1

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

saya mau pendapat aja nih yaa.. kebetulan kan kemaren ngebahas ttg campaign go green. dan salah satu yang mayan sering dibahas adalah memakaikan clodi untuk berpartisipasi dalam "saving the earth".. saving the trees.

tapi saya rasa ide ini masih controversy. why?

oke, bener dengan memakaikan clodi kita save the trees karena mengurangi pemakaian disposable diapers. tapi apa berarti kita bener2 "save the earth". soalnya dengan dispo kita tinggal buang, tapi ini artinya memperbanyak limbah ya. tapi clodi juga bukan berarti 100% green. karena clodi itu mostly mesti dicuci pake mesin cuci. which means listrik yang dipake juga banyak, etc. jadi tetep ada.

on the other hand, i still prefer clodi karena on top of it, tetep lebih minimizing penggunaan energy yang tidak perlu. detegent yang dipake tidak perlu banyak2, bisa dipake berulang2 dan jemur pun tinggal di bawah terik matahari.

so after all the controversy, i still choose clodi cuz best of all, it's softer and easier on my baby's bum. :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

2

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

Mamas, ikut sharing yahhhh...

Pengalaman saya ber-cloth diapering: tidak repot krn nyucinya pakai mesin dan tdk hrs disetrika (even flats, ngga masalah kl ngga disetrika). Yg penting sejak awal dipelajari baik2 ttg bgmn perawatannya.

Ttg listrik, air dan deterjen:
- Listrik: Tdk ada perbedaan yg signifikan antara sblm ada cucian clodi dan selama ada cucian clodi. Soale kl biaya listrik membengkak, udah pasti suami saya teriak2... hehe...
- Air: Kl bisa, cari mesin cuci yg hemat air dan energi. Kurang tahu juga apk di Indonesia udah ada. Kl ada, pls pertimbangkan kl ada plan ganti mesin cuci.
- Deterjen: Kebetulan semua produsen clodi di Perancis menyarankan deterjen organik (tp tdk semua brand krn ada yg cocok dan ada yg tdk) utk pencucian clodi.

Skrg kl mau bahas dr sisi produksi:
- Dispo: Energi yg digunakan utk produksi dispo diapers itu besar sekali (ada di buku clodi yg saya baca, tp lupa detailnya).
- Clodi: Sebagian besar produsen clodi di Perancis adl industri kecil/rumahan. Jd bs dibilang energi utk produksinya tdk sebesar industri dispo.

Kl dilihat dari sisi reusable-nya:
- Dispo: Hm, siapa yang mau pakai dispo bekas? Hayoo... ngacung!
- Clodi: Dgn biaya produksi kecil, clodi msh bisa dipakai sampai kapan tahu (clodi jaman suami bayi msh ada sampai skrg dan anak saya suka pakai juga lho kl lagi di rumah neneknya).

Setuju, memang tidak 100% green, namun dgn penggunaan clodi paling tidak kita ikut mengurangi limbah (dan energi yg tidak perlu - mengutip sLesTa).

Di buku ada perbandingannya ecological footprint antara dispo diapers, cloth diapers yg dicuci di rumah dan cloth diapers yg nyucinya pakai jasa laundry service. Sumbernya dari Best Foot Forward.

Kl ada yg minat utk 100% green, consider elimination communication (EC), atau diaper free (see http://www.diaperfreebaby.org/). Saya belum bisa euy... Ribet ngga pakai ART ^_^

3

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

puspita_jewel wow keren, mbak Sitha punya bukunya. soal energi dan air yang dipake buat nyuci cloth diapers emang sering jadi bahan "senjata" untuk counter claim ramah lingkungannya cloth diapers. waktu itu pernah baca penjelasannya (duh, lupa url-nya apa ya), intinya sih energi dan air yang dipakai untuk produksi disposable diapers itu jauh lebih besar dibanding yang dipakai untuk cuci cloth diapers.

bunda cacha dan hafidz

4

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

kemarin ada temen (kebetulan dia emang jualan clodi juga, hehe) yang bilang ke gw kalo dispo diaper itu berpotensi menimbulkan risiko kanker pada anak...apa ada yg pernah denger tentang ini?
udah coba googling sih, tapi masih pro-con juga.

btw, untuk pro-con dispo n clodi, paling setuju soal biaya =) pernah coba pake dispo murah meriah supaya hemat, ternyata kualitasnya ancur, tiap jam kudu ganti juga, jadi ya sama aja jatohnya....hehehe.

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

5

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

puspita_jewel - waa, dulu waktu masih hamil aina, gue bacain diaperfreebaby.com dan EC topics religiously tuh, ampe di print petunjuk2nya... tapi setelah lahir, ternyata ga sanggup ngejalanin... hihihi.

IMHO, pro & con-nya sih tergantung kebutuhan masing2 ya... kalo maksain full clodi, padahal ga punya mesin cuci dan ga ada ART, kayaknya malah jadi nyusahin. ada juga yang pengen full clodi, tapi apa daya, penghasilan blum mencukupi untuk beli sekalian banyak di depan... terpaksa lah setengah2.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

6

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

dulu zayyan sampe 2bln full dispo,br setelah 2bln nyoba2 clodi n sekarang bisa full clodi.
nggak nyesel sempet 2bln full dispo,karna demi kesehatan fisik n mental,hehe.
karna kan awal2 itu msh baby blues dsb itu,ga kebayang kalo bentar2 ganti popok,nyuci,n jemur.bisa tambah stress kayaknya.di rumah ga ada ART,ada mesin cuci tapi biasanya dipake buat spin aja.jadi pake dispo pada saat itu bener2 menyelamatkan hidup.
sekarang saat zayyan udah teratur pola hidupnya,bisa deh full clodi.jadwal pup teratur n bobo teratur,jadi bisa disempetin nyuci clodi tiap pagi.
lepas dari pros n cons di luar sana,yg jelas lebih milih clodi karna biar toilet trainingnya lebih gampang.daaan..lebih lucu,hehe.

7

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

ikut share pengalaman ya siz..
aku baru kenal clodi pas anakku umur 14 bulan. telat bgt..:( trus nyoba-nyoba berbagai merk. intinya saat ini taqi (anakku.red) punya 15 clodi. dan sejak itu kami gak pernah beli dispo lagi deh..oia..pernah beli yang isi 20pcs, dari awal tahun mpe sekarang cuma kepake 5 biji.
trus aku nyucinya hand wash, biar awet, trus jemur langsung di bawah terik matahari (kebetulan apartemen di kamar paling atas) jadi paling gak butuh waktu penjemuran 2 hari.
berikut detail pemakaian clodi pada taqi(16 bulan):
dari mandi pagi (7am-12.30pm): 1 pc clodi import 1 insert (kecuali klo lagi pup)
12.30pm-15.30pm: 1-2 pcs clodi lokal
15.30pm-19.00pm:1-2 pcs clodi lokal
19.00pm-06.30am: 1 pc clodi import 2 insert.

begitu moms our experience..

8

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

ah, gue dulu juga 2 bulan pertama full dispo kok (soalnya bakalan rontok badan gue kalo pakein clodi). kalo pergi2 juga masih pake dispo.
soalnya ringkas sih... gak repot.

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

9

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

ade: wkwkwk... soalnya penasaran pingin baca ^_^ Kepingin jg yg bhs Inggris bikinan Autumn Beck (kyknya e-book deh), tp ngga jadi ah, agak mahal.

superpippo: Mungkin yg dicari ada di sini http://www.epochtimes.co.id/kesehatan.php?id=98

thalia: Eike jg ngga sanggup euyyy... hhehe...

10

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

Perbincangan ttg energy yang dikeluarkan oleh clodi dan pospak sudah sering diperdebatkan di Inggris. Waktu ada laporan yang keluar dari sebuah agency di sini yang mengatakan bahwa penggunakan clodi tidak lebih baik dari pospak, tapi diperdebatkan karena agency ini tentu saja funded by giant pospak company, kalo riset mereka tidak benar, karena mereka masih menggunakan cara lama yaitu mencuci diaper dengan temperature tinggi, mesin cuci yang tidak se-efisien sekarang ini dan juga dengan menyetrika clodi.

Benar seperti puspita_jewel bilang, kita harus melihat dari pembuatan sampai pengolahan limbah pospak. Clodi bisa didaur ulang, bisa dipakai utk anak lebih dari 1 tahun. Kalo ingin lebih sustainable, gunakan clodi yg terbuat dari bamboo krn bamboo, tumbuh sangat cepat, tidak menggunakan pesticide, tidak membutuhkan lahan yg besar spt katun.

Aku pernah menulis ttg benefit clodi di salah satu forum clodi di inggris. Bisa lihat di sini

Superpippo, pospak bisa menyebabkan testical cancer dan infertility di anak cowok, itu menurut riset di sini

11

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

indie, wow ok banget tuh tulisannya.
tapi soal riset ttg infertility itu memang masih diperdebatkan ya, krn skala studi yg kecil. tapi tetep, selama ini itu masih pro contra di kalangan ahlinya, ya mending ga ambil risiko lah..buat anak gitcu lohhh :D

12

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

Selamat malam buibu....Moms, saya mau sharing deh. Anak saya usianya 13 bulan. Usia segini, frekuensi pipisnya berkurang tapi volume urinnya semakin banyak. Padahal ganti diapers baru 3 jam yang mungkin baru 1 atau 2 kali pipis tapi berasa udah penuh banget pas dipegang. Makanya, walau udah usia segitu masih saya pakein diapers premium, dan udah cocok banget pake goo.N excellent soft, karena walau udah penuh ga pernah sampe bocor, jadi ga perlu sering ganti. Cukup sehari 2x ganti hehe

13

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

Sejak anakku sering diajak keluar, aku dah pakein dispo. Biar gampang. Lagipula cucian banyak bener kalau pake yang kain dan aku tak sanggup. Untuk mencegah ruam, paling aku sering-sering ganti. ya sih, agak mahal emang. T_T

14

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

baby aku dari lahir sampai mau 4 bulan ini pake popok kain or celana kecuali malam dan pergi2 pake dispo, tapi sekarang lagi mau coba pake clodi niatnya, lagi googling2 info tentang clodi. Tapi belakangan ini jadi diaper rash, makanya libur pake dispo dulu kecuali kalo pergi2. Nyuci emang tiap hari, no helper, jadi strong, manual atau pake mesin. Nah sekarang mau coba clodi soalnya anaknya udah aktif guling2an dikasur, perlak dimana, bocil dimana. Semoga cocok dan sanggup pake clodi.

15

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

novitavisari,
Semangat mama! Semoga bisa terlaksana yaa keinginannya..

Jadi ingat dulu anak kedua full clodi kapanpun di manapun. Pas roadtrip, nawa clodi satu tas gede sendiri :P hahaha

r-amaris,
pakai dispo atau yang kain sama aja sih ma. Yang penting cocok sama anak dan orang tua aja :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

16

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

Lebih praktis pake dispo sih menurutku. Cuman memang perlu lebih perhatikan kelembapannya jangan sampai terkena baby rash. Kalau clodi agak agak susah di musim hujan begini dan memang kudu beli banyak.

17

Topic: Disposible vs. Cloth Diapers: Pros & Cons

Anak pertama pakai Clodi, dispo kalo pas bepergian. Yg kecil ni clodi terus selama 6 bln ni. 1minggu pake popok tali, habis seminggu sampai sebulan prefold, habis sebulan pake onesize. Hiks, tapi ga enaknya nih clodi dah terlalu meracuni, tiap ada yg jual murah maunya dibeli mulu, padahal stok dah cukup. 
Btw aq pake clodi karena kalo pake dispo, bingung buangnya. Rumah bumer ga da yg bisa bwt timbun2, ga da tempat pembuangan sampah khusus jg di tempat itu, jd ujung2nya mesti ke sungai, jdnya mending Clodi aja ga ribet buang sampahnya.