumur 4 minggu, galau berat ini. Makasih infonya.

6

Topic: Benjolan di Payudara

mama nawwaf,
better di cek aja ma. Biar jelas dan nggak takut lagi :)
Semoga hanya benjolan karena asi aja yaa. Soalnya aku dulu juga sempet begitu pas anak masih 3 bulan, ternyata mastitis.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

7

Topic: Benjolan di Payudara

sy mau sharing pengalaman anak pertama 4thn lalu, sy kena mastitis, trus dibiarin.. ampe akhirnya kena abses mamae. awal2 dioperasi ama dokter bedah umum, trus ngerasa kesakitan banget pas dibersihin ama dokter ini, sy ampe trauma takut ama dokternya, trus ketemu dokter drajat. dia baik banget, trus dioperasi lg krn ada lubang yang harus dijahit. perawatan ama dokter drajat malah ga sakit sama sekali. ampe akhirnya sy sembuh ama dia. sy menyesal dl tidak maksa temen saya di insisi pas awal benjolan pertama, dia maunya alternatif, dibiarin ampe 1 thn. ampe akhirnya dicek lg ketauan dia kena kanker. (bukan nakut2in bu)
kalau ada benjolan mending dicek aja bu, ke dokter drajat jg bagus banget dia. 

8

Topic: Benjolan di Payudara

happytrivina, ya ampun ngilu juga bacanya. Sama aku dulu pernah kena mastitis, sakitnya minta ampun, tapi alhamdulillah ga sampai harus dioperasi.


Pas anak pertama juga pernah ada benjolan di payudara sebelah kiri, setelah ke dokter ternyata benjolan tsb karena kelenjar susu jadilah disedot. Suka deg-degan kalau ada benjolah di bagian payudara, pasti mikirinya macam-macam. 

mama nawaf, setuju dengan mama cindy, lebih baik dicek ke dokter mbak supaya bisa tenang, semoga hanya kelenjar susu aja ya bukan yang lainnya. 

9

Topic: Benjolan di Payudara

amaliasa saya ga tau apakah informasi dari saya ini masih bisa bermanfaat buat amalia.... saya ke dokter kartini di RSCM/Medistra karena beberapa tahun lalu sempat kuatir ada benjolan di payudara. Semoga bisa menemukan second opinion ya.

happytrivina duh kebayang deh sakitnya ituuuu, aku aja yang bengkak karena telat dipompa atau disusui aja rasanya sudah sakit sekaliiii. Bersyukur sekarang udah ga kenapa napa :)

mamanawaf masih ada kemungkinan kelenjar susu karena masih menyusui. Lebih baik cek ke dokter, semoga tidak ada yang mengkhawatirkan dan mengubah gaya hidup juga penting :)

ipeh astaga sampe disedot? aku juga ada benjolan kelenjar susu tapi ga sampai disedot



... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

10

Topic: Benjolan di Payudara

setuju banget sama mama-mama.
pokoknya kalo ada benjolan di payudara harus lebay. :( daripada jadi penyesalan. tadi di tv ada pesinetron yang masih muda udah meninggal karena kanker payudara kan :( sedih banget. kalo masih stadium awal, menurut dr boy spog, masih bisa ada kemungkinan sembuh. kalau udah stadium 4 biasanya kemungkinannya kecil. 

sehat-sehat ya mama semua.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

11

Topic: Benjolan di Payudara

Thanks all

Akhirnya seminggu setelah nemu benjolan, saya ke GP, diresepin antibiotik krn bisa jadi itu mastitis, kalo seminggu ga berubah diairuh balik, seminggu kemudian ga berubah, benjolan masih ada, n baliklah saya ke GP, katanya siy ga ada tanda2 itu ca, tp untuk pastinya harus scan, akhirnya dibikinin appointment untuk scan ke RS. Seminggu kemudian scan lah ke RS, kata petugas usg nya ga ada yg perlu dikhawatirkan, yg diraba benjolan itu milk duct, tp emang pas di usg, PD lg penuh2nya asi, trus hasil usg dibawa ke dokternya, n dokter bilang ga ada yg abnormal, tp disuruh balik 6 minggu lg unt scan. Yg bikin masih deg2annya, dokternya nyuruh balik lg itu, n dia bilang usg yg skrg ga nampak yg abnormal krn PD nya lg penuh asi. Semoga aja ga ada apa2.

12

Topic: Benjolan di Payudara

mama nawwaf,
alhamdulillah... semoga ngga ada yang perlu dikhawatirkan yaaa. ikuti aja semua prosedur yang kata dokter yah. ga apa-apa balik lagi yang penting bikin hati tenang. :) ikut mendoakan ngga ada apa-apa yaaa. 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

13

Topic: Benjolan di Payudara

Hallo moms... Seneng banget rasa ny ketemu forum ini pas lagi searching2 google tentg apa yg ku alami akhr2 ini...  Kenali aku maya usia 23 thn.  Seminggu terakhir ini aku ngerasa ade benjolan di payudara sebelah kiri aku dan ckup sakit.  Sering nyeri..  Aku takut bnget itu kanker  :( tpi benjolan ny bisa di gerakin..  Hampir setial hari aku nangiss teruss karna rasa takut...  Mohon info nya dong buat temn2 yg pernah ngerasai hal yg sama... 
Aku mau check tpi aku masi cari2 info dokter cewe yg ada di daerah jakbar..  Mohon info dong klw ada yg tau RS mana yg bagus dgn biaya nya brapa..  Mohon bantuan nya...

14

Topic: Benjolan di Payudara

  • Maya Basaria: kemungkinan itu tumor jinak (Fibroadenoma mammae) karena biasanya tumor jinak semacam ini menyerang wanita usia 20-30 tahun. Kalo benjolannya dipegang dan masih gerak kesana kemari, kecil kemungkinan kanker. Kalo kanker itu, benjolannya udah mengeras n gak gerak-gerak lagi. Lebih baik diperiksa ke dokter ketimbang nangis melulu tiap hari. Kalo baru pertama mungkin bisa ke dokter onkologi atau langsung ke dokter bedah umum juga bisa. Kalau dokter bedah cewek memang masih jarang kayaknya di Jakarta ini, mbak. Aku baru operasi angkat tumor jinak juga tanggal 6 Mei kemarin (ada di blog aku kalo mau baca ceritanya). Biayanya 18 jutaan all in sudah termasuk pemeriksaan si tumor di laboratorium, cuma aku dicover asuransi waktu itu jadi free, dan aku di RS daerah Jakarta Timur. Hope that help ya mbak :)[/*]

  • [/*]

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live
https://imeldasutarno.wordpress.com/

15

Topic: Benjolan di Payudara

dear all, 
 saya mau sharing pengalaman saya yang pernah di vonis kanker payudara thn 2013 lalu. Setelah menjalani operasi, dan kemoterapi Alhamdulillah saya baik, ini tahun ke 4 saya bebas kanker.

yang ingin saya sampaikan buat semua wanita, jangan pernah sepelekan hal sekecil apapun jika ada yg salah di tubuh kita khususnya payudara. Jangan pernah takut atau ragu untuk konsul ke dokter, dan untuk yang sudah di vonis kanker jangan pernah putus asa, kanker bukan akhir segala2nya, kita bisa sembuh asal kita yakin dan ikuti saran dokter. Ini yang ingin saya tekankan juga, jangan pernah coba coba pengobatan alternatif untuk menyembuhkan kanker ini, sejauh ini yang saya alami pengobatan medis udah yang paling benar, beberapa pengalaman pasien yang saya temui di rs mereka berobat ke alternatif ketika kanker nya masih stadium awal, dan hasilnya kanker malah naik stadium ketika mereka memutuskan untuk kembali ke medis dan tentu saja sudah terlambat penanganannya.

yang terakhir, jika kita sudah dinyatakan "sembuh" itu bukan berarti benar-benar sembuh 100%, kanker bisa datang kembali kapan saja, jadi lakukan pola hidup sehat dengan rajin olahraga, konsumsi makanan sehat (usahakan hindari daging merah, serta makanan yang mengandung Pengawet, Pewarna, Penyedap, Perasa kimia sekalipun itu aman menurut BPOM), dan tentu saja berpikiran positif ya... 

16

Topic: Benjolan di Payudara

Dear all,

Mau update lg ni, tgl 8juni lalu jadwal periksa lg setelah 6weeks dr pemeriksaan sblmnya. Benjolan masih tetap ada, kebetulan pas asi lg kosong jd bs jelas teraba. Hasil rabaan dokter, benjolan itu kmungkinan cyst, tdk nampak tanda2 cancer. Untuk memastikan, rabu besok dijadwalkan usg lg, jika benar cyst ya dibiarin aja n saya bs discharged (Alhamdulillah ga bolak balik dpt surat appointment buat k rs lg). Oiya, dokter nunjukin cara untuk mengetahui benjolan itu cyst atau bukan. Dua sisi tepi benjolan kita tahan pake dua jari, trus dgn jari telunjuk tangan satunya kita tekan permukaan benjolan, kalau berasa bouncing berarti berarti benjolan berisi cairan aka cyst n insyaalloh tdk berbahaya.
Sekian update dr saya, smg bermanfaat.