1

Topic: Exercising Tips during Ramadhan

hello fit urban mama and papa.. :)

berhubung sebentar lagi mau puasa, mulai banyak yang nanya2 ttg tips untuk berolahraga (lari, renang, etc) selama puasa nih. kebetulan gue juga nyari2 karena pengennya sih bisa tetep lari selama puasa. tapi ya mesti hati2 banget karena selain gue juga masih nyusuin, ini juga pertama kali gue bakal full nyusuin dan berusaha untuk puasa sehari penuh. dulu2 waktu masih nyusuin naia, gue ga kuat karena naia masih belom mpasi. kebetulan neishia udah mpasi nih dan insya Allah bakal bisa puasa penuh. tinggal urusan lari nih, karena itu jadinya bakal extra energy banget buat gue.

jadi mau share aja, untuk yang mau berolahraga (gak hanya lari) kira2 apa aja sih tips2nya? ini ada beberapa dari gue, yang bakal gue jalanin selama puasa:

1. Avoid the Heavy Stuff. Exercise Smart, not Hard
buat gue yang demen lari, ini penting banget. karena lari adalah high impact exercise, jadi ya gue bakal lari just to keep myself stay in the run. jadi instead of long run, ya gue bakal short run aja. dan frekuensinya juga di rubah. karena biasanya gue larinya pagi sebelom ngantor, ya bisanya kalo gitu sore, sebelum buka. tapi karena gak mungkin, karena masih ngantor, ya udah gue lari seminggu sekali aja mungkin. in the meantime, on weekdays gue bisa olahraga laen yang low impact kayak berenang. bisa dilakukan juga abis buka nih, enak soalnya brenang malem2. atau kalo gak pilates sore2 sebelum buka, trus dilanjutkan dengan lari 1-2km aja. it'll be refreshing. karena kan olahraganya ini hanya untuk keep your body with the routine, gak ada hard target yang harus di achieve.

2. Listen to your body
badan kita itu hebat banget. bisa ngasih signal kalau kenapa2. jadi kalau misalnya masih semangat untuk berolahraga, do go ahead. tapi begitu berasa lightheaded pas in the middle of the run or exercise. langsung brenti aja. apalagi kalo berasa haus. do it at a moderation, and always listen to your body. kalo pegel2 mah kan itu muscle pain, ga ada hubungannya ama puasa, tapi kalo urusannya udah haus, fatigue, dehydrated, itu bahaya. jadi mesti stop kalau mulai berasa. makanya do it smart, not hard.

3. Adjust your exercise timing
tiap orang punya schedule yang beda2. seperti gue bilang, gue biasa lari itu pagi2.. selama puasa, rada ga mungkin gue lari sebelom gue sahur. karena masih gelap jadi rada ga berani lari outdoor, dan gym juga masih belom buka. jadi ya paling kalo mau lari pas sebelum buka, atau malam hari setelah buka. gue sendiri masih belom tau bakal ambil yang mana, tapi again, karena urusan breastfeeding juga, gue ga mau ngoyo untuk keep exercise schedule gue padat. sekali seminggu selama puasa is enough as my initial goal.

4. Makan makanan yang sehat dan berprotein tinggi
sebenernya sih it's a given ya. selama puasa kita makan makanan yang sehat, berprotein tinggi dan banyak juga minum pas sudah waktu buka sampai sahur. rada susah nih, apalagi yang di indonesia dengan disuguhi makanan enak2 yang hanya hadir selama puasa. well, pick and choose, kan ga semua mesti dimakan dalam porsi besar. yang penting makan makanan yang sehat. buah2an, makanan berserat tinggi, penting banget kalau emang tetap ingin berolahraga selama puasa. makan makanan yang berserat tinggi dan sehat juga akhirnya akan reserve your muscle mass, jadi gak ketimbun sama lemak karena gak bisa berolahraga yang maksimal hehe

5. If you don't exercise, it's okay
ini sebenernya tip yang gue dapet di internet. jadi setelah baca tip2 ini itu, trus ada satu ini yang menurut gue menohok banget. it says:


Deciding against training during Ramadan isn't really as bad as you might think. Yes, there will be some lost in size, strength and stamina - which is completely normal. But there's nothing that you can't regain if you continue to train again after Ramadan. The choice really is yours. There's nothing you cannot do if you put your mind to it.

The most important thing anyone can ever tell you is to prepare yourself in every way possible, and to listen to your body. Sometimes, eating all the right food and getting all the right rest may be enough, but there's always room for some irregularities especially when you're eating routines have been changed around.

So remember to take it easy on yourself, run smart, not hard, and always listen to your body. Stop when you feel like it, run when you feel up to it. Taking a month's rest isn't the worst thing you could do.

wrote:


bener bangeeett!!! makanya gue juga ga mau ngoyo mesti harus tetap lari atau berolahraga. pokoknya kalo emang bisa dan gak lemes, akan diusahakan. if not, ya gapapa. mungkin lebih baik fokusnya di ibadah dulu sebulan ini. ya gak? apalagi kan gue masih belom mens sejak melahirkan, kesempatan banget untuk bisa puasa full 1 bulan!

dan buat urban mama yang berencana akan berolahraga mumpung lagi menstruasi nanti, hati2 juga .. walopun lagi ga puasa, tapi kan lagi datang bulan, make sure you have enough iron dan emang lagi fit. tetep jangan dipaksa olahraganya.

kalo ada yang mau nambahin, silakaaannn..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Exercising Tips during Ramadhan

wow.. tipsnya se su a tu banget nih.
Dapettt aja tips keren gini :D
Bener banget tapi ya, ga usah maksain kalo emang ga sempat karena keterbatasan waktu dan energy, karena kan bulan Ramadhan juga emang ditujukan biar lebih fokus di ibadah dari pada fokus exercise :)

Kalo gue niat paling ga bisa lari seminggu sekaliii aja selama puasa *ga muluk-muluk* tapi kita lihat nanti prakteknya bisa dijalanin apa engga.

Paling mau nambahin satu point diatas: jangan sampe kekurangan minum/cairan. Sebenernya ini mau olahraga atau aktifitas sehari-hari penting banget sih.

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

3

Topic: Exercising Tips during Ramadhan

mau update ah.. selama bulan puasa yang baru seminggu ini, akhirnya sempet ngejalanin olahraga. lari sekitar 3K. tapi gue larinya setelah buka, gak pas sebelom buka. kebetulan bukan karena apa2 sih, tapi karena gue gak bisa ninggalin anak2 sebelom buka.

ternyata setelah buka rasanya mungkin lebih enak deh olahraganya. gue sengaja gak mau target lari lama2. karena well, pertama sih karena gue emang gak bisa ninggalin anak2 lama2 kalo udah malem gitu. trus, kedua, karena gue larinya setelah buka, jadi juga ga mau force badan gue, apalagi gue juga nyusuin.

jadi tips dari gue kalo mau olahraga setelah buka puasa:
[list=1]

  • buka puasanya cukup dengan minum segelas MILO atau minuman manis lainnya dan 1-2 biji makanan kecil aja. jangan banyak2.
    [/*]
  • lari pelan2 sambil ditingkatkan pacenya tergantung dengan kondisi badan.
    [/*]
  • abis berolahraga baru deh lanjut makannya.[/*]

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta
  • 4

    Topic: Exercising Tips during Ramadhan

    Wah, asik bgt tips2nya slesta di atas. Kebetulan emg lagi nyari.

    Jadi minggu lalu gw sempet lari setelah buka. Itu pertamakalinya gw lari setelah puasa, krn minggu sebelumnya gw masi 'berhalangan' jd belum ngerasain lari setelah puasa seharian. Jadi pas buka gw udah takjil pake kolak ama es buah, dapet kan tuh 2 gelas. Trus nyomot2 buah dikit. Udah, gw brangkat lari. Tnyt, pas slese lari (kebetulan gw TNR-an, jadi larinya rame2) skitar 4k malem itu, gw sempet agak berkunang-kunang gitu. Sempet agak muter rasanya. Langsung gw stop. Minum teh manis anget, sambil duduk istirahat. Abis itu alhamdulillah badan dah gpp.

    Kynya porsi takjilnya kurang ya kalo gitu? Apa next time gw coba makan berat tapi dlm porsi kecil aja gitu ya?

    :: big fan of F ::
    [@gumzkiew]

    5

    Topic: Exercising Tips during Ramadhan

    gumzkiew mungkin dicobain dengan makanan sehat2 dulu pas buka. jangan langsung makanan berat, nanti perutnya kram. trus juga larinya ga usah jauh2 dulu. gue juga selama puasa, lari hanya 20 menit, dan max 3.5km. bukan gak mampu lari sampe 5k sih sebenernya, tapi ga ada waktunya heheh.. dan tadinya malah gak mau lari dulu deh selama puasa, karena ternyata gue ribet banget, bukan ribet larinya, tapi ribet ninggalin anak2. kasian kalo nyerahin ke si mbak karena dia juga puasa dan sibuk nyiapin bukaan+makan malam.

    eh tapi karena emang udah rutin lari, jadi badan gue malah sakit2 karena ga lari, terpaksa deh gue seminggu sekali lari, se singkat mungkin, demi badan kembali enak. dan bener banget loh.. badan langsung seger gitu pas abis lari.

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    6

    Topic: Exercising Tips during Ramadhan

    mamas,

    mau share ya. selama bulan puasa ini aku juga tetep lari. biasanya 1-2 kali seminggu sebelum buka puasa. biasanya sih cuma 3 kiloan doang kalo ini. timingnya dipasin 1,5 jam sebelum buka puasa. Jadi pas udah selesai lari gak lama kemudian terus buka.

    Nah kalo lari pas sehabis buka, usahakan jarak makan dengan lari setidaknya 45 menit- 1 jam deh. aku pernah nyoba lari malam dengan jarak 30 menit dari makan terakhir, perut rasanya begah banget. Kalo malam biasanya lari rame-rame dan berjarak sekitar 4.5 KM.

    happy-go-lucky mummy
    tweeting as @thearizkia
    - www.thearizkia.com -

    7

    Topic: Exercising Tips during Ramadhan

    Ah baru inget ada thread ini..

    Sempet nyobain lari pas bulan puasa sebelum buka dan hasilnya... lemes abis plus langsung kena side stitch (kalikibeun kalo kata orang sunda) di KM 1, dan mengingat salah satu penyebab side stitch adalah bisa krn kekurangan cairan/minum, yang sangat mungkin secara lagi puasa, dari situ kapok dan ga lari2 selama bln puasa. Mungkin baru mau nyoba lagi di puasa thn ini di july 2013.

    Miguel is my Rocktober Baby
    @siskaknoch

    8

    Topic: Exercising Tips during Ramadhan

    siska larinya setelah buka aja chik.. tapi jadi maleemm.. sebelom ato sesudah tarawehan. di gue tahun lalu jadinya gue lari seminggu sekali aja.

    karena masih menyusui, gue ga kuat deh mesti olahraga pas masih puasa juga soalnya.

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    9

    Topic: Exercising Tips during Ramadhan

    sLesTa..gw baru baca thread ini, gunaaa bgt krn bulan dpn udah puasa lagi. Makasihh yaa..

    Klo gw pengennya tetep olahraga tapi paling2 sminggu 1 or dua kali aja. Soalnya takut males mulai lagi klo brenti olahraga..

    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/

    10

    Topic: Exercising Tips during Ramadhan

    halo fit people.. pada olahraga gak selama bulan puasa niyyyhh??

    taun lalu, karena masih menyusui dan anak masih 6bln, jadi gue agak restrict olahraga gue, jadi seminggu sekali aja. lari malam hari setelah buka.

    taun ini, ternyata lebih mendingan. mungkin karena stamina sudah lebih baik dan gue juga kalo siang udah gak menyusui/mompa. jadi abis buka ringan, gue lari di treadmill aja. kemaren sempet nyobain lari sebelom buka.. gak jauh2 sih, 4.8km dan pelan2.. ternyata capek juga, keausan dan pas brenti.. kleyengan hihi.. but doable!!

    oya selain itu gue juga renang pas lagi puasa dan yoga sebelum buka. jadi selama puasa ini, tiap hari pasti berolahraga, tapi disesuaikan aja.. gak tiap hari lari terus.

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    11

    Topic: Exercising Tips during Ramadhan

    Kebetulan bentar lagi ramadhan nih.. Btw kalo saya sih palingan cuma olahraga sama lari pagi di luar ruangan (outdoor) sebelum sahur. Selebihnya kalo gak bangun ya gak olahraga.. Takut capek dan lemes di siang harinya

    Hey, Mom. You can add our outdoor furniture for your yard or garden.

    12

    Topic: Exercising Tips during Ramadhan

    Jorucel, gw juga kurang lebih gitu. Olahraga menjelang sahur atau bahkan menjelang berbuka, biar abis tu langsung minuuummm ....

    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/

    13

    Topic: Exercising Tips during Ramadhan

    *menyimak* sekitar 2 bulan lagi kan puasanya
    kayaknya oke ni olahraga ringan sebelum buka, tfs ya moms ...

    14

    Topic: Exercising Tips during Ramadhan

    heniek,
    waaah iya sebentar lagi ramadan yaaa. hebat deh udah persiapan olahraga ramadan dari sekarang hen. :)

    oh ya, di buku lisa namuri terbaru, lisa's movement... oke juga buat dibaca2 menjelang ramadan.

    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita