1

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Dear All Moms, salam kenal yah, newbie niyh :)
seneng bgt nemu treat ini. mo share berat wiksa (12m) yah..
Lahir: 3.52kg
Bulan 1: 4.28 kg
Bulan 2: 5.38 kg
Bulan 3: 5.82 kg
Awalnya aku sempet bingung, bb nya normal (sesuai dgn ukuran bayi seumur dia) or ga? soalnya pas ngobrol sm moms disini bayinya pada gede2, ada yg 3 bulan bb-nya 7kg, dan asi full "wat??!!" (bukan bayi asia sih) waduuhh..jangan2 baby wiksa termasuk kecil. padahal nenennya udah on demand, hmpr tiap 1-2 jam. (lari kemana coba asinya??!) tp pas diperiksa sama petugas kesehatannya, mreka bilang normal2 aja slm ada kenaikan tiap bulannya. tetp aja akunya masih ragu dan gak yakin plus gak pede sm asi sendiri. suami nyaranin tambh sufor, OUWH, No Way!! just not yet. tadinya emang aku pengn wiksa jd montok kyk ortunya dl, tp pas liat dia lincah, ceria, gak rewel, kurasa uda cukup. dan pas nemu dan baca treat moms disini, jd tambh yakin dan sdikit lbh pede sekarang buat asi jalan terus..(kok sdikit??!) msh obsesi sm montok :D thanks ya moms.

ibunya wiksa :)

2

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

yenarosa, salam kenal yenarosa jangan khawatir, memang selama ada kenaikan bb pada bayi berarti normal.eh di sana pake standar dr WHO juga kan ya? kalo di indo kaya KMS gituu...
Mungkin asupan gizi asi bisa diperbanyak lagi. Yang bagus sih sayur hijau rebus. yaa pokoknya banyak sayur lah..trus karena ga minum susu aku ganti dengan produk kalsium tablet gitu.
Trus hilangkan rasa ga pede ya mom,,i feel you, tapi kita harus say NO tuk rasa gak pede sama produksi asi sendiri.Yakinlah bayi Wiksa pasti tercukupi kebutuhan asinya.Semangat yah mom!

Just share ajah berat Faiz-----
lahihrnya : 3,3 kg
1minggu : 3 kg
2 minggu : 4,2 kg
1 bulan : 4,7 kg -> naik sedikit dari sebelumnya karena panas dan masuk rumkit
2 bulan : 6,2 kg

Sempat gak pede juga dengan asi sendiri, takut nggak cukup, suami juga udah suggest sufor. Hampiiiirrrr saja kukasih sufor tapi alhamdulillah kami berubah pikiran dan meyakinkan diri kami bahwa asi ku pasti cukup untuk Faiz.
So, selama Wiksa sehat dan lincah, tetep semangat beri asix ya mom!
semangat! semangat!

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

3

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Yuhuu urban mamas!
Please, dont think bout 'number'!
Just be grateful, sampe saat ini kita masih sehat dan bisa sharing tentang anak kita yg sehat2 di forum ini.

Momchi n Muna,
Kayak yg Slesta bilang, berat badannya yg penting naik, 6bln min 2x bb lahir, 1thn min 3x bb lahir, dan itu bukan patokan baku. Umumnya, ya seperti itu, kurang2 dikit ato lebih2 dikit mah manusiawi yee.. Tiap orang kan 'bawaannya' emang beda2.

Tentang ngasih ASI ato Sufor, itu pilihan. Dan gw yakin, apapun pilihannya tentunya itu pilihan paling bijak dan bertanggung jawab. Kalo ada yg sukses ASI, bagus banget. Dan bukan berarti yg gagal ASI adalah ibu yg buruk dan bayi yg pesakitan. Kalo anaknya sehat cerdas tumbuh kembang sempurna karena ASI, itu grand prize, dan bukan berarti ibu yg ngasih sufor buat anaknya ga bisa punya anak yg hebat juga.

Tentang naikin berat badan pada bayi <6bln adalah dgn meningkatkan kualitas ASI. Asupan gizi dan pola hidup bener2 dijaga tetep seimbang. Dan gak perlu takut untuk diet dan olah raga. Diet itu mengatur pola makan, BUKAN makan dgn porsi double, karena malah jd bikin gemuk, tapi porsi biasa dengan memerhatikan kelengkapan gizinya. Makan makanan yg berserat, BUKAN makanan yg bersisa. Intinya, makan makanan yg membantu memaksimalkan penyerapan makanan. Krn kalo penyerapan maksimal, kualitas ASI jg makin OK. Krn ASI punya sistem sendiri dan hanya akan menyerap zat gizi untuk bayi, jd biarpun kita makan berbakul-bakul, tp gak ada gizinya, ASI akan tetep seret.
Bayi di bwh usia 6bln jg bb-nya akan lbh cepat naik dgn pijat bayi. Pijat bayi ini bikin titik2 perkembangannya lancar dan bikin metabolisme keren, jd bayi dpt tumbuh kembang sempurna.
Pijat ibu dan pola istirahat/tidur jg penting, saat tubuh ibu relax dan nyaman, produksi ASI meningkat.
Saat anak akan diimunisasi ato sakit, beri ASI saja. Karena ASI mengandung morfin pada endorfin yg berfungsi sbg penghilang rasa sakit dan 'menyamankan'.
Untuk usia 6bln> justru lbh mudah. Kenalkan bayi ASIX atau bayi Sufor pada MPASI dengan metoda BLW. Metoda ini mengenalkan sayuran, buah dan kacang2an terlebih dahulu. As we know; sayuran, buah dan kacang2an ini SANGAT membantu sistem penyerapan. Jadi gizi yg ada pada ASI ataupun sufor dpt terserap dgn baik oleh tubuh dan diolah menjadi otot sehingga anak jd sehat berisi, BUKAN gemuk. Kalo yg pake Sufor takut obese, imbangi dgn distimulasi utk aktif bergerak, gak digendong2 terus.
Thread tentang BLW udah rame koq, silakan join.. :-)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

4

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

HI moms,

Mau share dan minta pendapat juga dong
Baby ku (3m 11 hari) sekarang beratnya udah 8.5 Kg
Kegemukan nggak yah

Dia lahir :3,740 kg (37 minggu)..kata dokternya kalo lahir 40 minggu bisa 4.5 kilo
Pulang dr RS : 3.690 Kg
1 Bulan : 5.150
2 bulan : 7.1 kg
3 bulan : 8.5 kg

kegemukan nggak yah...
aku sekarang agak jarangin dia minum susu..aku kasih dia 4 jam sekali :(
kalo dia rewel aku gendong dulu..biasanya sih dia tenang
soalnya aku takut kegemukan,nnt malah nggak bisa tengkurep dll :(
sekarang aja dia blm ada tanda2 tengkurep..
bener nggak yah..cara yg aku ambil

soalnya dpt masukan katanya kalo bayi umur 3 bulan..biasanya minumnya udah 4 jam sekali dan kalo malam malah bisa lebih lama

nah kalo baby ku ini mah..mau di sodorin payudara 2 jam sekali mah ayo aja...
ada saran nggak moms..
o ya baby ku juga suka tidur :)..kalo dalam range waktu 4 jam nungguin susu..pasti 2 jam-nya dia bobo (meskipung nggak langsung 2 jam si)

ada yg punya pengalaman sama nggak?

thank's banget yah mom..buat yg mau share :)

5

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Little Hero, Katanya anak asi gak akan kegemukan. Dulu aku jg khawatir nara kegemukan. tapi ternyata walaupun gemuk dia tetap aktif. tengkurep tepat waktu, duduk tepat waktu. walaupun dia gak merangkak tapi 11 bulan dah jalan. kembali ke anaknya jg. milestone masing2 anak kan beda2. mungkin yang bisa kita lakukan adalah ajak beraktivitas. supaya dia gak malas gerak. Itu aja si.IMO kasian ya dia mau nyusu tapi ditahan. Sorry kalo ada salah ngomong..

??Dianara??

6

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

little hero Menurut gue sih kasian kalo anaknya mau nyusu tapi ditahan2, apalagi asupan dia saat ini kan cuma dari ASI. Dulu anak gue juga agak besar, umur 3 bulan beratnya sekitar 7-8 kg (lahirnya 3.2 kg). Lama2 kenaikan BBnya berkurang kok, buktinya pas umur 3 bulan beratnya sekitar 7 kg, trus umur 7 bulan 10 kg, sekarang 14 bulan 12 kg. Jadi mendingan sih selama anaknya masih mau nyusu dikasih aja, milestone2 pasti bisa dilalui dengan baik asalkan ada stimulasi yang baik juga dari ortunya.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

7

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

gak jauh beda ama Naia..

Rere lahir 2,7kg
6 bulan 7,2kg
1 tahun 7,8kg
2 tahun 12an kg
3 tahun 14an kg, tp kalo sakit turun jadi 13an, hehe..

Rara lahir 2,9kg
6 bulan 6,3kg

emang nurun emaknya nih, anaknya cungkring2 semua, hehehe..
tp alhamdulillah banget sekarang saya mau makan sebanyak apapun badannya ya segini2 aja padahal udah ngebrojolin (bahasa apa pula ini, hehe) 2 anak :D moga2 anak saya juga gitu, amiiin

selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu

8

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

mau share aja, bayiku kebetulan susah naik berat badannya. tapi alhamdulillah sehat walafiat.
nah, setelah konsul ampe ke 4 dsa, aku heran juga, karena semuanya ga ada yang menyarankan untuk kasih sufor. tapi mereka kasih saran utk pola MPASI dan ASIP-nya aja.
karena sebenarnya ada 4 hal yang mempengaruhi berat badan bayi, yaitu intake, absorpsi, penyakit, dan genetis.
sooo, ibu2 yang ngerasa bayinya ga gemuk karena ASIX, ga usah khawatir, selama sehat2 aja :)
mungkin memang karena genetis pada akhirnya ;)
karena pengalaman temen2 aku, begitu anaknya kenal sufor, pada ga mau ASI lagih walopun ASI ibunya masih banyak.. hiks, serem juga jadinya..
so menurut aku sih, kalaupun terpaksa kasih sufor, lebih baik karena alasan medis atau memang krn ASI ga cukup

9

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Littlehero: kayanya kalo bayi ASI ga ada istilah overweight deh. Anakku dulu jg waktu masih ASI ekslusif cepet banget kenaikannya. Sekarang paling pol naik 500 gram per bulan.Tapi setelah aktif bergerak mulai melambat kenaikan berat badannya. Jadi gapapa endut buat tabungan ntar, soalnya diatas 1 taun mulai deh ujiannya yg GTM-lah, batpil, demam....lsg terjun bebas deh berat badannya. Soal milestonenya terlewati semua ko, tergantung stimulasi dari kita aja. Kan setiap tahapan perkembangan itu ada rangenya, jd selama belum lewat dari range yg seharusnya, ya aq fine. Anakku dulu emang lebih lama belajar tengkurep, krn keberatan pantat. Tapi bukan berarti jadi delayed, cuman lebih lambat aja. Yang hrs dikhawatirkan itu kalo anak qt mengalami delayed. CMIIW.
sori kalo ada yang ga berkenan


Anakku dulu
Lahir: 3,67
Pulang dari RS: 3,5
1 tahun: 10,2 kg
23 bulan: 13 kg

naldi's mama, abank's wife and an employee

10

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Hi Little Hero,
Anaknya ASI aja kan? Kalau ASI aja gak perlu worried kegemukan. Itu sesuai dengan demand nya dia kok. Baiknya sih jangan dikurangi jatah mimik ASI nya dia. Kasih aja semaunya dia. Nanti kalau sudah aktif bergerak nanti juga kenaikannya gak sebesar kemaren2. Kemudian kalau milestones tiap anak emang beda-beda juga ko. Ada yang cepat tengkurap, ada yang sedikit lama. Tapi insyaAllah selama kita tetap stimulasi dengan baik, milestone itu akan terkejar ko.
Lagipula, Einstein aja kan dulu telat jalannya. Tapi jadi salah satu orang yang jenius kan? ;)

11

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Hi Moms,

Mo sharing..

Jordan, BB lahir 3,3KG, 3hr jadi 3,1 krn asi blun kluar, krn mertua panic, ya dikasi sufor +/- 30ml, trus asi full deh..
1m 1w: 5,3KG
2m 1w: 6,5KG
3m 1w: 7,5KG
4m 2w: 8KG

Padahal dulu sempet takut bgt asi kurang, eh.. Ternyata cukup n malah lebih lagi buat baby..
Byk yg nanya "minum susu apa ndut gini?" Lgsg bangga jawab "ASI Full" (soalnya sekitar2 gw pd ngasi sufor sih ke anaknya)

Aq sih ga takut ndut, mikirnya malah "itung2 buat cadangan lemak kalo Jo uda mulai lasak" kan katanya bakal mulai kurang tar brt bdnnya..

N ndut ga ngaruh koq ke perkembangan gerak yg lain, buktinya Jo uda tengkurep sendiri wkt 3m pas, n skrg uda bisa balik telentang kalo lg bo2 n ngamuk, klo lagi santai ga bisa, *aneh..

Moms, mo nanya donk,

Klo pertambahan berat badan itu tiap bulan harus naik brp ato dilihat grafik sesuai umur aja?
*antisipasi kalo pas udah sangat aktip gerak beratnya bs dipantau lg, kalo skrg kan uda sdikit kelebihan...

Thanks mom..

12

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

ikutan share yah..
anakku arza sekarang 5m9d, pas lahir 3,8kg
1bln=5,95kg
2bln=6,4kg
3bln=7kg
4bln=7,5kg
5bln=belum nimbang..he5x

Anakku termasuk yang nyusunya biasa2 aja, tapi alhamdulillah pertambahan berat badannya dan emang bener kalau dah heboh tingkahnya pertambahan bb-nya biasa2 aja...

anaknya temenku sekarang umur 6bln, dia asi+sufor trus mulai umur 2 minggu dah maem bu2r s*n yang dicampur pisang tapi pertambahan bb-nya malah biasa2 aja...

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

13

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Piyut, what??umur 2 minggu udah dkasih makan??

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

14

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

CNAP
yoaaa..dan temenku bangga bgt akan hal itu. hadeeehhhh

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

15

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

piyut: what! 2 minggu udah makan pisang? *ngeri banget itu ibunya*

being a mom for Kareem makes me find out the answer why "surga itu ada ditelapak kaki ibu" (Blog: http://www.negeridongeng.com/)

16

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Dulu aku punya tetangga kayak temennya piyut..umur 2 bulan udah dikasih pisang,neneknya bilang kalo cuma susu doank gak kenyang :(

Say Good Bye to LDL..Thanks Allah !

17

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

sefa&amnah atisah: he eh, ngeri bgt!!itu bermula dari pas umur 2 mingguan anaknya temenku nangis terus klo malam trus sama orang2 tua di sekitar dia bilang klo tuh anak masih lapar, disuruh kasih pisang akhirnya keterusan.
Aku dah sering share sama dia, tapi dia tetep kekeuh malah nyalahin aku yang belum kasih mem arza samsek ampe sekarang (5m)...

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

18

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Iya orang2 tua koq selalu menganggap bayi yg nangis itu karena laper yah. Aku sampe heran...
Sodara2 percaya ngga percaya, temennya ARTku punya baby belom ada 24jam udah dikasih pisang (!!). Jadi baby lahir malem, paginya disuapin pisang. Gmn nih, pemerintah emang perlu sosialisasi ttg 6bln ASIX...

Btw baby gw lahir 2.6kg, skrg 5.5bln 6kg, termasuk normal gak ya? Selama itu ASIXN baru bbrp hari ini dikasih pisang, bubur beras merah, biskuit. Kata orang2 sih bayinya kenceng ya badannya, padet. Alhamdulillah emang lala kenceng pahabya, tangannya. Cuman koq beratnya itu agak di bawah normal ya. Biasanya kan minimal anak umur segitu di kisaran 7kg-an. Emang miminya lala gak banyak sih, sampe asi berlebih - PD ga pernah kempes klo habis nyusuin. jadi sama ibuku disaranin mending minum sufor aja. Menurut moms gmn? Betul gak sih ati ayam bisa nambah bb? Maap momod ini kyknya agak nyerempet ke mpasi topic deh..

19

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

mOmcHi, normal kok .. kan udah lebih dari 2 kali berat lahirnya .. :)
pemberian sufor gak segampang itu loh .. cocok2an. salah2 baby-nya malah jadi sering grok2-batuk-muntah-BB malah anjlok ...
ini kejadian di anakku. asli nyesel banget mesti kasih dia sufor sedini itu (8bulan)
maaf ya, bukannya nakut2in. sufor bukan racun kok, mungkin emang Asa yg termasuk sensitif sm beberapa kandungan sufor aja ...
klo udah MPASI, mending pas udah boleh nambah minyak, pake olive oil untuk numis or tambahin di makanannya, terus asupan kalorinya dijaga ... (OOT dikitt :P)

less ego, more heart

20

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Hai..
babyku 11,5 bulan, sekarang beratnya 8 kg aja, asix dg berat lahir 3 kg
panjangnya jg imut, lahir 49 cm, skrg 72 cm, tapi anaknya aktif, dah bs jalan & kosakatanya jg udah banyak
bbrp kali ganti DSA krn semua nyaranin pake sufor, padahal asiku banyak, makanku pun bagus krn aku doyan bgt sayuran & susu
puji Tuhan sampai mw setahun ini babyku cm 2x sakit, yaitu diare (5m) & pilek (8m), itupun ga pake obat apa2
waktu tumbuh gigi jg ga panas, cm agak manja aja dianya

Proud to be Fra's mom ;)

21

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Yup betul kata mamaks disni,sufor bukan solusi bwt naikin berat badan.

labib (25m),mulai minum sufor umur 11 bln&sejak saat itu langganan ke dokter ahli alergi,krn tnyata labib ga bs minum sufor yg aq kasih.itu penyesalan terdalam krn sdh coba2 sufor ke labib.

skrng aq bertekad u/kasih asi ke fafa (4m)selama asi masih dikandung hayat *halah bahasanya*,meski berat badan fafa naiknya cm perlahan tp pengalaman mengajarkanku bhwa sufor bukan solusi menambah berat badan.

dan mindsetku skrng adalah anak sehat tdk harus gendut,jgn pernah bandingkan berat badan anak dgn anak lainnya :)

cheers.. :)

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

22

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Iya MOMCHI, aq juga dulu dibilangin gitu sama mertua dan ternyata pas aq kasih ASI Eksklusif mertuaku diam-diam kasih sufor (sedih banget, aq tau dari suami yang sebelum ngasih tau ke aq, aq disuruh "untuk tidak marah" hiks......), intinya sama makanan mamanya.....

MamanyaShabrina
"Yuk berhemat pemakaian Listrik dan Air serta kita pilah sampah organik dan non organik di rumah kita" :D

23

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

momchi, lala minumnya g bs banyak ya ? gimana klo dipompa aja dulu biar ASI yg bening keluar, baru kasih nenen, jadi lala dapet hindmilk-nya. hindmilk itu yg bikin BB baby cepet naik ...

nidya, hi ... makasi ya duluu bgt entah di thread mana dirimu uda share soal labib yg alergi sufor. sebelumnya g ngeh klo Asa jg g cocok sm sufornya, kukira alergi debu.
asli jaman 8-12 bulannya Asa itu mimpi buruk banget. selama itu ditotal2 beratnya cm naik 500gram .. :(

less ego, more heart

24

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

@sidta: iya miminya lala itu dikit2 tp lumayan sering. Secara dia ngga pernah mimi sampe mengenyangkan diri (baca: sendawa). Mungkin dia kebanyakan dapet hind daripada foremilk ya?
Btw, klo sufor yg bagus itu yg mahal - benarkah? Maap OOT dikit..

25

Topic: ASIX or Sufor: Berat Badan Bayi

Maaf lanjutan... Td kelupaan:
Trus karena lala ngga pernah mimi tiap interval waktu tertentu, jadinya agak susah juga nih klo mau express prior to breastfeeding...

Btw, yg harus ada di diet breastfeeding moms itu susu dan sayur ya?