1

Topic: Serba-serbi Idul Adha

Anakku (25 bulan) lagi suka sukanya sama binatang. Jadi menjelang Idul Adha ini dia seneng banget liat sapi dan kambing di sekitar rumah. Dan hari ini kurban kami diantar dan ditaruh di rerumputan dekat rumah, Nata senang dan sayang sama sapi itu, berasa sapi itu adalah peliharaan baru dia. Aku udah jelasin kalau sapi itu mau dikurbankan, karena dagingnya mau dibagi bagikan untuk makan teman2 Nata.

Nah, pertanyaannya boleh nggak sih Nata lihat saat sapi itu disembelih? Karena aku sendiri belum pernah lihat penyembelihan dan emang nggak tega. Sebenernya itu showing violence gak sih? Tahun lalu sih dia lihat, dan biasa aja, tapi sekarang kan udah lebih ngerti..

Kira2 gimana ya menurut mamas?

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

2

Topic: Serba-serbi Idul Adha

vania,
gw sih gak ngebolehin enzo & dante buat ngeliat pas dipotongnya..
Nggak tau juga aturan dlm islamnya gimana ya, boleh ato enggak..
Bbrp taun lalu ponakan gw wkt usianya msh 4thn pernah histeris soalnya, jd kayak trauma gitu liat hewan kesayangannya disembelih :(

Imo tar aja deh kalo udah sekolah SD gt, usia 7thnan udah ngerti kali...
Saat ini gw jelasinnya kita beli buat dibagiin aja, dan hewannya ga dianter di rumah, di deket masjid disediain lahan khusus, jd udah parkir di sana. Ngeliatpun saat pagi doang, dan yg diliat semua hewan qurban, jd dia sendiri gak ngerasa punyanya gitu. Berasanya kayak lg di kebon binatang aja, cuma liat2, soalnya bau :p

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Serba-serbi Idul Adha

sebenernya tergantung dari anaknya dan bagaimana kita menjelaskannya ttg proses qurban tersebut.

tahun lalu, naia juga kira2 umurnya sama lah sama anaknya bunnia dan gue ajak ke jakarta pas lebaran haji, karena di rumah nyokap gue selalu motong qurban di sebelah rumah, nyokap motong sendiri (panggil orang) dan bagi2 langsung ke orang2 yang di kampung sekitar rumah. dari awal, gue emang rada ragu mau ngijinin naia melihat qurban, jadi gue gak ngasih, apalagi naia juga sama tuh.. sukaa banget ama binatang. jadi gue takut kalo ntar dia malah trauma. tapi nyokap gue bilang, anak itu kalo ditakut2in malah takut, jadi mendingan biarin aja selama kita ngejelasin dengan benar. tapi gue akhirnya go with the feeling, sambil ngeliat reaksi naia.

eh taunya pas acara pemotongan benerannya, dia malah gak mau matanya ditutup dan pengen liat. malah duduk di depan, dan akhirnya sama nyokap gue dipangku dan dijelasin panjang lebar ttg kenapa sapinya dipotong, trus dia juga ngeliatin, sapi2 itu dibungkus dan dibagi2in ke orang2 yang pada dateng ke rumah nyokap.. dan alhamdulillah, naia gak pernah trauma tuh. malah dia jadi cerita ttg qurban. gue sih ga tau ya gimana dia me-rationalize kejadian itu, krn ngejelasin ttg qurban sendiri kan belom tentu dia nyambung. tapi somehow dia ngerti dan gak trauma atau takut. jadi gue setuju apa kata nyokap gue.

jadi menurut gue sih, kalo anaknya mau dan berani, ya gapapa, selama dijelasin dengan bener. kalo anaknya takut atau tipe yang takut gitu, ya gak usah dikasih liat. karena balik lagi ke anak masing2..

naia malah jadi lebih heboh ngeledekin opanya dan bilang "Ih opa takut ga berani liat, kalah ama naia.. " hahah..

sampe sekarang pun dia cerita ttg dia liat sapi itu dipotong. dan dia sih kayaknya ngerti2 aja kalo sapi itu dipotong buat dimakan, seperti dia suka makan ikan, ayam, etc. karena untuk dimakan.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Serba-serbi Idul Adha

bunnia
Arza baru 18bulan, sempat tinggal bareng ma ortu saya dan kebetulan ortu saya peliharaannya banyak..sering juga motong ayam kampung hasil peliharaan buat dimakan sendiri. Dan Ortu saya g pernah ngebolehin Arza ngelihat proses pemotongan ayam tersebut, kata mereka takut arza trauma dan sedih.

Apalgi saat pemotongan sapi dan kambing ya coz pasti 2 binatang itu kan bakalan heboh banget dan berisik saat dipotong..
klo saya g ngebolehin dulu arza lihat proses tersebut..nanti lah ya..klo udah bisa diajak ngomong baik2..cmiiw

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

5

Topic: Serba-serbi Idul Adha

Akhirnya ayahnya Nata memutuskan untuk mengajak Nata ikut melihat pemotongan hewan kurban. Kalo dalam hati kecil sih aku nggak tega :( seumur2 belum pernah berani lihat. Tapi ayahnya kekeuh ajak.. Yaudah akhirnya ayahnya dipesenin supaya nanti jelasin tentang kenapa hewan2 itu dipotong kaya sLesTa bilang.

Eka bener juga, harusnya Nata diarahin supaya gak merasa binatang itu peliharaan dia ya.. Abisnya Nata liat datengnya (belinya di tempat jauh dari rumah) dan dianter ke depan rumah, baru kita giring ke rerumputan, jd dia berasa punya binatang peliharaan baru..

Piyut oiaa bener, ada suaranya.. Ahh langsung menciut ngebayanginnya.. Harus wanti2 ayahnya nih..

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

6

Topic: Serba-serbi Idul Adha

vania,
sama kayak naia-nya shinta, thn lalu2 jg enzo diajak papanya untuk lihat, kan kalo gak salah diabsen gitu ya, hrs nyaksiin pas disembelihnya..
Kali tahun lalu enzo msh 2.5thn-an jd lempeng2 aja, ngejelasinnya jg biasa aja gak pake trik2 khusus :)

Sekarang ampir2 4thn gini udah agak ngerti, udah pgn ngasih makan sapinya, tiap pagi jalan ke tempat sapi2 itu, dan bisa sampe siang nengokin sapinya itu, gak mau pulang, malah pengen mandiin sapi2 di situ krn bau2 hihiihi... Diajak pulang jg ngambek, manyun2 gitu trus adiknya jg ikut2an ngambek :p

Gw sih takut dianya jd sedih ato gimana gt. Kalo papanya sih pengen ngajak, kata papanya "biasa aja kali, ma" :D
Hihihi..jd emang gwnya aja kali ya yg lebay :p
Err..ato perasaan emak2 mmg bgitu ya?

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

7

Topic: Serba-serbi Idul Adha

Vania,
gue ingetnya duluuu pas gue SD, tetangga gue motong kurban di halaman rumahnya. gue nggak nyaksiin tapi denger suaranya.. haduuuh gue nangis melolonglolong deh.. padahal pas gue lebih kecilan, gue inget banget gue 'nonton' pemotongannya tapi cuek aja, eh giliran udah gede malah sedih gitu..
tapi gak trauma juga sih secara pas tetangga gue ngasih gule kambing ke kita gue yang paling lahap makannya waktu itu.. ampe inget diledekin tante gue, yeee.. kemaren aja nangis meraung-raung, giliran dikasih gule aja.. doyan.. hahhahaha

8

Topic: Serba-serbi Idul Adha

waah, ada thread ini, jadi mikir dua kali deh mau ajak Aruni liat sapi disembelih. kemarin sih ga kepikiran ya dia bakal histeris, tapi baca cerita-cerita sebelumnya jadi mikir ulang. btw, sekarang dia 2 tahun 9 bulan.

jadi inget, dulu pas umur 5 tahun di TK-ku ada pemotongan hewan kurban, dan aku liat tuh kambing dipotong. serem-serem biasa aja sih, tapiii, pas satenya mateng trus semua anak duduk di meja disuguhin dan disuruh makan sate kambing itu, aku langsung meweeekk gak mau makan satenya hehehehe *anak cengeng

alhamdulillah-nya, kejadian itu gak sampai bikin trauma sih.

hmm, oke deh, ditanyain dulu ke bapaknya kira-kira boleh gak Aruni diajak ngeliat sapi/kambing dipotong. tfs ya

9

Topic: Serba-serbi Idul Adha

yuhuuu..
update nih, enzo udah 4.5thn, dante 3thn. Kemarin rame2 bareng temen2nya seumuran dateng ke tempat pemotongan hewan qurban.
saya sendiri malah ga dateng, krn di rumah lg sedikit repot krn ada tamu.

Sebenernya dari kemarin udah excited bgt sama sapinya. Tapi berhubung cuaca di luar lagi hot banget, mereka cuma ngeliat si sapi dari balik jendela aja *kesian amat*.
Sekarang udah bisa dijelasin sih dikit2, sapi itu utk qurban. kayanya udah mulai ngerti, walopun dia sempet bilang pak RT jahat krn mau potong itu sapi *maaf ya pak RT*.
Dijelasin juga kalo qurban itu gak sama dengan pembantaian. Tata cara qurban juga sebenarnya indah sekali, jadi anak2 diarahin buat support si sapi/kambing biar semangat :p
dan dijelasin juga kalo cara potong sapi/kambing itu harus pake pisau yg tajem, biar cepet dan ga menyiksa. Dan sebelumnya harus minta maaf sama hewan qurbannya & berdoa.

Waktu pulang dr tempat pemotongan, enzo cuma cerita kalo sapinya dipotong sampe engga ada suaranya :')
Trus abis itu dia ngomongin hal yg lain juga sih, ga terlalu gimana gt. Alhamdulillah ga trauma, krn Udah dijelasin ttg konsep berqurban.

Jadi kalo di enzo-dante saat ini sih, alhamdulillah gak bikin trauma. Mudah2an ke depannya juga mereka lebih ngerti ttg konsep berqurban. Bahkan jd bisa motong hewan qurban sendiri :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

10

Topic: Serba-serbi Idul Adha

saya pribadi sih kurang setuju. kakak saya, wktu umur 20an, pernah dkasi VCD ttg pemotongan hewan (sapi) dari temannya yg seorang vegetarian. kakak saya trauma, sampe ga berani (ga tega) makan sapi selama 1 tahun.

menurut saya bukan cuma sapi aja ya, makanan lain sprti ayam jg klo kita liatin proses pemotongannya jg pasti nnti jdi ga tega makannya.

11

Topic: Serba-serbi Idul Adha

sugar,
Kalo dulu sih saya jg ga setuju, krn ngeri.
Tp setelah baca sharing mama yg lain, diskusi dgn suami & baca2 jd mulai bisa nerima :)

Karena qurbannya muslim itu ternyata jauh berbeda dgn pembantaian hewan. ada tata caranya dan penyembelihnyapun bukan "pembantai" yg beraksi gila2an itu, penyembelih hewan qurban adalah para ahli kitab. Hewan yg disembelihpun dikondisikan dalam keadaan berbaring dgn kedua kaki didekatkan pd tulang rusuknya, shg menenangkan si hewan qurban. Lalu pisau yg digunakan jg pisau yg tajam sehingga bisa memutus 4 "urat" pada leher hewan qurban tsb (urat makan, minum, nafas dan apa ya 1 lagi?), shg ada cipratan darah yg deras yg dpt mempercepat proses kematiannya, jd hewan qurban tdk tersiksa terlalu lama.

Jadi kmrn saya izinkah aja anak2 nonton sama temen2nya, ditemenin papanya juga, krn diabsen gitu pas penyembelihannya, hrs ada yg nyaksiin.
Alhamdulillah anak2 ga trauma. Mungkin memang tergantung org tua & anaknya jg, kalo takut ya jangan nonton, kayak saya yg selalu gak ikutan nonton :p
dan yg jadi PR tuh cara kita menjelaskan sama anak2, krn kadang ada juga yg malah bikin anaknya takut.
Gimana caranya biar anak paham konsep qurban dan ga ketakutan, krn qurban itu kan bukan sesuatu yg hrs ditakutin.

Video yg diliat mungkin video ttg pembantaian hewan ya, bukan video ttg qurban. Secara itu video dari kaum vegetarian.
Saya pribadi sih, tetep ga tega liat penyembelihan apalagi pembantaian :( kalo bukan krn sunah sih..gak bakalan ikutan qurban deh hehehe..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

12

Topic: Serba-serbi Idul Adha

eka

oh bgitu ya mom, iya saya sndiri sih org nya penakut, jd g brani liat, takut kebawa mimpi nanti hehehe, sprti nya sih mmg video pembantaian ya.

saya baru tahu loh ttg pemotongan qurban stlh baca penjelasan mom eka, makasih info nya :)

13

Topic: Serba-serbi Idul Adha

anakku dua-duanya diajak ayahnya liat qurban pas lebaran kemarin. tentunya si bayi belum ngerti.. tapi kakak (22 bln) sudah ngerti.
nontonnya sih pas sore masih hidup dan agak siang setelah hampir semua sdh disembelih. jadi ga pas heboh2nya. setelah nonton si kakak malah ketagihan liat "qulban" karena katanya "cip" (sheep--> dia tahunya kambing itu sheep, ky shaun) disayang Alloh dijadikan kurban.
sebenarnya justru penyembelihan secara Islami itu melarang untuk menyembelih kurban pas hewannya stres. jadi ditenangkan dulu hewannya. dibisikin dg lafadz thayibah shg hewannya ikut berdzikir. nah.. ini yg terjadi pas ayah+2anak gadis nonton. tinggal 1 ekor yg disembelih, itupun tenang.. jadi anakku ga trauma. malah besoknya minta liat kurban lagi...

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

14

Topic: Serba-serbi Idul Adha

Alhamdulillah Jibril ampir 4thn jg kmrn ikut liat pas proses pemotongan hewan kurbannya. Bahkan mlm sblmnya pas di masjid berkumandang takbir, Jibril sempet ngucap,"itu lagi doain kambingnya yah!?"

Berhubung hewan kurbannya ditaro di samping rumah, JIbril & Jihan jg sempet berulang kali ngasih makan, dan ga cuma kambing yang mau kita kurbanini tp juga kambing2 lain di kasih makan. Jadi Jibril ga tll nganggap kambingnya spesial, lagian udah mo dikasih tahu juga sih klo kambing2 itu nanti mo dipotong.

Pas akhirnya giliran kambing Jibril, berhubung si ayah jg blm ngerti tata cara motongnya, jadi cuma ikut megangin kakinya aja,dan berhubung kita niatin kambingnya a/n Jibril jadi Jibril pun gw suruh ikut pegangin, Alhamdulillah bocahnya mau. Dan emang prosesnya penyembelihannya cepet bgt. Kelar itu sampe ngeliat kambingnya digotong pun. Jibril ga ngomong apa2 cm ribut blg kalo tangannya bau.

Justru gw yang makin penasaran, pas sapi pertama disembelih gw ga liat. Akhirnya pas sapi kedua disembelih gw mantengin deh. Awalnya Jibril mo ikut liat juga, tp pas udah mau disembelih bocah tahu2 lari ke ayahnya. dan sama kaya pas proses penyembelihan kambing, pas sapi pun sama cepetnya.

Menurut gw ga masalah kalo anak2 mo dikasih liat proses penyembelihan hewan kurban, walopun emang masih hrs dilihat karakter anaknya sih. Selama kita ga nakut2in dan bisa ngasih jawaban masuk akal dari sgl pertanyaan anak2 kita. Insya Allah mereka akan nerima dgn baik.Ibarat ngeliat animal planet live aja sih.

A Mother Always Bring Extra Love...

15

Topic: Serba-serbi Idul Adha

urban mama,
hari raya sebentar lagi... sudah siap-siap untuk membeli hewan qurban kah?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

16

Topic: Serba-serbi Idul Adha

Makasi sudah mengingatkan Teh.. ga kerasa yah waktu kayak cepet banget.

Btw biasanya beli hewan qurban di Bandung nitip sama orangtua, karena kalau idul adha suami ga ada cutinya dan aku juga blm pengalaman milihnya kayak gimana.
Kalau urban mama disini gimana/dimana beli dan lain2nya?

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

17

Topic: Serba-serbi Idul Adha

chika,
tahun ini belum survey2 harga nih. kalo tahun lalu, patungan qurban sapi. bareng sama mertua plus ada temen 1 yang ikut... jadi pas 7. qurbannya di jakarta. tahun ini belum tau di mana.

kalo temen ada yang selalu ikut qurban yang jadi kornet itu loh chik. bagus juga yaa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

18

Topic: Serba-serbi Idul Adha

sama dng teh ninit, aku pun kadang bareng mertua kurbannya, karena rumah juga deketan. Trus serunya kalo abis beli kurban, kalo kambing pasti di taro di rumah selama satu dua hari biar di'pelihara' dulu sama anak2, abis itu ntar mereka juga yang bawa ke mesjid deket rumah. Itu berkesan banget dan hampir jadi ritual juga sih..

kalo soal ngeliat pas disembelih, aku sih nggak ngelarang, cuma yang berani si abang, aja, adik2nya hanya liat dari jauh, jadi kayaknya nggak berpengaruh buat mereka. Awalnya juga udah diingetin bahwa hewan diciptakan Allah sebagai makanan buat manusia, jadi mereka siap saat tahu piaraan sementaranya akan disembelih..

Chika, kalo di Depok banyak tempat beli sapi dan kambing, bertebaran, heheheh..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

19

Topic: Serba-serbi Idul Adha

kisaran harga hewan qurban sekarang berapa ya?

aku kemarin di SMS temen:
1. kambing jawa 15kg 1.5jt
yang 20 kg 2jt

2. domba garut
20-25kg - 2.1jt
25-30kg - 2.8jt

3. sapi jawa
200kg - 14jt
250kg - 16jt

kisarannya segituan yah?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

20

Topic: Serba-serbi Idul Adha

Kalo aku biasanya beli di lokasi yang deket rumah aja, bener kata Zata klo di Depok tempat beli sapi dan kambing bertebaran Chika bahkan beberapa tempat udah mulai dari sekarang nih jualnya. Biasanya beli 2-3 hari sebelumnya tergantung dari Masjid mulai bangun kandangnya kapan atau infoin mulai nerima hewan kurbannya kapan?

Pas beli kambing ini memang rutin ajak anak buat ikutan beli dan bahkan mereka yang milih sendiri, ya pengen bikin tradisi aja sih pas idul adha ini, klo pas idul fitri kan anak2 biasa dilibatin saat bikin kue atau hidangan lebaran lainnya nah klo idul adha ya pas milih kambing hehehe.

Iya Teh Ninit kurban mll Rumah zakat ya biasanya dijadiin kornet, jadi berasa banget ya memang manfaatnya.

Mau cerita juga jadi di SD nya Jibril sll ngadain juga penerimaan hewan kurban dan penyembelihannya jadi biasanya selain ikut nyaksiin pemotongan hewan kurban di Masjid deket rumah, kita juga ikut nyaksiin pemotongan di sekolah.

A Mother Always Bring Extra Love...

21

Topic: Serba-serbi Idul Adha

Sepakat, mending dipahamkan dulu ke anaknya. Walaupun mereka cenderung suka dengan binatang. Namun, penjelasan yang benar akan membuat mereka tidak ngeri ke depannya.
Ingat waktu kecil dulu, melihat proses penyembelihan binatang dimulai saat kakek menyembelih ayam saat menjelang lebaran. :)

Lakukan yang terbaik