1

Topic: Epulis pada ibu hamil

Sekedar sharing pengalaman hamil kedua ini saya mengalami epulis di gusi belakang kiri yang sangat mengganggu..
Jadi, epulis adalah semacam daging yang tumbuh di gusi dan biasanya pemicunya adalah salah satu hormon pada masa kehamilan.
Pada hamil pertama dulu di gusi saya tumbuh daging sebiji jagung dan 6bulan setelah melahirkan dokter gigi spesialis bedah mulut memvonis bahwa itu karena gusi sy terbuka karena gigi graham akan mau tumbuh (wisdom teeth).
Ternyata pada hamil kedua ini kumat lagi, dan daging yang tumbuh 10x lebih besar dari kehamilan pertama.
Pada awal-awal kehamilan, sy merasakan mual-mual hebat dan susah makan. Jadinya saya sempat pingsan dan di opname di RS. Medistra selama 4 hari.
Trimester kedua saya pindah ke Surabaya, dan karena suami menginginkan sy dipegang dokter perempuan maka pilihan jatuh pada dokter Ira Anggrahini SpOG di RS Siloam. Pada saat di pegang dokter ira, beliau selalu mengatakan kondisi kandungan saya bagus dan normal. Sampai pada akhirnya sy ada kesempatan kembali ke Bekasi selama 1 minggu, saya kontrol lagi ke dr. Wulandari di RS Hermina. Beliau langsung memvonis bayi saya terlalu kecil untuk seusianya. Waktu itu saya langsung shock. Belum bisa menerima keadaan dan kenyataan yang ada.
Setelah itu kembali ke Surabaya dan hunting ke beberapa dokter spog, dan benar bahwa mereka mengakui baby saya masih kurang beratnya.
Alhamdulillah tidak berapa lama dari itu Allah baik banget sama sy, daging yang menggelambir di gusi copot dengan sendirinya setelah mengalami pendarahan hebat selama 3hari. Setelah itu saya baru bisa makan nasi putih.
Sekarang saya sudah hamil 38-39w, dengan bayi masih 2.500gr versi usg..
InsyaAllah minggu depan saya deal tanggal SC dengan dokter. Berharap bayi dalam kandunganku ini sudah cukup berat sehingga paru-parunya sudah kuat dan tidak perlu masuk inkubator..

Bagi mamas yang mengalami hal serupa dengan saya, ini ada beberapa tips yang mungkin berguna:
1. Ketika menggosok gigi, usahakan jangan terlalu keras hingga terjadi pendaraham. Karena epulis akan semakin membesar apabila terjadi pendarahan
2. Apabila mamas susah makan, cobalah makan bubur, milkshake dan es krim sebagai pengganti nutrisi.
3. InsyaAllah setelah melahirkan epulisnya akan berhenti tumbuh. Jadi bertahanlah, dan kalau bisa jangan melakukan tindakan angkat daging pada saat kehamilan karena berakibat pendarahan yang masif.
4. Kalau bisa selalu cari second opinion dan mencari dokter obgyn maupun spesialis bedah mulut yang kita anggap kompeten.
5. Selalu berdoa ya mamas, dan berikhtiar tentunya..
Semangaaaaat

2

Topic: Epulis pada ibu hamil

tralalatrilili
karena threadnya berhubungan dengan ibu hamil, threadnya saya pindah gpp yaa...
saya dulu juga pernah mengalami hal yang serupa. Tapi bedanya saya belum hamil karena belum menikah. Dan untuk menghentikan pertumbuhan daging, saya menjalani operasi kecil ke dokter gigi. Gak lama sih, gak sakit juga karena dibius lokal. Tapi efeknya setelah bius ilang, gak bisa makan... hehehe... Alhamdulillah sekarang sudah aman dan semoga gak tumbuh lagi :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Epulis pada ibu hamil

Iya mba, maaf masih newbie banget soalnya..

Sebetulnya efek obat bius operasi saya yang pertama tu masih membekas sampe kurleb 1,5th lho mba. Jadi rasanya di mulut tu ada perasaan baal (kebal).

Hehehe saya anggap ini pengorbanan seorang ibu untuk si kecil.. :)