1

Topic: Disorder of Sex Development (DSD)

Maaf sebelumnya moms...
Saya sedang butuh info penanganan bayi DSD
Bayi kami Ali,1 tahun,dari lahir kelaminnya tidak seperti bayi laki2 pada umumnya..
Kami sudah mencoba konsultasi k dokter untuk penanganannya tapi dokter masih menyarankan untuk observasi dulu
Minta info moms semua untuk dokter atau rumah sakit yg bisa menangani masalah ini..

2

Topic: Disorder of Sex Development (DSD)

hai Rosa_stie,
Salam kenal...
Sepertinya disini belum ada tentang topik serupa. Dan barusan juga googling tentang DSD ini. Sedikit ringkasan yang mungkin bermanfaat untuk mama-mama yang lain, jadi DSD ini terjadi karena gangguan perkembangan pada organ seksual. DSD bisa terjadi baik pada bayi laki-laki maupun perempuan. Tingkatannya pun beragam, dari mulai yang ringan hingga berat.
Kalau dari yang saya baca cuma 10 menit, salah satu yang dilakukan untuk anak dengan DSD adalah terapi hormonal. Terapi hormonal sebaiknya dimulai sedini mungkin. Usia minimal yang disarakan untuk terapi hormonal yaitu sejak usia 1,5 tahun. Jadi mungkin saran dokter Rosa_stie bisa dipahami sambil menunggu perkembangan si anak. Namun jika memang ragu dan ingin mendapat jawaban yang lebih akurat, Rosa bisa mencoba mencari 2nd opinion ke dokter yang lain.
Semoga perkembangan selanjutnya lebih baik ya Rosa *hug*

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Disorder of Sex Development (DSD)

hugggs Rosa_stie, semoga segera mendapat solusi dan penanganan terbaik yaa..

makasih juga buat Kira Kara yang sudah bantu memberikan gambaran mengenai DSD.

Kalau pengalaman aku nggak terlalu relevan tapi mungkin ada yang bisa dipetik sedikit karena ada kaitannya juga dengan terapi hormonal. Anakku yang pertama sempat beberapa kali menemui dokter endokrinologi karena pertumbuhan penisnya yang kurang sesuai dengan umurnya. Setelah dironsen, cek tulang, cek darah, dll, ia mendapat terapi suntikan selama beberapa kali selama satu tahun dan alhamdulillah kondisinya membaik.

Untuk dokter endokrinologi, setahu saya ada di beberapa rumah sakit besar, kalau yang saya temui berada di RSI Tumbuh Kembang Cimanggis.

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/