1

Topic: Miscarriage

Djemima - Jemmm.. ya ampun kangen banget, lama ngga "ketemu" disini yaah! anyway turut berduka untuk kehilangan yg terdahulu dan semoga kehamilan yang sekarang bisa sehat dua-duanya sampai due date.
*peluk*

Semoga mama-mama disini bisa kasih masukan yaaa

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

2

Topic: Miscarriage

siska.knoch wrote:
Djemima - Jemmm.. ya ampun kangen banget, lama ngga "ketemu" disini yaah! anyway turut berduka untuk kehilangan yg terdahulu dan semoga kehamilan yang sekarang bisa sehat dua-duanya sampai due date.
*peluk*

Semoga mama-mama disini bisa kasih masukan yaaa



Sissskaaaaa iya lama banget ya ngga sua.. Anak2 udah umur berapa sekarang?

Iya terimakasih banyak yaaa, kalo mengenai duka sih gue lebih mikir kalo memang janinnya ngga sehat lebih baik luruh sekarang dari pada meninggal nanti ketika udah lahir.. Tawakal aja lah Allah pasti tau yang terbaik.. Cuma gua emang ngeri sama kuret makanya butuh banget bantuan dari Mamas semua terutama yang pernah mengalami abortus dengan obat.. Mudah2an ada yang bisa membantu yaa..

Rock 'n Roll Momma

3

Topic: Miscarriage

djemima,
hiii jem...
duh duh, iya ya sepertinya janin ngga berkembang. jadi deg2an juga nunggu 2 minggu untuk usg.

gw ga ada pengalaman ttg ini tapi coba gw cari2 info yaa jem. hugs. semoga diberi yang terbaik. elo-nya banyak istirahat yaa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

4

Topic: Miscarriage

Halo Jemiiihh, hihihi..

aku disummon Teh Ninit kesini hahaha.. Hawayu? :-*

Anyway, unfortunately tahun 2014 kemarin aku keguguran 2 kali berturut2. Dua-duanya karena ngga berkembang. Yang pertama aku kuret, ada artikelnya disini juga. Kemudian 3 bulan setelah kuret aku hamil lagi, daaann.. lagi2, ngga berkembang. :(

Nah yang kedua, karena 'trauma' dibius total (pertama kuret disini, dan biusnya dimasker gitu) dan trauma bayar (hahaha, habisnya sama kaya lahiran di VVIP RSPI!!), aku memilih untuk 'nunggu' sampai luruh dengan sendirinya. Ternyataaaaa, itu prosesnya lebih traumatic buat aku. Jadi setelah in agony nunggu sampai luruh, (jangan tanya prosesnya gimana, kalah sih film horror2) berhari2 pula ga abis2. Setelah aku rasa bersih tinggal spot2 aja, aku cek lagi ke obgyn disini, ternyata pas USG masih ada sisa, jadi dokter sini tetep saranin kuret, aku langsung telp Obgynku pas Zee, cari tiket pesawat dan besokannya pulang ke Jakarta, malemnya kuret sama obgynku di RSPI.

Pengalamanku, once obgyn tau kalau itu janin tidak berkembang, atau BO, atau apapun itu penyebabnya, mereka akan tanya kamu mau tunggu sampai luruh dengan sendirinya (dikasi timing biasanya, 2 minggu), atau dikasi obat, atau kuret. Obatnya ngga bisa dibeli bebas, tentu aja. Mesti resep dokter. Beberapa orang cukup 'beruntung' luruh dengan sendirinya dan bersih, beberapa kaya aku, ada sisa yang ga bisa luruh2, dan harus di scrapped pake kuret. Kuret ke 2 aku lebih 'nyaman', mungkin karena sama dokter yang aku sudah kenal, biusnya di tangan, dan langsung bisa pulang 2 jam setelah itu.
Coba dikonsul ke dokternya aja jem.. Kalo aku, amit2 kalau sampe keguguran lagi, aku kayaknya langsung opt kuret aja. Ngga 2x kaya yang terakhir. Campur aduk rasanya. Ngga lagi2 deh..

Oh iya.. Perasaan aku persis banget tuh, yang "yah masa gini lagi sih", pas aku mulai spotting keguguran yang ke-2 itu. :)

Semoga baik2 aja ya jem, dan ada adek buat Ayla. Much love! :-*

A grand adventure is about to begin.
-- Winnie the Pooh

5

Topic: Miscarriage

Mbak Wortje: Terribly sorry for your loss :(

6

Topic: Miscarriage

woro,
:) worooo makasih yaaa.
jemmm... update yaaa gimana kabarnya.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

7

Topic: Miscarriage

Hi Mom...
Aku keguguran pas hamil anak pertama. Yang aku sesalkan, kayaknya keguguran itu karena kesalahanku.. maap ya debay :(

Ceritanya saat hamil 8w3d aku duduk bersila di atas tempat tidur. Kemudian aku ngambil chargeran hp di lantai (masih dalam keadaan bersila di tempat tidur).. Jarak tempat tidur ke lantai kira2 50 cm. Posisi kepala saat ngambil charger kira-kira 20 cm dari lantai. Pas bangun, perut bawahku sakit banget, aku sampai teriak. Setelah itu muncul flek kayak mau mens. Beberapa hari kemudian aku mens. Pas check ke dokter, ternyata detak jantung debaynya udah nggak ada lagi. Akhirnya, aku dikasih obat peluruh sama dokter. Alhamdulillah, setelah 1x mens dikasih lagi sama Allah.. Kali ini aku janji untuk menjaga debay dengan baik. Agak trauma juga, selalu deg2an tiap mau USG, ingat layar USG tanpa detak jantung debay..

Moral of the story, saat hamil, mungkin kita pikir kita mampu untuk melakukan ini itu, tapi rahim dan debaynya belum tentu mampu..

my pregnancy blog: louvanoura.wordpress.com :)

8

Topic: Miscarriage

Levalia, duh ikut ngilu bacanya, benar setiap kejadian pasti ada hikmah dan pengalaman yang didapatkan. Semoga kehamilan ini lancar ya mama, sehat sampai due date-nya nanti.

9

Topic: Miscarriage

levalia,
hugs... turut berduka dan terima kasih udah berbagi cerita. sebagai pengalaman juga untuk urban mama lain. kita harus jaga kondisi sebaik mungkin. bener banget levalia, kadang kita merasa mampu melakukan ini itu tapi tetep harus dijaga aja karena kondisi fisik saat hamil pastinya berbeda.

semoga sehat dan lancar yaaa di kehamilan kali ini. hugs. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

10

Topic: Miscarriage

djemima, gimana kabarnya sekarang?

wortje, yaampun Woro... semoga sekarang udah ga trauma lagi yaaa *doain biar Zee cepet dapet adik*

levalia sehat-sehat terus yaaa!

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

11

Topic: Miscarriage

Hi Mom Mom..

aku mau share pengalaman aku, ya semoga bisa melegakan hati ini juga :) hampir dua minggu yang lalu aku keguguran.

awalnya aku flek dan bleeding di usia kandungan 6w. Kalau ditanya kenapa? aku sendiri bingung sih, mungkin karena aktivitas yang agak berat di rumah (maklum ga ada ART). Langsung ke RS Puri cinere dan masih aman karena kata dokter bleedingnya dari pintu rahim (bukan dari Rahimnya). Dikasih obat penguat sama dokter plus bedrest.. namunnn nasib dan Tuhan berkata lain. UK 8 W balik lagi kedokter, kantungnya malah ga ada :( boro boro janin, kantungnya aja udah ga ada, di layar USG cuma sisa sisa kantungnya gitu. Sedih pasti, campur aduk dan berusaha ikhlas.

Akhirnya dokter ngasih obat peluruh gastrul. Obat ini sakitnya luar biasa, bahkan sampe sekarang masih berasa bekas bekas kontraksinya, efeknya juga ke lambung aku.

Setelah minum obat itu baru keluar deh bleeding yang pekatnya. Sampe sekarang rasanya masih trauma sama benda benda kehamilan. Pasti pengen hamil lagi tapi masih pengen nyembuhin fisik dan psikisnya dulu hehe ya semoga dikasih lagi di waktu yang tepat dan di saat kondisi rahim serta psikis yang udah pulih dan kuat :)

Doakan ya mom, mom :)

12

Topic: Miscarriage

hai mom Iv
Yang kuat yaa.. mudah-mudahan segera dipulihkan kesehatannya dan pada waktu yang tepat nanti diberikan lagi buah hati yang diimpikan.. tetap semangat ya ma..

proud mommy of kaitlynn amberly

IG : chamarsha89
https://kaitlynnamberly.wordpress.com/

13

Topic: Miscarriage

Bunda aku mau share aku haid terakhir tgl 19 nov 2016 sampe hr ini tgl 08 jan 2017 aku belum haid. Waktu tgl 19 des 2016 aku ke rumah sakit periksa krn sdh beberapa hari aku panas-dingin (cm kalo di ukur pake termometer kisaran 36-37•) trs nafsu makan hilang dan mual-muntah. Aku sih berpikir mungkin tipes ku yg kambuh cm iseng2 aja skalian tes urine kehamilan soalx dokterx tanya kapan terakhir haid. Nah hasil lab rmh sakit tipes aku mmg kambuh cm dak parah dan Alhamdulillah hasil tes kehamilan juga Positif. Trs keesokan harinya aku coba ke dokter kandungan dibilangx gak ada kantong yg ada penebalan dinding rahim mau mens, yahh walopun galau keluarga masih ngasih semangat.. aku istirahat sekitar 4 hr trs krn sdh agak enakan sy masuk kantor pas hr kedua ke kantor (tgl 28 des 2016) ada lendir bercampur darah dikit keluar, panik lah saya jd sy ke dokter lain dan Alhamdulillah kantong janin sdh keliatan meski kecil skali ukuran GS 13,1mm dan GA 4w4d dan dikasih penguat utrogestan 200mg (3x1) dan folavicap plus istirahat 5 hr. Pas ngantor lagi (tgl 3 jan 2017) flek keluar lagi cm itupun kalo ngelap pake tissu, aku kembali ke dokter yg sama dibilangx gak apa2 sm kantongx samar2 cm msh GS (+) 5w dan aku ttp bedrest. Krn bercak2 darah gak mau berenti dan mual-muntah aku dah hilang aku coba pindah dokter dan seperti petir disianh bolong dokter yg ini bertanya:"yakin ibu hamil? Kok hasil tespekx negatif?" Dia usg trans-v malah dibilangx "ibu sdh keguguran yg tidak disadari dan keluar sedikit2, ini malah ada penebalan dinding rahim dan tidak ada kehamilan" jadi aku di kasih obat peluntur..! 
Bunda2 tolong masukannya siapa tau ada yg pernah punya cerita yg sama.. 
terima kasih banyak..

14

Topic: Miscarriage

Bunda aku mau share aku haid terakhir tgl 19 nov 2016 sampe hr ini tgl 08 jan 2017 aku belum haid. Waktu tgl 19 des 2016 aku ke rumah sakit periksa krn sdh beberapa hari aku panas-dingin (cm kalo di ukur pake termometer kisaran 36-37•) trs nafsu makan hilang dan mual-muntah. Aku sih berpikir mungkin tipes ku yg kambuh cm iseng2 aja skalian tes urine kehamilan soalx dokterx tanya kapan terakhir haid. Nah hasil lab rmh sakit tipes aku mmg kambuh cm dak parah dan Alhamdulillah hasil tes kehamilan juga Positif. Trs keesokan harinya aku coba ke dokter kandungan dibilangx gak ada kantong yg ada penebalan dinding rahim mau mens, yahh walopun galau keluarga masih ngasih semangat.. aku istirahat sekitar 4 hr trs krn sdh agak enakan sy masuk kantor pas hr kedua ke kantor (tgl 28 des 2016) ada lendir bercampur darah dikit keluar, panik lah saya jd sy ke dokter lain dan Alhamdulillah kantong janin sdh keliatan meski kecil skali ukuran GS 13,1mm dan GA 4w4d dan dikasih penguat utrogestan 200mg (3x1) dan folavicap plus istirahat 5 hr. Pas ngantor lagi (tgl 3 jan 2017) flek keluar lagi cm itupun kalo ngelap pake tissu, aku kembali ke dokter yg sama dibilangx gak apa2 sm kantongx samar2 cm msh GS (+) 5w dan aku ttp bedrest. Krn bercak2 darah gak mau berenti dan mual-muntah aku dah hilang aku coba pindah dokter dan seperti petir disianh bolong dokter yg ini bertanya:"yakin ibu hamil? Kok hasil tespekx negatif?" Dia usg trans-v malah dibilangx "ibu sdh keguguran yg tidak disadari dan keluar sedikit2, ini malah ada penebalan dinding rahim dan tidak ada kehamilan" jadi aku di kasih obat peluntur..! 
Bunda2 tolong masukannya siapa tau ada yg pernah punya cerita yg sama.. 
terima kasih banyak..

15

Topic: Miscarriage

Hai mama2 TUM...salam kenal. Saya mau share cerita ttg miscarriage ini.
Pertengahan Januari lalu saya positif hamil 4w. Waktu itu kantong janin masih samar keciiil bgt.
10 hari kemudian (pas Imlek) lagi leyeh2 di rumah trus pipis kok di underwear flek merah. Saya cerita sama suami malah ditanya "kamu mens atau gimana? Kan dokter bilang hamil.". Saya tiduran, mulai panik tapi langsung googling gejala keguguran. Makin lemes kayaknya badan karena tanda2nya sama semua, ada flek, paha bagian dalam berasa pegel dan nyeri di perut bag.bawah. Secara itu Sabtu dan hari libur nasional, dsog langganan libur, tlf ke RS lain pun dsog-nya ga ada yg praktek. Akhirnya tetep ke RS langganan trus disaranin ke bag.Emergency Maternal. Sampe disana disuruh tiduran, ditanyain ini itu, dicek pembalutnya...paaas bgt siang itu ada yg jadwal caesar jd ada dsog yg bisa periksa. Dicek usg rahim udah bersih trus diresepin obat. Saya juga ga pake nanya ke dokter sebabnya apa, boleh lsg program hamil atau gak...blank deh.
Di mobil saya baru nangis apalagi pulang ke rumah mesti jelasin ke si sulung yg baru 4 y.o. dan lihat dia+suami nangis di ruang tamu, duuuh rasanya ga bisa diungkapkan.
Efek obat baru berasa malemnya, perut nyeri dan bbrp kali pipis keluar gumpalan2 darah. Less than a week pendarahan stop. 
Saya dan suami ga balik kontrol lagi ke dokter setelahnya.

Siklus haid saya selalu teratur, paling cepet maju seminggu. Nah waktu tgl 28 Feb belum haid juga, saya mulai curiga apa saya hamil lagi atau siklus haid berubah pasca keguguran.
1 Maret saya coba pake test pack dan muncul 2 garis (yg satunya masih samar). Tgl 4 Maret saya ke dsog, belum kelihatan apa2 tapi dokter bilang anggep aja hamil supaya saya lebih hati2 dan ga minum obat sembarangan.
Balik lagi tgl 21 Maret, kantong janin sudah terlihat tapi janinnya belum. 
Tgl 26 Maret mulai ada flek coklat. Perasaan mulai ga tenang karena trauma liat flek spt hamil sebelumnya.
Tgl 27 Maret lsg cek ke dokter (bukan langganan), kantong janin masih bagus dan mulai keliatan janin di dalemnya (bukan BO). 
29 Maret balik ke dokter lagi (kali ini ke dsog langganan) krn flek blm berhenti juga. Dikasih utrogestan 100mg 1x sehari. Dokter blg ada yg hamil flek sebulan tapi gpp jadi tenang aja bu. Hasil usg pun bagus...lumayan, rada tenang. Dikasih surat utk bedrest 7 hari kerja.
30 Maret flek berubah jadi kemerahan, terpaksa balik lagi ke dokter. Haru banget rasanya karena di-usg kantong janin masih bagus (bulat utuh dan ga gepeng) trus si janin masih ada di dalemnya. Saya tanya dokter "dgn kondisi saya flek begini berapa persen menurut dokter janin saya bertahan?" Dokter jawab 50-50. Saya tanya perlu ga utrogestan dosisnya ditambah. Dokter blg ga perlu, kalau janinnya ga kuat, dosis obat ditambah pun dia tetep gugur...sebaliknya juga gt.
Sepanjang perjalanan pulang sampai malemnya, saya usap perut saya dan bilang "bunda masih punya harapan 50%-nya". Malemnya perut mulai sakit, saya tetep pegang harapan 50% itu.
Saya ga bisa tidur nyenyak malam itu, paginya rasa sakit timbul lagi bahkan lebih intens (tepatnya kontraksi). Waktu saya tiduran, mama saya kaget liat perut bawah saya keliatan tegang gitu dan saya bilang emang lg sakit2nya. Kata mama, ikhlasin aja.
Selang berapa menit saya pipis, kaget banget berasa ada yg keluar dan bunyi 'plung'. Saya udah ga bisa nangis, keluar toilet saya cuma bilang ke orang2 rumah "kayaknya udah ga ada baby-nya". 
Saya baru bisa ketemu dsog saya tadi pagi, hasil usg seperti perkiraan saya...sudah ga ada kantong dan janinnya :'( Karena masih ada sisa sedikit, saya dikasih obat pembersih. Efek obat lumayan cepet, cuma berapa menit lsg berasa nyeri dan mulai bleeding banyak lagi.
Jadwal kontrol 7 hari lagi, saya ngarep bgt ga usah pake kuret lagi.

Maaf ya moms, ceritanya kepanjangan. Tapi mudah2an dengan cerita saya, moms yg lagi hamil dan ada flek bisa lebih hati2 dan harus bedrest, serta lsg kontrol ke dsog-nya apalagi kalo flek berubah warna dari coklat ke merah. 
Dokter saya blg setelah rahim bersih baru saya bisa test darah (krn udah 2x keguguran) utk screening lbh jelas. Blm kepikiran juga utk promil lagi, yg penting sehat dulu semua2nya, ya rahim, ya pikiran, ya mental dll. 
Kuncinya cuma berdoa dan berusaha sesuai kehendak Tuhan. *hugs*