1

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Morning mommies,

Saya juga mau share pengalaman pake jasa baby sitter non yayasan (ambil dari kampung asli). Garis besarnya emang dasar manusia ga ada yang puas yah. Udah kita turutin kemauannya masih aja kurang yang ada malah ngelunjak. Padahal menurut saya dan suami, kita udah kasih semuanya. Gaji yang dia dapet itu bersih sih sih. Baru kerja 3bulan udah mau naik gaji. Bilang ke orang2 majikannya pelit ga pernah kasih apa2. Padahal aku pernah kasih baju2 yang udah ga kepake sama aku 2 paper bag buesar. Peralatan masak yang ga kepake dibawain juga sama dia. Sampe kompor yang ga kepake pun dibawain buat dia. Dia jaga baby umur 5bulan. Kalo malem si baby tidur sama aku jadi kalo malem dia bisa bebas tidur tanpa harus bangun malem untuk bikin susu anakku. Hadeeuuhh ga ada puasnya yah.

Fasilitas yang di dapet bs ku sekarang ini:
1. Gaji 1jt
2. THR sebesar 1bulan gaji
3. Bonus Akhir Tahun sebesar 1bulan gaji
4. Jatah mudik 4bulan sekali (dengan ongkos 200rb
5. Peralatan mandi dan make up ditanggung
6. Allowance untuk Extra jajanan (secara seminggu sekali dia belanja keperluan rumah tangga di supermarket. Dan dia boleh ambil apa aja jajanan yang dia mau).
7.Uang lembur 50rb/hari. Dia kerja cuma senin-jumat aja. Weekend libur.
8. Uang Transport 25rb/sekali dia pulang weekend.
9. Uang Pulsa 25rb

Mau minta comment dong. Apa iya yang aku kasih ini masih kurang? Perlu ada yang ditambahin kah, moms???

Thanks before yah :)

2

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Mom Annabelle,

Baik bangettt itu mah...hehehe...kalau dibandingkan sama benefit yang aku berikan ke BS-ku jauh banget. Ada kalanya Moms kita harus tegas, jangan mengikuti terus kemauan si BS. Kalau memang "performance" nya oke mungkin gak apa2 naikin gaji nah kalau memang banyak hal yg belum bisa memenuhi ekspetasi kita, IMO jangan diberikan semua benefitnya. Janjikan itu supaya bisa memotivasi dia jadi lebih baik. (emang kata suamiku...aku mirip HRD kantor kalau berhadapan dengan ART)...

Aku mau share sedikit ya, sudah dua bulan ini aku kembali ke kantor. Dengan pertimbangan masih tinggal di rumah Mama dan juga budget yang terbatas, aku akhirnya minta tolong dicarikan ART part time yg pulang pergi oleh tukang cuci di rumah. Alhamdulillah, orangnya baik dan mau belajar dan yang penting dia mau melaksanakan hal-hal yang menurut aku prinsip dalam membesarkan Langga..yaitu anak tidak boleh dipaksa. Tiap mau kasih gaji bulanan, aku akan "review" performance-nya..kasih pujian terhadap banyak hal yg dia bagus, kasih masukan kalau ada yg kurang. Janjikan reward kalau memang patut..review leave entitlement day-nya dll :p

Akhir-akhir ini dia suka colongan cuti sakit. mungkin karena kecapekan, aku kecewa siy tapi mendengar cerita-cerita horor BS kayaknya aku harus bersyukur ya.
Kayanya nyari BS untung2an banget ya..dan aku mungkin salah satu yg beruntung.

Kasih masukan dong Moms..aku berencana untuk pindah karena ingin mencoba untuk mandiri. Si Mba akan aku boyong ke rumah kita, dia akan berduaan saja dengan Langga (5 bulan) selama saya bekerja di kantor jam 1/2 7 pagi-6 sore. Sudah bisa dipercaya atau tidak ya meninggalkan si Mba berduaan?

3

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Iya yah.

Aku sama suamiku emang ngambil gampangnya aja. Kita turutin kemauan si bs supaya betah. Tapi secara kerjaan bs ini bagus banget. Alhamdulillah dari umur Annabelle 2bulan aku udah tinggal berduaan aja sama si bs ini. Cuma yah kaget aja denger cerita gitu dari kakakku. *Si BS keluh kesahnya sama kakakku :)). Yah kakakku cerita balik lah ke aku. Sempet emosi dan langsung mau mecat aja tapi suamiku ngelarang. Katanya turutin aja kemauannya asal masih dalam tahap wajar.

Insyallah bisa ditinggal itu mommy Langga. Kan udah 2bulan belakangan ini bisa diliat lah performancenya si bs itu.

Thanks btw untuk inputnya mom Langga. :)

4

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Iya bener Moms..

Kadang buat anak kita harus ngalah ego sama mba atau BS. Drama Mba-nya Langga berlanjut niy, kemarin sehabis aku ajak dia ikut liat Langga baby spa masa besoknya dia gak masuk dengan alasan PEGEL.

Saya pun langsung naik pitam, padahal kita pergi dari jam 1-6 dia tugasnya cuma gendong Langga, itu pun gantian sama saya dan ayahnya. Kalau mau dipikir-pikir dia bisa tidur dari jam 9-5 pagi..kok masih pegel.
Anyway, besoknya semua emosi jiwa langsung terhapus begitu dengar suara Langga ketawa-ketawa diajak ngobrol sama si Mba..kebetulan saya masih cuti...huhuhuhu... harus ngalah ya kita..si Langga suka sama si Mba-nya ini, mau gak mau Ibu dan Ayahnya cuma bisa remes-remes stress ball deh

5

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Hehehe iya bener banget. Ibarat kata terserah deh mau gimana si BS selama dia jaga dan ngerawat anak kita bener yowis kita stress sendiri nahan kesel aja. Hahaha

6

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

baca ceritanya Mom Annabelle, langsung ngerasa dirimu baiiiikkk bangeeeettt hehehe.. fasilitas yg didapet BS nya lumayan bikin kantong agak kering tu :D

mau sharing juga soal ART yang jadi BS baby dinda (3 bulan) yang kebetulan bukan dari yayasan. mirip2 ma cerita Mom Andinigelar, tapi bedanya ART yg jadi BS ini awalnya adalah tukang cuci setrika dirumah ibuku. saat ini kami masih tinggal dirumah ibuku karena suami yg sering dinas luar kota berbulan2.

saat masih menjadi bumil, aku sudah nyari2 BS tp ga dapet2. sampai akhirnya lahiran masih belum dapet juga. padahal ibu dan bapakku itu masih kerja, jadi kalau pagi sampai sore memang tidak pernah ada orang dirumah.

aku yg saat itu cuti harus merelakan ninggalin baby dinda (2 minggu) selama 16 hari untuk diklat (baca:prajab) sedih tp mau ga mau harus pergi juga. begitu selesai diklat, aku langsung masuk kantor karena tidak diperbolehkan cuti lagi, sampe aku ngalamin baby blues saking stres dan capenya. baru 2 minggu abis lahiran langsung diklat sampai sempat masuk UGD karena jahitan yg bermasalah. trs begitu balik kerumah nemuin baby dinda yang nangis terus (katanya sih klo blum 40hr masih rewel).

akhirnya terpaksalah, kami minta pertolongan dari ART yang suka cuci setrika. umur ART sekitar 35th. waktu dy jadi ART cuci setrika, dy tuh lelet banget sampe kadang kita dirumah ga kesabaran. waktu opsi yg jagain baby dinda cuma dia aja, aku sempet nangis didepan suami karena ngerasa si mba nya ini ga cocok ma aku dan ga bisa ngehandle baby dinda.
modal nekat dan dukungan dari orang rumah yg udah bingung juga ga dapet BS, ya udah, kita ganti kerjaan si ART jadi BS++. artinya klo ibuku dah pulang, dy harus nyuci n nyetrika juga sambil kita mencari ART baru.
sekarang baby dinda udah 3 bulan. dan selama 2,5 bulan udah dipegang sama si mba mantan ART kita. selama itu pula ternyata mba nya bisa dipercaya dan telaten ngejaga baby adinda.

kata ibuku, si mba nya ini sampe nangis waktu liat kepala baby dinda berdarah waktu cukur rambut umur 1 bulan. artinya dy juga punya perasaan sayang sama baby dinda. aku juga dapet laporan sama tante yang disebelah rumah klo si mbak nya ini suka nyanyi dan ngebacain buku yang aku sediain. aku memang meminta dy buat baca buku cerita min. 1x dalam sehari. apa yg aku sampaikan langsung dikerjain ma si mba nya.

bersyukur banget bisa dapet mba yg ngerti maunya aku. padahal dulunya aku ga percaya. mungkin dy ga resik dalam urusan RT tapi dalam urusan jagain anak ternyata dy telaten.

tapi rencananya tahun ini aku mau pindah rumah agak jauh dari rumah ibuku. jadi masih bingung ni nanti siapa yg jagain baby dinda. pengenya sih mba ini lagi. tp karena mba nya punya keluarga dan tinggal ma keluarganya didaerah rumah ibuku sedangkan aku berangkat jam 5.30 pulang 18.30, mba nya berangkat dari rumah jam berapa coba :(

jadi untuk kedepannya mungkin harus liat2 topic ini lagi, untuk cari2 tau hehehe..

bundanya dinda dan rayyan..
always love u my lilprincess and lilprince..
Life is so tough, so calm down

7

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Hi Moms,

Mau sharing Yayasan yang menurut aku sih lumayan bagus.

Yayasan Cinta Keluarga
Ada website dan Facebook Pagenya.
Lokasinya di Jakarta Meruya, Semarang, dan Surabaya

Aku cuma pernah 1 kali sih ngambil suster ke sana dan sekarang suster ini masih kerja sama saya, sudah sekitar 1.5 tahun. Memang pas suster yang aku dapat ini bagus banget. Orangnya sabar, sayang anakku, teliti, dan menjaga kebersihan. Tugas-tugas yang sudah diberitahukan ingat semua dan pro-aktif laksanain sendiri. Kemampuan bahasanya juga bagus. Aku dan orang rumah kan ngomongnya bahasa Mandarin, ngomong sama anakku juga bahasa Mandarin, eh susternya juga bisa loh. Dia ngerti banget anakku ngomong apa dan bisa komunikasi dengan bagus. Anakku belajar banyak lagu juga dari dia. Pokoknya sip deh.

Secara dari Yayasannya, menurutku sih lumayan jujur juga. Pada saat aku ngambil suster itu, Yayasannya ada jelaskan juga bahwa susternya itu baru di tempat mereka. Tapi itu pun susternya dikenalkan masuk oleh orang yang mereka sudah percaya, mereka gak sembarangan ngambil orang (katanya sih). Tapi setidaknya ada diberitahukan bahwa suster itu baru di tempat mereka juga.

Aku lupa detail kontraknya sih berhubung sudah 1.5 thn yg lalu tapi ya seperti rata-rata Yayasan saja, bisa ganti 2 kali dalam 6 bulan, ada cuti 2 hari buat suster, dsg.

8

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

dear all mama, aku juga lagi butuh BS buat anakku yg berumur 2,5thn. adakah referensi yayasan BS yang gak terlalu mahal ?

9

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Hai moms,

mau share yayasan BS yang menurutku lumayan (belum brani bilang bagus ya..hehe)

LPK AULIA JAYA
Ph: 021-84998493

dapet yayasan ini dr temenku dan dia jg masih pake BS dari yayasan ini.

10

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

banyak yang mengeluh ttg bs,,, sedangkan saya sndiri kerjanya ya cuma seorang bs,tp it's ok,,, untuk menemmukan seorang yang di sebut "majikan" bknlah suatu yang gampang bt seorang bs,
saat seorg bs kadangkala harus mnjd kambing hitam,harus mengerjakan apa yang bkn pekerjaannya,dan kadangkala bahkan sering seorang bs tak keburu menjalankan kewajibannya sebagai seorang yang beragama.dan slalu mendapat ocehan dr apa yang di lakukannya,,,
kadang terbesit dlm pikiran saya untk merekam apa yg dia perintahkan biar yang saya lakukan gak slalu di anggap salah. Dan mungki memang nasib org bodoh slalu disalahkan.

11

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Ada yg tau yayasan bs di bogor?

12

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

ada yang tau yayasan BS yang bisa dibawa ke LN gaak? urgent nii..huhuhu..pls help yah mamas :)

13

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

hai mau share juga
aku sudah sekitar lima bulan pake babysitter dari yayasan Al Azhar Choir. Rekomendasi dari temen yang keponakannya diasuh dari yayasan itu. Sejauh ini cocok. Lokasinya di Villa Nusa Indah, daerah Bekasi. Awalnya agak malas karena lokasi yayasan yang jauh banget dari rumah dan mereka ga bisa anter babysitternya. Tapi akhirnya kami coba aja berhubung yayasan-yayasan yang lokasinya lebih dekat itu sedang ga ada stok atau tinggi sekali range fee-nya (di atas 1,8jt).
Al Azhar ini khusus yayasan babysitter aja dan hanya ambil fee administrasi di muka. Selanjutnya gaji untuk babysitter memang full untuk dia.
Yang namanya ga sreg pasti ada, tapi selama masih bisa ditoleransi dan diingatkan ya ga apa-apa. tapi sejauh ini babysitter-ku lumayan lincah ngurusin anakku yang aktif banget. Paling suka kaget sih karena dia kalo ngomong volumenya lumayan keras, jadi aku yang termasuk biasa di lingkungan dengan volume bicara pelan suka terkaget-kaget.
Oya, setelah 3 bulan harus kasih seragam/uang seragam + kalo cocok kenaikan gaji 10-15%. Range gajinya tergantung pengalaman tapi kalo ga salah sekitar 1,4-1,6jt deh :)

live.learn.love
livingloving.net | @nikeprima

14

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

mommies,

ada yg pernah pake jasa bs dari yayasan sugesti yg lokasinya di ciledug?
baru 4 bln kja, si bs minta ijin plg seminggu dg alasan anaknya sakit, tp udh lebih dr 2 minggu ngga balik2, cm smpet sms sekali ngabarin kl anaknya msh sakit.

dr yayasan sendiri tiap ditelfon alasannya gada stok bs, tiap sy suruh ngabarin ada/engganya stok bs pengganti, mrk ga pernah sekalipun telpon.
jadilah 2 minggu lebih si baby sama MIL.

sy jadi curiga nih yayasan ada permainan jg soalnya di kontrak ada tulisannya kalo dalam 5 bulan bisa ganti bs 3x, nah ini udh hampir mendekati masa 5 bulan. dan udh hampir lebaran pula dimana yg saya tau bbrp bs tuh banyak yg sengaja minta cuti tapi sebenernya mrk kja jadi inval di tempat lain.

sori jd curcol kepanjangan hehe

::Nathanael means gift from God::

15

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

@ Mom Angelclaud : Yayasan cinta keluarga bagus ya? Sekarang ini saya baby saya 11 bulan, baby sitter yg saya pake gak gitu bagus urus batita, jadi saya ada rencana mau ganti suster abis lebaran ini.
Kira-kira yayasan ini suka maenin uang adm kita gak ya? soalnya uang adm nya saya liat lumayan mahal 1,2jt. trs mom angel interview ke sana atau hanya lewat telp?
Thanks ya Mom

16

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

jeng, coba ke www.loveandcarebabysitter.com lg boom di semarang.

17

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Hi Bob,

Kalo diliat dari websitenya sih cukup bagus ya, kira-kira sudah pengalaman pake babysitter dari yayasan itu belum ya?

18

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

@boby : loveandcarebabysitter.com nya bru buka tgl 27..met hunting rame2 yiuukk

@angelclaud : yayasan cinta keluarganya ndak bisa dibuka..tpi blom cuba fb-nya siy...

thxx

bunda of kha_lin

19

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Hi,yayasan cinta keluarga buka tlg 28

20

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

maaf kalo salah thread.
kalo yayasan PRT di magelang ada yg tau ga ya?

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

21

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

ikutan moms biar yang lain lebih hati2
aku ambil suster dari yayasan S*T*AR* di Malang dan ganti sampai 3 suster karena semuanya gak bener.
suster1.
baru 3 hari gak kerasan dan nangis2 minta pulang krn keinget anaknya
suster2.
umur 51th susternya orang lansia padahal aku minta usia max 40 th,otomatis orang setua itu gak bisa kan diomongin seminggu kerja semua salah dan aku pulangin lebih2 anaku gak mau sama dia.
suster3.
namanya Muspiati asal Blitar umur 40th,pakai jilbab, kelihatan baik, halus, sabar, telaten, pinter nyanyi, ngaji, tapi kurang bersih dan kulitnya ada panu aku tolerirlah krn anaku suka, bertahan 1th krn terakhir2 ketahuan gak beres:
1. suka telponan kalo dirumah gak ada orang padahal gendong anaku dan itu adalah salah astu laranganya.
2. pernah saat aku pulang kerumah di jam lain biasa aku pulang dia kedapatan ninggalin anaku yang tidur sendirian dan dia keluar rumah sampai 10 menit aku dirumah baru kembali ditanyain darimana katanya gak kemana2.
3. ketahuan ngempengin anaku pake PDnya dia dan sampai tiga kali
4. saat aku cek kamarnya karena banyak semut dan aku ikuti iringan semut itu ternyata ke tasnya suster begitu aku buka ternyata susunya anakku didalam tasnya artinya dia ikutan minum susunya anaku.
5. kalo disuruh makan susah banget dan katanya gak doyan ikan apapun ternyata seperti point4 semut lagi petunjuknya dibawah tempat tidur aku nemuin soto yang aku masak kemarin sama gula
6. pernah aku cari pentiesku yang biasa aku pake gak nemu begitu ketemu ada noda darah krn cucinya gak bersih padahal aku belum haid aku balikin lagi ke tempat setrikaan krn aku yakin habis dia pake setelah itu gak pernah kembali.
7. setiap beli underware aku dan suamiku tidak lupa beliin dia tapi selalu saja hilang kalo ditanya tau gak mungkin ketinggalan dirumahnya mbah uti.
8. pernah aku buka tasnya aku nemu pentiesku dan suami yang masih dipakai sekali aku diemin dan gak kembali
9.kalo dibeliin bakso katanya gak doyan tapi aku pernah nemu bakso didalam tasnya
10. pertama kali masuk aku suruh ngrebus botol dan pompa ASI leleh semua dan gak bisa mandiin bayi padahal aku minta suster berpengalaman bisa urus bayi.
11. tadi siang pembantu sebelah cerita kalo suster Muspiati ini bilang hanya digaji 1juta dan THR gak dikasih . Krang ajar banget .....padahal tiap bulan dan gak pernah lebih tgl 5 aku kasih gaji 1.3juta dan THR 1x gaji.
hah....banyak deh kalo mau diceritain semoga yang lain hati2 kalo ambil dari yayasan ini, sebenarnya yayasannya lumayan tanggung jawab tapi ya personelnya siapa yang tahu.....

sementara fasilitas dia :
1. gaji 1.3jt admin yayasan 350rb
2. keperluan mandi, pembalut, jajan, baju, pakaian dalam semua aku tanggung
3. uang cuti 50rb 1 bulan
4. setiap bulan minta pulang 2 hari
5. THR 1x gaji
6. dari awal enggan pake baju suster
7. setiap bulan kalo pulang kampung selalu aku kasih oleh - oleh buat keluarganya (bukanya itung2an tapi kalo sudh jelek2in gini hadeuhhhh)

22

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

kemarin sempet dateng ke yayasan tiara cipta kemang, trs nanya untuk suster newborn. ini gw yg ketinggalan zaman ato gmn yaa? range gaji untuk newborn diatas 2juta bahkan suster yg ada kmrn 2,5jut per bulan. Gw sama suami langsung sesak napas *lebay... secara ekspetasi 1.7-2 lahh..
belum tambah uang libur 100ribu/hari x 2
memang katanya susternya udah puluhan taun pengalaman, pas gw tanya2 sih emang oke.. bagusnya yayasan ini dia ga kasih sembarang orng sih untuk new born, sesuai kebutuhan gt deh.. bahkan pengalaman 5tahun aja ga disaranin sama mrk.

tapi memang segituan yaa mom
gw telpon tria nanda pun ga klah bikin shock gajinya..

cuman memang kalau dibandingkan utnuk anak yaa mom, jadi ga berarti apalagi kalo emng kerja bener & sayang anak

23

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

dear Moms,
wow...sambil koprol....gile juga yaa gaji BS....secara diatas 2,5 Jeti bookk...hhh...sedari My Aira brojol, belum pernah pake BS...alhamdilillah bisa menemani Aira full time sampe dia usia 2,5 bulan lanjut kerja,..and rasanya beraaatt bangeettt...secara aku masih tinggal mas nyokap, jadi titip nyokap deh...and nyokap gak setuju aku pak BS...udah beberapa kali rencana pindah rumah gagal terus ya karena masalah BS itu..dan aku masih takut pake BS..suami yg rajin nyari2 info ttg BS...and info2 diatas bole juga moms...once again, gaji BS setara dengan freshgraduate S1 *tepokjidat.com*

simple mom

24

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

hi moms..
baru 3hari dpt BS dr yayasan srikandi home care (di cinere).. blm bs ngeriview banya.. tp gajinya 1,4jt, uang admin nya 1,2jt (dibayar dimuka)..
10 hari lg masuk kerja, tp blm dpt mbak yg bs momong baby danis (2bln) dan terpaksa ambil BS di yayasan..
hrs ngencengin ikat pinggang bgt neeh..krn drmh selain BS msh hrs bayar gaji mbak (PRT) jg..
ampuuuuun bgt kalo mikirin itu..tp tiap hari kita hrs berfikir bahwa ini cm sementara sampai anak 1thn lah paling gak.. (positive thinking)

25

Topic: Yayasan Baby Sitter & PRT

Saya punya pengalaman buruk dengan salah satu yayasan...
Saya ambil BS Balita, Baru 2 hari bekerja sudah kedapatan memukul dan menyentil anak saya...
padahal itu dilakukan di depan rumah ada ada beberapa tetangga yang melihat... apalagi kalau tidak ada orang... mungkin bisa lebih berani lagi...
kelaukannya benar2 minus... tidak mau diajak pergi dengan alasan pusing, gak taunya dia asik cekakak cekikik di telpon... suka berbohong dll.
Yayasan sama parahnya... bgitu diminta ganti langsung ngilang... gak bisa di hubungi... sangat tidak bertanggung jawab... saya bayar admin 1,5jt garansi 3 bulan 3x ganti...

---------------
edited: karena tidak ada bukti otentik, postnya di edit ya mom.. -mods-