1

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Dinniw
Been there done that mom..
Harus ekstra sabar ya mom dinniw..syukuri dan tetap semangaat.:)

Browsing, baca majalah, ngobrol sm temen bs kok mom curi2 waktu. Terutama pas baby tidur.
Justru browsing or chatting kyknya hiburan utama yaa. Kan bs dr hape atau laptop. Jadi sambil nungguin baby bobo, bs me time sejenak deh.

Kalo malem, baby lg bobo sempetin ngobrol sm suami.
Syukuri hidup kalian yang sdh dikaruniai hadiah terindah your gorgeous baby...

Always try to think positive..
Semua ini pasti bisa kita laluin.
Hanya masalah waktu aja.
Nikmatin masa2 perkembangan baby nya.
Bener2 ga kerasa lho mom, tiba2 dari baby jadi toddler:)

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

2

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

dinni ini yang kemaren nanya ttg bawa bayi jalan2 ke mall di twitter kan ya?

aduuh kamu kasian.. sabar ya! we all been there done that. jangan terlalu dipikirin ttg me-time itu, sukuri aja nikmat punya baby, karena gak akan dapet momen2 di awal itu lagi loh. browsing, go online, twittering, itu akan fun buat kamu saat ini. tapi don't worry, before you know it, tar anak kamu udah gedeee aja.

di twitter, gue yang jawab kalo anak gue umur 3 hari udah gue bawa ke mall. hihi.. ini beneran, karena abis balik dari RS, gue mesti ke dokter gue. gue ajak dong anak gue, gak mungkin tinggal di rumah yaa.. secara kan ASI. dan dokter gue itu prakteknya di mt. elizabeth hospital, which means, parkiran di daerah orchard. jalan2 duluuu ke tangs. gak lama sih, tapi paling gak bisa liat2. emang katanya jangan makan makanan junk food dan makan luar dulu. gue sih ga masalah karena gue bener2 determine untuk kasih yang terbaik buat anak gue. dan gue mayan seneng ngejalanin rutinitas baru, ngurusin anak gue ini. pasti nanti kamu akan ngerasain juga kok.

as for make-upan, dressing up. keep doing that. at least pagi2 gituu.. sebelom anak & suami bangun. biar lift up mood, suami seneng dan pas anak bangun bisa kita ajak jalan2 keluar rumah, buat jemur, etc. emang sih bakal brantakan lagi, tapi paling gak, it brings out the good mood from the start of the day. so do that! ibu2 punya anak bukan berarti ga bisa dandan kok.. itu salah besar! :) dan iya bakal ada compromise.

di gue, compromise terbesar gue ada di hobby photography gue. gue terpaksa gantung kamera karena gak mungkin bawa2 kamera gede sambil gendong bayi. dan objek gue jadi anak gueee mulu. tapi gak papa, soon it'll change. :)

sabar2 yaa.. mudah2an cepet berlalu masa2 baby blues nya.. just keep sharing with your hubby, friends, even here in this forum. it really helps loh! gue juga waktu itu sibuk di forum selama gue maternity leave. bener2 bantu banget..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

setuju sama YSee!!

Mom Dinniw tetep semangat ya...just remember that now u're a mom..bet u'll give everything u have to be the best mom for ur baby..termasuk sedikit "me time"...kalo ngbrol ma hubby kadang sekarang kita suka sengaja berangkat kerja naik taksi bareng biar bisa ngobrol...yaaa jatohnya sih emang gk private2 bgt...tp lumayanlah...ato kalo Aira bobo kita suka nonton DVD berduaan...curi2 waktu aja buat ngelakuin hal2 yang kita suka...luluran misalnya...mungkin gk sempetlah kalo harus ke salon n spa itu apalagi dirimu menyusui (yang harus amat sangat disyukuri karena aku udah gk nyusuin lagi.. :( ) luluran aja sendiri...titipin si baby sebentar sama hubby...bilang kalo kita mo luluran...nikmatin waktu luluran itu..bayangin kalo selese nanti hubby pasti suka sama kita yang udah lebih bersih dan wangi plus pasti tambah cantik :)...si baby juga akan enjoy kita gendong2 n peluk2 krn kita wangi hehe dan yang jelas rileks...(biasanya baby2 ini bisa ngerasain kalo kita lagi gk enak perasaannya...yang ada mereka malah rewel kalo kita pegang karena mungkin mereka ngerasa kita gk "ikhlas")...ini tip simple aja sih mom...dan yang aku lakuin juga...kalo dirimu pasti punya sela n cara tersendiri yang mungkin lebih oke...mau ke mall kan sekarang banyak mall2 yang ada nursery room nya...ajak aja...slama baby mu sehat insya Allah gpp...malah makin sering dia diajak jalan2 (mungkin yang deket2 dulu aja kali yaa)..dia nanti gak gampang rewel kalo diajak ke mana2...(umur 2,5 bulan Aira udah aku bawa ke Sawangan ke tempat neneknya..sekarang dia kalo tahu mo diajak jalan2 malah suka gk sabaran pengen cepet2 berangkat)

semua perasaan itu manusiawi kok...tinggal kita aja ngakalinnya gimana...Let us see ur big smile Mom Dinniw!!!!!

coffee is one of my best friend...

4

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Dinniw, awww... first of all, congratulations udah lahiran! :D berarti sekarang udah lewat setengahnya dari sebulan itu dong? see, you can do it! :D

udah dijalanin 2 minggu ya? emang sih, seinget gue, bulan pertama setelah lahiran itu the longest month in my life... rasanya seperti 3 tahun. satu harinya aja rasanya panjaaaaang sekali. ga abis2... but it'll pass, really.

to put it into perspective, beneran kok, yang paling berat itu adalah 1 bulan pertama. sesudah itu makin lama makin gampang (kitanya adjusted, dan bayinya juga makin komunikatif) :)

dulu pas ke dokter setelah 40 hari-an, gue tanya ama dokter gue, "kok orang bisa ya punya anak lebih dari 1? kok ga pada kapok sih?"

trus dokter gue bilang, "soalnya orang lupa... lha yang ga enak cuma 1 bulan doang dibanding bertahun2 of enjoyment and happiness. malah sehabis itu jadi ketagihan".

so, you can do it! semangaaaat! it'll get better, and better, and better! sebentar lagi, hidup kamu bisa lumayan balik normal, malah mulai bisa ngajak si kecil jalan2 dan main2 :D

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

thalia wrote:
dulu pas ke dokter setelah 40 hari-an, gue tanya ama dokter gue, "kok orang bisa ya punya anak lebih dari 1? kok ga pada kapok sih?"

trus dokter gue bilang, "soalnya orang lupa... lha yang ga enak cuma 1 bulan doang dibanding bertahun2 of enjoyment and happiness. malah sehabis itu jadi ketagihan".


setuju bangeeettt!!!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Mau ikutan nyemangatin Dinniw :)
soal me time yang kerasa belum ada, mungkin karena belum nemu selahnya Din. Wajar banget namanya baru 2 minggu, masih 'terkaget-kaget' sama rutinitas baru dan tiba-tiba ada manusia baru, yang terlihat fragile dan bergantung 24 jam sama kita.

Tarik nafas yaa klo tiba-tiba rasanya suffocated. Kadang waktu mandi yang cuma 5-10 menit itu bisa dipake buat menenangkan diri...think of happy thoughts and count your blessings, mudah-mudahan membantu.

Bener kata Shinta , nikmatin aja setiap waktu sama bayinya karena waktu bener-bener cepet berlalu. Sekarang bayinya masih sangat bergantung dan ga protes klo digendonnng terus. Ntar tiba-tiba bayinya udah gede, mulai nolak digendong karena lebih suka jalan :) atau pas akhirnya gak pernah bangun malem kaya anak gw sekarang, gw malah kangen loh masa-masa dia bangun malem karena suka berasa itu "our time" cerita-cerita malem-malem (eh gw yang cerita maksudnya, Nara mah diem aja, namanya masih bayi..hehe)

Truus setuju sama Thalia , yang pusing itu cuma bulan-bulan pertama aja...abis itu rasa senengnya nambah berlipat lipat tiap harinya ngeliat pertumbuhan anak. Pengalaman pribadi yah, waktu abis melahirkan gw lumayan stress dan trauma sama proses melahirkan dan hari-hari pertama punya anak, gw selalu bilang sama semua orang yang tanya klo gw cuma mau punya anak satu aja.

Guess what? setaun kemudian gw udah pengen banget punya anak, kangen gendong bayi mungil... udah lupa semua rasa ga enaknya :)

Klo ngatasin quality time sama suami, gw suka ngobrol malem-malem pas Nara udah tidur. Pas Nara 2 bulan gw pergi dinner berduaan karena pas sama anniversary 1 tahun nikah. Gak lama sih, berangkat jam 7, pulang jam 10, tapi efeknya bener-bener bikin fresh karena andan dan berasa pacaran. Nara gw titipin sama mbak dan Adek gw, dan karena itu jam tidurnya, jadi pas gw pulang dia pas bangun lagi :)

intinya, nanti lama lama lo pasti bisa nyari selah untuk me time dan quality time sama hubby. On the other hand, lama-lama juga bisa nerima bahwa ada hal-hal yang harus di-compromise.

semoga tambah semangat ya and be sure to put a smile on that pretty face :)

metariza.com | mother of two |@metariza

7

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

dinniw,ini dinninya bebe bukan?
yg sabar ya dinn,sama ama mamas yg lain.ini cuman sebentaaaaar aja kok.abis tu lupa deh gimana repotnya.
aku dulu juga gitu banget.udah kayak dunia mau berakhir aja.pengeeeeen banget keluar n jalan2 kaya sebelum punya zayyan.tapi karna ga mau ninggal zayyan ya harus dibawa.tapi ga dibolehin sama neneknya.wah,sebel banget..
tapi akhirnya nekat juga sih,belom sebulan udah aku ajak makan diluar.ga pake nanya2 sama ortu boleh bawa zayyan ato ga.langsung aja pamitan sambil gendong zayyan."mah,kluar.assalamualaikum" udah gitu doang.mamahku cuman bisa melongo.
tapi ternyata ya repot juga bawa2 baby,hehe.
trus pernah juga saking kepinginnya keluar rumah,sampe menawarkan diri buat ke pasar yg deket bgt sama rumah.padahal sebelumnya paling anti masuk pasar.karna mukaku udah melas bgt akhirnya dibolehin.sampe pasar bakul2 disana pada heboh liat aku.ternyata disana ada gosip aku abis lahiran sesar(padahal aku normal),n pada heran kok aku bs kluar2.lah,ga pernah ke pasar kok bisa sampe ada gosip gitu??

tapi beneran deh,udah lewat sebulan aja udah ga gitu kok.yg ada banyakan senengnya.repotnya dobel tapi senengnya dobel juga.jangankan sebulan pertama,hamil 9bulan dan berbagai permasalahannya aja langsung ga berasa apa2 kok. :)

8

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

mamanyaZayyan wrote:
tapi beneran deh,udah lewat sebulan aja udah ga gitu kok.yg ada banyakan senengnya.repotnya dobel tapi senengnya dobel juga.jangankan sebulan pertama,hamil 9bulan dan berbagai permasalahannya aja langsung ga berasa apa2 kok. :)


mungkin dini bakal gak percaya sekarang ini kalo setelah sebulan nanti.. apalagi kalo anak udah mulai jalan, bisa ngomong, dll.. jangankan masa2 sebulan ini, masa2 susah hamil 9 bulan aja bisa2 gak inget2 banget dehhh.. dan kangen!! nah loh... bingung kan?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

9

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

dinniw...
Gw tahu persis rasanya kaya apa...scr gw ngalamin bgt tuh baby blues, I know how it feels....sabar ya dear, pasti lewat masa2 beratnya...banyak2in ngobrol sama temen n keluarga, share smua beban, dulu gw telp ade gw sambil nangis jerit2 cm gara2 ngerasa ga guna bgt jadi manusia, cm diem di rumah ngurus anak gada brentinta dari pagi sampe pagi lagi...rasanya sediiiiihhh bgt! pengen rasanya cepet balik ke rutinitas kantor.Setelah ngluarin smua unek2 rasanya legaaa bgt.so share it darling...
Nanti setelah fungsi biologis kita terbiasa dengan rutinitas ke-mommy-an kita, smua beban yg super berat itu gakan kerasa lagi, dan dinniw bakalan ngerasa lebih nyaman jadi "emak2". Jadi kesimpulannya, sabar aja dulu ya say, ntar kalo si baby dah aga gedean, lo bakal ngerasain indahnya jadi ibu...Syapa bilang emak2 ga bisa ke mall :) trus hang out ama temen2nya? heheheh, nanti kalo si baby dah aga gede, lo pasti bisa punya "me time" lebih banyak dan lbh berkualitas..
jadi sabar dulu ya darling..lo pasti bisa lewatinnya!! semangaaaatt!!! lo ga sendiri kok :)

davina biggest fans

10

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Dinniw sabar ya. Kalo boleh gue kasih saran selain lihat ke "atas", kita juga harus lihat ke "bawah" artinya banyaaaak orang yg lebih susah dari kamu *contohnya gue*.
Kamu ASI lancar, jadi salah satu pemicu utama BB ato PND sudah tersingkir. Kamu ada ibu yg nolong kamu, gue tinggal jauh dari keluarga, mertua, temen2 ngga bisa diganguin krn masing2 juga sudah sibuk dg urusan sendiri2. Cuma kalo gue bisa kasih masukan, bicara baik2 dg ibu kamu utk lebih "cool" dg kamu, ngga terlalu strict banget. Bilang aja mom, saya feeling blues nih please help me go through with it but not push me *kira2 begitu lah* Gue rasa ibu kamu pasti ngerti.
hang in there

@LizCherie

11

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Congratz Dinniw :)
Mau blg "sabar ya" tp kok aku sendiri kadang2 ga sabaran. :p
Yg pasti apa yg km rasakan sekarang akan terbayar melihat baby tumbuh besar, tambah pintar dan tiap minggu ada kejutan2 baru dr dia. Percaya deh, nanti pasti bakal kangen sm masa2 baby br lahir. Aku aja skrg2 ini kl jenguk tmn yg br melahirkan atau mampir2 ke baby shop liat brg2 yg lucu2 jd kangen masa2 itu. Hehe

~Life is good~

12

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

ALL Mamas,
Adekku selama hamil dan setelah melahirkan jd pendiam bangeeett.. Sering bengong, murung.. Beda bgt sm diri dia yg sebenarnya. Aku udah coba ajak ngomong tp dia orgnya tertutup bgt. Dan suaminya jg org yg sangat serius, bahkan saat lg santai2 di rmh. Aku jd khawatir. Apa itu tanda2 dia kena baby blues? FYI, adekku melahirkan secara sectio-cesar krn atas permintaan dia. Sdh 2 hr di RS dan diinduksi 2x tp stuck di pembukaan 2. Dokter masih menyarankan utk menunggu tp dia blg dia stres nunggunya.

~Life is good~

13

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

shin gw ga tau sih tapi kalo gw kayaknya faktornya lebih ke hormon (dan fisik lelah kali)... gw happy2 aja pas hamil, trus gw tadinya mikir juga ga lewatin sampe tiba2 pas anak gw seminggu gw nangis pas gendong anak gw tidur di depan suami gw. Pokoknya gw merasa parno, tegang, amburadul deh....tapi cuma sekitar 2 minggu kali ya. soalnya abis itu biasa lagi....malah happy terus setiap bareng nara :)

tapi yang gw rasa sebaiknya kalo baby blues itu ada seseorang yang bisa share, support atau yang ngerti deh utk ngebantu ringanin yah...

*hugs to all mommies yang pernah lewatin atau yang lagi*

diniiw Mudah2an ga lama yah. amin! Ntar kalo anaknya uda gedean....uda enak banget deh tidurnya malem uda lamaan, nonton dvd juga bisa hehehe...dulu awal2 kerjanya kayaknya kalo ga nyusuin, tidurin anak, sendawain, endless diaper changing, gumoh bla bla...mana bayinya belom bisa interaksi banyak kecuali nangis ya....hormon ga karuan, badan mau rontok....tapi pas dia uda 2 bulan...ah mulai deh menyenangkan :-)

memang sih me time uda rada susah tapi bukan berarti ga mungkin. Temen gw ada ke salon pas anaknya masih 7 hari utk motong rambut loh..dia ninggalin asi yg dipompa. Kalo itu bisa bikin diniww feel better, do it...gw pikir kalo ibu merasa baik, dia akan merawat dengan baik....gw dulu ke supermarket aja bentar rasanya seneng bener tapi kepikiran terus yang dirumah hehee

14

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

sLesTa wrote:
dinni ini yang kemaren nanya ttg bawa bayi jalan2 ke mall di twitter kan ya?



Slesta , yups that's me..saking ga sabarnya pgn jalan2 nih trus akhirnya kmaren di umur 20 hr gw "culik anak gw" bawa jalan mumpung bs keluar juga, ga ktauan nyokap, abis imunisasi mampir ke bank trus ke babyshop dikit itu jg ga pake stroller, digendong biasa buat pertama kalinya keluar, untung bayinya bobo

Thalia, benerrr bulan pertama setelah lahiran itu the longest month in my life... rasanya seperti 3 tahun trus suka nginget haduh besok harus melakukan rutinitas gini lg, kurang tidur, bayi rewel, mudah2an gw bisa pass it soon
mamanyaZayyan iya ini gw...
Nisanara awal2 kerjanya kayaknya kalo ga nyusuin, tidurin anak, sendawain, endless diaper changing, gumoh bla bla...mana bayinya belom bisa interaksi banyak kecuali nangis ya....hormon ga karuan, badan mau rontok....--> ini bener2 yg gw rasain bangeett

urbanmamas thanks for sharing ya..helps me a lot..thread ini smp gw bookmark trus gw baca2 klo sambil nyusuin & gw lg down ato lelah bgt banyak nasehat & cerita2 yg bikin gw kuat & yakin bs ngelewatin smuanya smp gw bs ngerasain fun part-nya punya baby. thanks to technology setidaknya msh berasa in touch sm dunia luar :)

15

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Dinniw,
sabar ya :) semoga bisa ngelewatin masa 'ini' dgn baik... dan semoga ga lama2 yaa...

just remember... a happier mom is a better mom :).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

16

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Nisa
Apa ada hubungannya ibu pekerja dgn ibu rmh tangga? Ibu pekerja biasa beraktifitas diluar rmh dan tiba2 3bln harus di rmh dgn bayi yg baru bisa poop, pee, nenen dan begitu terus. Hehe Jd berasa terkurung di rmh.

Dinniw
Sering2 aja sharing disini, kl itu bikin kamu lebih tenang. :)
Semua ibu pasti melewati fase apa yg lg kamu rasakan skrg. Dua bulan pertama memang terasa sangat lambaaattt tp abis itu rasanya cepet bgt. Skrg ini anakku 8.5bln dan kl mikir2 4bln lg dia udah bkn bayi lg tp batita rasanya kangen bgt masa2 bayinya.

~Life is good~

17

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Shin hmm ga tau juga sih, kalo gw sih blaming on the hormons heheh

Dinniw *hugs* semangattt....it wont be forever kok..gw kalo lagi stress, atau ga sabaran berusaha inget bayi itu sebentar loh jadi bayi ..works most of the time

18

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

shinod - iya, gue kayaknya satu suara ama NisaNara... gara2 hormon, jadi suka sensi yang biasanya ga penting. mungkin adiknya mesti lebih sering ditemenin? emang sih, katanya kalo ga plan c-section, tapi jadinya c-section, kemungkinan kena baby bluesnya jadi jauh lebih gede...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

19

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

thalia
sering bgt aku temenin, tp dianya "mundur teratur" dan lebih suka menutup diri :(
tp kadang2 dia berani jg curhat2 walopun lewat sms atau facebook hehe
dr sejak hamil sampai hampir dkt due datenya dia memang masih ragu mo melahirkan normal/ c-sectio. aku dl kasih masukan, jalan apa aja siy yg penting terbaik utk baby dan ibunya, terutama ibunya harus yakin sm pilihannya, kl mau sectio ya silahkan, ga usah mikirin omongan org lain dan tkt dipandang gmn2.

mudah2an siy ga berlarut2 krn aku liat jd ngaruh ke produksi ASInya. akhir bln ini dia masuk kerja lg dan aku br tau kl stok ASInya masih sangat sedikit. pe-er buat aku dan keluarga niy utk menyemangati dia. :)

~Life is good~

20

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

Haloo mom's,aku mo ikutan curhat yah..
Aku gak tau ini baby bues ato bukan,tapi yang aku rasain sekarang,aku jadi gak bersemangat lagi,kayaknya energiku habis. Aku melahirkan zahra 4 bulan yang lalu melalui persalinan spontan/normal,secara fisik aku sama bayiku sehat.Masalahnya mulai timbul minggu-mingu awal,waktu itu(sampai sekarang) aku sering sekali berbeda pendapat sama orangtua tentang cara mengasuh dan merawat Zahra,aku memang belum pengalaman dalam merawat bayi, tapi aku berusaha baca buku dan cari informasi sebanyak-banyaknya,ternyata banyak hal yang aku terapkan bertentangan dengan cara yang dipake ortuku,aku juga gak bisa terima mitos-mitos yang dipercayai sama ortuku yg buat aku gak masuk akal tapi aku dipaksa untu melakukannya.Aku jadi stess mom's.Kalo malem aku sering tiba-tiba terbangun karena mengigil kedinginan.Suami ku juga sepertinya lebih mendukung ortu.Aku udah usahain biar suamiku ikut baca-baca bukuku,tapi dia gak mau,jadi informasi yang kami punya sangat gak berimbang.Aku dan suamiku jadi gak kompak dalam mengasuh Zahra,akibatnya kami jadi sering berantem.Aku sedih banget mom's,mohon sarannya ya,aku sudah merasa tidak berguna dan gak produktif lagi karena rasanya energiku sudah habis :(

love zahra,berumon and books

21

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

thalia wrote:
shinod - iya, gue kayaknya satu suara ama NisaNara... gara2 hormon, jadi suka sensi yang biasanya ga penting. mungkin adiknya mesti lebih sering ditemenin? emang sih, katanya kalo ga plan c-section, tapi jadinya c-section, kemungkinan kena baby bluesnya jadi jauh lebih gede...


Hallo Thalia..
salam kenal..kalo dari pengalamanku..yg unplanned C-sect..emg kejadian babybluesnya lebih lama..dulu aku ngalamin slama 1 bulan..mulai parah pas suami udah balik kerja....

a traveler mommy :)

22

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

huaaaa..baca curhatannya ibu2 di sini jd terkenang dl awal2 kelahiran kathleen.
Kl diinget2, rasanya geli sekaligus merasa berdosa banget thd org2 di sekitar gue. Tp org yg paling sering kena damprat ya suami hihihi. Kathleen itu kerjanya nangiiiiis melulu 3 bln pertama. Digendong salah, disusuin salah, ditidurin salah, ditelungkupin salah, diurut2 salah. Kok jd merasa ibu yg gagal krn tdk bs mendiamkan bayi sendiri sampe2 tetangga usil komentar 'jgn2 bayinya keseleo kali neng, nangis melulu..'
Belum lagi kesal dgn bentuk tubuh yg makin gak karu2an. Ngeliat baju2 sblm hamil rasanya benciii bgt. Udah tau pasti gak muat, dicoba satu2 (berharap ada keajaiban tiba2 jadi muat). Yg ada di pikiran cm 'BADAN MELAR,BADAN MELAR,BADAN MELAR' smp prnh ngambek ngusir suami+bayi+babysitter pulang dr pasaraya krn pas lg nyoba baju di kamar ganti&keluar nunjukin ke suami, dia spontan senyum2 (pdhl dia senyumin model baju yg aneh, tp gw nangkepnya krn badan gw yg kelewat melar smp pake baju apapun ga ada yg muat). Hwaduh. Jd mrk pulang duluan, gw nyusul 15 menit kemudian naik taksi stlh puas2in mewek di kamar ganti.
Oiya, salah satu puncak baby blues wkt itu saat suami malah menawarkan alternatif sufor di saat gw sdg jungkir balik melawan puting lecet berdarah2. Back then, he's really a breastfeeding father.
Yg gue alami, gue berusaha simpulkan, setiap ada pikiran buruk, jgn disimpen sendiri. Diskusikan dengan org terdekat yg pasti akan memahami seaneh apa pun pikiran buruk itu.
Rgds.

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

23

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

hai moms..
gw br tau klo emergency c-section bs lebih kena BB or PND
mungkin gw jg sm kaya kebanyakan moms disini yg kena baby blues..yg gw inget sih rasanya pas awal raihan dtg ampe dirumah udah ngersa cape aja scr lahiran induksi hmpir 20jam dgn bukaan udah 9 tinggal 1 bukaan lagi kt doktr nya tp ketuban udah pecah duluan ampe brwarna ijo akhirnya sesarpun dilalukan.
hr ke4 ampe sebulan gw bawaannya g mo makan jdnya impian asix gagal sudah (tp anehnya knp berat badan g turun byk y :P )..gw kena BB mungkin bs dikatakan sebentr tp justru ketakutan gw yg ampe skr (raihan dah 8m) g brhubungan sm babynya sih melainkan ketakutan hamil lg (sorry klo OOT ) jd setiap hub ma misua trbayangnya hamil..hamil..hamil..padahal udah pake kontrasepsi :(..wah curcol nih jd malu :">
tp asli gw serius ketakutan gw besar sekali takut hamil lg...dn hal ini jg udah sharing sm misua tp tetep ketakutan itu belum pernah ilang ampe skr...
apakah ini termasuk BB or PND???

being ftm frm wm is a "dagdigdug" journey :D

24

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

mamaRaihan, mungkin (mungkin lho) itu bukan BB atau PND tapi trauma dengan proses persalinan yang tidak mudah. Gw juga dulu begitu. Yang ada di otak hamil -> melahirkan sakit -> bayi br lahir begadang gak ada tidur. Jadi takut banget hamil setiap berhubungan. Tapi wkt itu 'pengaman' abis eh, pas subur, ya hamil lagi deh hehehee. Tapi ajaib, segala pikiran negatif itu bisa hilang dan bisa jauh lebih ikhlas menjalani kehamilan serta merawat bayi baru lahir.
Tapiii, gak harus hamil dulu kan utk bisa menghilangkan ketakutan itu? Haha.

mamanya kathleen dan celine,
yang rela jungkir balik demi keluarga kecilnya..

25

Topic: Baby Blues and Post Natal Depression

mamaRaihan - gue juga ketakutan hamil (well, punya anak lagi) lumayan lama... mungkin ampe aina kira2 2 taunan. kalo gue sih, takut PND gue balik lagi. bukan takut hamilnya, tapi ga yakin kalo mentally gue kuat apa engga. lha wong yang kemaren ga kuat.

setelah aina 2 taunan, agak lebih mendingan sih... jadi kadang2 berasa pengen. tapi tetep masih blum sreg dan masih ga yakin emang bisa...

sori ga bisa ngebantu. tapi mungkin, makin lama, rasa takutnya makin ilang... :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia