1

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

aduh icut bikin deg2an ya :( ternyata dia masih bisa muter2 juga..
gimana dong biar dedenya diem aja dibawah ya..

2

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

@sandira..
Babyku juga sempat melintang cukup lama ngga mau ke posisi yang seharusnya...
Tapi syukurlah sekarang dia sudah di posisinya...
Aku diajarin teman untuk sering2 nungging gitu tapi yang buat tumpuan bukan kepala ya..tapi bahu kita yang meyangga badan.
Dan sebenarnya kalau (maaf ya) muslim, posisi sujud saat sholat itu sudah cukup membantu...

3

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Yth Para Mama

Sejatinya di alam semesta ini tidak ada yang kebetulan. Segala sesuatunya tidak datang begitu saja tanpa sebab. There is no coincidence.
Hukum sebab akibat pasti berlaku.

Termasuk kejadian yang dialami oleh kita. Termasuk juga kehamilan sungsang yang sedang dialami oleh para Mama saat ini.
Apakah seorang Mama benar benar ingin kehamilannya tidak sungsang? secara pikiran sadar (conscious mind), bisa jadi setiap Mama ingin kehamilannya normal, namun demikian didalam diri setiap Mama, disamping pikiran sadar (concsious mind), ada juga pikiran bawah sadar (subconscious mind) yang kekuatannya justru lebih kuat 9 kali dari pikiran sadar (conscious mind), dan seringkali seorang Mama tidak menyadari dan tidak disengaja pikiran bawah sadarnya (subconhscious mind) mengarahkan (direct) dan menarik (attract) kondisi kehamilan sungsang.

Dengan demikian, saya menyarankan kepada para Mama, silakan memprogram ulang pikirannya, dengan cara berdoa dan juga berdialog dengan sang janin, agar kehamilannya menjadi normal.
dan sebaiknya bersikap menerima dan pasrah, dengan apapun kondisi yang akan terjadi selanjutnya.
Semoga kondisi yang dialami adalah suatu keadaan yang terbaik dari apa yang diinginkan para Mama.

Sebagai masukan, coba evaluasi kembali, silakn introspeksi, apakah ada keinginan yang tersembunyi (sengaja atau tidak) yg menyebabkan kehamilan menjadi sungsang, misalnya: adanya keinginan untuk persalinan secara Caesar, atau DSPOG yang dikunjunginya sering melakukan persalinan secara Caesar (kehamilan sungsang hanya bisa dibantu dengan Caesar)
dan masih banyak lagi faktor internal dan eksternal yang menyebabkan kehamilan sungsang.
Silakan memohon kepada Tuhan dan berdialog dengan diri sendiri, apa yang sebenarnya diinginkan dalam proses kehamilan ini.

Apa yang saya sampaikan ini berdasarkan pengalaman saya menemani dan mendampingi istri secara terus menerus, sejak dari mulai 0 minggu sampai melahirkan.
Semoga menginspirasi bagi Para Mama.

Terima kasih
Wassalam

4

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

sandira wrote:
aduh icut bikin deg2an ya :( ternyata dia masih bisa muter2 juga..
gimana dong biar dedenya diem aja dibawah ya..


deg-degan bangeeettt...setiap kontrol harap-harap cemas mau berubah gimana lagi posisinya hehehe :o

btw, sekedar sharing neh...
gara-gara posisi yang nggak bener, nungging, sujud lebih lama waktu shalat, jalan kaki dan jongkok naik turun jadi makanan sehari-hari...ditambah doa yang nggak putus tentunya.

setelah terakhir posisi melintang dan divonis ga bisa berubah lagi, akhirnya tanpa putus asa nyobain ke dukun pijat bayi...yup dukun! :cool:

pijatnya cuma 15-20 menit, ga sakit sama sekali...rasanya cuma mules gara-gara si kecil berubah posisi.

karena penasaran sama hasilnya, malamnya meluncur ke dokter buat usg...dan ternyataaaaaa...Alhamdulillah dia udah di posisi yang benar dan bayi dalam keadaan sehat walafiat uhuuuyyy. sayangnya baru masuk jalan lahir dikit, jadi tinggal dibanyakin jalan aja biar dia makin turun.

buat yang sedang menghitung hari dan posisi bayi belum bener, aku rekomendasi si dukun pijat aku...yang mau contactnya silahkan pm yah. namanya juga usaha hehe :)

There is no such thing as "the best way" in parenting, it is either my way or your way.

www.me-and-mr-d.blogspot.com
@CutFika

5

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Selasa kemaren kontrol, dan alhamdulillah kepala baby udah dibawah :)
Semoga ga muter2 lg yaa.. :s
Cuma ari2nya ngikut turun, balapan sama kepala baby :(
Semoga ga apa2 ya..kata dokternya banyak jalan aja..

Tips sering ngajak ngobrol dedek berhasil, alhamdulillah dedeknya nurut ya :)

A happy new mom, a proud wife, and a freelance architect :)
http://marissafauzia.blogspot.com/

6

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

marissafauzia wrote:
Selasa kemaren kontrol, dan alhamdulillah kepala baby udah dibawah :)
Semoga ga apa2 ya..kata dokternya banyak jalan aja..

Tips sering ngajak ngobrol dedek berhasil, alhamdulillah dedeknya nurut ya :)


Selamat ya, kepada babynya yang sudah menerima pesan mamanya dan memahaminya.
Untuk selanjutnya, sebaiknya cari DSPOG yang pro kelahiran normal, karena kalau DSPOG yang hobbynya pakai bedah Caesar, saya kira persalinan sekarang ini semakin mudah, tinggal dibelek saja perut bundanya, apakah bayinya nyungsang atau ari arinya ikutan dsb.
Benar apa kata dokternya, banyak jalannya, salah satunya adalah G Suction alias bedahCesar.
Kecuali bundanya memang benar benar menginginkan persalinan melalui bedah Cesar.
Saran saya kalau tidak ada indikasi medis yang mengharuskan Caesar, sebaiknya persalinan normal saja.
Terima kasih
Wassalam

7

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

banyak juga ya ngalamin kehamilan sungsang gini? :(
aku juga nih..lagi stress banget... dari kehamilan week 31 baru kliatan klo posisi baby melintang.. sekarang udah masuk week 36.. tapi posisi baby-nya masih melintang juga.. kepala baby sering nonjol ke perut kiri atasku, otomatis jadi neken lambung dan diagfragma.. klo udah begitu.. langsung sesak napas deh :(
padahal tiap hari udah latihan nungging-nungging, dan rutin senam hamil juga.. tp masih blm bisa muter jg babynya..
jadi khawatir banget nih, moms.. TT_TT hiks hiks hiks

-dOd-

8

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

deadeot,
waah samaaa, i've been there! bikin sesak napas emang..
bahkan sampe 40 minggu pun bayiku dl masih melintang, padahal udah rutin senam hamil, nungging di kasur, tapi teteeep aja melintang..
kan lahirannya mundur 10 hari dari duedate, pas udah periksa 4 hari sebelum lairan, posisinya udah muter aja tuh.. alhamdulillah, mungkin karena waktu itu aku malah jadi rajin jalan2 supaya ga kepikiran masalah melahirkan, jadi pas udah ga aku pikirin, dia muter sendiri..
coba rajin jalan2 aja :)

a happy wife & mom always defines me best! :)
@mamaaltair

9

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

deadeot, selain nungging2 & senam hamil mungkin bisa didengerin musik ke babynya seperti saran2 di depan, earphonenya ditempelin ke perut bawah makin bawah makin bagus :) aku dulu dari kehamilan 4-5 bulan uda mulai didengerin musik ke baby, ga tau sih bener ngaruh apa ngga tapi memasuki bulan ke tujuh posisi kepalanya uda di bawah. ini juga saran dari temen yang ngelahirin sungsang gara2 dia salah pasang earphonenya di perut atas deket ulu hati gitu alhasil sukses sungsang :p jadi dia wanti2 banget pasang earphonenya di bawah

tetep usaha yaa mom, masih bisa kok berubah posisi sampai detik terakhir..
Pengalaman mertua waktu hamil suami posisi melintang sampai checkup terakhir bbrp hari sebelum lahiran padahal uda dipijit diputar puter tetep balik lagi balik lagi melintang posisinya. Uda siap2 caesar nentuin tanggal, ternyata sehari sebelumnya uda mau lahiran pas nyampe di RS dicek ternyata posisinya jadi sungsang & posisi pantat duluan jd bisa lahiran normal deh. Suami lahir dgn berat 4050gr & panjang 54cm! dan katanya prosesnya juga cepat & mudah. Katanya langsung heboh serumah sakit, bayangin aja segede gitu lahir normal & sungsang :lol:
FYI aku juga dulu lahir sungsang & normal tapi 2,7kg & 48cm (mamaku uda diwanti2 sama dokter jangan gede2 bayinya supaya bisa normal krn dari awal uda keliatan bakat sungsang & memang diputer2 posisinya tetep balik sungsang lg).
Jadi mengenai posisi ini masih bisa berubah sampai detik2 terakhir selama kitanya terus berusaha & berdoa selama Tuhan mengijinkan tidak ada yg tak mungkin. Dan IMHO meskipun sungsang bukan berarti harus caesar. selama kondisi memungkinkan misalnya ibu & janin sehat, bayi ga terlalu besar, posisi pantat duluan, tdk terlilit tali pusat dll dan dokter bilang it's ok kalau mau tetep normal sih masih bisa lahiran normal kok. kalau posisinya kaki duluan sepertinya agak sulit & beresiko (takut nyangkut kakinya kalau keluarnya ga bersamaan). Tapi kalaupun ternyata harus caesar pun tidak masalah, yang penting ibu & bayinya sehat.

10

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

jessti,
waaah samaan ya? aku juga udah sering jalan-jalan juga, tapi kenapa makin banyak jalan jadi makin neken keatas ya? sering nendang-nendang ke arah kandung kemih gitu, jadi tiap jalan2 bawaannya mau pipis terus. Hehehe..
Mudah-mudahan masih bisa muter yaaa ;)

vony_82,
wooh.. ngaruh ya dengerin musik klo salah pasang earphonenya? ya sih, aku suka kasih denger musik juga, dan posisi earphonenya disangkutin di perut gitu, memang bukan dibagian bawah perut, ternyata ngaruh ya sama posisi baby. :| *loh jadi merasa bersalah gini.. :(

thanks sharingnya ya moms.. :D

-dOd-

11

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

deadeot, menurut dokter temenku sih begitu. malah pertamanya dia dengerin musik pakai speaker biasa jd ibunya juga bisa denger eeh kata dokternya "jangan pakai speaker gitu, pakai earphone tempel ke perut. yang dengerin itu babynya, bukan ibunya!" :lol: nah sejak itu dia pakai earphone. tapi ternyata salah lg nempelnya diatas. dan dokternya baru tau kalau temenku pasang earphone di perut atas itu pas uda deket2 lahiran gitu & dia bilang harusnya di bawah perut biar si babynya ngikutin/ngedeketin telinganya ke sumber suara.
ga tau sih bener apa ngga tapi worth to try lah siapa tau babynya jadi mau pindah posisi :)

12

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

vony_82, yah worth to try lah.. jadi masukan buat aku juga.. *cateut* pasang earphonenya dibawah perut... :D
ditawarin juga buat pijet-pijetan puter rahim gitu sama mamaku, tapi koq ya masih rada ragu juga. kebanyakan takutnya.. :| jadi mending usaha yang lain dulu aja kali ya.. :) mudah-mudahan masih bisa muter.
thanks ya moms.. :D

-dOd-

13

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Akhirnya nyampe juga di thread ini karna terakhir kontrol kemarin (29 weeks of pregnancy) posisi babyku sungsang T_T Padahal 1 bulan sebelumnya posisi kepala sudah di bawah, jadi aku bawa santai aja. Eh ternyata malah muter ke atas.... DSOGku nargetin bulan depan kepalanya harus sudah bisa turun... Pulang-pulang ke rumah aku stress T_T nangis aja bawaannya....

Ini lagi mo usaha do everything the best that I can do...
Semoga babynya mau turun kepalanya ke bawah... Aamiin....
*hamil pertama jadi bawaannya khawatir mulu nih :(

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

14

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Hihi aku jg mau share nih. Dr awal tiap usg ga ada masalah,tb2 aja msk 32w malah sungsang anaknya.
Rajin2 nungging udah,disuruh ngepel sgala jg udah. Tp kynya anaknya msh blm mau muter tuh.
Yasudahlah pasrah aja, moga2 akhir2 ntar muter jg:p

15

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

deadeot, ietha, metameta,
bener tuh yg dibilang Abi Annabella,
coba deh ubah mindsetnya, bahwa posisi berputar2 ini menandakan bahwa bayi tumbuh dengan normal di dalam situ.
kecuali, bila mengganggu banget disertai rasa sakit, silakan konsultasi sama DSOGnya.
yg penting, semua usaha udah mama lakukan untuk kenyamanan mama sendiri, dan kenyamanan bayinya tentu aja.
dan hindari stress ya, insya Allah bayinya jadi tenang deh.
dan kalo neken ke atas itu artinya bayi udah gede tuh, jadi badannya neken ke ulu hati, wajar kalo terasa agak eneg2 gitu kalo makan.
kadang bayi juga neken ke kandung kemih, jadi bawaan emang pengen pipis mulu :)
kalo gw dulu, makin gede perut makin susah untuk tidur malam.
tapi daripada bete2 mendingan shalat malam, itung2 senam hamil.
dan kalo tidur miring ke kiri.
alhamdulillah posisinya bagus & bisa melahirkan normal.
mudah2an bisa dicoba & lancar persalinannya ya semuaa.. :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

16

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

mo ikutan juga, gue juga pas 29 weeks cek katanya sungsang... posisinya melintang di perut, dokter udah suruh2 nungging... tapi kadang suka lupa >.<

jadinya gue kadang nungging tiap pagi, dan jalan kaki tiap sore di sekitar kompleks... tapi masih belom cek lagi sih udah muter apa belom...

kita bisa tau gak ya babynya udah di posisi ke bawah apa belom?

17

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

wanna share aja..
kasus sungsangku ternyata bermasalah dengan letak placenta diatas dan panjang tali pusat yang terlalu pendek, jadi bikin si baby gak bisa muter terus. Sedih juga sih, tau kenyataan kyk gitu. Tadinya tetep pengen lahir normal dengan keadaan sungsang, tapi diameter kepala babynya terlalu besar jadi terlalu riskan.. = ='
akhirnya tanggal 3 maret kemarin harus c-section. antara senang dan sedih juga sih karena gak bisa normal... tp apapun hasilnya, begitu ngeliat baby.. sedihnya ilang.. berganti haru, bahagia, de el el de es be..

walau aku jadi terpaksa harus ngalamin caesar karena kehamilan sungsang.. pengen tetep kasih semangat buat calon mommy semua yang ngalamin kondisi sungsang juga.. jangan patah semangat.. harus yakin bisa muter, harus rajin juga senam hamil dan latihan nungging.. dan terus berusaha sambil berdoa juga.. apapun hasil akhir proses kelahirannya, yang penting babynya selamat dan sehat.. :)

semangat ya moms semua.. ^^d

-dOd-

18

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

deadeot, waa uda lahiran.. congratz ya say.. iya betul apapun proses lahirannya mau normal ataupun caesar yang penting baby & mommy-nya sehat & selamat..

19

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Mau share pengalaman juga neh...
Sejak usia kehamilan 6 bulan, obgyn udah bilang posisi janinnya sungsang dengan kedua kakinya naik ke atas kepala...(wwuuuiiihhh...apa gak pegel tuh ya???). Menurut obgyn-ku seh kenapa posisi janinnya sungsang, karena ada miom di rahim sebelah kiri bawah, sehingga janin kesulitan untuk berubah posisi karena terdesak oleh miom.
Terakhir di-usg pas usia kehamilan 32 minggu, posisi janin berubah jadi melintang dengan posisi kepala di kanan dan bokongnya di kiri.
Minggu depan cek up lagi, berharap banget posisi janin udah bisa berubah ke posisi kepala di bawah.
Kalo soal sujud seh, insyaAllah setiap shalat pun sujudnya dibikin agak lama sambil berdoa mudah-mudahan janinnya muter posisi.
Pernah nyoba nungging dengan tumpuan dada, tapi baru 4x itupun udahnya langsung sesak napas ya...

20

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

mau share juga neh...

kaget pas kamis kemaren USG dengan usia kandungan 33 minggu DSOGku bilang posisi janin melintang :((... padahal pas kontrol di kehamilan 31 minggu posisinya bagus banget udah dibawah.. dokterku bilang, rajin2 sujud yah, kita liat di minggu 36... doakan aku ya mamas semuanya.. aku ingin banget dan bertekad untuk melahirkan secara normal

*Ayshaku pintar*

21

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

thank you for sharing mamas
daku juga minta doanya ya..
setelah bulan lalu posisi normal, kurang 1 bulan lagi pas cek ternyata si baby melintang. sama ma noufanoer dan mamas yang lain kami bertekad kuat untuk normal .

22

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Untuk para Mama yang sedang bermasalah kehamilan sungsang.

Saran saya, sebaiknya tidak perlu panik. Karena kalau ibu hamil panik akan mempengaruhi janin yang dikandung. Jadi kalau sayang bayinya, tetaplah tenang, sambil berikhtiar dan berupaya untuk bisa melahirkan dengan mudah dan lancar serta selamat ibunya dan bayinya.
Disamping tetap berdoa dan selalu bekomunikasi dengan bayi agar bayi bisa lahir selamat, mudah dan lancar.(janin dapat menerima pesan ibunya), sebaiknya Ibu hamil selalu berkonsultasi dengan DSPOG yang pro kelahiran normal. Saat ini, dengan kemajuan ilmu kedokteran, banyak kasus kehamilan yang bermasalah dapat tertolong, salah satu alternatifnya dilakukan CESAR / C-suction.
Bila diperlukan, dapat dilkaukan pemijatan. Sebaiknya cari tahu info pemijat ibu hamil yang cakap dan kompeten, sesuai rekomendasi teman/family yang sudah mencoba mengalaminya, namun kalau tidak yakin, sebaiknya jangan coba coba lakukan.
Tetap tenang dan pasrah dalam menghadapi segala kemungkinan persalinan yang akan terjadi.

Semoga berhasil melahirkan denagn selamat.

23

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

cek hamil kmrn posisi bayi gw masih sungsang (w27). diskusi dg DSOG dia bilang masih cukup waktu untuk anaknya muter ke posisi yg bener & kalaupun nggak ada option utk lahir normal krn nggak ada barrier (miom, plasenta previa, dll). dia sendiri bilang normal memungkinkan tp termasuk kategori traumatic labour, hrs bener2 pede utk ngejalaninnya & DSOG gw blg googling aja dulu liat & baca gimana prosesnya. googling sebentar & nyeri langsung liat gambar2 & videonya, jadi sementara ini usaha nungging (yg ternyata lbh susah dari bayangan gw) dulu deh, kl nggak muter juga yah mari kita c-section saja :D

24

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

Haduh iya gue kemaren 27 minggu masih di atas bayinya, kata dokter tunggu minggu ke-32 ya baru memutuskan akan c-sect atau normal :)

Sabar2 aja dan rajin2 nungging yaaa hehehe, nasihat semua org termasuk obgyn nih biar muter bayinya...

25

Topic: Mengatasi Kehamilan Sungsang

sirizka, peach margarita, ampuh kok nungging itu. seenggaknya di Asa dulu berhasil. kalopun gak berhasil, masih ada manfaat yg bs didapet karena saat kita nungging, aliran darah ke perut lancar n babynya jadi dapet banyak asupan :)

less ego, more heart