1

Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

Urban Mamas & Papas,

Hari ini, dari jam 10am - 1pm, fitri QM dari QM Financial bersedia untuk jawab pertanyaan2 financial Urban Mamas dan Papas yang berhubungan dengan persiapan dana untuk sekolah anak.

Jam 9:55am WIB, kami akan buka forum ini, dan Mamas & Papas bisa mulai posting pertanyaannya.

Pertanyaan yang akan dijawab oleh Fitri hanya pertanyaan yang time-stampnya antara jam 10am-1pm. selebihnya silakan di-treat sebagai diskusi forum biasa.

thread ini akan tetap dibuka setelah Q&A session selesai. jadi, monggo dipake untuk diskusi ttg Dana Sekolah Anak.

2

Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

Dear Fitri,

Investasi apa saja yang menguntungkan atau dapat mengcover dana sekolah anak sampai si anak lulus kuliah, bagaimana mengkalkulasikan uang kita sekarang apakah cukup untuk dana sekolah tersebut? Tolong berikan ilustrasi perhitungannya per anak ya...

FYI, sekarang Devan 2.7yo usianya :)

Thanks ya Fit...

Happy Mama wif a handsome boy ever ;p

3

Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

Hai Fitri, mau tanya ya, sekarang Yofel 8 bulan, kita sama sekali belum ada investasi pendidikan apapun. Banyak yang menyarankan untuk ambil reksa dana aja, ketimbang asuransi dan tabungan pendidikan.
Apakah itu the best option, dan prioritas pertama sekarang pendidikan apa (kuliah dulu kah? SD? atau even pre school?) Gimana caranya untuk bisa mengcover semua?

Thanks ya Fit =)

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

4

Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

Halo halooo..
Mau nanya ya:
1) Idealnya berapa % dari penghasilan kita (suami+istri) utk biaya sekolah anak?
2) Trus utk biaya kuliah sebaiknya investasi emas atau RD saham atau yang lainnya? Anakku skrg 4 thn, kuliah kira2 13-14 thn lagi.
3) Skrg tab pendidikan ada macem2, utk masuk SD 2 thn lagi bagusan RD atau tabungan rencana pendidikan biasa?

Makasih yaaaaa
Cheers,
Inga

And thelilsolder is back. Fire!

5

Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

Hlo fitri,
mo tny nih, saat ini saya sdh menyiapkan dana pendidikan anak utk jenjang SMA s/d S1 even usia anak sy masih 6 mo, tp ga ada salahnya kan menyiapkan sedari dini. jadi saat ini utk persiapan SMA S/d S1 saya melakukan setoran rutin bulananan ke reksadana, sebagian RD Saham sebagian di RD Indeks syariah, sementara utk pada tahapan Dari TK S/D smp, Saya pakai tabungan biasa (tabungan rencana sih sbnrnya) . yang ingin saya tanyakan, mana yg lebih baik utk menyiapkan dana tsb, apakah dana tsb sebaiknya terkumpul pada satu jenis produk saja misalnya direksadana saham ataukah pada tabungan saja? trims

6

Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

Mba Fit,
Saya baru aja nutup unit link yg tdnya utk dana pendidikan anak. Anak sy skr 1 umur 9bln. Rencana saya bulan dpn buka asuransi term life dg UP Rp 500jt dan utk dana pendidikan setor rutin 500rb per bln di RD saham utk SMA-kuliah di Aussie dan setor rutin Rp 250rb di RD campuran utk SD-SMP di national plus. Kira2 udh pas blm plannya?
Tks

--
@siskabundaraka

7

Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

hai hai..mau ikutan tanya :)

Karena dulu tau nya cuma unitlink, sejak Rafi lahir 4 tahun lalu ada dana rutin yang masuk ke account unit link dan karena skrg mulai belajar tentang reksadana rencananya mau distop unitlink ini, dan memang sih perkembangan selama 4 tahun ini ya begitu" aja.

1. Kalau dana yang di unitlink itu dikeluarin sebaiknya dimasukin ke jenis RD apa? tujuan nya untuk biaya SD Rafi 2 tahun lagi.

2. kalau tujuan nya untuk dana SMP, SMA, Kuliah yang setelah dihitung pake kalkulator QM sangat menakjubkan totalnya :p sebaiknya pakai instrumen apa? RD atau LM?

3. Dan kalau untuk 2 anak sebaiknya account dana pendidikan nya jadi satu atau terpisah? *basic question banget* :D

- while we try to teach our children all about life, our children teach us what life is all about -

8

Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

Hai Fitri! Mo ikutan nanya nih :)

Sebetulnya, yang harus direncanakan dari sekarang tuh hanya uang pangkal untuk masuk ke jenjang tertentu (yang biasanya biayanya sangat besar) atau termasuk uang bulanannya juga?

Dan sama seperti thelilsoldier, idealnya berapa % yang disisihkan untuk dana pendidikan?

Satu lagi, untuk orang2 yang sudah terlanjur membuat asuransi unit link sebagai tabungan dana pendidikan dan sudah berjalan sekitar 3-4 tahun: apakah sebaiknya rekening tersebut ditutup dan dialihkan ke instrument investasi lain atau tetap diteruskan (asumsi dana ortunya terbatas dan tidak bisa menambah investasi lain)? Karena biasanya ini yang terjadi dengan teman2 yang lebih dulu punya anak (dulu kan belum tau kalo ada investasi lain yang lebih menjanjikan dibanding unit link).

Thanks ya...

yang selalu kangen sama si pipi gembil

9

Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

mba fitri,
Mau tanya, untuk dana pendidikan anak kan berjenjang ya, SD, SMP, SMA, kuliah.
[list=1]

  • Anakku, akino baru 7 bulan, untuk masing-masing jenjang itu, investasi di mana yang paling tepat[/*]
  • Cara ngitung "iuran" bulanan yang harus dimasukkan investasi untuk masing-masing jenjang gimana[/*]
  • Misal, utk SMA dan kuliah kan sama-sama masih agak jauh ya. Kalo pilih RD saham, apakah sebaiknya punya 2 account RD saham yang berbeda atau gapapa dicampur ya?[/*]


    Ditunggu jawabannya :)

  • 10

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    Hai Fitri..

    Mau nanya, kan reksadana ada macem2 ya. Kalau untuk dana pendidikan, yang paling oke reksadana jenis apa untuk masing2 jenjang pendidikan? Sebaiknya dana pendidikan anak untuk setiap jenjang (SD sampai PT) dipisah atau dijadikan satu? Saat ini anak saya Alya berumur 9 bulan. Terima kasih sebelumnya.. :)

    learning is a never ending process
    @rhisuka

    11

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    Sweetwind wrote:
    Dear Fitri & TUM,

    Investasi apa saja yang menguntungkan atau dapat mengcover dana sekolah anak sampai si anak lulus kuliah, bagaimana mengkalkulasikan uang kita sekarang apakah cukup untuk dana sekolah tersebut? Tolong berikan ilustrasi perhitungannya per anak ya...

    Many thanks,
    Winda


    Dear Winda,

    Yang penting harus diperhatikan oleh para mama adalah inflasi pendidikan itu tinggi sekali.Asumsi yang kita gunakan sekitar 20% per tahun, ini adalah asumsi inflasi biaya uang pangkal playgroup s/d SMA swasta. karena kita juga tidak bisa memaksakan ide bahwa " anak saya pintar, pasti masuk sekolah negeri" . jadi ga perlu siapkan dana besar2, karena sekolah negeri murah. eitss .. jangan salah, sekarang sekolah negeri juga mulai banyak yg merubah status mereka jd "RSBI". efek nya : ikutan mahal lho .. be careful, mama !
    jadi untuk investasi apa yg baik? adalah investasi yang bisa mengalahkan inflasi pendidikan tsb. sehingga uang yg kita kumpulkan dari sekarang, bisa mencukupi.
    berikut adalah contoh perhitungan untuk uang sekolah anak, misal :
    anak kita sekarang baru lahir = 0 thn
    uang pangkal SMA = 10jt (nilai thn 2010)
    asumsi inflasi 20% per tahun
    maka pada saat anak kita masuk SMA (15thn dari sekarang), uang pangkal nya akan menjadi = 154jt
    kalau menabung, butuh = Rp 855rb/bln
    kalau investasi di produk reksa dana campuran dengan asumsi target return per tahun 15%, butuh = Rp 80rb/bln
    ayo, mau pilih menabung atau investasi?

    begitu kira2, mudah2an cukup membantu ya ..

    12

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    Dear fitri..
    Mau tanya,jika kami wirausahawan yg tdk tetap penghasilannya perbulan,bagaimana sebaiknya mempersiapkan dana pendidikan anak kami,apakah investasi emas adalah yg terbaik bagi wirausahawan spt kami?
    Trims..:)

    ? Mommy nya Raphael Christopher Marcello (Ralph)?
    ::my adorable family stories::

    13

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    mbak Fitri yang baik,
    dana yang akan saya investasikan untuk sekolah anak 3 juta rupiah per bulan. anak saya tiga. semuanya belum punya tabungan atau asuransi untuk biaya pendidikannya. anak pertama usianya 5 tahun(sudah TK), anak kedua 2,5 tahun,dan anak ketiga 9 bulan.tolong buatkan perencanaan investasi sampai mereka kuliah nanti.terima kasih...

    ibu adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya

    14

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    mb Fitri,
    mo tanya jugaaa...
    anakku 2, yg pertama 3 th yg kedua 7 bln..
    mo tanya, untuk anakku yg pertama kan sebentar lagi mo masuk SD, aku berencana mo invest di RD, tp pengetahuanku di RD minim bgt ( resiko & keuntungannya ). dan kira2 plg cocok invest di RD apa?

    sama dgn mb nyonyik, apakah investasi hrs di pisah untuk tiap jenjang pendidikan?

    tengkyuu.. :)

    mamahnya Aga & Asa :)

    15

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    Dear Fitri,

    Aku punya beberapa deposito yang aku alokasikan untuk dana pendidikan Albert nantinya. Tapi karena gak ngejar inflasi, gimana kalo bunga depositonya aja yang kuinvestasikan di reksadana?
    Bagaimana dengan produk unit link yang sudah telanjur diambil?

    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow

    16

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    Dear Fitri,

    Kalo menurut tim QM di radio, talkshow, or majalah pasti sarannya invest ke RD yah? tapi selama ini perhitungan invest ke RD itu utk uang pangkal sekolah anak.

    Pertanyaan gw hampir sama ma thelilsoldier,
    *idealnya berapa persen dr penghasilan suami+istri untuk biaya iuran sekolah anak per bulan?*
    Intinya biar kita sebagai orangtua jg bisa ngitung, ga ngoyo harus maksa masukkin anak ke sekolah plus plus plus itu. emang sih utk anak emang harus yg terbaik, tp ngeri jg kan kl nanti perhitungan keuangan rumah tangga malah jd amburadul :D

    TIA ya :)

    bab ? atha ? kae ? nda

    17

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    Dear Fitri,
    Mau tanya, Reena 26bln, dana pendidikan untuk kuliah aku siapin dari RD saham, sedang yang untuk SD-SMA belum ada, sebaiknya aku invest dimana?
    RD pendapatan tetap atau campuran?
    trus kalo untuk dana kuliah sebaiknya RD saham atau langsung beli saham?
    makasih ya..

    18

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    Mba Fitri, aq cuma butuh penegasan aja nih, soalnya pernah baca di buku financial planning *tulisan sapa aq lupa*, klo utk pendidikan anak selain pake RD, bisa juga pake invest emas. Bener g? Soalnya yg dibahas kebanyakan pake RD. Tq y mba :)

    just found a new sanctuary ^_^

    19

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    mbak fitri, idem mbak sukma, saya tertarik RD tapi masih buta banget, mohon dicerahkan...

    cmiiw, ada 4 jenis RD? 2 low risk & 2 (lebih) high risk? mohon pertimbangan untuk ke4 nya yah... bingung pilih yg mana...
    dan resiko terburuk ikut RD itu gmn dan antisipasinya?

    kemudian, kalau utk jenis tabungan biasa, lebih recommended/menguntungkan mana, tabungan pendidikan atau deposito?

    tqu mbak... maaf pertanyaannya cupu :p

    *shakashakesmyworld*

    20

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    fitri QM wrote:
    [quote=Sweetwind]Dear Fitri & TUM,

    Investasi apa saja yang menguntungkan atau dapat mengcover dana sekolah anak sampai si anak lulus kuliah, bagaimana mengkalkulasikan uang kita sekarang apakah cukup untuk dana sekolah tersebut? Tolong berikan ilustrasi perhitungannya per anak ya...

    Many thanks,
    Winda


    Dear Winda,

    Yang penting harus diperhatikan oleh para mama adalah inflasi pendidikan itu tinggi sekali.Asumsi yang kita gunakan sekitar 20% per tahun, ini adalah asumsi inflasi biaya uang pangkal playgroup s/d SMA swasta. karena kita juga tidak bisa memaksakan ide bahwa " anak saya pintar, pasti masuk sekolah negeri" . jadi ga perlu siapkan dana besar2, karena sekolah negeri murah. eitss .. jangan salah, sekarang sekolah negeri juga mulai banyak yg merubah status mereka jd "RSBI". efek nya : ikutan mahal lho .. be careful, mama !
    jadi untuk investasi apa yg baik? adalah investasi yang bisa mengalahkan inflasi pendidikan tsb. sehingga uang yg kita kumpulkan dari sekarang, bisa mencukupi.
    berikut adalah contoh perhitungan untuk uang sekolah anak, misal :
    anak kita sekarang baru lahir = 0 thn
    uang pangkal SMA = 10jt (nilai thn 2010)
    asumsi inflasi 20% per tahun
    maka pada saat anak kita masuk SMA (15thn dari sekarang), uang pangkal nya akan menjadi = 154jt
    kalau menabung, butuh = Rp 855rb/bln
    kalau investasi di produk reksa dana campuran dengan asumsi target return per tahun 15%, butuh = Rp 80rb/bln
    ayo, mau pilih menabung atau investasi?

    begitu kira2, mudah2an cukup membantu ya ..[/quote]


    Win,
    sorry revisi dikit : untuk investasi, karena msh 15thn, jadi bisa pake reksa dana saham dgn asumsi average return 25% per thn.
    jadi investasi per bulan nya sekitar 80rb an

    21

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    Dear Mb Fitri
    Euh, kalo aku kondisinya sekarang : 22 tahun,masih kuliah Arsitektur dan msh dapet uang saku 600rb/bln dari bokap. Suami arsitek freelance (lebih sering nganggur) yg ga punya pendapatan tetap, jadi otomatis income tetap kami cuma 600rb/bln. Anakku Kai umurnya 1 thn. Mama papaku (eyangnya Kai) masih pada kerja semua dengan penghasilan yang menjamin (my mum is just 42 years old). Dengan kondisi kyk gitu, aku pgn investasi reksadana,kira-kira pas gak ya?trus jenis RD apa yang pas buat kami?And since i'm totally blind about it, hal-hal apa yg penting diperhatikan newbie saat pgn ber-RD?Oh yah, dan bgmn dgn asuransi pendidikan?apakah dianjurkan?
    Thx

    Best regards

    22 years old part time architecture student and full time mum

    22

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    Dear Mbak Fitri,

    Saya berencana untuk investasi di RD untuk dana pendidikan anak saya.
    Yang mau saya tanyakan:
    1. Bagaimana tips memilih RD yang kinerjanya bagus?
    2. Kalau mbak fitri ada link performance RD di indonesia, boleh di share donk..

    Terimakasih

    -*- Mommy NauraNajwa -*-

    23

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    Mbak Fitri,

    Saya sedang bingung mempersiapkan dana pendidikan untuk anak yg skrg berumur 1 tahun. Kebetulan saya pun belum ada asuransi, apakah termlife disarankan?

    Untuk dana pendidikan, investasi RD apa yang cocok untuk SD-SMA dan mana yang cocok untuk Kuliah?

    Terima kasih.

    Lea

    "Life may not be the party we hoped for, but while we're here we might as well dance!"

    24

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    Mbak fitri,
    Utk dana pendidikan kuliah anak ke luar negri kita ngitungnya gmn ya?
    Misalnya target saya mau sekolahin anak ke aussie atau USA..kl baca itungannya mbak wina utk azra ya kl ga salah kan di aussie kira2 5M.
    Nah itu ngitung kenaikan nya berdasarkan apa ya?
    Inflasi negara tujuan juga kah?

    Anak saya skrg msh 20bln siy..cm pgn ngerencanain sedini mungkin aja biar kl nambah anak udah beres urusan dana pendidikan yg satu

    Thanks a lot ya :)

    follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

    25

    Topic: Dana Untuk Sekolah Anak

    superpippo wrote:
    Hai Fitri, mau tanya ya, sekarang Yofel 8 bulan, kita sama sekali belum ada investasi pendidikan apapun. Banyak yang menyarankan untuk ambil reksa dana aja, ketimbang asuransi dan tabungan pendidikan.
    Apakah itu the best option, dan prioritas pertama sekarang pendidikan apa (kuliah dulu kah? SD? atau even pre school?) Gimana caranya untuk bisa mengcover semua?

    Thanks ya Fit =)


    Hallo ..

    emang klo jadi mama, bingung ya pasti ? hehe
    mau pilih apa, sementara kita ingin yg terbaik buat anak
    alhamdulilah Yofel baru 8bln, jadi masih panjang waktu untuk investasi nya.

    tabungan pendidikan? asuransi? reksa dana?

    balikin lagi sama tujuan & dimana nanti Yofel akan sekolah. cek uang pangkal dan bulanan nya dari sekarang.
    lalu hitung2, nanti pada saat Yofel akan memasuki jenjang sekolah tersebut, akan jadi berapa uang pangkal nya.

    masing2 produk punya kelebihan sendiri. yg paling penting adalah : cari produk yang bisa mengalahkan inflasi pendidikan yaa. biar nanti ga kaget, atau jadi kesel sendiri "wah cape2 kumpulin dana ternyata pas mu dipake, ga cukup"

    tabungan pendidikan : yg memang susah untuk disiplin menyisihkan, bisa pakai produk ini. karena otomatis akan secara reguler memotong sejumlah dana di tabungan kita. sehingga tanpa disadari, uang terkumpul. hanya pls dicek lagi saja, jumlah setoran per bulan dengan nanti nya akan jadi berapa. otomatis akan berbanding seimbang, bila nanti ingin terkumpul sejumlah uang yg cukup besar, maka setoran per bulan nya pasti akan tinggi juga.

    asuransi pendidikan : dengan sejumlah premi yg kita bayarkan, nanti lgs ada ilustrasi nya, di tahun berapa akan keluar sejumlah uang berapa. banyak orang yg jadi berasa aman. " ah tenang, untuk uang sekolah anak ku nanti, kan ada asuransi pendidikan, sudah pasti cukup.
    itu yg harus diperhatikan. yakin cukup ga? hitung2 lagi dengan inflasi ya

    reksadana : pelajari dulu soal reksa dana dengan seksama, jgn hanya ikut2an. karena ini adalah investasi, ada saat nya dia turun, ada saat nya dia naik. tetapkan tujuan, jumlah uang yg ingin dicapai, dan jangka waktunya. jd tidak gampang panik.

    cheers,
    fitri