1

Topic: BANDUNG

thanks ya bundaliffa. kata tetangga, avicenna juga bagus. kalo daycare kata dia per dateng 50rb. ga tau ya kalo PG brapa. lumayan deket juga sih dari rumah. tapi kalo survey mah kudu dateng langsung ya biar dapet gambaran :)
kadang2 mikirnya kasian juga sih kalo sekolah yg full day gitu (kalo yg SD kan tiap hari. trus apa ya ada jam tidur siang kalo SD? wkwk). tar jarang main sama temen2 sebayanya di komplek :D

2

Topic: BANDUNG

nyanya,
Wkt itu kesananya hari biasa sih, weekday, tapi memang lg liburan sekolah menjelang lebaran. Jadi tetep ada guru piket, kepsek, admin, satpam & penjaga yg piket selama jam kerja.
Hari Minggu kayaknya sih bisa aja, tapi mungkin staf dr pihak sekolahnya yg gak ada, jd gak bisa tanya2 ttg administrasi & program2 sekolah jg.
Kalo penjaga sekolah & satpam mungkin ada ya. Kalo cuma buat liat2 & main2 sama melon, boleh2 aja kayanya. Ada brosur2 juga koq ttg biaya & program2nya + newsletternya.
telpon aja dulu, soalnya gerbangnya digembok gitu, dan pagarnya tinggi gak bisa curi2 pandang dari luar, mungkin utk faktor keamanan ya.
Asyik deh nya, tempatnya. Bersih & betah main2 di situ :)
Saking asyiknya ngawasin dante, jadi lupa deh hasil ngobrol2 ttg administrasinya.
Ya sekitar >10jt-an, tapi gak ngeh itu biaya apa aja, dan kalo diskon jd brp2nya.
Ga berani mention di sini biayanya, takut salah krn lupa dan gak ngambil brosurnya jg.
Pas di sana sibuk ngawasin dante soalnya :D

Adhya,
Iya ini yg di Arcamanik. Kalo yg di Cikutra malah belum pernah ke sana, tapi sama aja kayanya, yg di Cikutra itu kalo gak salah pusatnya, jd kayanya lebih lengkap fasilitasnya.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: BANDUNG

hahaha.. oke deh teh Eka.. ternyata biaya sekolah PG/TK anak jaman sekarang udah ngalahin masuk PTN ya :))

4

Topic: BANDUNG

mutiara bunda deket bgt dr rumahku tp blm prnh ksana sama sekali hehe :P aku lg tertarik sm semipalar kyny seru bgt sekolahnya g biasa gt, jd inget jaman kuliah seni rupa dulu :D ada artikel menarik dsini sm dsini tapi syg jauh dari arcamanik, ke sukamulya jd dari ujung ke ujung :(

5

Topic: BANDUNG

Sukamulya daerah Djundjunan ya? wah mereka ngga nyediain mainan2 jadi? kebetulan mirip kayak saya di rumah. Almira juga jarang banget dibeliin mainan. karna saya kumpulin toples2 plastik, botol2 plastik. gelas2 plastik, karton dalemnya tisu gulung, dan so atuh neng mo diacak2 kayak gimana terserah. ntar rada gedean dikit kita bikin sesuatu.

kayaknya aku sekarang mulai tertarik RUmah Bermain Padi. selain tertarik sama metode ala Montessori sekaligus islami, kalo ngeliat suasananya dari foto2 di web, kok homy dan alami banget. apalagi daerah cigadung raya timur itu kan lumayan sejuk :D dan harganya ga terlalu nyekik leher.

6

Topic: BANDUNG

ada yang tinggalnya di Buah Batu Regency / sekitarannya? waktu saya ke BBR ada playgroup & Tk islami namanya Bhinekas.. rencananya nanti mau tinggal deket" situ.. :p jadi pengen tau review Bhinekas tersebut (pdhl masih lama,, ancang" boleh kan ya?)

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

7

Topic: BANDUNG

adya mau tau jg klo dsana brp biayany y? tp dsana klo g salah cmn buat pg sm tk y *jd mempertimbangkan jg soalny deket mertua hehe* :)

8

Topic: BANDUNG

ifa..kalo ga salah pas browsing2 uang pangkal taun ini 3,5 jt. uang kegiatan 1,3 jt. SPP utk PG 450rb. lumayan ga terlalu mahal kan sebagai sekolah yg kepala sekolahnya pernah belajar Montessori dan peralatannya pun ala Montessori? emang cuma ada PG & TK. mertua di mana rumahnya Teh? wah asik nih kalo Almira bisa sekolah bareng Irsyad *ya ampuunn..masi lama buuukk..*

9

Topic: BANDUNG

hargany ok yah :D ihiy.. di cigadung tengah, komp.dosen unpad. Tahun dpn 2 thn udh bs sekolah kyny hehe

10

Topic: BANDUNG

btw kalo tanggal lahirnya september tanggung bgt ya pas mulai taun ajaran baru?

11

Topic: BANDUNG

Dear Mamas... Ikut nimbrung yaa... BabyAye sekarang Baby School and daycare di GALENIA Daycare & PreSchool. Alamatnya di Jalan BadakSInga no.8 (Bisa masuk dari DAGO deket flyover atau dari tamansari. Strategis bgt.
Karena masih baru, fasilitasnya masih gres dan muridnya belum terlalu penuh.
Daycarenya mulai usia 0 bulan-6tahun. Baby School 0 bulan-2 tahun. PG dari 2-4tahun, TK 4-6 tahun.
Kurikulumnya pake Montessori-multiple intelligence. Bahasa Indonesia-Inggris-Arab-Sunda. Uniknya lagi disini stimulasi tumbuh kembang diberikan sesuai umur anak (per Minggu)... Misalnya stimulasi untuk bayi usia 18 minggu bakal beda dengan bayi usia 20 minggu, dst. Kenaikan kelas juga dilakukan berdasarkan usia anak, bukan berdasarkan tahun ajaran. Setiap semester juga ada evaluasi tumbuh kembang anak oleh DSA.
Harga relatif murah. Uang pangkal 5juta. kalo daycare sebulan 1,7juta udah termasuk uang sekolah dan makan. Kalo sekolah aja tanpa daycare mulai 500rban/bulan.
Guru dan pengasuhnya ramah dan profesional. Didampingi psikolog dan dokter spesialis anak yg standby setiap hari.
Ohya... bwat mamas yg ASI eksklusif juga bisa ada kurir ASI...
Sejauh ini sih saya puas bgt dgn pelayanannya. BabyAye juga menunjukkan perkembangan yg pesat dan tampak enjoy dengan sekolahnya...
http://a1.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/291901_140520469379261_100002639266898_180546_119719688_n.jpg
BabyAye lagi Coret-Coret Sambil dinilai Tumbuh Kembangnya sama DSA (yg pake jilbab putih)

Dear Mama, empowering yourself!! Knows better, Think Best, Choose Right... Gentle Birth, From the WOMB, For the better WORLD.

12

Topic: BANDUNG

waahh, banyak infonya nih, thanks mamas. Aku jg lagi survey2 PG buat anakku Rafi, 2th.

Karena tinggal di Arcamanik/Antapani, pingin nyari yang deket2 juga, dan emang ada beberapa teman ngasih referensi PG Mutiara Bunda, and thanks to Eka atas foto2nya, jd semangat mau survey, hehe.

Aku sebenarnya tertarik sama metode montessori, dan bbrp minggu lalu sempat ikutan seminar di Rumah Bermain Padi, dan masih naksir sama itu sekolah, krn bernuansa Islamic Montessori, biayanya juga ga mahal2 amat secara kepseknya (bunda Julia Ahmad) lulusan dan pengajar sekolah montessori di London. Belajarnya seminggu 2x. Alat bermainnya khusus montessori yang mihil2 itu, tp disini terjangkau :). Kegiatan itu dikelompokkan dlm 5 aspek: keterampilan hidup, sensorial, bahasa, matematika, peradaban dan budaya. Perbandingan guru/siswa 1:5, bangunannya sih sederhana, rumah kayu gt, tp bersih dan asri. Cuma ya itu, jauh dari rumahku :(, cb pindah ke arcamanik, hehe.. Free trial 1x, kmrn Rafi udah didaftarin utk trial, katanya sih Januari available, tp sampe sekarang blm ditelp2 nih, sepertinya waiting list nya juga panjaang *sigh*.
Oya, kl mau ngobrol2 sama bunda julia nya, kalo ga salah rabu (25 jan) ini ada morning tea di Rumah Bermain Padi, temanya apa ya, management separation anxiety kl ga salah. Tp terbatas cm utk 15 peserta deh kayaknya. Cb telp aja ke sekolahnya: 0222500372.

Trus sempat juga survey ke Little Smart yang antapani. Bangunannya lumayan luas, tp kok rasanya enakan yg bernuansa alam ya. Porgramnya mulai dr daycare sampe TK. Sekolahnya seminggu 3x (ada 2 shift), kl liat di pajangan ruangan gurunya, kayaknya aktivitasnya lumayan banyak. Tp pas ngeliat kelasnya kok lbh berasa kyk di children playground di mall2 ya, eh tapi ga tau juga ya, soalnya blm sempat trial. Udah ditelp sih utk jadwal trial, tp berhubung ayahnya rafi lagi diluar kota, ya di postpone dulu, biar ntar bs observe bareng2.
Kl biaya, kemaren segini (tp katanya mulai semester depan akan naik): *untuk PG aja yaa*
- pendaftaran 150rb (intern), 200rb (ekstern)
- uang pangkal 3jt-3,5jt
- uang media/thn 1,250,000
- uang seragam 200rb
- SPP 250rb
- booking fee 250rb

Kegiatannya:
-psikolog (observ dan konsul perkembangan anak)
- pemeriksaan dokter umum 2x/sem
- pemeriksaan drg 1x/sem
- bahasa bilingual
- olahraga/ senam body movement
- science and cooking class
- art and craft
- komputer
- berenang 1x/sem
- field trip 2x/sem
- praktek ibadah (khusus muslim)
- tamu khusus
- special occasion
- outing

alamatnya: jl, atlas raya, no. 11-12, antapani. telp. 022-7213823

Tertarik juga sama GALENIA, cm blm sempat survey. @bundaayesha, utk PG sekolahnya brp hari/mggu? dan jam brp? anakku masih masalah dg bangun pagi nih :(, infonya lbh banyak lagi dunk, hehe..

A happy mommy <3

13

Topic: BANDUNG

adhya wrote:
ifa..kalo ga salah pas browsing2 uang pangkal taun ini 3,5 jt. uang kegiatan 1,3 jt. SPP utk PG 450rb. lumayan ga terlalu mahal kan sebagai sekolah yg kepala sekolahnya pernah belajar Montessori dan peralatannya pun ala Montessori? emang cuma ada PG & TK. mertua di mana rumahnya Teh? wah asik nih kalo Almira bisa sekolah bareng Irsyad *ya ampuunn..masi lama buuukk..*


Kelasnya lintas usia loh :), 2-6thn. Apakah almira dan irsyad sudah mulai masuk sekolah? wah boljug nih bareng2 rafi, hehe..

A happy mommy <3

14

Topic: BANDUNG

No promotion of business of any kinds in the forum, unless it's approved by the admin. -mod-

15

Topic: BANDUNG

Halo,, dulu pas bingung nyari sekolahannya Herald, browsing2 eh nemu tread ini.. Dari tread ini lah saya mulai buka mata tentang sekolahan yang cocok buat anak, dan tetangga yg kata Adhya itu,adalah saya. hahahaha

Sekarang sih Herald udah betah di Cendekia Leadership School,, sekolah umum sih, tapi karna mayoritas muslim, koq ya kasian Herald nya karna kalo doa pagi, dia harus doa sendiri di ruangan berbeda dari temen2nya.
hehehe

Tadinya udah servey ke SKC, tapi jauh banget euy...
Pengen juga sebenernya ke Semipalar,, pas nelpon kaga diangkat2. :(

- maminya Herald-Allegra -
@irafebriantyk

http://irafebrianty23.wordpress.com

16

Topic: BANDUNG

hallo semuanya..
saya penghuni baru urban mama nih, ikut nimbrung ya..
saya ingin nanya donk, ada kah yg memiliki info untuk biaya sekolah SD, SMP, SMA Aloysius bandung?
soalnya saya telphone ke bagian TU nya mereka tidak bisa memberi tahu, kecuali datang langsung. sedangkan saya dan suami bekerja di Jakarta.

Terima kasih

17

Topic: BANDUNG

Hi mommies,
Anak saya di Sekolah Bermain Padi. Si kakak sudah 1 tahun lebih.. dari umur 2th 9bl skg udah 4 th. si adek baru ikut2 aja.. juli ini baru mulai sekolah twice a week umur skg 2th 3 bulan.

Buat saya, sekolah padi sesuai dengan keinginan saya dan suami. Anak2 diajarin sesuai dengan kapasitas nya sebagai anak. Buat anak juga lebih jadi berkembang. Kayak si kakak, karena dia di rumah gak ada temen, sekolah padi membuat dia enjoy bgt. Banyak pelajaran untuk motorik kasar maupun halus, disesuaikan dengan umur anak.

Yg saya lihat, selama kakak sekolah, kemajuannya cukup lumayan. Gak merasa tertekan karena porsi main cukup, pelajaran udah lumayan lah.. udh mau mewarnai, suka lihat2 buku (walau blm bisa baca). Trus makan sendiri juga udah bagus, gak berceceran kemana2 seperti sebelumnya. Dan dia jadi bisa nyapu dan ngepel heheheh... kalo abis main juga mau beresin. Dan satu lagi meletakkan benda2 pada tempatnya. Padahal dia masih 4th dan anak cowok yg biasanya berantakan.
Kalo adek, masih belum kelihatan karena sebulan ini baru coba datang seminggu sekali. Tapi adek udah bisa bilang kalau mau pipis dan pup.. walau suka juga bablas pup duluan baru bilang..

Alasan pilih rumah bermain: dekat rumah, suasananya nyaman - gak kayak sekolah yg modern (modern school yg dibatasin dinding gitu), islami, montessori, kelasnya gak terlalu rame (anak 30an vs bunda 6 org), lintas usia 2-6 yrs (dgn lintas begini si anak belajar untuk sayang ke adeknya), gak maksain anak belajar, no hw, kreatifitas anak lebih utama karena percaya bahwa each kids has their own gift, harga reasonable *buat yg menggunakan method montessori*.

sebelumnya sudah pernah coba ke gymboree, tumble tots, tapi gak terlalu cocok. Masa anak 2 tahun disuruh nulis buat lingkaran.. hm.. belum kali yah... walaupun si kakak sempet di gymboree 1 tahun-an deh..

kekurangannya: gak bilingual.. heheh.. (kalo yg ini keinginan mamanya) but bunda nya bilang kalau memang sebaiknya bahasa ibu dipelajarin terlebih dahulu, baru bahasa asing.. hm..

overall.. cukup oke untuk menyekolahkan di sini. dan terus terang, cukup beruntung gak mengalami waiting list, lancar2 saja masukin anak ke sini. Kakak yg beruntung, kalo adek nya udah kkn karena ada si kakak.. :)

18

Topic: BANDUNG

Herlina wrote:
[quote=adhya]ifa..kalo ga salah pas browsing2 uang pangkal taun ini 3,5 jt. uang kegiatan 1,3 jt. SPP utk PG 450rb. lumayan ga terlalu mahal kan sebagai sekolah yg kepala sekolahnya pernah belajar Montessori dan peralatannya pun ala Montessori? emang cuma ada PG & TK. mertua di mana rumahnya Teh? wah asik nih kalo Almira bisa sekolah bareng Irsyad *ya ampuunn..masi lama buuukk..*


Kelasnya lintas usia loh :), 2-6thn. Apakah almira dan irsyad sudah mulai masuk sekolah? wah boljug nih bareng2 rafi, hehe..[/quote]

kelas nya campuran usia.. 2-6th, tapi yg skg akan dibuat dua kelas. karena udah lebih dari 30 anak.. idealnya sekelas max 28 org. coba aja trial dulu kalau mau. tiap hari tema nya beda. senin-art, selasa-science, rabu-music, kamis-lupa, jumat-sport/agama --) kalo gak salah inget. hihihi... ensure aja ke bunda nya di sekolah. seru kok kelasnya.. apalagi kalau ada yg birthday.. ada sukuran ultah yg seru..

19

Topic: BANDUNG

arie_kyuti dimana ya itu sekolah bermain padi? :D tuition fee & monthly fee nya brp ya? :D tertarik juga nih..
ada trial nya juga gak yah?

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

20

Topic: BANDUNG

mama yang tinggal di Antapani.. ada yang anaknya disekolahin (playgroup/TK) di luar Antapani ga? Dimana aja ya yang ga terlalu jauh dari Antapani? Mohon infonya ya.Thanks.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

21

Topic: BANDUNG

Mama's,

Mau nanya donk, ada yang tau sekolah musik buat toddlers ga di Bandung? Saya baca di thread ini ada banyak banget sekolah playgroup bagus2 tapi saya kepengen yg basic nya seni nih..

Kalau ada info share yaa

22

Topic: BANDUNG

morningtea udah coba ke gymboree di Karang sari belum? disana ada macem-macem kelas, termasuk music class. tapi kalo khusus musik aja sih ga tau ya hee..
*duh ga bantu ya:D

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

23

Topic: BANDUNG

Hi moms,aku tinggal di antapani,anakku sekolah di Sequoia School,jl. Bengawan. Sebenernya sih ga terlalu jauh dr antapani,tapi kan kalo pagi macetnya edan ya daerah antapani tuh. 20 menitan lah nyampe Sequoia. Anakku umur 2 thn,jadi di Sequoia masuk kelas Branch,seminggu 3x jam 8.30-10.15. Tadinya anakku kalo sekolah takut bgt,ampe nangis2 heboh tiap kali liat seragam,tapi setelah jalan 2 bulan,dia udah enjoy,malah skrg ga mau pulang kalo dijemput. Gurunya sabar juga,bisa mengatasi anakku yg heboh begitu.
Kegiatan belajarnya juga lumayan bagus buat usia anakku sekarang,selain kegiatan belajar di kelas,ada toilet training juga,sikat gigi,cuci tangan sblm&sesudah makan,pake baju&sepatu sendiri. Untuk awal sekolah,orangtua cuma boleh mendampingi 2x aja,abis itu dilepas,biar mandiri. Untuk makanan,kalo ga bawa dari rumah,disediain catering juga (di luar biaya sekolah).

www.babygearsrental.com
081910009091
2beb5568

24

Topic: BANDUNG

Mau sharing biaya2 sekolah di Bandung, berhubung habis survey ke beberapa sekolah untuk anak... semoga membantu yaaaa

1. Galenia (survey sekitar april 2012)
Uang Pendaftaran Rp 200.000
A. Baby School
Uang Tahunan Rp 5.000.000
Uang SPP Rp 300.000
B. Playgroup
Uang Tahunan Rp 5.000.000
Uang SPP Rp 500.000
C. Kindergarten
Uang Tahunan Rp 5.000.000
Uang SPP Rp 600.000

2. Mutiara Bunda (survey Oktober 2012)
PG A
Pendaftaran Rp 275.000
Pengembangan Rp 9.350.000
Kegiatan pertahun Rp 3.150.000
SPP Perbulan Rp 715.000
Seragam Rp 110.000
Total Rp 13.600.000

PG B
Pendaftaran Rp 275.000
Pengembangan dari KB MutBun -
Pengembangan non Mutbun Rp 4.675.000
Kegiatan Rp 3.150.000
SPP Perbulan Rp 715.000
Seragam Rp 110.000

TK A
Pendaftaran Rp 275.000
Pengembangan dari PG Mutbun Rp 8.500.000
Pengembangan dari PG non Mutbun Rp 9.350.000
Kegiatan pertahun Rp 3.300.000
SPP Perbulan Rp 780.000
Seragam Rp 330.000
Total (non PG Mutbun) Rp 14.035.000
Total (PG Mutbun) Rp 12.910.000

TK B
Pendaftaran Rp 275.000
Pengembangan non TK A Mutbun Rp 4.675.000
Kegiatan pertahun Rp 3.300.000
SPP Perbulan Rp 780.000
Seragam Rp 330.000

3. Al Ihsan Ters. Jalan Jakarta Antapani (survey Oktober 2012)

Toddler (1,5 tahun - 2 tahun)
Uang Pangkal Rp 1.800.000
Uang kegiatan Per 6 bulan Rp 600.000
SPP Per Bulan Rp 500.000 (5x pertemuan), Rp 350.000 (3x pertemuan
seragam Rp 450.000

Nursery 1 & 2 (2-4 thn)
UP Rp 7.000.000
Uang Kegiatan/tahun Rp 1.200.000
SPP/bulan Rp 500.000
Seragam Rp 450.000

Kindergarten 1 & 2 (4-6 thn)
UP Rp 9.000.000
Uang Kegiatan/tahun Rp 1.200.000
SPP/Bulan Rp 500.000
Seragam Rp 450.000

SD 1-6 (Ex TK Al Ihsan)
UP Rp 11.000.000
Uang kegiatan/thn Rp 1.500.000
SPP/Bulan Rp 650.000
Seragam Rp 450.000

SD 1-6 (non ex TK Al Ihsan)
UP Rp 13.000.000
Uang Kegiatan Rp 1.500.000
SPP/Bulan Rp 650.000
Seragam Rp 550.000
Maintenance / tahun Rp 1.000.000

Keterangan:
- Singaporean Curriculum
- Belum termasuk biaya buku (utk SD) yang import dari SG

4. Gymboree (survey Oktober 2012)

Enrollment Fee Rp 1.700.000
Annual Fee Rp 250.000
Uniform Rp 65.000
Classes ada play, music, art
- 1x/week Rp 395.000
- 2x/week Rp 575.000
- 3x/week Rp 675.000
- 4x/week Rp 750.000
- 5x/week Rp 830.000
- 6x/week Rp 910.000
atau
per visit Rp 125.000 (member), Rp 150.000 (non member)

5. Little Smart (Antapani)

Daycare
Pendaftaran Rp 200.000 intern, Rp 250.000 ekstern
Perjam Rp 20.000 / Harian Rp 75.000
Mingguan Rp 300.000
Bulanan
- UP Rp 2.250.000
- Uang kegiatan/program Rp 1.000.000
- Bulanan Rp 750.000
- Seragam Special moment Rp 100.000

Pre School (2-4 tahun)
Pendaftaran Rp 200.000 (intern), Rp 250.000 (ekstern)
Uang Pangkal Rp 3.000.000 (intern), Rp 3.750.000 (ekstern)
Uang Media / Tahun Rp 1.250.000
Uang Seragam Rp 250.000
Uang SPP Rp 300.000
Uang Booking Fee Rp 250.000 (dibayar untuk booking seat, kalau confirm nanti UP dipotong booking fee)

Kindergarten (4-6 tahun)
Pendaftaran Rp 200.000 (intern), Rp 250.000 (ekstern)
Uang Pangkal Rp 4.000.000 (intern), Rp 4.750.000 (ekstern)
Uang Media / Tahun Rp 1.350.000 (TK A), Rp 1.550.000 (TK B)
Uang Seragam Rp 500.000
Uang SPP Rp 350.000
Uang Booking Fee Rp 250.000 (dibayar untuk booking seat, kalau confirm nanti UP dipotong booking fee)

6. Sequoia School Jl. bengawan (survey Oktober 2012)

Root 1,5 tahun - 2 tahun
UP Rp 2.750.000 (kalo ikut 6 bulan aja dapet diskon 50%)
Media Rp 400.000 / 6 bulan
SPP Rp 275.000
Seragam Rp 250.000
kelas 3x seminggu

Branch (2 tahun - 3 tahun)
Uang Pangkal Rp 5.750.000
Media Rp 500.000 / 6 bulan
SPP Rp 430.000
Seragam Rp 250.000
kelas 3x seminggu

Leaf (3 tahun - 4 tahun)
Uang Pangkal Rp 3.250.000
Media Rp 500.000 / 6 bulan
SPP Rp 430.000 (3x seminggu), atau Rp 450.000 (5x seminggu)
Seragam Rp 250.000

Kindergarten (4-6 tahun)
KG A
Uang Pangkal Rp 6.450.000
Media Rp 700.000 / 6 bulan
SPP Rp 490.000
Seragam Rp 375.000
kelas 5x seminggu

KG B
Uang Pangkal Rp 3.900.000
Media Rp 700.000 / 6 bulan
SPP Rp 490.000
Seragam Rp 375.000

keterangan: semua biaya diatas blm termasuk biaya field trip + graduation party

7. Tumble Tots (survey November 2012)

Enrollment fee Rp 300.000
Membership fee Rp 990.000
Development Fee Rp 1.600.000
School Fee
- 1x / week Rp 350.000/month
- 2x / week Rp 475.000/month
- 3x / week Rp 600.000/month

Preschool
Right steps 1 Rp 2.850.000 / month
Right steps 2 Rp 3.850.000 / month
Right steps 3 Rp 3.850.000 / month

8. SD Mutiara Bunda Arcamanik (survey Oktober 2012)

Biaya pendaftaran Rp 600.000 (termasuk biaya psikotest dan konsultasi)
Biaya pengembangan Rp 24.200.000 (dari luar TK Mutiara Bunda), Rp 21.150.000 (dari TK Mutiara Bunda)
Biaya Kegiatan Rp 3.250.000 / bulan
Iuran Bulanan Rp 1.250.000 / bulan (termasuk biaya katering makan siang)
Seragam Rp 330.000


Noted: maaf ya mostly semua sekolahnya di daerah antapani-arcamanik, soalnya saya tinggal di daerah antapani. :)

25

Topic: BANDUNG

waaaa wulanismail thank youuuu infonya. Kebeneran saya juga tinggal di Antapani dan lagi nyari info sekolah buat Rinjani :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva