1

Topic: Gerakan Janin

Eh bener kok semakin mendekati hari perkiraan lahir, biasanya bayi geraknya agak kurangan karena sempit kali ya hehe.

Tetep gerak tapi sudah menghalus karena tempat buat ngambil ancang2nya udah gak adaaa...kl sempit kan susah gerak.

Bayiku kemaren sebelum lahir gerakannya udah gak seheboh pas 6-7 bulan, cumaa terakhir aja di malam sebelum c-sect, sepanjang malam dia nendang2 kuat banget, mungkin excited karena mau lahir hehe.

2

Topic: Gerakan Janin

peachmargarita...
setujuuuuu... pas 6-7 bulan, baby gerakannya paling manteb. kenceng dan ke segala arah... tapi sekarang udah 36w, gerakannya uyel-uyel dan sebatas di beberapa sisi ajah. terus, bisa sok sok analisis, oh, ini yang gerak kakinya, lututnya, tangannya,... habis tiap periksa, posisi bayi udah mapan di situ...

bayi tuh sabar banget yah di dalem perut, padahal badan udah kelipet-lipet gitu. mana pas lahiran, dia pula yang berjuang buat keluar...

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

3

Topic: Gerakan Janin

Pertama kali ngerasain gerakan baby di kehamilan umur 17 weeks, rasanya kayak gelembung udara bergerak2 di perut. Seiring bertambahnya umur kehamilan, gerakan semakin berasa bahkan diminggu2 terakhir terkadang tendangannya berasa sakit kalo kena ulu hati.

Belajar untuk menjadi lebih baik. (Keluargadominick.blogspot.com)

4

Topic: Gerakan Janin

@Mrs Doyi betul, bayi memang makhluk menakjubkan.

Kadang suka terharu sendiri ngebayangin, my baby has come such a long way from a single cell fusion into a whole person...sekarang suka amazed sendiri ngamatin kaki2 kecil dan mikir: "Oh ini tokh kaki2 yg kemaren nendang2 di perut".

Btw, sebenernya gerakan bayi banyak kok. Kemaren sempet 5-6 kali di CTG dan observasi, nah itu kan ga boleh ngapa2in, diukur jantung bayi kita dan setiap bayi gerak harus teken tombol, selama stengah jam ga ngapa2in baru sadar betapa banyaknya si bayi gerak.

Kadang2 kalo kita lagi aktivitas seharian ga sadar aja kalo si bayi aktif, tapi begitu kita diem dan observasi kerasa kok :)

5

Topic: Gerakan Janin

Btw, ibu2 disini, hanya saran aja yaa, semakin mendekati tanggal lahir, semakin harus observasi yaa, kemaren ada yg barengan sama gue juga di CTG, nah tuh gerakan bayinya semakin sedikit, dan si ibunya baru sadar pas di CTG jadi harus operasi saat itu juga di 35 weeks, karena ternyata bayinya ada masalah kurang oksigen atau gimana, gitu, jadi gerakannya melemah/menjarang banget.

Bukannya nakut2in tapi beneran mendingan agak2 lebayatun daripada kenapa2 ya ga :)

Soalnya gerakan bayi itu indikator banget sih. Istrinya sepupu gue sendiri, tahun 2008 kehilangan anak keduanya, karena 3 hari bayinya ga gerak2 sama sekali, si ibu ga sadar, cuma anggep "Ah si bayi lagi anteng" dan itu dia udah 36 weeks. Ternyata sudah meninggal di dalam :(

Kemaren2 sih selama hamil gue amat sangat lebayatun kalo bayi di dalem kaya aga2 diem2 atau ga kerasa, gue langsung minum air dingin atau teh manis dan berbaring atau duduk diem dan ngitung gerakan yang lebih kerasa kalo kitanya diem --> ini diajarin ama dokter gue sih, karena air dingin atau gula kata dia bisa merangsang gerakan bayi :)

So, sesibuk apapun, luangkan waktu yaaa setiap hari untuk mengamati gerakan2 bayi.

Eh tapi jangan langsung jadi parno yaaa, ini hanya saran aja kok.

6

Topic: Gerakan Janin

Soalnya gerakan bayi itu indikator banget sih

Setuju sama peachmargarita. Dulu pas hamil pertama, ibu mertua pernah cerita ada temannya yang pas malam ada undangan udah sadar anaknya ga gerak tapi dianya ga bilang sama suaminya. Pas pagi ke dokter ternyata bayinya udah meninggal, menyesalnya bukan main.

Makanya dulu hamil pertama kali selalu aku pantau jam berapa aja biasanya dia gerak dan frekuensi gerakannya. Bagitu udah lewat waktu dan ngerasa anaknya ga banyak gerak, malam langsung ke dokter dan rekam jantung. Dari situ keliatan kalau anaknya memang kayak tidur, banyakan garis lurus daripada detaknya.

Pagi rekam jantung lagi ternyata masih sama, siang langsung induksi, 12 jam induksi mentok di 3 akhirnya SC dengan pertimbangan rekam jantungnya makin lemah, ketuban pecah dan ga yakin nambah induksi bukaan bakal nambah lagi *belum lagi sakitnya mayan banget* Ternyata penyebab dia ga banyak gerak itu karena dianya kelilit pusar, makanya tidak seaktif biasanya.

Bersyukur anaknya udah tau kelilit ga terlalu aktif geraknya karena ga kebayang kalau dia masih muter2 ga jelas dalam keadaan kelilit.

Makanya pas hamil kedua juga selalu mantau kapan dia paling aktif dan menghitung gerakannya. *kalau si kakak senangnya gerak aktif siang, si dede skrg senangnya aktif malam*

In love with my 2 sons Pandu dan Dhira

7

Topic: Gerakan Janin

makasih warningnya peachmargarita & indung... noted noted...!!!

semingguan lalu, babyku lumayan anteng sampe dua hari. pernah dia diem aja beberapa jam. aku panik dan langsung hubungi dokter. katanya disuruh tidur miring kiri. terus perhatiin. syukurlah, akhirnya baby gerak-gerak...

aku baru sadar, kalau minum air dingin atau manis, bisa merangsang gerakan baby... kirain karena baby emang seneng ama yg dingin dan manis kaya mamahnya... :p

tfs peachmargarita...

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

8

Topic: Gerakan Janin

Setujuu :) @Indung, anakku juga kemaren kelilit tali pusar, untungnyaa tetep aktif seperti biasa.

@Mrs Doyi, iya kan gula itu bikin jadi hiperaktif kalo kata dokter. Semoga sehat2 aja ya dan terus dimonitor aja gerakan2 si bayiii, udah bentar lagi kaaan, semoga selalu aktif sampe melahirkan!

9

Topic: Gerakan Janin

peachmargarita, kalo kejadian baby meninggal dalam kandungan itu major cause nya apa ya? Kelilit tali pusar atau yg lainnya? Trus kalo kelilit itu sebabnya apakah karena gerakan baby sendiri ato gimana? Jadi syeram :(

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

10

Topic: Gerakan Janin

@Ningnung jangan jadi parno ya mama, terus diamati aja gerakan2nya.

Kalo soal kematian janin itu sih macem2 ya, ada yg terlilit tali pusar lehernya (anakku kemarin terlilit tali pusar badannya tapi sukurnya ga apa2), ada juga yang tali pusarnya tersimpul sendiri (jadi terikat sendiri, bukan mengikat ke badan bayi) sehingga aliran darah tidak lancar;

Kalo sepupuku sih dia karena kena cacar atau rubella ya. Lupa deh pokoknya dia gatel2 karena cacar / rubella dan ga lapor suami ataupun ke dokter karena males :(

Ternyata virusnya nembus sampe ke janin dan meninggallah si Naja (namanya Naja), ga sampe sebulan sebelum dia harusnya lahir.

Yg jelas, takdir Tuhan kali yah. Belum jodohnya lahir ke dunia aja.

Tp pergerakan bayi itu adalah hal yang memang harus diamati. Kalo gue kemaren, bayinya gak gerak sejam aja udah lebay, langsung lapor suami, lapor ob-gyn via sms (syukurnya nih ob-gyn baiiikk dan ga menilai gue lebay hahaha), teruss, langsung buru2 minum air dingin / manis2 itu dan diem dulu barang setengah jam sambil mengawasi apakah dia gerak.

Ada juga kejadian seharian tuh di awal2 dia sering terasa gerak di bulan ke-5, suatu hari, tiba2 ga kerasa gerakannya, gue langsunggg ke dokter sore itu juga, ternyata gerak kok, cuman gue nya aja ga sadar. Habis itu dikasih tau dokter soal trik minum air dingin / manis2 dan berbaring setengah jam diem2 sambil ngawasin gerakannya.

Jangan jadi parno yaaaaaa, terus aja diawasi dan kalo emang gak kerasa setelah minum air dingin / manis2, langsung aja deh ke dokter, biarin deh dibilang lebay yang penting anak kita ga apa2.

11

Topic: Gerakan Janin

weeww.. ngeri juga yah ceritanyaa..
harus noted nih ma gerakan si dede.. abisan masuk 36 weeks nih..

tfs yaa.. :)

12

Topic: Gerakan Janin

@titie, jangan ngeriii, waspada aja mamaaa :)

36 weeks, bentar lagi donk! Slamat yaa!

13

Topic: Gerakan Janin

Peach, yup jd emang harus rajin ngamatin gerakannya ya. Aku karena masi 19w jd masi berasa kedut2, ato paling kenceng kayak ada yg nowel dr dalem perut :) kalo sehari ga berasa apa2 kadang suka bingung, walopun katanya baby d dalem emg mayoritas tidur ya aktivitasnya. Jadi kalo pas dia lg diem lama, perut suka tak goyang dikit trus di ajak ngobrol biar bangun.

life.love.food.baby! | http://kuningkecil.blogspot.com | @nanieng303

14

Topic: Gerakan Janin

@ningnung Waaahhh kita hampir samaan nih Moms lahirannya, sekarang aq udah 21W, berasanya juga cuma "nyut-nyut" gitu dalam perut, cuma makin kesni makin sering kerasa. Kalo dulu di awal 16 w juga udah mulai kerasa tapi bener2 harus rileks banget.. kalo sekarang, mau kerja pun juga kerasa. Cuma ya gitu, si Bapaknya masi belum bis ngerasain yaahh.. nanti mungkin ya pas 6-7 bulan..

Oiya, mau sedikit share, kalo kata info yang aq dapet, katanya ada baiknya kita catet setiap gerakan si baby waktunya kapan aja.
Jadi ntar kalo udah makin kerasa n mulai teratur bergeraknya, kita bisa wanti-wanti kalo pada jam segitu dia ga bergerak.

dan bener banget lohh.. diajakin ngobrol itu ngaruh banget..
Kalo aq sihh apalagi kalo sama bapaknya. langsung deh dia sibuk bergerak kesana kemari.. Cewe` kali yaaa..

15

Topic: Gerakan Janin

peachmargarita wah, makasih infonya ya..jd bisa dipancing ama air dingin ama yg manis-manis ya. Soalnya bayiku termasuk yg aktif bgt gerakannya. Udah 37 minggu tetep aja di dalem geraknya heboh (aku dan suami bercanda bilang dia lg olahraga thaiboxing :p ). Minimal tiap jam pasti gerak sekali. Makanya kl sekalinya terlalu diem, jadi khawatir bgt..

Book lover. Craft out loud. Laugh often. Eat a lot. A proud mom of Sabria, a wonderful girl who willingly listen to Ybun's out-of-tune singing.
blog: www.livingloving.net

16

Topic: Gerakan Janin

Moms, mau nanya ni soal gerakan bayi... Kalo aku baca-baca di sini, rata-rata merasakan gerakan bayi kan di minggu-13 (paling awal) yah. Nah, ini aku baru minggu-12, tapi kadang kerasa sedikit gerakan di perut. Kaya kitik-kitik dari dalem perut gitu. Kalo agak kenceng dikit, rasanya kaya ada handphone lagi vibrate dari dalem perut (errrrr, analoginya aneh yak, hahahaha.) Itu butterfly flutters kah? Udah bisa ya ngerasain gerakan bayi di minggu-12 gitu? Jadi senaaaaaaaaaaang :D Geli-geli gimanaaaa gitu. Soalnya kalo udah ngerasa ada yang noel-noel di perut, biasanya aku ambil buku cerita terus dongeng deh, atau ngajak ngobrol, huhu.

peachmargarita dan Indung - Aduh, terima kasiiiiihhhhh! TERIMA KASIIIIHHH! Terima kasiiiih banget udah ngasih tips seperti itu. Aku ketakutan semingguan ini, soalnya ya ada baca artikel dan denger berita soal bayi meninggal dalam kandungan :( Bener-bener takut, sampe nangis berdoa semoga si adek di perut sehat-sehat aja. Terima kasih sekali lagi ya, udah ngasih tips supaya bisa memantau si adek bayi. Walopun masih minggu-12 dan gerakannya masih sedikit-sedikit, Insya Allah aku pantau terus. Sejauh ini yang aku rasa, dia suka 'heboh' kalo posisi duduk aku ga beres. Mungkin mau bilang "aduh ibu, aku kejepit iniiihh! Duduk bener dikit napah?" Hihi. Sekali lagi terima kasiiiihhhhhhhh banget ya moms...

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

17

Topic: Gerakan Janin

kappachan..aku waktu hamil anak ke-2 kmrn, usia kandungan 12-13 weeks jg sdh mulai kerasa kok gerakannya, dan sama seperti yg dirimu rasakan. selamat ya :)

18

Topic: Gerakan Janin

Wah indri, sama juga ya :D Rasanya geli-geli gimana gitu ya... Hihi.

Moms, aku mau nanya di sini lagi ya... Maaf banget jadinya ngerepotin para moms sekalian; aku parno gini orangnya. Dan ini pertama kali hamil, dan bener-bener clueless rasanya.

Kemarin (Kamis, 6 Oktober) gerakan bayi di perut ga seaktif biasanya. Biasanya pas siang gitu dia suka gerak-gerak dan kerasa. Lalu sore - maghrib dia juga gerak. Tapi kemarin itu nggak kerasa apa-apa. Sempet kerasa tapi sedikiiiiiiit banget. Hari ini juga sama, ga kerasa. Padahal biasanya kalo dia ikut aku ngajar ke kampus, dia seneng dan suka gerak-gerak. Dari siang sampe sore kok ya aku ga ngerasa apa-apa.

Apa kira-kira bayinya kenapa-kenapa? Perlu cek ke dokter ga ya? Aku bener-bener parno nih :( Atau ini malah wajar, karena baru masuk trimester 2, dan ukuran si bayi belum terlalu besar, jadi gerakannya kadang kerasa seharian, kadang ga kerasa? Thanks buat jawaban dan sarannya ya moms.

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

19

Topic: Gerakan Janin

kapachan...

mungkin karena baby-nya masih kecil banget, jadi waktu gerakannya masih belum teratur / sering. cobain tips-nya peachmargarita di depan. minum dingin & manis. kalau masih belum gerak juga, mungkin karena baby-nya lagi tidur aja. imho, belum perlu ke dokter, karena usia janin memang masih muda. tenang yah, say... kalau ibu-nya tenang, baby juga nyaman di dalem... ;)

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

20

Topic: Gerakan Janin

Waaah, terima kasih mrs doyi... :D Jadi lebih tenang rasanya, hihi. Emang aku yang suka parnoan sih orangnya. Sampe nyokap komentar, "ntar anaknya parnoan juga kaya kamu lho," hehe.

"kalau ibu-nya tenang, baby juga nyaman di dalem"

Trims ucapannya :) Insya Allah aku inget-inget terus :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

21

Topic: Gerakan Janin

mau ikutan sharing..
aku lagi hamil anak pertama 35w. Sampai saat ini sih gerakan baby nya heboh banget. Agak takut juga sih. Tapi ga apa-apa kan ya kalo gerakannya masih heboh..?

ABC is Ambu - Baba - Cifa
http://kembanggeulis.com

22

Topic: Gerakan Janin

kembanggeulis wrote:
mau ikutan sharing..
aku lagi hamil anak pertama 35w. Sampai saat ini sih gerakan baby nya heboh banget. Agak takut juga sih. Tapi ga apa-apa kan ya kalo gerakannya masih heboh..?


Kembanggeulis

Aku kemarin sampai due date (39w5d) baby masih teruuss heboh gerak2, makanya bingung kl org bilang di akhir2 udh nda heboh. Malah makin kerasa krn ruang gerak makin sempit kali yaa.. Tp tanya ke ob/Gyn-ku katanya gpp tuh, dan baca2 juga baby heboh dlm perut bukan berarti lahirnya hiperaktif, nda ada hubungannya :) jadi tenang ajaa.. Malah enak sih kl aku dia masih gerak2 secara ikke parnoan beneer yaaa ;P


Kappachan
Aneh nih biasanya nulisnya kapkap ;p
Parno otu wajar laah apalagi buat yg br hamil pertama kali, aku juga kmrn luar biasa parnonya. Kl lama nda geraknlgs dipoke2 perutnya, hbs itu heboh deh dia, mgkn diana pikir gengges banget sih niih ibunya hahaha..

Tapi setuju sama Peachmargarita, yg namanya baby movement harus dimonitor bgt. Kl obgynku dulu kasih kartu untuk monitor gerakan baby, jd dlm 10 jam paling tidak dia harus gerak 10x. Berguna sih kartunya jd kita bisa lihat polanya, dan mulai bs "was was" kalau di luar pattern. Dulu aku mulai ngitung tiap jam 8an, dan biasanya Aqila rata2 jam 9-10 udh selesai gerak 10x.

23

Topic: Gerakan Janin

Hihi, thanks buat dessey dan sekali lagi thanks buat mrs doyi buat pencerahannya :) Alhamdulillah ini udah mulai gerak-gerak lagi sih sejak weekend kemarin. Sempet rusuh segala karena kayanya dia nyadar aku kecapean, jadi dia heboh sampe aku pusing biar aku istirahat kayanya, haha.

Sejauh ini sih aku belum bisa ngitung gerakan bayinya secara teratur ya. Paling aku liat dari jam. Biasanya si adek gerak pas siang dan sore menjelang maghrib. Kalo pas jam-jam segitu gerak, Insya Allah hati tenang, hehe. Insya Allah nanti pas udah masuk ke minggu 20-an mungkin ya, pas adek udah lebih gede dan bisa rutin gerak :)

Sekali lagi, terima kasih infonya ya :D

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

24

Topic: Gerakan Janin

kappachan
kembali kasih... semoga ibu dan bayi-nya sehat selalu yah... *hugs hugs... :)

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

25

Topic: Gerakan Janin

waa.. thanks mom dessey .. iya nih.. mungkin karena ruang gerak makin sempit juga jadi makin berasa gerakannya. Kadang mikirnya apa ini yang disebut kontraksi..? Tapi kayanya bukan deh.. soalnya gerak terus2an gitu.. semoga ga kenapa2 deh yaaa... aaamiiin..

ABC is Ambu - Baba - Cifa
http://kembanggeulis.com