1

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

mau sharing juga ya :) aku mengalami stress sjak hamil karena plasenta previa total dan keluar masuk RS, terkadang saya harus pergi ke RS sendiri krn bleeding krn suami terkadang harus ke luar kota krn tugas, dan terakhir bleeding suami jg msh di badara, kebetulan ibu saya udah alm dan mertua jauh dan udah tua, ketika melahirkan pun saya hanya berdua ama suami, bayi saya lahir dng berat 2,2kg (BBLR),setelah melahirkan saya cukup lama di RS bukan krn bayi saya bermasalah tapi krn saya jujur aja takut pulang dengan bayi sekecil itu tanpa ada yang membantu saya merawat di rmh ( saya jg belm dapat BS ), sampai dokter bilang klo ibu kurang percaya diri boleh di tunda kepulanganya tapi akan lebih baik bayi dirawat di rmh biar BB nya cepat naik, selama di RS saya jg sering nangis cuma saya sangat malu kelihatan tak berdaya di hadapan suami, akhirnya hari ke 15 kami pulang rmh, dengan segala kegalaun di hati saya, tapi saya sangat sadar dalam hati ya Allah manusia kecil ini yang kami dambakan selama 4 th dengan segala daya upaya bagaimana klo saya tidak mampu, banyak sekali ketakutan yang saya rasakan, apalagi baby saya ketika itu juga sering muntah bahkan lewat hidung kemudian nangis, klo gitu saya hanya bingung dan gemetaran, pernah suatu ketika saya nangis sekuat kuatnya seperti anak kecil melihat bayi saya muntah susu keluar dari mulut dan hidung. ketika waktu kontrol ke DSA bahkan saya hanya pakai daster bumil tanpa bedak /ipstik sangat kusut, mungkin saya sangat terlihat stress beliu bilang ibu jangan stress itu akan mempengaruhi produksi asi ibu dan percayalah semua bayi mengalami muntah, ikuti aja seperti air mengalir santai aja, bayi ibu normal dan sehat percayalah. itu membuat saya sedikit lega, kembali ke rumah saya ketakutan lagi klo BB bayi tidak naik sedangkan asi saya sangat sedikit dan baby saya sering nangis beberapa menit nenen asi seperti masih kurang. seiring waktu saya mulai lebih santai walaupun terkadang masih di hinggapi rasa tidakpercaya diri dan menyalahkan diri sendiri apalagi saat 3bln yg lalu kenzie hrs opname krn pnenomia broncho selama 17 hr, ada hal yang membuat saya sampai sekarang menyesal dan merasa bersalah pengetahuan saya tentang asi ketika bayi saya lahir adalah nol, pikir saya saat itu setiap wanita melahirkan pasti asi keluar :(
oya ada hal yang membuat saya harus kuat melihat bayi mungil saya digendong papanya, digantiin popok ama papanya di saat saya nangis di saat saya marah akan hal2 yang nggak jelas. sebagai mama saya masih harus terus belajar :)

kenzie jatung hati mama papa semoga menjadi anak yg sholeh & hidupmu selalu barakaallah.

2

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

tari quennell waah, ini toh ceritanya mas Kenzie. alhamdulillah sekarang mama sudah ceria lagi dan kenzie sehat :) hehehe
emang kalau baby nangis gak brenti2 yang ada ibunya juga bingung dan ikutan nangis :( ini bagian dari proses belajar . semangat!!

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

3

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Hai mamas
yang aq alamin ga tau sudah di PND ato baby blues. Tapi yang bisa aq ambil hikmah aq disuruh untuk belajar terus bersyukur n bersabar dengan kondisi yang ada. Kondisi dimana aisyah pas umur 1thn ga sampe 3x berat lahir, diare, bosan makan, aq yang sedang hamil anak ke 2 dengan aisyah anak pertama umur 15 bln, asi yang ga memadai, aq yang ga doyan makan, kondisi psikologiku dll. Hmm kalo dilist ga habis2. Hiy.
Sebenarnya hikmah itu sendiri baru aq bisa ambil baru2 ini. Telat tapi bersyukur banget. Oiya satu lagi aq jadi belajar majemen. Ya manajemen asi, mpasi, toilet training, popok, belanja. Mam, dibalik suatu yang dianggap masalah pasti di situ ada hikmah. Mengetahui hikmah meski terlambat tetap harus disyukuri n segera diubah. N satu lagi mam, banyakin curhat sama Rabb kita. Benar2 sangat membantu, krn Dia Rabb yg menciptakn kita pasti Dia tau mengenai kita.

buah hati ummi
:: aisyah sahlah luqman & fathimah nailah luqman ::

4

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Mom Mesopie, tetep semangat ya!!

Aku juga sempet baby blues waktu abis lahiran kemarin.
Tapi banyak yang ingetin aku untuk selalu bersyukur, karena kehadiran si kecil adalah anugerah yg tak ternilai dari Yang Maha Pencipta.

With love,

Putri Widyastuti - A happy mom and a fortunate wife
Yuk, ke Lapak Perawatan Pasca Melahirkan Mom N Care di Mamas's Mall !
FREE 2 Gurita TALI SEPATU. BOOK NOW ya, Moms!!
www.momncare.com | @momncare | Call 021-90304090 | WA 083821020300 | BBM 5AC40B3E

5

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Dearest mamas,
Saya mengalami baby blues kurang lebih selama 2 setengah bulan. Lebih dikarenakan karena saya tidak tahu seperti apa life with a baby. Seperti pengalaman mama mama lainnya, saya merasa hidup saya diambil alih oleh baby,tidak bisa melakukan hal apapun di luar mengurus kepentingannya, dan hubungan dengan pasangan dan keluarga juga berubah. Padahal saya nyaman banget loh waktu Keanu newborn(sekarang anaknya udah 1,5 tahun). Suami kantornya di rumah, jadi bisa ketemu lebih sering. Mami mertua bantu sampe 2 bulan. Saya punya ART super OK yang mengurus semua keperluan rumah tangga. Tapi teteup aja ya, namanya newcomer, stress bawaannya :p Saya belom pernah sebelumnya merasa punya tanggung jawab besar banget, mutlak banget kayak gini. A little human yang hidupnya bergantung pada saya. Saya inget pas minggu2 pertama sahabat suami datang ke rumah. Pas di tengah asyik ngobrol, Keanu nangis minta minum. Harus masuklah saya ke kamar,menyusui, ga bisa lanjut hang out di teras, haha hihi sambil minum teh…Atau pertama kali makan di luar, setelah pesanan datang, saya yang menggendong baby cuma bisa nunggu suami/mertua menyuapkan makanan ke mulut saya, ga bisa kayak dulu grasa grusu ambil semaunya. Eh, waktu itu rasanya sengsaraaa banget.

Kalo dari luar sih ga keliatan kalo saya stress,emang light kali yah, baby bluesnya. Cuma saya ga setuju sama pendapat yang bilang “jangan nangis mulu, nanti ASI nya ga ada, nanti bayinya rewel”. My lovely baby anteng loh, sodara-sodara…walo ibunya mikir macem2, even pas nyusuin(saya nangis kalo malem2 di pelukan suami aja sih). Menurut saya, wajar kalo new mommy stress,perlu nangis, perlu curhat.Yang penting bayinya tetep diurus dengan baik. Emosi negative jgn dikasi liat ke baby, cukup pas saatnya tepat aja buat curhat.

Yang saya pelajari, Love grows. A newborn can not give you much. Tapi makin besar baby nya, dia tambah pinter ketawa, berceloteh, berguling, merangkak…Makin besar seorang bayi, kebutuhannya tidak makin mudah(pas newborn tinggal buka “warung” kalo baby lapar, pas udah MPASI,kudu bawa termos, tempat makan, slaber, sendok, botol minum..halahhh). Tetapi cinta kita makin besar, jadi ngurusnya lebih menyenangkan. Lebih rewarding.

From baby center.com:
Your kids will challenge you, bring you to tears, crack you up, and make you forget what you urgently had to do. They'll shatter the life you knew into a million pieces. Then they'll put it back together, like a stained-glass window, into something infinitely more complicated and beautiful.

Saya bilang, punya anak itu membentuk ulang diri saya, Membuat saya mempertanyakan ulang hal2 mendasar, dan menempa saya tiap hari supaya berusaha jadi orang yang lebih baik lagi.

Link ini dahsyat buat saya, berharap menemukannya lebih dini:
http://www.babycenter.com/302_just-for-moms_1519291.bc

Banyak ke-stress-an kita yang terjadi karena kita bertanya2 hal yang kita ga tau.Ini beberapa hal yang mungkin nyangkut di kepala ibu-ibu:
http://www.babycenter.com/303_coping-with-two-or-more_1746404.bc
http://www.babycenter.com/0_parents-say-keeping-romance-alive-after-kids-arrive_1400897.bc
http://www.babycenter.com/0_top-ten-surprises-of-new-parenthood_3656981.bc

Oh ya, saya sembuh terutama karena saya berdoa, dan komunikasi sama temen-temen yang saya tahu pernah mengalami hal serupa. Seneng banget karena mereka tahu betul gimana rasanya. Jawaban-jawaban mereka membuat saya merasa kalo saya ga gila sendiri,kalo saya itu normal2 aja,nanti juga akan berlalu.

Semoga mama mama di luar sana yang terkena syndrome ini cepet sembuh ya…Maap puanjang banget. Thanx TUM to have this place to share

6

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

maminyu : makasih linknya ya :)

Aku jg mo cerita pengalaman aku.
Waktu anak pertama, aku 'hanya' mengalami babyblues. Sewaktu masih di Rumah Sakit perasaanku bahagia banget krn senang banget punya baby dan bs melahirkan secara normal, prosesnya mudah pula. Tp masalah timbul ketika sudah pulang kermh. Babyku yg selama di RS anteng, ketika dirumah nangis ga berenti2. Masalahnya dia ga bs menyusu dr aku, krn ternyata selama di RS diksh sufor! Dan aku ga tau. Pantas aja kok di RS baby hanya diksh ke aku sesekali. Itupun kl diminta. Krn ga ngerti, aku anggap mmg seperti itu prosedurnya. Ga kepikiran sama sekali bahwa babyku diksh sufor. Alhasil PD aku bengkak dan babynya kesulitan menyusu. Sejak pulang dr RS nangis ga berhenti2 dari jam 10 pagi sampe jam 2 dini hari. Orang tua menyarankan ksh sufor smntara aku ngotot mo asix. Stress luar biasa. Untung suami ttp support utk ksh asi. Dg dukungan suami dan keyakinan, ahirnya fase menyusui bs dilalui dg aman. Faktor lain, aku ga ada yg bantu mengurus baby. Sebenarnya wkt itu msh tinggal sm ortu. Tp mamaku msh kerja. Jd kalo siang smua dihandle sendiri. Mana kl newborn itu kan msh yg sering pee dan poop. Jd bolak balik gantiin popok aja. Capeek banget. Jd kalo suami mo berangkat kerja, aku kyk mo ditinggal perang aja gt. Ga rela kyknya. Ada rasa takut jg ga bs urus babyku. Untung suami jam kerja fleksibel. Jd dia ga ngantor dulu sementara utk nemenin aku. Urusan ganti popok, mandiin dihandle suami. Jd tugasku cm nyusuin aja. Nah babyblues ini berlangsung ga lama. Ga sampe sebulan. Setelah keadaan bs dikendalikan, hilang semua perasaan takut dan cemas.

Nah, yg parah itu waktu sehabis melahirkan anak ke2. Anak kedua ini sebenarnya sih direncanakan. Tp yg ga direncanakan adalah bagaimana ketika babynya lahir. Kondisi aku saat itu bekerja. Aku ga kepengen berhenti kerja krn sedang menikmati bgt dunia kerja. (Wkt yg pertama resign setelah lahiran ats kesadaran sendiri, baru kerja lg setelah anakku umur 3th). Tapi aku msh bingung, kalo aku tetap kerja nasib anak2 gimana? Ibuku jg masih kerja. Ga bisa titip anak2. Mau dititip ke daycare ga tega kl tiap hari musti bawa bolak balik. Apalagi jarak daycarenya lmyn jauh. Mo ninggalin anak2 sm babysitter aja ga berani. Takut ada apa2. Akhirnya dg sangat terpaksa memutuskan utk resign. Atasanku sebenarnya ga kasih utk resign. Itu jg yg bikin berat. Krn merasa dibutuhin bgt di kantor.
Nah, setelah resign Aku coba utk berbisnis (buka onlineshop) tp gagal krn susah bagi waktunya antara urus anak dan jualan. Jadi makin down aja deh.
Ternyata masalah ga muncul sampe disitu aja. Setelah anakku selesai asix dan mulai mpasi, ternyata dia susaaah sekali makan. Tambah frustasilah jadinya. Bertumpuk2 masalah. Pd saat itu merasa orang yg paling ga bahagia, paling ga berguna (krn kok ngurus anak aja ga bisa), bukan siapa2 (cuma sekedar ibu rumah tangga aja), dan sederet pikiran negatif lain. Jadinya aku sibuk nyalah2in suami yg udah nyuruh aku berhenti kerja. Mengurus anak jg setengah2. Lebih sibuk sama bb dan browsing2 internet. Tujuannya adalah utk mengusir rasa jenuh. Tp yg ada malah bikin aku merasa kosong.
Aku lupa persisnya kapan dan bagaimana. Tp aku ga ingin ini berlarut2. Aku coba browsing. Baru tau kalo aku kena PND. Dan itu bahaya sekali ternyata. Aku mulai mempelajari ttg PND ini. Coba cari tau bgmn mengatasinya. Disarankan utk konsul ke psikolog. Tp ternyata biayanya mahal. Yg ada malah nambah beban nantinya.
Krn aku muslim, akhirnya aku coba ikut pengajian. Mulai rutin shalat (baik wajib maupun sunahnya), baca Al quran tiap selesai shalat. Sering ngobrol sama suami dan ungkapin perasaan aku, dan utarain bagaimana maunya aku. Selama ini selalu ngerasa suami udh mengenal aku dg baik. Jd sepertinya ga perlu ngomong maunya aku gimana. Berdamai dg diri sendiri. Maksudnya ga perlu ngotot utk jd sempurna sbg pribadi, istri atau ibu. Aku sempat ngotot ga mau pake ART krn malas dg kelakuan ART yg suka ga jelas. Akhinrya aku ambli ART yg PP dan tutup mata aja kl ada yg kurang sreg pekerjaannya. Yg penting rumah rapi, anak2 ada yg bantu pegang. Oia, punya Me Time. Itu penting. Walau skedar nonton tivi tanpa gangguan atau baca buku. Kalo lg pengen nyantai dirumah, suami ajak anak2 pergi. Jd aku dirumah bs bebas mo ngapa2in. Atau sesekali keluar kumpul2 dg teman2. Jarang bs sendiri sih. Selalu bawa anak2. Tp tetep happy krn bs ngerumpi sm teman2.. Hehe.
Proses 'sembuh'nya itu lumayan lama juga. Makan waktu kurang lebih hampir 2 tahun.

Skrg aku baru melahirkan anak ke-3. Kmrn kyknya sempet babyblues jg. Tp berhubung udh pernah jd tau hrs gmn. Suami jg udh ngerti bgt. Jd kalo aku lg aneh. Paling dia diem aja dan becandain. Masih takut sih bakalan 'kena' lagi. Tp berusaha selalu bersyukur dan tetap dekat sm Tuhan. Mikir ke anak2 jg. Kasian kl ibunya ga 'sehat'. Mdh2an bisa. Maaf kalo kepanjangan :)

Ibunya Muhammad VITO Adelard, Khadijah Sarisha alTHANYRAA & EL - Zaidaan Athalla | @RheeaNanda | http://nandapurnama.wordpress.com

7

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Beautifully said, maminyu! Thank you for sharing :)

8

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

dear mamas..
baru baca ada forum ini. ternyata banyak yang ngerasain hal yang sama ya.

mengutip Thalia

i guess, the moral of the story is: kalo ada yang ngerasa kemungkinan kena PND, cepet cari pertolongan. jangan malu ngakuin kalo kena PND dan mungkin perlu ke psikiater atau obat. kalo ditahan2 dan ga berhasil ngilangin sendiri, bisa jadi parah... dan kalo udah parah, yang suffer bukan kita doang, tapi anak, suami dan keluarga.
wrote:


mau sharing juga ya..
gak yakin juga sih yang aku alamin sekarang ini baby blues atau PND.
yang pasti sejak hamil emang udah sering stress karena satu dan lain hal. syukurnya Kinara lahir normal dan sehat *gak terpengaruh sama keadaan ibunya yang stress berat waktu hamil* saking stressnya, sampe suamiku janjiin akan cari bantuan professional untuk ngatasin stress-nya aku. *yang mana, belum kesampean sampe sekarang*

bulan pertama sering ngerasa takut kalo suami pergi kerja, karena cuma ngurus berdua suami. jadinya selama sebulan lebih kalo suami pergi kerja aku sama Kinara diturunin di rumah kakak sepupu deket rumah yang ART-nya jempolan, jago ngurus anak, bersih dan pinter masak *patah hati banget karena sekarang udah resign*

sekarang Kinara udah 4 bulan, selama bulan ke-2 dan ke-3 dikenal di keluarga sebagai bayi yang anteng dan gak ngerepotin. karena sama sekali gak rewel. nangis cuma kalo laper. selain itu, kerjaannya nonton tv & ngoceh sendiri, ibunya rada tenang walaupun tetep ngerasa "ini anak kenapa rewel banget sih" padahal... anteng.

nah, di akhir-akhir bulan ketiga Kinara udah bisa tengkurep sendiri & angkat kepala. ditambah udah 2 minggu ini hobi barunya, teriak teriak. main, bosen, marah, selalu teriak.

jadinya sebulan ini aku ngerasa makin stress ngurusin bayi yang suka guling-guling sambil teriak. udah gitu pagi - sore gak pernah tidur. aku sering ngerasa marah sama Kinara karena ngerasa jadi bener-bener gak punya waktu buat diri sendiri.

dan bisa tiap malem aku marah-marah sama suami karena ngerasa frustasi banget seharian, kalo kebangun tengah malem pas anakku rewel aku suka teriakin, kalo siang dia teriak-teriak suka kumarahin *bayi kok dimarahin*

sekarang sih, suami mau coba bantu dengan cara cari ART yang dateng pagi pulang sore. katanya mungkin bisa lebih membantu, paling gak semoga aku bisa tidur siang.


setelah kubaca lagi post aku, jadi ngerasa kasian sama Kinara karena ibunya gak becus dan jahat. padahal aku sadar, aku jatuh cinta banget sama bayi kecil ini. tapi kadang saking stress-nya aku biarin dia teriak-teriak sampe serak, dan aku cuma main bb di sebelahnya *udah gila*
emang bener ya, kalo udah sampai pada tahap kasar sama anak *oral ataupun verbal* emang harus cari bantuan professional.

*akhirnya gantung gini karena belom nemu solusi* :|

Twitter & Instagram : @anastashaa
Blog : https://heywabbit.wordpress.com/

9

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

rheananda:
Artikel2 nya yahud ya :D. Salut walaupun 2 kali baby blues, masih berjuang sampe anak ke-3.

meggy:
Tengkyu :D

anatashaa:
Toss dulu dong..bayinya anteng walo emaknya stress :D

Pergerakan bayi emang bikin nervous. Dia lagi belajar makin mandiri,tapi body-nya belum kuat, dan butuh waktu lamaaa dan sedikit semi sedikit buat dia akhirnya bisa berjalan sendiri,yang artinya kita ga terlalu khawatir dia bakal jatoh dan ga harus ngawasin"nempel" tiap waktu.Kemarenan tiap kemampuan Keanu berguling-guling-guling laLu merangkak pake jatoh2,lalu belajar berdiri/jalan pake jatoh2, sebagian diri saya yang lain(bukan bagian yg merasa bangga dan bersyukur pada bertambahnya kemampuan si kecil) bilang "haduuh....gue ga bisa ninggalin dia sembarangan dong..." ketika Keanu bisa ngelewatin pagar bantal pas tidur malemnya lasak banget, saya keseeel banget karena ga bisa ninggalin kamar utk memulai my "nite life"(browsing, nonton tv,etc) :p Juga artinya saya ga bisa tinggalin dia mandi,padahal pas dia belom nglewatin bantal saya masih bisa mandi kilat.Kinara pake popok kain atau pospak?kalo masih pake popok kain,beralihlah ke pospak,biar ga kepikiran cucian sepre.hihiii...terus sebaiknya punya satu space atau box yg bisa bikin Kinara save buat ditinggal.Kalo saya bilang,yang paling ideal buat umur Kinara adalah tempat tidur gede berpagar(saya ampe SD tidur di ranjang berpagar besi berukuran kasur single).Jadi ruangan buat guling-guling luas.And even sampe anaknya belajar berdiri, dia masih bisa jalan2 n main didalamnya. Plus,mamanya juga bisa masuk sekalian ke dalem,main ama baby/nyusuin/nemenin bobo.Kalo saya, pake playpen yang ditaro di ....dapur :p ruangan paling sibuk aktivitas mamanya(ada mesin cuci juga dsitu). Makin besar anaknya, paling enak ada satu ruangan bebas bahaya terbentur. Kalo mamanya udah cape banget, bisa masuk kesitu dan lying down tanpa harus (terlalu)mengkhawatirkan si baby.

Natashaa ga pake ART sama sekali dan sendirian selama suami di kantor? Semoga ART nya cepet dapet ya…perasaan “ada orang dewasa lain yang bisa saya ajak ngomong selain baby” membantu banget. Mungkin karena kecapean juga dgn kerjaan RT ya jadi bête. Waktu bayi Keanu juga jarang tidur. Tidurnya pas pagi sampe sebelum tidur malam kadang dirapel Cuma satu kali. Tapi tidur malemnya lama.Nah pas 6 bulan, tidur siangnya teratur 2 kali, tapi malemnya suka kebangun :p hahahaaa…bayi emang ga bisa ditebak.Kata babycenter.com, kalo kita “gila control”,akan susah menyesuaikan dengan bayi. Begitu kita tahu “ga ada rumus pasti kalo berurusan sama bayi” dan loosen up a bit, akan lebih mudah jadinya. Keluarga,orangtua atau mertua ga ada yang bisa nemenin Natashaa ngurus Kinara? If you can afford baby sitter, it will be great, supaya bisa istirahat n menormalkan diri.

Natashaa mungkin mostly sedih karena resign ya. Ada temenku yang berhenti kerja pas hamil karena diminta suaminya, pas bayinya 3/ 6 bulan (aku lupa), dia akhirnya diijinin suami kembali kerja, n dia ngerasa much better. Temenku ini bilang, emang dari dulu dia maunya tetep kerja, karena pengalaman ibunya adalah ibu RT yg dia ngerasa cuma di rumah aja, kurang wawasan. Kalo saya, ibu saya career woman full, saya sama BS.Sekarang saya malah milih jadi Full time mother,karena pengen ngurus anak sendiri. Kalo emang Natashaa butuh kerja supaya tetep punya dunia sendiri, kenapa ga.

Kalo bisa (walo ga gampang), baby nya jangan diteriakin yah…kalo (belum) bisa memperlihatkan emosi positif, anggaplah mengurus bayi kita sebagai “kewajiban”.Pekerjaan. Ganti popok kan ga harus Ga harus pake perasaan..hehe…Kan nanti lama2 juga cinta kita berkembang ke anak kita. Pastilah itu mah. Oya, udah punya alat ngegendong favorit?Akan sangat membantu loh. Anak seneng deket sama kita. Kalo saya, tipe sling. Mungkin harus coba beranikan diri keluar berdua baby.Membuat kita bisa menemukan sedikit “kemerdekaan” (Yea right, kayak saya berani ajah :p )

Mungkin semua saran klise sperti “kalo emang seneng kerja, kenapa ga “,”knapa ga hire baby sitter” ga bisa dilakukan karena satu dan lain hal. Satu kata yang udah nolong saya : Ikhlas.Di –ikhlas-kan bahwa saya pasrah sama Tuhan, ikhlas kalo sekarang ada makhluk kecil saya bergantung sepenuhnya sama saya dan membuat my whole world change(ini the hardest thing kalo buat saya), Ikhlas diri saya dibentuk kearah yang saya ga tau kemana, dengan cara yang ga saya sukai, tapi pasti menjadikan saya lebih baik, lebih kuat dari sebelumnya.

Oya, jadikan suami teman terdekat kita. Jangan dimarahin melulu ya mama…kasian, dia juga punya ke stress an sendiri loh…. Tapi pastiin dia tahu apa yang kita rasakan. Mungkin perlu juga dicobain kalo wiken suami pegang anak full 1-2 jam tanpa campur tangan mamanya,kalo belom dilakukan..supaya tahu gmana rasanya jadi IRT all day long with a baby.

Maaaap saya cerewet….Cuma sharing aja,maaf ya kalo ada yang berkenan..Glad u find tempat curhat ini, Anatashaa

10

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

maminyu
ini bacanya sambil mewek.
berasa "akhiiiirrrnnyaaaa ada yang paham" *lebay*
mungkin emang selama ini kurang berbagi perasaan ya jadinya numpuk, sekalinya curhat ke mama / kakak reaksi yang didapat bukan seperti yang diharapkan.
jadi mikir, "jangan-jangan gw doang nih ibu yang gak sanggup ngurus anak"
kemarin aja mau submit curhatan di atas, mikirnya dua jam sendiri. takut ketawan gak becusnya.

Kinara sih selalu pake pospak, padahal udah punya 3 lusin popok kain, tapi ternyata gak sanggup. hehe..

sekarang sih lagi ada ibu di rumah kakak saya di seberang rumah, tapi itu juga jagain sepupu Kinara yang masih 3 bulan karena orang tuanya kerja. tapi lumayan lah, bisa jaga barengan sambil ketawa-ketawa. jadi lebih relax.

untuk ikhlas, yang sekarang sudah diikhlaskan adalah keputusan untuk gak kerja lagi alias, jadi IRT :) karena walaupun sering stress ngurusin Kinara, saya gak sanggup ninggalin lama-lama.

Maminyu, thank you so much for your "kecerewetan". it helps, a lot! :D
thanks :')

Twitter & Instagram : @anastashaa
Blog : https://heywabbit.wordpress.com/

11

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Anatashaa:
"Berpelukan...!" (Ala teletubbies)

12

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

wow.. mamas, luar biasa cerita2nya....

saluut buat new mom yang sustain but survive dengan kelahiran 1st baby.... :) **hugs

gw juga sempet, kayaknya, ngerasaiin baby blues. Untungnya gak lama, hanya 10 hari. Gak ngerasa itu baby blues, tapi kayaknya sediiih... dan ketakutaan mulu ya...?

Umur gw udah 33 waktu Raf lahir (**telat kawin maks..:)). Dari umur 19 gw dah kerja. Jadi hidup gw sendiri dan kemudian hidup bersama suami sampai detik sebelum lahiran gw yang atur.. (ceile..) mau kamar berantakan kek, nonotn TV mpe malem kek, lembur malem trus bangun siang hari bolong kek.. suka2...

dengan lahirnya Raf, walopun udah baca2 teori2, udah ikutan forum2, tetep yah mental gak siap. Sama spt kebanyakan ibu, gw selalu perpikir ASI akan keluar dengan sendirinya, gak perlu diusahain. Jadi, yang gw siapin lebih ke "tools"-nya. Beli daster menyusui setengah lusin, baju menyusi setengah lusin, BP 2 buah, Bra menyusui, Apron, bantal menyusui, cooling bag, plastik & botol ASI, kulkas freezer 5 pintu, sampai kaca film mobil aja gw siapin yang 80% supaya ngrasa nyaman menyusui di mobil.

Untuk booster dah gw siapin juga dari sejak hamil, Susu Mama Soya, kacang Edamame, sacred tea Organik, pil katuk, fenugrek bubuk, sampai pil Molocos...

yang gw missed adalah, mempersiapkan diri untuk menyusui... :(. Jadi, waktu hari kedua setelah lahiran asi belum juga keluar, Raf sering nangis keras (padahal belum tentu krn haus), gw mulai sediih.... ngancem gak mau pulang dari RS sampai ASI keluar. di RS gw nangis, sama suster dikasih kembang kol buat kompres PD. Hari ke tiga ASI baru keluar dikit, sementara liat ibu2 lain kiri kanan ASInya udah pada berlimpah ruah... nagis lagiii.. hiks..

Walopun lahiran normal, gw baru pulang dari RS di hari ke lima. Sampai rumah mulai deh drama2 terjadi. Padahal kurang apa ya, ortu ada di rumah, suami ada, bahkan baby sitter gw sdh siap di rumah dari 2 hari sebelum Raf lahir.

Mulai ngrasa ada yang take over kontrol hidup gw krn Raf nangis mulu, kalo nenen nempel di PD bisa lamaaa bangeeet..., dan segala aktifitas yg berkaitan dengan bayi (jemur, mandiin, dll)...

haiish.... this little monster has taken my life!. Mulai sering sediiih.. kenapa kok sekarang hidup gw susah yaaa (astagfirullah...), harus ini-itu... gak fun lagi...

itu pengaruh banget ke produksi ASI lho. gw jadi ga sepenuh hati nyusuin, walopun segala macem buster diatas itu gw konsumsi plus sayur2an bening sehari tiga kali, protein ati disiapin sama nyokap. gw bahkan gak repot ngapa2in lho! nyuci popok ada BS, nyuci baju ada si mba, masak ada nyokap.... (ih, kalo inget, kok gw gak bersyukur banget yaaa.... huhuhu)

ASi-gw sangaaat, sangaat encer dan kurang, no matter all booster I consumed. Raf gak mau lepas dari PD, nempel bisa 30 menit (karena gak kenyang2 yah), bikin gw makin kesel...

Buntutnya, gw jadi cuek sama Raf. jemur Raf nyuruh BS, Mandiin Raf BS juga. toh, gw kan udah spend time lama buat nyusuin (yang ternyata gak kenyangin Raf juga ASInya).

Tapi..., gw cerita sih ke suami ttg perasaan yg gw rasain. Gw sama sekali gak ngira kalo itu adalah baby blues ... soalnya gw selalu menganggap gw punya self control yang baik...

gak disangka, suami langsng nangkep, msh inget dia bilang, "itu namanya umi kena baby blues..." trus suami langsung ambil majalah AB dan buka artikel ttg baby blues. (wow! aku salut banget sama suami krn ternyata dia "belajar"..---luv my hubby..). setelah baca artikel itu gw baru ngeh lho... Baru kemudian mulai bisa terima kondisi baru ini...

aniway, ASI gw gak sukses, BB Raf gak naik padahal udah hampir sebulan umurnya. Udah coba pumping, sejam cuma dapet 30 ml, sementara kulit Raf udah mulai keriput2 krn kurang cairan :(. Akhirnya sama dokter Waldi disuruh pakai plan B, yakni sufor. hiks... sedih dan kecewanya krn gagal kasih ASI masih berlanjut terus sampai Raf umur 5 bulan... Sampai ada teman yang ngingetin gw bahwa menjadi Ibu bukan hanya di 6 bulan pertama kehidupan anak saat periode ASI eksklusif aja, tapi masih panjang perjalanan. Gak bisa men-judge diri gagal menjadi ibu just because ASI gak seperti ibu2 lainnya...

well, pelajaran berharga banget, bahwa baby-blues impactnya panjang ya... bahkan ASIpun gak mau kompromi. Gak bisa di generalisir juga sih, buut that's what happened to me...

sempet mikir juga, mungkin gak ya, krn punya baby saat hidup mulai settle dan umur udah setengah tuwir makanya terjadi semacam "post power sindrom" (eh eh bener gak istilah itu?) ke gw as a new mom... or terlalu lebay aja alesannya yah? hehe... entahlah..

uminya Rafisqy Raefal

13

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

saya jg ngalamin hal ky gini...mungkin baby blues ya krn sekitar 3mgguan aj,sekarang dah seneng bgt maen ama nizam.
sebelum melahirkan saya udah tau sih klo ada namany baby blues dan PND ini,tp selama hamil saya seneng bgt,saya cinta bgt sama janin saya jadi saya pikir ga mungkin lah saya kena hal ini...
eeeeee.....taunya saya ngalamin jg...
saya lahiran normal di RS, setelah melahirkan jam 10.30 mlm saya kecapean bgt tp ga bisa tidur,besoknya saya tidur hmpr seharian. saya bingung ko anak saya ga dianter2 jg,,ee rupanya di NICU dia dikasih sufor. gagal deh ASIX..
tapi drama yg bikin berderai airmata (hahaa...bahasanya) itu terjadi setelah sampe rumah, klo di RS kan yg mandiin dan jagain baby para suster2 tuh,nah sesampai dirumah wadaw.....
saya plg dihari kedua setelah melahirkan...cuma satu malam aja mama saya nemenin...selanjutnya saya yg ngurus sendiri,mana suami cuma bisa izin 2hari...alhasil saya sering nangis sendiri..

aplgi nizam udh kenal dot,,dia marah klo saya susuin,nangis kejer..
jadi setiap mau nyusuin saya siapin sufor jd wktu nizam udh nangis bgt saya kasih tuh sufor.. asi saya ga cpt keluar,dan ga melimpah ruah jg,, klo sempat saya perah asi saya mskipun cm 20ml,dan itu bisa gantiin tugas sufor..
sekitar usia 8hari nizam udh mau nyusu lgsg,jd saya ga hrs nyiapin sufor lg. tapi entah knp ko rasanya tuh sediiihhhh mulu....
srg saya nyusuin nizam sambil nangis...tp untungnya meskipun gt asi saya ttp lancar,dibulan pertama hidupnya nizam naik 1,6kg..pdhl emakny stress berat.

untung suami saya ngerti..dia bilang kan mamah yg mau punya bayi...katanya sayang sama dedekny...
saya pikir.iyaya...
trus smbl nyusin saya sering googling ttg baby blues ini dan menemukan banyak jg ibu yg kena bhkn bbrp kali,bahkan ampe bbrp tahun..
etelah tau bnyk yg senasib ko saya semakin tenang dan ga lama saya sudah sgt amat senang dgn kehidupan saya sebagai ibu...
andai bkn pns mgkn saya berenti kerja,heeee

14

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Mir
iyaaaa. itu termasuk salah satu faktor risiko. punya anak setelah "mature" menyebabkan kita lebih rentan kena PND dan baby blues. mungkin karena terbiasa hidup tanpa gangguan dlm jangka lama :p
apalagi kl scr finansial mapan.

saya juga pernah jadi ibu yg PND waktu lahiran hilya. proses yg panjang dan berakhir caesar. yg impactnya panjang... ya gitu deh. tapi alhamdulillah pas lahiran Nena, malah asik2 aja. padahal waktu melahirkan cuma ditemenin suster, dianterin ayahku. ibu dan suamiku di luar kota. metal deh, pokoknya. tapi karena sudah bertekad ga mau baby blues lagi dan bener2 nyiapin mental kalau2 betul terjangkit baby blues, dan bersenang2 selama punya newborn+ toddler akhirnya ga kena.

yang sabar ya ibu2.. yg bisa nyembuhin itu adalah kesadaran diri sendiri bahwa emg kita harus sehat lahir batin supaya bisa manage para bayi :)
kalau emg perlu ke psikolog/psikiater/konselor (dan ada dananya) go ahead! cepetan buang gengsi dan mintalah pertolongan.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

15

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

mummyhilya,

oowh... jadi ternyata ada benarnya ya? gw pikir juga gitu siih...

walopun normal, tapi gw pake induksi. Again ini sesuatu yg gw juga gak siapin, under estimate sama yg katanya kontraksi naujubilah ttg si induksi ini. Under-estimate sama hypno-birthing, dan ternyata emang "wow" banget sakitnya. walopun nyaman post birth krn lahiran normal, seminggu abis lahiran masih "terngiang2" sakitnya tuh...

padahal hamil Raf dulu itu menyenangkan sekali.. ga pake pegel, gak gatel2, mual cuma tiga minggu, asli smooth... baby shopping juga asik, USG 4D, bahkan bisa 2 minggu sekali ke obgyn cuma buat USG liat si janin saking excited-nya.. hehe.. **lebay

but after all that perasaan dan perasangka ilang, I was as happy as mommy can be... Walopun msh feeling guilty karena ngasi Raf sufor but I was truly happy liat Raf naik BB-nya significantly, almost never cry (krna akhirnya ngrasain "kenyang" kali yah).

engga kapok dan pingin punya anak ke dua. plannya abis lebaran hamil lagi (Insya Allah - amiin), rada ngejar setoran karena makin tuwir.. hihihi..

thanks ya mommyhilya for your concern... semoga yang kedua sama seperti dikau, enjoy dan siap mental... :)

uminya Rafisqy Raefal

16

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

mom, aku baca trit ini dari awal, aku ngerasa aneh sama diri aku sendiri, tapi apa ini termasuk PND atau bukan ya mom?
anindya udah cukup gede (7 mos), tapi aku masih ngerasa sedih atau marah kalo ga bisa nenangin dia, aku suka ada pikiran pengen nyelakain dia kalo cuma berdua, aku paliiinnnggg takut kalo ditinggal berdua aja sama anak aku, takut kalo dia rewel & ga bisa nenangin..
sampe ada di pikiran mau ngebanting dia segala :(. aku ga tau ini pikiran masih waras ga yah? cara aku nyadarin & ngilangin pikiran itu, cuma dzikir. kadang mempan kadang ga, akhirnya anak aku ditinggal sendiri dulu di kasur kl teriak2 nangis. apa kalo kasus kayak aku hrs ke psikiater juga?
makasih mom masukannya...

bundanya si chubby anindya

17

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

halo resty,

sebenernya dzikir dan berdoa jalan yang baik. dan selama ini, kalo udah ga tahan, tinggalin dulu trus ngeluarin emosi juga salah satu jalan yang dulu aku kerjain sih...

tapi, mungkin ada baiknya, resty cerita ke suami ttg hal ini... mungkin perasaan ini keluar karena ada yang ganjel tapi ga bisa cerita ke siapa2. atau mungkin sebenernya berasa kayak beban berat karena ga ada yang bantu (baik physically atau emotionally).

kalo sampai mau ke dokter, ada baiknya juga ditemenin suami. jadi ada supportnya, dan ga sendirian...

smoga feeling better yaaa... *peluk*

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

18

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

mom thalia

iya c, aku ga pernah cerita sama siapa pun, termasuk suami, baru pas baca trit ini aja, ko ternyata ada yg sama dgn yg aku rasain. ga berani cerita, takutnya dikira aku orang yg ga normal..
iya atuhm ntr coba cerita ma suami dulu, makasih mom masukannya..

bundanya si chubby anindya

19

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

kemari cuma buat peluk resty. bener, loh kata thalia, mesti cerita suami. karena kadang suami itu ga ngeh dgn apa yg terjadi after the baby arrived. semoga segera baikan!

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

20

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

berpelukaaaannnn... makasih banyak mom mummyhilya n thalia buat supportnya, ntr dicoba semua masukan yg udah aku baca di trit ini.. :')

bundanya si chubby anindya

21

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

dulu..pas seminggu rai lahir, aku kena baby blues juga, setiap hari nangis, karena takut ngerawat bayi, takut ga becus ngerawat bayi, takut bayinya kelelep pas mandiin, bahkan satu hari, pas lagi siapin air hangat buat mandi rai dan bayinya nangis jejeritan, aku belum ngerti sama arti nangisan dia, sendirian pula dirumah, sempat kepikiran pengen nyirem bayi nya pake air panas yang lagi di siapin (mewek kalo ingetnya..) karena rasanya desperate, rasanya kebebasan terenggut, karena punya anak aku ga bisa kerja, hanya dirumah berdua sama bayi..

akhirnya pas cerita sambil nangis nangis sama suami malam hari, suami nyaranin tiap pagi coba kumpul sama ibu ibu kompleks, biar ada temen ngobrol dan ga selalu ngedekem dirumah..akhirnya aku coba, sambil ngejemur rai aku mulai kenalan sama ibu ibu sekitaran, akhirnya aku tau banyak juga ibu ibu muda yang sama sama berkorban berhenti kerja demi anak.. curhat dan cerita cerita tentang bayi masing masing. aku ga sendiri.. aku ada temen senasib dan seperjuangan. sejalan dengan waktu, baby blues syndromenya hilang, sekarang aku sangat menikmati peran sebagai ibu dari bayi lucu nan montok yang demen banget nen :D

dan memang betul, lebih baik kita cerita sama suami ato pun orang lain yang dipercaya, biar lega dan ga disimpan sendiri..

the happiest mommy in da world with a great husband and a lovely daughter.. :D

22

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

waah baru sadar ternyata banyak yah yg kena PND inih,masalahnya diantara sepupu-sepupu saya yang udah pada lahirran g ada cerita PND jadi pas saya ngalammin itu rasanya runtuh dunia. Smua berawal dari pas pulang dari rumah sakit abis lahirran suami meminta kami tinggal di mertua, saya sanggupin karna saya pikir toh selama ini tidak ada masalah. dan ternyata saya salah besar ketika bayi nangis tidak berhenti itu rasanya saya ibu yang gagal,belum lagi panik gara-gara 3 hari belum pup,dan kejadian-kejadian lainnya yang bikin saya stres dan nangis jadi-jadian sampai memukul diri sendiri. suami saya pun tidak bisa menenangkan.
2 minggu kmudian saya menyerah saya memilih pulang ke rumah orang tua dengan diawali debat panjang ke suami.
Alhmadulillah mama bantu saya melewattin PND membuat saya senyaman mungkin jadi waktu makan,tidur,mandi teratur dan sampai panggil tukang pijit.
sekarang anak saya umur 2 tahun terkadang klo malam liat wajahnya yang lagi tidur saya nangis,
takut kehilangan,takut tidak bisa membahagiakan,takut tidak bisa memenuhi kebutuhannya,takut dan takut lainnya (saya baru tau itu PND juga) biasanya sih klo sudah gini saya hanya ingin sendiri , menangis dan merenung sambil Berdoa semoga Allah beri kami kemudahan.

23

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

sintayank - *hugs* kebayang banget tinggal ama mertua bisa jadi bikin PND menjadi2... padahal sebelum anaknya lahir, akur2 aja kan? tapi begitu anaknya lahir, isi kepala kita berubah gitu rasanya... semuanya cuma ada di kepala kita, tapi ga bisa berhenti mikir yang negatif2...

untung mama bisa bantu ya... semoga semakin lama semakin membaik yaaaa!

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

24

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

PND itu datang pas baby ku nangis g bisa diem, dinenenin, putingnya lagi lecet....

oh Astaga stress banget itu...

Untung ada BP, selama seminggu minum pakai bottle, awalnya pakai CUP tapi baby tetep pengen ngenyot.....

Masa itu terlewati PND selesai...

Kalau bangun-bangun malam....biasa....karena saya sering bangun malam sebelum lahiran

25

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Bener2 thread yang menarik. Dibaca habis dari hal 1 sampe 8 ga kelewat satu postingan pun.
Share dikit, awal melahirkan benernya udah baca tentang sindrome bb ini, dan waktu itu nyadar juga kalo ternyata ga luput juga dari serangan si bb.
Hari ke 2 pulang ke rumah, Karen mesti balik ke rs opname selama 3 hari soalnya bab sampe 6x dan muntah. Mil udah takut Karen kena diare, waktu itu mama lagi ga ada disamping, gw ibu baru yg ga tau apa2, jadilah Karen dibawa ke rs, daripada ada apa2. Selama 3 hari karen di rs, gw ga nemenin. Tradisi soalnya ibu yang baru melahirkan dilarang keluar rumah selama 1bln kecuali buat kontrol dokter.
Jadinya selama 3 hari itu lah gw yang tinggal dirumah cuma berdua sama art sering banget mewek. Kangen berat sama karen.
Setelah akhirnya karen pulang ke rumah, bb juga ga ilang begitu aja... gw jadi sering kangen berat sama suami. Nungguin suami pulang kerja itu rasanya lamaaaa banget. Dulu sblum melahirkan ga ngerasa soalnya aku juga kerja, jadi aku pulang, ga lama suami pulang.
Belum lagi perasaan kehilangan me time. Itu dah yang bikin aku gelisah. Makanya aku justru bersyukur banget tinggal sama mertua, karena jadiny karen bisa dititipin sama mertua.
Untungnya sindrome ini berlangsung sekitar 2 minggu aja. Sekarang baby karen udah 2,5 bulan aku juga udah mulai bisa nyesuain diri, tau jadwal, dan ada bs yang bantu.

Ps: buat mama2 yg terserang sindrome juga, sharing does help. Gw suka curhat sama bff gw, dan it helps a lot!