1

Topic: Agar Bayi Cepat Masuk Panggul

ningnung wrote:
Rina.sulfana, kemaren aku hamilnya juga gede dan mancung banget perutnya. Kalo solat pas sujud kakinya (paha) rada dibuka aja jadi lebih nyaman di perutnya.

Coba latian jongkok-berdiri buat bayinya biar masuk panggul, ga usah banyak2 5x jongkok-berdiri aja, itupun udah ngos2an :p di aku ngaruh sih.


maksudnya jongkok berdiri kayak orang skotjam gitu mom?

2

Topic: Agar Bayi Cepat Masuk Panggul

mummyhilya wrote:
rina.sulfana ini kehamilan ke berapa? kalau primigravidarum alias hamil pertama, emg belum masuk panggul bu. masuk panggulnya 37+ weeks :)
tenang aja... coba praktekin saran mamas disini.
sebenernya kunci spy cepet masuk panggul ya, mesti tetep aktif. kebetulan aku tms yg perutnya gede kalau hamil (kata org2, kt dokter sih.. biasa aja, bu. gak usah dengerin omongan orang; # i heart my dsog) tapi berusaha tetep aktif dan banyak gerak. semangaaattt
kan sekarang kontrol udah seminggu/dua minggu sekali ya.. coba ditanyakan ke dsognya :))


iya hamil pertama, oohh...37+ yah? aktif ya lumayan, krn blom cuti hamil, apalagi kerjanya bukan yg dibalik meja terus, sering aktfitaas diluar kantor, cuma krn susah ngatur napas wkt sesek jd dikit2 istirahat dan abis itu perut jd keras, hmmm....tp seperti yg kamu bilang, harus semangatttt!! thanks mamas, mohon doanya ya

3

Topic: Agar Bayi Cepat Masuk Panggul

Q juga nih moms, hpl tanggal 16 kemaren, dan masih belum masuk panggul. tanda2 persalinan juga belum ada. putus asa nih, dicoba semangat ttp aja susah... :(
udah senam hamil, komunikasi sama dedek suruh kepalanya masukkin panggul ibuk, jongkok berdiri, jalan2. Q baca di http://www.bidankita.com/joomla-overview/monthly-guide/451-apa-dan-bagaiman-ketika-kepala-bayi-belum-masuk-panggul ada tulisan
"Melakukan induksi pada janin dengan posisi kepala belum masuk panggul dapat menjadi bencana dan bumerang bagi semuanya. tidak hanya meningkatkan resiko gawat janin dan caesar, tetapi jika ketuban pecah gara-gara tindakan induksi dan posisi kepala janin masih tinggi tinggi / unengaged, prolaps tali pusat adalah risiko terbesar. Dimana tali pusat bisa turun terbawa arus air ketuban yang pecah dan bisa turun di bawah kepala janin dan bisa prolaps melalui vagina, sehingga ketika kepala janin turun besar kemungkinann tali pusat “tergencet” kepala sehingga secara otomatis bayi bisa kekurangan suplai darah dan oksigen, dan ini sangat fatal sekali."

jadi mikir2 berjuta2 kali kalo mau induksi.

kalo kepala bayi udah di bawah masih boleh nungging to? kata tanteQ kalo udah di bawah jangan nungging2 lagi, katanya ntar malah balik ke atas lagi. bener ga sih????

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

4

Topic: Agar Bayi Cepat Masuk Panggul

IndriBracov wrote:
kalo kepala bayi udah di bawah masih boleh nungging to? kata tanteQ kalo udah di bawah jangan nungging2 lagi, katanya ntar malah balik ke atas lagi. bener ga sih????


bukannya kalo bayi udah di bawah itu maksutnya si bayi udah kekunci ya? Jadi ga mungkin bisa balik lagi? Eh bener ga gitu? Hehehehe *malah balik nanya*

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

5

Topic: Agar Bayi Cepat Masuk Panggul

Moms,
Aq gelisah banget ni, semalam cek terakhir kata dr nya udah pembukaan1, tapi belum mules. trus disuruh induksi karena ketubannya pun sudah berkurang (tapi dodolnya kami ga nany masih cukup ga, secara kan janin tambah besar pasti ketuban berkurang)..khawatier dengan 50% induksi yang berujung SC (bidan kita) trus suami bener2 nolak deh induksi.
Pagi ini malah ngerumpi sama temen2 yang udah lahiran suruh cari second opinion, parahnya ke bidan dibilang babynya belum masuk panggul makanya belum mules2 bu, huaaa tambah panik..

Tapi bismillah, mau dicoba dulu segala cara mudah2an dalam waktu dekat bisa masuk panggul =>berakibat mules, doain ya bun..Hasil rangkuman thread ini yang m dilakuin banyak juga ya :
- Memperlama sujud waktu solat
- Latihan berdiri-jongkok
- Jalan kaki (tanpa alas done this morning :D )
- satu lagi ini mengingat2 gerakan senam hamil biar cepet mules : nama gerakannya sit up ngeden.gerakannya duduk angkat paha kaya m ngeden, tarik nafas, jatuhkan ke belakang (di belakang udah siap2 bantal) trus balik lagi duduk.

mudah2an semua lancar bun :)

6

Topic: Agar Bayi Cepat Masuk Panggul

Hallo Mommy,

Usia Kandunganku saat ini sdh masuk 34w, kehamilan pertama. Terakhir USG di 33w posisi bayinya lagi sungsang dan kelilit tali pusat. Tapi sama Dsog-ku malah disaranin untuk kurangin aktivitas dan jangan terlalu banyak gerak, karena bayinya didalam kandungan sudah terlalu aktif, kalo ibunya juga banyak gerak bisa tambah kelilit (ga tau bener atau ngga asumsi tuh dokter)dan malah jadi susah normal posisinya. Sebenernya Dsog-ku jg heran kenapa posisinya bisa sungsang, karena pada usia kandungan 24w dan 28w waktu kontrol posisi kepala malah sudah masuk tulang panggul 1/2, sama Dsog aku disuntik dan dikasih obat untuk menghindari prematur.

Dsog sih juga nyaranin sujud yang agak lamaan aja. Sekarang sih udah dicoba, mudah2an ngaruh dan lancar sampai hpl-nya nanti.

7

Topic: Agar Bayi Cepat Masuk Panggul

Klo mau tambahan juga ya mommy supaa cepat masuk panggul selain nungging "knee chest position" nunggingnya dada nempel ke lantai
Mulai usia 35 minggu, klo punya bola senam pilates, duduk diaasnya lakukan gerakan pelvic rocking, seperti goyang inul...
Enak sambil relaks badan qta, ngobrol sama baby qta

8

Topic: Agar Bayi Cepat Masuk Panggul

Perbanyak jalan kaki aja ya, Mom.
Lakukan pekerjaan yang ringan di rumah, seperti ngepel jongkok :)

Kalau masih kuat, solatnya tetap pertahankan dalam kondisi berdiri yaa. Jadi aku seperti olahraga waktu solat, cukup membantu aku dalam bergerak.

Good luck, Mommies :*
With love,

Putri Widyastuti - A happy mom and a fortunate wife
Yuk, ke Lapak Perawatan Pasca Melahirkan Mom N Care di Mamas's Mall !
FREE 2 Gurita TALI SEPATU. BOOK NOW ya, Moms!!
www.momncare.com | @momncare | Call 021-90304090 | WA 083821020300 | BBM 5AC40B3E

9

Topic: Agar Bayi Cepat Masuk Panggul

Hai mamas, aku jg lagi hamil anak pertama nih, sekarang UK 38w4d, kemaren terakhir cek ke DSOG 38w2d si janin belum masuk panggul, dan disaranin sm DSOGnya untuk tetap aktif gerak dan banyak jalan. Tapi masalahnya, tiap jalan kaki pagi disekitaran rumah yg ada malah sakit pinggang, hehehe, jadi rada ga sukses jalan kakinya.

Kalau untuk ngepel jongkok plus mundur, untuk yg kepala janin sudah di bawah, katanya dilakuin lagi, katanya sih nanti bisa muter lagi janinnya. Ga tau deh tp bener apa ga :D
Lagian ngepel jongkok, bikin sesek napas, sakit pinggang, belum lg resiko kepleset :-P