1

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

aku skrg uk 37w masi sungsang bun :(
udh nungging2 , sujud2 , ngajak ngomong babynya tetep aja pewe kepalanya diatas :(
pdhl hpl 8 maret :(

2

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

waktu hamil di usia 34w bayiku sungsang padahal sebelumnya tiap kontrol posisinya selalu bagus. setelah tau sungsang aku rajin sujud, jalan2, pokoknya posisi2 yang membantu bayi biar kepalanya di bawah. pas 36w kontrol lagi ternyata masih sungsang. sedih banget sampe sempet marah ke bayi. tapi setelah itu aku berusaha mengikhlaskan kalau misalnya memang bayi nggak mau muter juga nggak apa2, aku nggak mau memaksa. tapi aku tetep berusaha dengan posisi2 yang membantu, hypnobirthing, dan ajak ngobrol bayi. dua hari kemudian nyoba kontrol dan subhanallah alhamdulillah kepala bayiku udah di bawah..
tanggal 14 januari lalu aku melahirkan normal, dan ternyata selaput ketubanku ada 2, bayiku juga terlilit tali pusat di lehernya. mungkin itu juga sebabnya usia 34w dia masih sungsang, karena ketubanku banyak dan ada lilitan.

buat yang masih mengalami sungsang tetep semangat berusaha, tenang, dan siapkan diri untuk kemungkinan apa pun. juga kontrol rutin :)

3

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

kalo boleh share moms, kebetulan saya hamil sungsang juga.. :D
sejak bulan ke 6 sudah ketahuan sungsang.. dokter menyarankan posisi nungging atau sujud, saya ikut senam hamil juga dan diajari juga di kelas nya... dari awal kehamilan saya sangat ingin melahirkan dengan normal.. :) makanya saya dan suami terus berdoa supaya saya dapat melahirkan dengan normal dan lancar..
Semua upaya saya lakukan, mulai dari ajak ngobrol baby, taruh headset musik dibagian bawah, nungging pun sudah tiap hari..
well, singkat cerita, baby saya terus berada pada posisi sungsang sampai waktunya mau lahiran pun masih sungsang. :D
syukurla Tuhan menjawab doa saya, akhirnya saya diizinkan untuk melahirkan secara normal di minggu ke 37, bayi saya pun lahir sungsang.. jadi pantatnya duluan keluar. hihihi..

Jadi, tips2 diatas boleh dilakukan moms, tapi paling penting menurut saya adalah banyak berdoa, agar Tuhan mempermudah kehamilan moms sekalian.. :)

demikian share dari saya

4

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Halo mama-mama..seneng deh baca thread ini. Jadi timbul harapan baru *seka air mata*
Saya hamil anak pertama , udah masuk minggu 35, dan kepala bayi masih di kanan. Udah nungging tiap pagi dan malam sejak 7 bulan, tapi masih belum terlihat juga hasilnya. Dua hari ini ga nungging karena kecapekan dan mulai agak desperado. Tapi baca testimoni bunda2 disini, amazing sekali..

makasih yaa semua..semoga kepala bayi bisa segera turun dan bisa lahir normal :)

5

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

ahhh moms...saya mau ikutan sharing..*sedang h2c*
udah masuk minggu ke 38 nih. minggu lalu waktu cek kepala bayi masih di kanan atas. Kalo besok posisinya belum turun juga, sudah diwanti2 untuk prepare jadwal c sec.

dulu waktu dari 7bulan sebenarnya kepala bayi juga belum turun tapi waktu di spog yang sebelumnya malah gak boleh nungging, katanya itu kepercayaan orang dulu...???? masuk 8bulan putusin pindah spog, dan langsung disuruh rajin nungging. Tapi sampe sekarang kepala bayi rasanya belum turun juga, sudah ajak ngobrol, taro headset dengan lagu rohani diperut bawah, dll tapi cuma pindah kanan ke kiri or kiri ke kanan aja kayaknya hehehehe..

oh well, kalopun harus di c sec, yo weslah, sudah pasrah, doanya semoga bayi tetep sehat aja.

*masih nungging2 dan berdoa ada keajaiban :D*

6

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Minggu ini kandungan sy masuk 28w, dan baru aja abis USG hari ini dikasi tau kalo posisi janin sungsang, kepala di kanan atas. Periksa masih 2 minggu lagi, kudu rajin nungging, duduk sila, tidur miring kiri, dengerin musik, sambil komunikasi sama si bebino nih. obgyn sy yang pro sama gerakan nungging2 itu. Semoga periksa selanjutnya, posisi kepala udah di bawah, Amin.

7

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Mamas, baru cek sabtu kemaren, uk skrg 31w, masih sungsang, bedanya 3 minggu yg lalu kepala di kanan, kemaren di kiri. Semoga itu tanda progress bebino lagi muter ke bawah, Amiin. Udah dicek sih, Alhamdulillah nggak ada lilitan tali pusar. Tapi soal panjang-pendeknya emg nggak bisa ketauan kalo usg 2D katanya. Nah kalo usg 4D bisa ketauan nggak ya panjang pendeknya?

8

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Aah senangnya, hari ini 33w, kontrol lagi dan posisi bebino udah head down - bottom up (anak pintar elus2 perut :>) Sebulan kemaren cara2 yang dicoba:
1. Knee to chest position
2. Hypnobirthing (seringnya hypnobirthing sambil nungging hehe)
3. mantengin video positive affirmation for birth di utube,
4. ngajak ngobrol, ngerayu2 bebino
5. pasang musik pake earphone di perut bawah.
6. arahin senter dari perut atas ke bawah.

Walopun posisinya belum engaged tapi udah lumayan tenang. Semoga cepet ngunci biar nggak muter2 lagi hehe. Amiin.

9

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Kehamilan anak kedua sudah masuk 34w, dan kepala bayi masih di atas. Udah rajin nungging sejak 7 bulan, masih belum ada hasilnya.
Baca-baca forum ini bikin semangat tuk terus rajin nungging, dan banyak berdoa, apalagi dokter bilang tidak ada lilitan.

Semoga kepala bayi bisa segera turun dan bisa lahir normal seperti kelahiran pertama, chayoooo...

tidak ada yang lebih bahagia di dunia ini selain melihat senyum bahagia mama, bapak dan anak

10

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

mom bunazka,
Ayo mom semangat nunggingnya hehehe..udah lama gak pantengin tread ini. Aq akhirnya melahirkan dengan SC. tapi bukan karena sungsang...kepala bayi udah turun loh jadinya waktu deket2 hari H (thanks to senam nungging2 hehe), tapi gak masuk2 panggul hehehe..makanya diputuskanlah untuk caesar saja karena bayi juga prediksinya agak besar :D

11

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Ternyata pas usg 35w, posisinya malah jadi melintang, bb janin 2,2 waktu itu. Minggu kemaren usg 4d, 36w, bb janin 2,9, kepala udah muter ke bawah tapi belum engaged. Semoga nggak muter ke atas lagi.

12

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

posisi sungsang pernah kk sepupu..sama dokternya udah dtekan2 ato mgkn kalo kita dipijet kali yaa..eh tetep aja posisi janinnya balik melintang l;g melintang lg...akhirnya pas udh 38w ktanya udah ga mgkn balik lg ke posisi normal aka. kepala di bawah, so dioperasi deh..

13

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

posisi sungsang pernah kk sepupu..sama dokternya udah dtekan2 ato mgkn kalo kita dipijet kali yaa..eh tetep aja posisi janinnya balik melintang l;g melintang lg...akhirnya pas udh 38w ktanya udah ga mgkn balik lg ke posisi normal aka. kepala di bawah, so dioperasi deh..

14

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Saya usia 28w uda ke bawah kepalanya, kemaren control di 31w malah balik lagi ke atas ihiks :( semoga bias ke bawah lagi...aaamiin

woroluvpink.wordpress.com

15

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Halo.. Salam kenal semuanya :)

Saya selama 2x hamil ini tidak pernah ngalamin sungsang sih. Tapi mau sharing aja cerita dari bidan instruktur kelas senam hamil dan hypnobirthing yg pernah saya ikuti.

Menurut beliau utk posisi lintang/sungsang bisa diatasi degan melakukan gerakan nungging (knee-chest position) selama minimal 30 menit dalam sehari, setiap hari. Kalo bisa lebih lama lebih baik. Kenapa? Karena bayi membutuhkan banyak waktu utk berputar ke posisi yang benar.

Lalu selain itu bisa juga dibantu dengan metode hypnobirthing/hypnopregnancy utk komunikasi dengan janin supaya ia berputar ke posisi yang benar.

Nah utk teknik ini harus dalam pengawasan dan arahan bidan/instruktur, karena jika kita menggunakan kalimat afirmasi yang salah dikhawatirkan malah terjadi dampak yang tidak diinginkan.

Menurut bidannya, sudah ada bbrp peserta kelas yang berhasil dengan metode hypno ini. Kuncinya adalah kita harus yakin n percaya saat melakukan afirmasi. Dan berlatih hypno dengan rutin tentunya (untuk melatih fokus).

Menurut bidannya, metode hypno (komunikasi dengan janin) ini juga bisa digunakan untuk "membebaskan" janin dari lilitan tali pusat.

Sekian sharingnya ;)