1

Topic: Bonding Papa & Anak

Hai Dads (& moms)...
saya menikah dengan suami sudah sekitar 2 tahunan. anak kami sekarang berusia 9 bulan. sebagai new parents, kami tidak mahir dalam mengurus bayi. tetapi saya selalu belajar, dengan mencari ilmu baru tentang per-bayi-an. saya tidak melihat hal yang sama pada diri suami saya. dia kelihatan lebih menyerahkan semua kepada saya untuk mengurus bayi. suami saya adalah seorang wiraswasta yang bekerja di studio musik miliknya sendiri.
selama ini, ketika saya butuh bantuan dalam mengurus si kecil, dia kelihatan tidak terlalu berinisiatif untuk membantu. jadi semua harus "disuruh". dari mulai waktunya makan, mandi, ganti diaper, dll.
bahkan, yang paling membuat saya gregetan, saya lagi nyiapin air buat mandi gilby, memang pas saya tinggal, gilby sedang cranky. begitu saya tidak ada di depan matanya, mulailah dia menangis dgn kerasnya. suami yang melihat hal ini, masih asik tiduran (dengan mata terbuka) dan nggak nyamperin si anak! OMG. dalam hati bertanya : apa pantas dia jadi seorang papa? Astaghfirullah.
pertanyaanya : saat anak umur berapa biasanya seorang papa 'dekat' dengan anak?, dan apa yang harus saya lakukan dalam menghadapi situasi ini? krn takutnya faktor emosi & psikologis saya mempengaruhi gilby. saya jadi jutek sama dia, hix dia masih sangat kecil untuk dijutekkin :(
thanks!

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

2

Topic: Bonding Papa & Anak

hai meralda...(biarpun threadnya untuk dads, tetep aja moms yang jawab duluan, hehehe)

kalo menurutku, kayanya papa dan mama tuh emang beda ya dalam hal; mengurus anak...emang ada bapak" yang sangat bonding dengan anaknya even sejak baby (bantuin ganti popok, nyusuin botol, ngelonin bobo, dll). tapi ada juga yg tipenya emang nggak kebapakan, dan yahh nggak asik aja gitu main sama anak.

suamiku tipe yang kurang kebapakan juga, mungkin karna pada dasarnya nggak suka anak kecil ya...emang dia masih suka main" sama si baby, gendong, dan kadang ngasih susu, tapi kalo udah urusan ganti pampers, duhhhh nggak pernaaah mau (katanya karna jijik-an, tapi kan ini anak sendiri yaaa).

harusnya sih mungkin makin gede anak (apalagi cowok ya), makin bonding sama papanya ya, karna kan mereka share interest yang sama (at least lebih nyambung dari si mama), seperti mainan (robot, mobil, dll) dan olahraga...

anyway, mungkin emang harus ditinggalin berdua seharian biar berasa kali ya? kalo misal babynya nangis, mau nggak mau donk dia diemin, masa tega cuek seharian? hehehe....(atau jangan" dia manggil mertua lagi, hahaha)

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

3

Topic: Bonding Papa & Anak

meralda
Sabaaar ya mom...
Mungkin cara nyayangin anaknya beda kali sm kita...
Udah coba diomongin baik2 ga?
Takut nya krn dia emang ga biasa sm anak kecil, jd ga ngerti musti bersikap bgmn...


superpippo
anyway, mungkin emang harus ditinggalin berdua seharian biar berasa kali ya? kalo misal babynya nangis, mau nggak mau donk dia diemin, masa tega cuek seharian? hehehe....(atau jangan" dia manggil mertua lagi, hahaha)
wrote:


Nah usul nya superpippo oke juga tuh
Coba ditinggalin aja sm bapaknya seharian
Biar ngerasain gmn enaknya jd kita hehehe..
Better sih kl udah agak gedean yaa, kl msh terlalu kecil takutnya ada apa2

Kl aku kebalikan bgt malah..
Rasya justru lebih deket sm ayahnya..
Kl ada ayahnya, semua maunya dilakuin sm ayahnya.
Dr nyuapin, mandiin, makein baju, makein sepatu, dorong stroller
sampe gendong2 di mall..rasya lbh milih ayahnya

Tetep mau sih sm aku..tp kalo disuruh milih rasya lbh milih ayahnya:(
Jujur aku awal2 sedih bgt...merasa ga dianggep
Tp aku coba berpikiran positif...
Krn ayahnya kerjaan nya almost every day lembur bahkan sabtu minggu pun sering masuk, jd rasya lebih ada rasa kangen sama ayahnya

Lbh milih bun2 nya kl udah cranky gara2 ngantuk, laper sama ga enak bdn..Mungkin krn anak lbh nyaman sm ibunya yaa kl urusan2 bgini..:)

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

4

Topic: Bonding Papa & Anak

meralda, IMHO, bonding antara bapak dan anak itu ga ada bates umurnya. tapi, bond itu bukan sesuatu yang akan dateng sendiri... tapi si bapak (atau si ibu, juga sih...) has to work for it. kalo ga ada, ya ga bakal ada... kalo sempet, baca deh ceritanya Randy Salim ttg bonding. it's a very good article, in my opinion.

and it's not too late :)

untuk suami, emang mungkin instinct-nya ga dateng langsung untuk berusaha bonding ama anak. jadi, banyak orang tua yang bikin semacem rutinitas untuk bapaknya ikutan... ga usah banyak2, misalnya mandiin anaknya tiap malem. atau kalo dinner, bapaknya yang nemenin makan. something like that... ttg rutinitas gini, udah ada threadnya di Aktivitas Rutin Papa sama Anak... mungkin bisa baca2 siapa tau ada ide yang suami juga seneng ngerjain :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Bonding Papa & Anak

Hi Meralda,

kayaknya kita senasib nih :) Pasti nyebelin banget kalo suami sibuk dengan urusan sendiri sedangkan kita maunya dia deket dan ikut ngurusin anak. Tau banget rasanya kita ikutan cranky dan betenya disalurkan malah ke anak (maksudnya biar suami ngerti ya? padahal ngga tuh hehehe)

Gue sih ngomongin sama suami. "I want you to.... because..."
Sebenernya sih bukan dianya ngga mau ngurus anak, tapi memang caranya beda aja. Bahkan dia lebih sabar loh, lebih ngerti perasaan anak drpd gue yang sehar-hari ngurus :D

Sekarang Raka ngertinya sih: baca buku, nyanyi-nyanyi, mandi sama mama; main berantem-beranteman, main bola sama ayah. --> persis seperti Aktivitas Rutin Papa sama Anak gitu. Ada rutinitas yang memang dilakukan hanya dengan ayah.

And thelilsolder is back. Fire!

6

Topic: Bonding Papa & Anak

hi meralda,

iya gue setuju sama apa yang udah dibahas ama ibu2 di atas. gak ada batesan umur. semuanya itu tergantung dari si bapak (dan ibunya untuk ngasih tau sih.. ) dan kadang emang mesti dikasih waktu ama anaknya untuk bonding.

suami gue juga dulu gitu. waktu naia lahir, dia walopun happy & suka ama anak2, gendong naia kemana2.. tapi dia ga pernah bener2 ngurusin kalo di rumah. apalagi waktu itu rame, ada nyokap, ada tante gue.. jadi dia ga pernah dapet giliran untuk ikut bantuin. pas udah pada pulang pun, ada pembantu dan gue yang bener2 ngurusin semua urusan nai, jadi dia cuma dapet waktu happy2nya aja. paling kalo jalan2, dia yang sibuk untuk gendong, dorong stroller, dll. tapi urusan ganti popok, kadang ga ikutan, apalagi mandiin.

sampe one day, kita bertiga jalan2 ke aussie. sebelomnya kalo jalan2 ke luar kota gitu, jarang yang bener2 bertiga. either ada tante gue yang ikut (krn pas lagi kebetulan ngunjungin kita) atau ada oma/opa nya krn kita visit mereka ke jkt. kebetulan opa nya naia (bokap gue) itu sangatlah sayang anak, jadinya kalo udah ketemu opa, lupa deh naia sama papa! she adoooreess opanya. gue aja kadang bilang.. "kalo seandainya naia gak mimik sama mama, mungkin mamanya juga dilupain deh kalo udah ketemu opa" heheh..

nah waktu di aussie itu, krn cuma bertiga, gue ga mungkin ngerjain semua sendiri. misalnya pas gue mandi ato mesti masak buat makanan naia, kadang gue perlu ada yang jagain dan ngajak naia maen. trus kalo lagi jalan trus naia mesti ganti baju/diapers, akan lebih cepet kalo dibantuin, walopun sendiri juga bisa. disitu suami bener2 terdorong untuk bener2 bantu, karena dia mesti turun tangan. mandiin naia pas gue lagi bikinin makanan. trus maen ama naia kalo gue lagi mandi, gantiin popok pas di jalan, nyiapin barang2 buat di jalan, etc. dan sejak itu gue ngeliat banget bedanya di suami. dia jadi bener2 mau ngurusin naia dan spend time untuk bonding ama naia.

coming from him, it's a big deal banget.. walopun gue suka sirik ngeliat suami2 yang lihai banget ngurusin anak2nya. tapi gue ngerti banget suami gue juga gak bisa di push too much. karena kalo liat bokapnya dia juga gitu. sampe sekarang, bokapnya suami (kakeknya naia) gak deket ama naia. naia bahkan 'takut' kalo ketemu. karena si kakek ga mau megang naia ato ngambil perhatian naia. kata neneknya, dulu ama anak2nya sendiri juga gitu, ga mau gendong waktu masih kecil2. bukan karena dia ga suka anak kecil, tapi kalo masih sekecil naia (belom ngomong, belom bisa jalan pas terakhir ketemu) dia ga tau mau ngapain .. mati gaya gitu lah! tapi kalo udah gedean (kayak anak tetangga in-laws gue yang udah kelas 2SD) justru dia bakal deket banget. telaten untuk nemenin gambar, maen, etc.

jadi kasih waktu aja mer dan kasih kesempatan. dan kalo pas di situasi yang kamu contohin, ya kamu bilangin aja.. "kok anaknya nangis ga dicobain untuk diem sih?" .. trus biarin dia yang ngangkat, kasih petunjuk gimana supaya diemin nya.. jangan jadi kamu yang ambil alih. kasih kesempatan buat suami juga tau kalo dia juga punya peran untuk ngurusin anaknya.

hth ya!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Bonding Papa & Anak

eh iya, tips nih, kalo suami udah mau gendong/ ngurus, ngga usah rempong ngritik. bisa males besok2nya.

- suami gue cuma bisa gendong di tangan kanan. jadi kalo mau pindah gendongan, gue mesti menyesuaikan arah tangan.
- dia cuma bisa nyuapin sambil nonton tv, ya wis toh
- dia cuma bisa bacain buku dengan gaya anehnya, ya udah jangan diketawain. walopun asli pengen ngakak kalo denger gaya lebay-nya baca buku.

pernah gue protes dan kritik malah jadi sensi. ih..

And thelilsolder is back. Fire!

8

Topic: Bonding Papa & Anak

waaa, tip dari thelilsoldier bener banget tuh! gue aja sebel dikritik, apa lagi suami.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

9

Topic: Bonding Papa & Anak

sebagai seorang ayah baru, saya mlai belajar menyesuikan. terkadang memang sebagai ayah saya ngerasa "kan ada bunda nya, saya udah cape kerja seharian", tapi semakin kesini, saat anak kami semakin besar, saya melihat istri saya mulai kewalahan mengurus anak kami (Aurel 2m29d) yang sudah mulai aktif.

Akhirnya istri saya (Anthie) menegur saya, tentang "cuek" nya saya sama anak sendiri. dan setelah pembicaraan dari hati ke hati, akhirnya sama mulai mengerti.

kami sekarang menjadwal dalam hal mengurus Aurel. Aurel bangun pagi untuk minum itu sekitar jam 5 pagi, setelah selesai nyusuin, biasanya saya ngajak main Aurel (karena aurel nggak mau tidur lagi), sekitar jam 6 pagi, saya ajak Aurel jalan-jalan keliling taman deket rumah, dan biasanya Aurel suka tidur pas diajak jalan, Aurel mandi jam 8, itu saya yang mandiin dan biasanya istri saya baru bangun lagi pa saya mandiin Aurel, jadi ketika Aurel selesai mandi, saya langsung kasih ke istri saya. Pulang kantor setelah mandi, biasanya Aurel kembali saya yang pegang, saat mau tidur pun saya yang gantiin popok, baju, makein minyal telon, dll. setelah itu baru saya kasih lagi ke istri saya,, dan tengah malem kita gantian untuk gantiin popok

saya belajar dari istri saya. karena di todong bicara dari hati ke hati tentang "cuek" nya saya, akhirnya saya jadi ngerti juga.

www.keluarga-arvianto.com

a photographer, a husband and a father

10

Topic: Bonding Papa & Anak

iya setuju banget ama tips dari inga!!

arvianto wah papa yang baik! gue sampe sekarang malah ga pernah kayaknya dibiarin tidur ama papanya Naia kalo naia dah bangun (kecuali wiken) soalnya papanya mesti ngantor pagi2 banget. jadi dia udah sibuk siap2. dan naia juga maunya sama mama terus.. jadi susah deh!! tapi kalo wiken sih, biasanya papanya yang ngajak naia keluar kamar kalo udah ga mau tidur lagi, gue balik tidur walopun akhirnya ga bisa tidur juga..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Bonding Papa & Anak

thelilsoldier
setujuuu...siapapun pasti ga suka dikritik
Biarkan lah dia dengan gayanya sendiri...sepanjang anaknya nyaman juga kan.

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

12

Topic: Bonding Papa & Anak

waa, papa Arvianto hebat. enak ya bisa punya schedule kayak gitu... *thumbs up!*

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

13

Topic: Bonding Papa & Anak

Hmmm... For papa tapi yang jawab kebanyakan moms, hihihihi...

Bonding itu perlu, moms have an advantage karena sebagian besar udah otomatis, dan kita para bapak sebagian besar harus berjuang, dan sebagian besar lelaki clueless. We're not in the US or Europe dimana sudah umum lelaki taking care of kids selama lebih dari 2-3 generasi, kita baru transisi atau mungkin bisa dibilang generasi pertama. Most of our parents leave the baby stuff to moms.

Jadi inget kata bokap dan om gue sewaktu gue jadi WAHD: "Urusan anak itu urusan perempuan, kamu gak usah ikut-ikutan".
Gue ya manggut-manggut aja walau disagree.

Kedua, kadang kali para istri gak nyadar kalau mereka juga harus berusaha untuk meng-"edukasi" suaminya, make them care dan bond the baby with the dad.

Anak ke-2 gue 100% ASIX, akhirnya kurang bonding sama gue karena maunya sama ibunya terus. Beda sama anak pertama gue Vira, Arkan apa-apa harus sama ibunya, digendong bapaknya gak mau. Ditinggal ke kamar mandi aja nangis.

Harus ada perkenalan yang baik/bermain bersama dengan bapaknya sambil ditemani ibunya, kadang bapaknya harus dibikin lebih atraktif (bukan dipakaikan makeup dkk) atau jadi "Fun Station". Ini yang kita lakukan supaya bisa sharing workload, soalnya kalau nempel sama ibunya terus ya pasti bakal capek satu pihak.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

14

Topic: Bonding Papa & Anak

Urban Papa wrote:
Anak ke-2 gue 100% ASIX, akhirnya kurang bonding sama gue karena maunya sama ibunya terus. Beda sama anak pertama gue Vira, Arkan apa-apa harus sama ibunya, digendong bapaknya gak mau. Ditinggal ke kamar mandi aja nangis.


ini bener bangeettt!! sama abis ama Naia deh. kemaren bangun tidur gue tinggal ke kamar mandi aja dia nangis2.. sampe akhirnya... ikutan masuk ke kamar mandi ama gue.. dan nungguin gue mandi!!! *gubrak*

tapi iya bener banget! generasi para papa di indonesia itu emang sekarang lagi transisi banget. jaman dulu (ini juga makanya gue pikir kenapa FIL gue gak mau deket ama naia dari bayi), yang ngurus anak itu hanya ibu. jadi si bapak gak mau deh ikut campur ama tetek bengek urusan anak. msalahnya sekarng beda banget, karena most women now work. kasian banget kalo semuanya mesti ibu karena "tugas" bapak yang cari duit pun udah dibantuin ama ibu :) masak bapaknya gak mau bantuin "tugas" ibu sih?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

15

Topic: Bonding Papa & Anak

meralda Mendingan suaminya diajak ngomong dulu, n ditanya kenapa sikapnya "cuek" untuk urusan anak. Bisa jadi dia emang ga ngerti harus gimana, makanya akhirnya dia cuek...

Ah setuju sama urban papa n slesta tentang generasi papa sekarang, kayaknya emang sebagian besar gitu ya. FIL gue ga pernah sama sekali gendong bayi, anak ato cucu. Bayi pertama yang dia gendong ya Nara (umur 4 bulan, cucu ke-9), itu juga gara2 disepet sama MIL gue terus perihal dia ga pernah gendong bayi. N akhirnya Nara digendong, n dianya ga berani gerak pas ngegendong Nara.

Tapi bokap gue luwes banget lho ngurus bayi, bahkan dia lebih jago ngegendong pake kain dibanding nyokap gue. Jadi jaman gue n adek2 gue kecil2 dulu, bokap udah biasa ngurusin anak2nya.

Kalo suami gue, alhamdulillah sangat pengertian untuk urusan ini. Bahkan pernah pas Nara baru lahir, suatu pagi gue terbangun sangat segar walopun heran kenapa tidur gue ga keganggu Nara yang minta ASI? Ternyata Nara tetep bangun seperti biasa (4x dalam semalam) tapi karena ngeliat gue kayaknya cape banget, suami ngambil ASIP dari kulkas n diangetin. Jadilah gue tidur ga keganggu :D

yang selalu kangen sama si pipi gembil

16

Topic: Bonding Papa & Anak

meralda,
IMO sebaiknya komunikasi aja sama suami. ngomongnya baik2 :) trus cerita kalo pengennya ada pembagian tugas kalo sewaktu-waktu ibu lagi ga bisa megang anak... bapaknya melakukan sesuatu sama anak.

soalnya, komunikasi is the key. jangan sampe dipendam. dan kalo diobrolin dari hati ke hati, suami bisa ngerti. apalagi ini kan anak sendiri :)

mungkin yang kecil2 dulu deh... minta 1 hal jadi tugas rutin suami. dan iya setuju sama yg lain, kalo ada yg kurang berkenan pas suami lagi melakukan tugasnya, ga perlu dikritik... malah sebaliknya, kalo udah melakukan tugas, suami bisa di-hug & bilang makasih :).

sekarang, krn anak 2... tugas rutin suami saya, tiap malem ngajak ke kamar mandi buat pipis & sikat gigi. sebelum tidur bacain buku... dan efeknya? anak saya jadi dekeeet banget sama suami. malah sering bilang... bapak is my bestfriend :)

kadang2 ibunya 'cemburu' ;) hihi...

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

17

Topic: Bonding Papa & Anak

nit iya yah.. sekalinya udah deket ama suami, kitanya yang 'cemburu'.. heheh.. kalo gue suka 'cemburu'nya karena naia bisa maen ama ario trus ketawa2 gitu sampe cekikikan.. begitu liat gue.. nangisss!! manja, nangis, minta mimik. jarang2 gitu kayaknya naia bisa yang ketawa2 kalo ama gue, kekeuh sumekeuh cuma minta mimik kalo udah di deket gue. heran!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Bonding Papa & Anak

ninit Iya ya, kalo anaknya udah deket sama bapak kitanya cemburu :p

slesta Ih sama bangettt... Nara kalo liat ayahnya langsung cekikikan ga jelas, walopun ayahnya cuma ngobrol biasa sama gue (Nara GR kirain ngajak dia becanda). Kalo denger suara gue baru Nara ribut minta mimik sambil nempel2. Ini dari jaman dia masih kecil banget lho, umur 2 bulanan gitu lah.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

19

Topic: Bonding Papa & Anak

yay threadnya udah rameee! pdhl baru ditinggal sebentar aja...
anyway thanx thanx thanx so much guys for sharing! :) jadi terharu... ternyata ada juga yang mengalaminya...

superpippo pernah dicoba ditinggalin berdua, bukannya asik main, malah suami nyamperin "nih yang, aku gak tau dia mau apa" dengan backsound tangisan gilby :( rasanya gue mau teriak "ya cari tau dong dia mo apa!!!!"
YSee oh iya, selama ini ngomongnya full emotion. pas mau tidur udh keburu capek. jd gak bs ngmng baik2. harus bgt ngomong baik2 yaa. itu yg miss dari gue... tfs ya!
thalia thx 4 d link. nah itu dia thal, waktu sebelum musim ujan gini di jkt, tiap pagi pasti suami gue jemur gilby, abis itu nyiapin air buat mandinya. tapi dengan embel2 "disuruh" ya.. :(
thelilsoldier toss dulu kalo gitu :) iya sebel bgt kalo juteknya ke anak, tapi suami gak ngerti.... ampun DJ! btw, thanx 4 the tips!
sLesTa ibu yg 1 ini emang wise bgt... harus banyak belajar nih... emang susah ya mengendalikan situasi, hrs tenang & sabar.
Arvianto nice papa! senengnya Anthie punya suami pengertian... :)
Urban Papa kayanya thread-nya mesti di move ke General Parenting kali yaa... gilbypun sampe skrg msh ASI. emang lbh deket ke gue. tapi mbo ya kalo mamanya repot, papanya ambil alih gitu... ini mah pasrah :(
otty udah ty... malahan gue sering cerita mengenai forum ini... kan banyak papa2nya juga... dia masih cuek aja, mungkin gak sih gak ada kemauan dari dirinya? aduh terkesan bgt sm suamimu... good hubby!
ninit aduh merinding. itu yang saya mau :ngomong baik2, liat perubahan, dan deket sama anak. tapi deketnya jgn bikin jealous ya... hihihi
pernah baca di majalah, kalo anak umur 10-12 bln itu mulai mendekatkan diri sama papanya. dalam kasus gue ini kebalik. gmn cara papa deket sama anak? inisiatifnya yg belom keliatan.... huhuhu... mau nagis rasanya!!! :(

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

20

Topic: Bonding Papa & Anak

Kalo menurut gue ada beberapa hal ya. Kedekatan suami sama anak memang butuh waktu dan lamanya bergantung dari karakter. Kalau urusan main atau jaga anak nanti pelan2 juga pasti mau kok. Yang rada lama itu biasanya hal ngurus anak: ganti popok, mandiin, ngasih makan, dsb. Dan gue pikir juga porsinya harusnya lebih besar ibu ya? :) Bukannya gue old-fashioned ya tapi rasanya porsi ibu harus lebih besar dari ayah aja. 40-60 lah mungkin.

Bener banget yang dibilang sama para moms & dads harus komunikasi, ngobrol heart-to-heart dan dengan intonasi + bahasa baik2, jangan sambil jutek. :) Beda lho kalo diminta tolong sama isteri dengan bahasa "Eh, bantuin jaga dong! Gue kan lagi sibuk masak kamu enak2 tidur!" dengan bahasa "Ayah, boleh tolong jagain si kecil ya? Aku lagi sibuk harus ngurusin ini dulu." Maksudnya sama cuma bahasa dan intonasi yang berbeda bisa memberikan hasil berbeda. :)

Satu lagi yang sering jadi masalah, para moms umumnya selalu berasumsi kita laki2 bisa otomatis ngerti dan ambil inisiatif. Sementara kita laki2 umumnya ngerasa bila tidak diucapkan minta tolong, asumsinya ya everything is fine. Ya kita para ayah 'kan bukan dukun. ;) Haha.. bener nggak sih?

21

Topic: Bonding Papa & Anak

this is the thread i've been longing for. pas banget sama situasiku..
cuman masalahnya gimana cara komunikasiinnya ke suami..
so fathers, how do you want to be communicate ??

Leica and Lucca in the sky with diamonds

22

Topic: Bonding Papa & Anak

Harry tfs! jadi lebih tau seluk beluknya para papa...
fantasticrhea ayuk ayuk bareeeng... :)

heyho.. mama mer is in the house yoo..
*peace*

23

Topic: Bonding Papa & Anak

Approach yang bagus adalah jangan nodong atau memikirkan diri sendiri. Kadang suka tiba-tiba istri marah pas gue lagi tiduran on a Saturday or Sunday evening. "Males amat sih!! Bantuin dong"

Thats a No No...

I cook the food, cleaned the house, fed my little girl, taught her ABCs and put her down for a nap, please recognize those things before calling me lazy. Seperti kata Harry, would it kill to ask nicely.

Ada sepupu gue yang istrinya kalo ketemu orang ngejelekin suaminya aja, bukan ngejelekin ancur, tapi bilang kalau suaminya gak bantuin A,B,C,D, dkk... belum lagi kalau anaknya nakal bilangnya: "Papah, dedek nakal nih. Kalo dedek nakal mama kasih ke papah nih". Waduh, bapaknya divictimized sama ibunya.

Here's the math: kalau anaknya takut sama bapaknya, gak bakalan cepet deket, equals bapaknya males megang anaknya karena akan pasti nangis. the result ya lebih banyak pekerjaan buat ibunya.

Most men don't like being underestimated, especially by their spouse. Its not constructive and it causes friction.

Best thing to do is have a game plan: Duduk berdua dengan pasangan, bahas sampai tuntas anaknya mau diapain, mau sekolah dimana, moral dan idealisme apa yang mau diturunkan, dan anaknya mau dikasih makan apa, serta lain-lainnya.

Be a team, bikin pasangan anda involved. Kalau gak kenal ya nggak sayang. Pasangan anda gak tau anda mau ngajarin anak anda apa ya dia pasrah aja. Bonding antara suami dan anak comes second, yang pertama adalah bonding antara anda dan pasangan. You may love each other, tapi kalo gak tau satu maunya apa...

Behind every great man is a greater woman. Kalau suaminya jago main gitar tapi istrinya gak peduli kerjaan suaminya, he won't excel. this goes both ways.

Panjang banget yak nulisnya... (dasar blogger)

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

24

Topic: Bonding Papa & Anak

fantasticrhea wrote:
so fathers, how do you want to be communicate ??


Men are from Mars, women are from Venus. But in between Mars and Venus there is Earth. So, let us both meet on Earth! :)

25

Topic: Bonding Papa & Anak

Ok..jadi suami di kamar kerjanya, saya di kamar tidur, ketemu di tempat tidur. ada anak ditengah2, lah ngobrolnya gimana??!! *tepok jidat*


mas Harry, Urban Papa, amanatmu akan segera saya laksanakan. hasilnya akan dilaporkan kemudian..

Leica and Lucca in the sky with diamonds