1

Topic: Miscarriage

thank you mommyaira :) iya nih mungkin kmarin lagi sial aja ga sempet ke obgyn langganan dan kayaknya dikira baru flek *padahal ternyata udah bleeding* hehehe....tapi positifnya bisa jadi pembelajaran buat nanti2nya.. :)

2

Topic: Miscarriage

Semoga amie_chan cepet dapet lagi yaa.

Keguguran memang menyedihkan kok. Gue kemarin meski kegugurannya baru di trimester 1 semua, gue tetep sedih bgt krn meskipun itu janin belum bisa apa2 istilahnya, gue tetep merasa ada bonding yang sudah terjalin.

Btw, kalian yg udah pernah keguguran, menghitung janin tsb sebagai "anak" nggak?

Maksudnya gini, contoh misalkan nyokap gue, sebelum punya gue, dia hamil terus keguguran di 3 bulan.

Pada saat gue lahir, nyokap gue kalo ditanya, bilangnya kalo gue adalah "Anak pertama".

Beda dgn tante gue yg juga serupa kasusnya, sodara sepupu gue itu dibilang oleh tante adalah "Anak kedua" krn yg pertama ya janin yg keguguran tsb.

Gue kayaknya bakal ngikut nyokap deh, tapi tanpa melupakan kedua janin gue yang sudah pernah ada, karena meskipun mereka cuma ada sesaat, gue tetep sayang dan akan selalu mengenang mereka.

3

Topic: Miscarriage

hari ini terjadi di aku:(( barusan semalem posting ttg spotting.
Kemarin sore muncul spotting dikiittt bgt warna coklat tua, telpon dokter masih tenang krn dokter bilang kecapean dan disarankan besok pagi *hr ini* utk mampir RS buat ambil obat. Tapi paginya terlihat spotting coklat dan disampingnya orange segar langsung dokter USG dan ternyata sudah tidak ada detak jantungnya...

Swami msh pengen cari 2nd opinion, USG 4D utk tau bentuknya dan konsul dng dokter lain. Tapi koq aku gak siap, gak tega rasanya...aku ikhlas dng keadaan ini. Dokter menghargai keinginan suami jd hr ini aku gak minum obat yg diresepkan, tunggu sabtu setelah periksa lg.

Doain semoga cepet dapet gantinya ya mamas...

::emaknya Kei & Zee::
follow me @trulysyarif | IG & line : trulysyarif

http://rocktobermom.wordpress.com

4

Topic: Miscarriage

Truly Syarif..*hug*..sabar ya mom..ikut berdoa smg mom Truly Syarif cepet dapat penggantinya. Amin.

5

Topic: Miscarriage

amien thanks indriani budi utami

Abis baca2 page sebelumnya skrg mau sharing detailnya...
Kehamilan ini ditunggu2 banget hampir 6 tahun. Desember aku mulai telat, biasanya gak pernah telat, awal Januari mulai testpack dan + aku 2x testpack dan dua2nya +. Waktu itu gak langsung ke obgyn krn pengalaman pertama waktu hamil Kei baru keliatan setelah 6 minggu. Tanggal 15 januari aku mulai kontrol ke obgyn...Alhamdulillah detak jantung bagus, bentuk juga sempurna diusianya, usia kehamilan 7w1d.

Aku emang lagi banyak kerjaan di luar kantor, tapi berhubung gak mabok jadi hayu aja gak dirasa. Tanggal 26 sore keluar flek coklat dikit langsung tlp obgyn. Paginya ke obgyn langsung USG dan gak ada detak jantungnya bentuk janin pun bulat hanya gumpalan tdk berbentuk baby...innalillahi sediiiihhh banget pastinya! diusianya 8w6d gak nyangka secepat ini perginya:(

Menurut dokter banyak kasus seperti ini akhir2 ini, penyebabnya polusi...darah jd mengental dan tidak masuk ke janin.
Reaksi suami amat sangat terpukul...dia masih gak percaya dan pilih 2nd opinion, dia masih penasaran bentuknya dan ingin USG 4D dan mau tunggu 1-2 hr utk USG siapa tau ada keajaiban. Aku sendiri gak siap....kasian rasanya gak tega. Aku dikasih obat untuk bersihin tapi dokter juga ngerti perasaan suami, jd sampai skrg aku gak minum obat. Insya Allah sabtu setelah USG ke 2 baru minum obat dan klo belum bersih rencana kuret.

Insya Allah aku ikhlas...walopun seharian nangis mulu sampe migren:(
Allah pasti punya rencana indah...semoga cepet dpt gantinya...amien

::emaknya Kei & Zee::
follow me @trulysyarif | IG & line : trulysyarif

http://rocktobermom.wordpress.com

6

Topic: Miscarriage

Dear all lovely bunda,

Saya mau berbagi cerita, semoga ada Bunda yg bisa memberikan advice dokter kandungan yg tepat untuk masalah yg saya alami.Kejadiannya baru saja beberapa minggu yg lalu.

Dibulan ke empat kami menikah, saya dinyatakan hamil, kami senang dan periksa ke dokter kandungan sesuai dengan jadwal, saya merasakan kehamilan yg hampir tidak merepotkan. Bahkan, saya pernah mengerjakan pekerjaan rumah selama bibi mudik, dan hampir tiap hari menyetir sendiri ke kantor, bahkan untuk sholatpun bisa saya lakukan dengan baik.

Sampai usia kandungan menginjak 30w, saya tes lab sesuai anjuran dokter (8jan'11), dan hasilnya sangat baik. Tidak ada masalah apa2, termasuk gula,kolesterol,hepatitis,leukosit,dll.
Dihari sabtu malam (15jan'11) badan saya panas, minggu saya opname, minggu siang panas lagi tapi hanya dua jam, selama minggu itu perut saya mengalami kontraksi, bahkan ketika badan tidak panas, hasil menunjukkan leukosit saya tinggi 16rb (batas normal 5-10rb). Diagnosa, badan saya terkena benda asing (virus/bakteri/infeksi). Saya dikasih obat penurun panas, dan antibiotik. Tapi di hari senin pagi, keluar flek (tidak banyak dan jarang keluarnya), senin siang panas lagi dan leukosit menunjukkan 24rb, kali ini panas saya lama dr jam11-4, jam 5 sore USG, detak jantung dan keselurahan bayi dinilai normal, jam 6 sore ketuban saya pecah.

Dokter nyatakan saya harus operasi malam itu juga. Saya operasi pukul 10mlm, ketuban sudah berwarna hijau. Alhamdulillah anak kami lahir dengan keadaan lemas, tidak menangis, dan sekujur tubuhnya keluar bintil2. Anak kami masuk ruang ICU bayi, dan perawatan intensive dokter anak,jantung, dan paru2.

Selasa pagi saya senang mendapat berita kalo anak kami saraf motoriknya berjalan dengan baik,dia bisa menarik sendiri selimut yg ada di badannya.Rabu pagi (19jan'11) sehabis adzan subuh, saya diberitahu suami saya kalo anak kami sudah meninggal. Betapa shocknya saya sebagai ibu yg sudah mengandungnya selama hampir 8bulan, saya belum sempat melihat dia sebentarpun, tapi tiba2 sudah dipanggil sang khalik. Shock,sedih,dan bingung yg sy alami. Kejadian itu begitu cepat bagi kami. Tapi suami dengan kuat membesarkan hati saya untuk sabar dan ikhlas.

Rabu sekitar jam 8 saya diperlihatkan anak kami, itulah pertama dan terakhir kalinya saya melihat,menggendong, dan menciumi anak kami "Timur Radja Sakalguna" sebelum dimakamkan.

Saat ini, insyaAllah saya sudah bisa sabar dan ikhlas untuk menerima pengalaman hidup yg telah Allah berikan kpd kami. Atas dukungan besar suami dan keluarga, saat ini saya berkonsentrasi ke pemulihan kondisi saya untuk persiapan kehamilan berikutnya. Kultur darah anak kami hasilnya menunjukkan adanya bakteri "Staphylococcus epidermidis", ada bunda yg tahu pastinya mengenai bakteri ini? dan mohon infonya dokter yg tepat untuk consul kesehatan kandungan, karena riwayat kehamilan yg spt ini, saya khawatir ada virus di badan sy yg mengganggu kehamilan berikutnya.

Terima Kasih bunda untuk perhatiannya.

7

Topic: Miscarriage

Umitimur baca postnya langsung sedih aku.....I really sorry to hear that yang sabar ya bu'. Do'a terus buat dedeknya insyaallah dia yang akan menolong dirimu di alam sana nanti(AMIN). Ikhlas dan sabar ya bu'...
Aku mau share juga nie....kemaren sempet masuk group spotting tapi sekarang udah ikut blog ini karena tanggal 17 Jan 11 kmrn aku dinyatakan miscarriage....sedih sie meskipun cm 3 minggu. Tapi rasanya felling guilty hiks hiks.....kmrn sie aku gag sampai di kuret cm dikasih obat aja. Tapi ada gag disini mommy yg pernah keguguran tp cuma dikasih obat saja sm dokter. Apa setelah dikasih obat mommy periksain lagi ke Obgyn? Trus keluar flek after miscarriage itu berapa lama, aku koq sampek hari ini masih flek ya. Tapi kadang keluar kadang gag? Normal gag sie itu. Bisa cepet hamil lagi gag sie kl hbs miscarriage,soalnya pengen cepet2(hehe..) Apa nunggu Mens dl ya....
Aku tunggu advicenya mom's its really helpfull for me.....
Thanks ya........

8

Topic: Miscarriage

umitimur turut berduka...Allah punya rencana yg lebih indah...amien.

imakrisnawati, hiks...turut berduka ya mom, insya Allah jd tabungan kita di surga...amien. Kejadiannya sama kayak aku, posting di "spotting" besoknya gak nyangka postingnya disini.
Aku tanggal 27 malam setelah diskusi dng teman yg pernah mengalami hal yg sama dan juga ke suami akhirnya diputuskan untuk minum obat. Jam 8 malam minum obat, jam 11 kontraksi hebat jam 12 fetus keluar bersamaan juga rasa mual yg hebat sampe muntah2:(( Semua orang suruh aku kuret tapi pas telpon dokter beliau menyarankan utk di USG dulu.
Sabtu tanggal 29 aku USG dan dinyatakan tidak perlu kuret, kondisi sudah bersih (sudah tdk afa yg menggumpal) lalu diresepkan obat *ganti obat* dan sabu besok USG lagi untuk memastikan apakah benar2 sudah bersih atau belum.

Pertanyaannya sama, krn semua org bilang klo kuret lebih ceoat dapet tapi dimentahkan oleh dokter. Dokter bilang sama saja kuret/obat. teorinya 3 bln setelah bersih boleh hamil...tapi menurut dokterku fleknya sama sperti nifas 40 hari tapi biasanya lebih pendek sekitar 2 mingguan. Setelah itu boleh hamil lagi...liat dr postingan sebelumnya banyak mamas yg 1 bulan setelah miscarriage udah langsung hamil.

::emaknya Kei & Zee::
follow me @trulysyarif | IG & line : trulysyarif

http://rocktobermom.wordpress.com

9

Topic: Miscarriage

Truly Syarif, Thanks ya.....sama nie kita berarti. Tapi apa dirimu masih flek2 gt gag sie? Soalnya aku sejak divonis (17 jan '11) dokter smp dikasih obat belum q periksain k obgyn lagi, soalnya kata dokterku balik kesini kl terjadi pendarahan dan kram hebat, kl gag berarti gpp gt katanya. Selama aq periksa soalnya pemeriksaan lewat dalem jd gag usg, khan jd gimana gt secara ni hamil pertama aku. Pengen cepet hamil lagi soalnya......tp koq gag selesai2 fleknya jd gemezzz...heheeee....

10

Topic: Miscarriage

imakrisnawati
ikut sedih yaaa..
Dulu juga aku minum obat dulu.. setelah 6 hari baru keluar. langsung darah dan banyak bgt termasuk darah yg kental-kental gtu.
kontraksi dari hari jumat malem, dan baru ke dokter hari senin pagi.
Udah menahan sakit segitu lama dan ternyata kantong kehamilannya masih ketinggalan.
Sama dokter diberi obat dari anus Pronalges untuk menahan sakit.
tapi ga ngaruh juga.
Akhirnya Kamis pagi dikuret lah..

Aku tanya sama temenku yang dokter umum.
kalau diaksih obatnya Cytotec dan ingin langsung luruh lebih cepat.
Sebaiknya janga diminum (peroral)
Tapi dimasukkan 3 tablet kedalam vagina.
Biasanya dengan cara ini lebih cepat dan lebih efektif.

Kalau masalah "pengen cepet hamil lagi"
biasanya dokter menyarankan menunggu 3 siklus haid baru boleh hamil.
Dan selama 3 siklus tsb ga dianjurkan utk pake kontrasepsi hormon.
Lebih aman pake kondom.
Skrg juga aku n suami lagi menunggu 3 bulan lewat.
Maret kita mau usaha lagi bikin baby yg sehat.. aamiin

Moga-moga membantu yaa..

11

Topic: Miscarriage

imakrisnawati aku masih keluar katanya sama kyk nifas 40 hari tapi klo yg miscarriage bisa lebih singkat kurleb 2 minggu. Mungkin krn usia kandungan msh kecil ya 3 minggu jd luruh dr flek yg keluar. Klo aku usia 8w6d masih kecil juga tapi berasa waktu fetus keluar...hiks gak tega liatnya. Aku juga periksa selalu transvaginal (lwt dalem) krn ada kelainan di bentuk mulut rahimku. Tapi karena pendarahan, ini lewat USG biasa..menurutku enaknya kontrol obgyn lagi atau 2nd opinion ke obgyn lain.
Atau mamas lain ada yg bisa kasih input, secara aku juga masih dalam masa2 nunggu fleknya juga blm tau berapa lama:(

::emaknya Kei & Zee::
follow me @trulysyarif | IG & line : trulysyarif

http://rocktobermom.wordpress.com

12

Topic: Miscarriage

Trully Syarif.... Sayikut bersedih sabar ya say....Bacanya seakan gw merasakan juga penantian yg lama ya say...
Semoga menjadi penghias surga ya ...
dan cepet dapet lagi ya say...
Cepet pulih...
Pasti kei sedih ya ?
Sun wat kei yang cantik

13

Topic: Miscarriage

thanks nissa awalnya aku mau ditegar2in di depan Kei. Karena kejadiannya pas dia sekolah, pulang sekolah mendapatkan ayah ibunya di rumah dia happy banget...langsung dia nyamperin aku dan cium2 perutku ngajak ngomong adeknya di perut...hiks pertahanan kami runtuh, kami pun menjelaskan yg sebenarnya terjadi dan menangis bertiga berpelukan...hiks

::emaknya Kei & Zee::
follow me @trulysyarif | IG & line : trulysyarif

http://rocktobermom.wordpress.com

14

Topic: Miscarriage

Thanks to Imakrisnawati & Truly Syarif,

Semoga kita bisa melawati segala cobaan yg Allah berikan, dan kita bisa segera hamil lagi dalam kondisi kandungan yg sehat sampai dengan melahirkan (amien) :)
sebelumnya, kita sehat dulu juga ya............ (amien)

15

Topic: Miscarriage

umitimur, imakrisnawati, truly syarif...*peluk kalian*
sabar n ikhlas ya..moga tuhan memberikan yg terbaik atas rencananya..

kebetulan temenku juga ngalamin hal yg sama :(
usia kandungannya dah 9m7d, tinggal tunggu kontraksi, eh tp Allh berencana lain, tali puser si janin melilit, jd mungkin kurang oksigen n suply makanan...jd meninggal di kandungan..n temenku "harus" melahirkan normal supaya cepet hamil lg menurut DSOGnya.
jd temenku melahirkan jenazah calon bayinya...:(
dia bahkan gk bisa gendong or meluk or cium anaknya, krn suatu dan lain hal pas dijait dia mesti bius total..n begitu buka mata, sang bayi dah dikafanin n siap dimakamkan oleh suaminya...

jd bagi yg mengalami ini..aku yakin bahwa Tuhan punya rencana di setiap kejadian..aminnn

bunda hanif.....

16

Topic: Miscarriage

umitimur, AMIEN...... semoga kita cepet dikasih lagi AMIEN

siti, makasie ya. Iya mungkin Allah punya rencana yang lain buat kita. Karena dibalik itu semua emang masih banyak yang harus aku persiapkan terutama psikis ku. Maklum masih 25 th. Tapi sejak keguguran kemaren jadi bisa lebih nyiapin psikis dan sadar diri. Kalau emang hamil dan punya anak itu ternyata anugrah dan gag semenakutkan yang aku kira. Heeeeheee....... sekarang jadi pengen cepet hamil lagi. Menjauhkan pikiran kalo punya anak itu akan mengekang kehidupan ku. Sekarang tinggal nunggu siklus mens and setelah itu bikin lagiiii.......

17

Topic: Miscarriage

imakrisnawati...
SEMANGAAATTTT.........

bunda hanif.....

18

Topic: Miscarriage

Truly..hbs kita bbm-an kmrn, udah niat banget mau cek thread ini, tapi gak sempet2..baru smpt skrg, dan ikut lemes bacanya..kebayang kei...gak bisa ngebayangin how you guys pass that day.. :'( *peluksekalilagi*

buat imakrisnawati dan umitimur *peluk juga*

this might sound cliche, aku cm bisa bilang yang sabar yaa..
Allah knows what's best for us..

19

Topic: Miscarriage

peluk siti thanks bu...ya aku yakin Allah punya rencana yang lebih indah...amien

nuhun muttimitha *pelukpeluk*

::emaknya Kei & Zee::
follow me @trulysyarif | IG & line : trulysyarif

http://rocktobermom.wordpress.com

20

Topic: Miscarriage

hi moms..

anggota baru ni ikutan sharing ya..
aku sudah menikah selama 13 bulan, 5 bulan pertama ditinggal suami belajar keluar (huhu kebayang ga si masi pengatin baru langsung ditinggal :( :( )..sekarang lagi TTC ni *doakan semoga berhasil ya*

selama gadis tu jadwal periode mens aku tu teratur 28 hari dengan waktu mens 6-7 hari. tapi setelah nikah jadwal mens aku jadi berubah jadi lebih lama n ga teratur gt, wajar ga si??
yang anehnya pas ditinggal suami tu jadwal mens aku balik lagi kaya waktu gadis huhu..

sekarang aku udah telat mens seminggu lebih ni, n keluar flek2 gt pas awal2 aku pikir wajar aja tanda mau dapet, ditungguin ga dapet2, puncaknya kamis kemaren keluar darah coklat kehitaman gt aga banyak tp tetep volumenya lebih dikit dr dapet aku biasanya (biasanya aku sekali dapet tu banyak banget) tp skr si fleknya sudah berkurang, oia perut aku juga ga mules sama sekali rasanya..krn penasaran knp aku dapetnya ga kaya biasa n googling kalau tanda2 awal kehamilan tu biasanya suka muncul flek, aku tadi pagi testpack tapi hasilnya masi negatif :(
pas baca thread ini aku aga deg2an ni jangan2 aku keguguran, mungkin ga si??soalnya dulu dokter pernah bilang kalau kandungan aku emang aga lemah, nanti mau langsung ke dokter si mau periksa..
doakan ya buibu huhuhuhu..

21

Topic: Miscarriage

Pengalaman pertama hamil kemarin, coba sharing y.....

Dua minggu sebelum pakai testpack n hasilnya positive memang keluar flek2, tapi cuma 1 hari aja dan itu sedikiiiiit banget. Dihari kedua udah ngga keluar (tapi aku tetep istirahat satu minggu). Selama dua minggu itu, pernah coba pake testpack tapi msh negative. Padahal selama dua minggu itu ngga "ketemu" ma suami, bukan parno karna flek2nya tapi krn emg suami lg diluar, tapi setelah dua minggu itu baru dey muncul dua garis.
Btw,maap yha penjelasannya agak ribet n bikin bingung :) :) :)

Tapi hanya kebetulan atau memng gejala yg sama, tapi itu yg aku alami....... Untuk Bunda Hasna, tenang aja....... jng panik,coba ke dokter kalo penasaran. Smg membantu y ;)

22

Topic: Miscarriage

wew nemu treat yg menggali masa lalu yg sedih, tp gpp gw share dikit.

Gw merit oct 2003. Sebulan kmdn telat haid 1 minggu, krn ga pernah telat lsg test and hamil. Sorenya lsg kedsog and dinyatakan hamil 5 week, seneng bgt dengarnya.
Tp ketika masuk 10 week, perut tiba2 terasa melilit, sakittt banget. Suami pas dijkt (saat itu gw dibdg) gw tlp dia lsg bilang akan pulang. Sendiri di perantauan membuat hati double sedihnya. Setiap sakitnya datang gw tlp mama gw dimks. Ga berani turun dr tempat tidur bahkan mau pipis pun ga berani krn sakitnya sampe ketulang selangkangan. Setelah 5 jam berkutat dgn rasa sakit yg tak tertahan dan rasa ingin pipis, gw ke toilet, Pas gw duduk tiba2 gumpalan besar meluncur turun, kaget ahh ga tau apa perasaan saat itu, bahkan rasa ketika proses itu ms bs gw rasain sampe skr :(
Pas saat itu suami tiba dr jkt dan gw lsg dibawa ke dsog, stlh di usg di nyatakan keguguran spontan, saat itu diresepin obat u membersihkan darah. Gw saat itu ga bs nangis, tp pas nyokap tlp tangis itu tumpah........
Saat itu gw ga di kuret krn hsl usg menyatakan gw bersih jd ga perlu dikuret.
3 bulan kmdn gw hamil lg, rasa was2 kejadian pertama membuat gw lbh hati2 menjalani kehamilan ke2 ini. Tp ternyata Tuhan ms blm percaya sm aku, gw keguguran lg u ke2 kalinya. Kapok hamil??? Ga!!! tp kehamilan ke3 terjadi sethn kmdn. Dan tetap keguguran lg, Saat ini gw mulai mencari tau penyebabnya(sebelumnya percaya aja kl dibilang kandungan lemah). Saat itu gw kerja dijkt, bos gw dokter. gw jd sering sharing and dia byk memberi nasehat or pengetahuan ttg keguguran. Gw mulai hidup sehat. apa yg do and dont u memulai kehamilan gw perhatikan. 8 bln dr keguguran terakhir gw kembali hamil. Was2 tetap menghantui ( ini yg musti hilang ) dan ketakutan itu kembali terjadi abortus itu terulang :(, haizz saat itu gw udah bertekat ga mau hamil, sakit saat abortus ga sesakit luka batinku. Puji Tuhan gw punya suami yg selalu membesarkan hatiku. Tp kebesaran hati tidak menjamin kehamilanku. Abortus itu terulang hingga 7 kali dengan 2x kuretase. Kecapekan?? ga sama sekali krn sejak kehamilan ke4 gw berhenti total dr pekerjaanku. bahkan di kehamilan ke 7 gw sampe bedrest selama 15 hari di rs tp itu ga menolong. Virus??? Ga jg semua periksaan normal, ACA?? juga tidak. jadi apa???
Keguguran terakhir benar2 membuat aku putus semangat. Gw bilang ke suami. "Yang El ga mau lagi berobat, ga mau minum vitamin2 hamil, ga mau program2 lagi. El capek!!!" Saat itu suami cm melukin aja. Gw bener2 cuti dr pikiran2 hamil, gw abisin waktu pulkam, jj ama teman, jj berdua dgn suami.
Ternyata 5 bulan dr keguguran terakhir gw hamil lagi. Tp anehnya kehamilan ini tdk gw spesial in. Gw hidup normal tanpa menjaga2 bahkan gw cenderung menganggap kl gw ga hamil. Ternyata kehamilan ini berhasil!!! Walaupun tetep ada mslh (melahirkan baby premature krn pre eklamsi) tp baby Evelyn lahir dgn selamat dan skr sdh 14 bulan.

So, all moms disini jgn bersedih yaaaaaa

happy with my lovely hubby and cute evelyn

23

Topic: Miscarriage

lovely_eve..*hug*. Dirimu kuat sekali ya mom, tetep bisa tabah dan sabar walaupun telah mengalami abortus hingga 7 kali. Smg Evelyn menjadi anak sehat, pinter, berbakti pada ortu, dan berguna bagi negara, agamanya, dan juga masyarakat.

24

Topic: Miscarriage

Indriani, Amin...thanks doanya tp tabah dan sabar juga didukung pengertian suami dan keluarga itu yg terpenting.

happy with my lovely hubby and cute evelyn

25

Topic: Miscarriage

lovely_eye yup kuncinya sepertinya musti pasrah n tetap semangat buat anak...gak boleh kapok.
Aku juga dah ngalamin 4x, wih sedihnya sedih banget, tapi kapok hamil...gak tuh, namanya juga mau punya anak. Sekarang lagi normalin ACA-nya dulu (ini ACA jg baru ketahuan sekarang, dulu2 test kok negatif mulu ya??)
Mudah2an tahun ini bisa menghasilkan temen buat Evelyn. Semangat2.
Thanks for the sharing, bener2 menginspirasi untuk tetap semangat.